Ternyata mobil Audi sudah diluncurkan sejak tahun 1910. Makin berkembangnya zaman, mobil asal Jerman ini memiliki model yang makin variatif. Mobil ini tetap terkenal sebagai mobil mewah dengan harga yang relatif tinggi. Sebagai informasi, pemilik saham terbesar Audi adalah Volkswagen. Sehingga tidak heran kalau komponen-komponen yang dipakai pada mobil Audi dibuat di pabrik Grup Volkswagen.

Lantas, apa saja model mobil Audi yang saat ini masih ada? Simak ulasan selengkapnya pada artikel Otoklix ini.

Mobil Audi: Seri A Hingga E-Tron

Tampilan mewah, elegan, spesifikasi terbaik membuat Audi digemari oleh konsumennya yang loyal, termasuk di Indonesia. Audi punya berbagai jenis mobil. Di antaranya SUV, coupe, hatchback, crossover, dan sedan.

1. Seri A (Audi A3, A4, A5, A6)

Seri A adalah model terpopuler dari Audi. Mulai dari Audi A1 yang merupakan entry level berjenis hatchback kompak. Lalu ada A3, A4, dan A6 di lini sedan dan station wagon. Ada juga A5 dan A7 dengan model kupe. Sementara itu Audi A8 jadi ikon model flagship sedan premium.

Audi A3 – Rp678 juta

Tersedia varian Audi A8 sportback di Indonesia yang dibanderol dengan harga Rp678 juta. Meskipun harganya terbilang tinggi, tetapi mobil ini adalah mobil paling murah dibandingkan tipe Audi lainnya.

Audi A3 dibekali dengan mesin 1.200 cc. Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan mencapai 110 hp di putaran mesin 4.600 sampai 5.000 rpm. Fitur-fitur canggih tersemat di mobil ini. Di antaranya ada Multimedia Interface Radio Plus, rem ABS, BA, EBD, Vehicle Stability Control System, serta Uphill dan Downhill Assist Control.

Audi A4 – Rp1,28 miliar

Audi A4 memang memiliki desain eksterior yang sederhana, tetapi interiornya terlihat mewah dan elegan. Mobil ini dibekali dengan mesin 1.984 cc. Fitur-fitur yang terdapat di mobil ini di antaranya ada FM/AM/Radio, Bluetooth Connectivity, Navigation System, USB dan AUX, CD Player, dan lainnya. Fitur keselamatannya juga cukup lengkap. Terdapat aibags, Traction Control, ABS, BA, EBD, Light & Rain Sensor, dan lainnya.

Baca juga: Mobil Audi A8: Harga, Spesifikasi, dan Kelebihan

Audi A5 – Rp1,44 miliar

Kemudian ada tipe A5 yang diperkenalkan pada 2016. Mobil ini memakai mesin dengan kapasitas 1.984 cc. Fitur-fitur yang tersemat di dalamnya di antaranya ada FM/AM/Radio, Bluetooth Connectivity, Navigation System. Ada juga Anti Theft Device, Anti Theft Alarm, Airbags, serta ESC.

Audi A6 – Rp1, 25 miliar

A6 adalah salah satu mobil Audi tipe A yang paling banyak peminatnya di Indonesia. Mobil ini menggunakan mesin 1.798 cc. Pilihan warnanya ada 4, yaitu silver, hitam, putih, dan merah. Fitur-fitur yang terdapat di Audi A6 di antaranya ada head unit high-resolution color display dengan ukuran 10.1 inci. OtoFriends juga tidak perlu khawatir tersesat karena adanya sistem navigasi mobil Audi yaitu MMI Navigation Plus with MMI Touch.

2. Seri S 

Mobil Audi yang bakal kita bahas berikutnya adalah Seri S. S adalah singkatan dari Sport, berarti mobil ini mengunggulkan performa dan handling. Varian S ini sebenarnya adalah model A dengan mesin yang bertenaga lebih besar dan handling yang lebih baik.

3. Seri RS

Selain Seri S, ada juga seri RS. Seri RS ini cocok buat OtoFriends yang membutuhkan mobil yang lebih menantang dari seri S. Kode RS adalah singkatan dari RennSport atau artinya Racing Sport. Audi membuat varian RS untuk membuktikan bahwa Audi punya mobil dengan performa dan handling terbaik di kelasnya.

Baca juga: Daftar Harga dan Spesifikasi Lengkap Mobil Audi Q5

4. Seri TT

Seri TT adalah mobil Audi model kupe 2 pintu. Mobil ini diperkenalkan pada 1998. Saat ini, Audi TT sudah punya tiga generasi. Pada generasi terakhirnya Audi TT dibekali dengan performa dan teknologi terbaik. Model TT RS dibekali dengan mesin 2.5 L twin turbo dengan tenaga maksimal 400 hp yang menjadikan mobil ini kupe bertenaga terbesar di kelasnya.

5. Seri Q (Audi Q3, Q5, Q7)

Kemudian, ada lagi Seri Q. Q adalah singkatan dari Quattro, artinya adalah penggerak empat roda/AWD. Seri Q pertama kali diperkenalkan pada tahun 2005 dengan model Q7. Mobil ini adalah SUV medium dari Audi yang bersaing dengan BMW X5 dan Mercedes-Benz ML-Class (GLE-Class). Kemudian, ada pula Q5 yang merupakan compact SUV.

Audi Q3 – Rp875 juta

Audi Q3 adalah mobil Audi tipe Q dengan harga paling murah. Mesin Audi Q3 berkapasitas 1.395 cc dengan tenaga maksimal 150 hp. Fiturnya tidak kalah canggih dengan tipe sebelumnya. Terdapat layar berukuran 12,3 inci dan juga Audi Virtual Cockpit Plus yang merupakan fitur unggulan mobil ini.

Audi Q5 – Rp1,55 miliar

Mobil Audi seri Q berikutnya adalah Q5 dengan harga Rp1,55 miliar. Berbagai fitur canggih disematkan pada mobil ini. Di antaranya ada Audi Virtual Cockpit, mesin TFSI berkapasitas 2.0 liter empat silinder turbocharger. Di sisi suspensi, Q5 menggunakan air suspension sehingga berkendara jadi lebih nyaman meskipun kondisi jalan tidak bagus.

Audi Q7 – Rp2,43 miliar

Audi Q7 keluaran tahun 2017 menggunakan mesin 4 silinder turbo. Mesin ini menggantikan mesin yang menjadi andalan Audi, yaitu 3.0 V6. Meskipun ukurannya kecil, tetapi performanya unggul. Selain mesinnya yang bisa diandalkan, Q7 juga dilengkapi dengan desain interior yang canggih dan mewah.

Beberapa fitur canggih yang disematkan pada mobil ini adalah adanya Audi Smartphone Interface, Four Zone Automatic Climate Control, Ambient Interior Lighting, serta MMI All in Touch with Recognition Technology.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Terbaru Audi R8 2022

6. Seri R8 (mulai dari 7,5 miliar)

Seri R8 adalah salah satu mobil Audi yang paling prestisius dan juga merupakan satu-satunya varian dari tipe R. Bagaimana tidak prestisius, harganya mencapai Rp7,5 miliar sampai dengan Rp 8,5 miliar. Mobil ini dibekali dengan mesin berkubikasi 5.204 cc. Mesin ini bisa menyemburkan tenaga sampai 602 hp.

Tersedia dua pilihan mesin pada generasi awal R8, yaitu V8 berkapasitas 4.2 liter dan V10 5.2 liter. Namun, pada generasi terakhir hanya tersedia satu pilihan mesin, yaitu V10 berkapasitas 5.2 liter.

7. E-Tron (Rp1,6 miliar – Rp1,7 miliar)

Mobil Audi yang bakal kita bahas terakhir adalah E-Tron. Mobil ini adalah model termuda dari Audi sebagai perwujudan Audi untuk turut serta dalam segmen mobil listrik. Mobil ini memakai basis platform yang sama dengan Q8, tetapi E-Tron hadir dengan model ala crossover. Kemudian ada dua buah Synchronous Electric Motor dan juga baterai lithium ion. Sehingga mobil ini memiliki tenaga total 400 hp. Bicara tentang jarak tempuh, E-Tron bisa menempuh 370 km dalam sekali pengisian daya.

Itu dia pembahasan tentang mobil Audi, model yang lengkap dan juga spesifikasi serta harganya. Tidak salah Audi dibanderol dengan harga tinggi sebab spesifikasinya juga yang gahar.

Pastikan untuk merawat mobil Audi milikmu secara berkala di bengkel Otoklix. Bengkel Otoklix tersedia di beberapa wilayah Jabodetabek. Servisnya terstandarisasi dan memiliki visi misi memberikan pelayanan setara bengkel resmi. Unduh aplikasinya di PlayStore untuk kemudahan booking servis. Bisa juga melalui WhatsApp di nomor 0811-9200-25.

Pertanyaan Seputar Mobil Terbaru 2023

Audi adalah merek otomotif asal Jerman yang telah didirikan pada 1909. Pendirinya adalah August Horch, seorang insinyur yang bekerja di Mercedes-Benz.

Audi R8 adalah mobil sport 2-seater yang menggunakan mesin tengah. Mobil ini juga menggunakan sistem penggerak all-wheel-drive, yaitu penggerak semua roda. Audi R8 pertama kali diperkenalkan pada 2006.

Mobil Audi RS6 Avant 2022 dibanderol dengan harga sekitar Rp4,3 miliar. Ini adalah harga di DKI Jakarta.