Bayerische Motoren Werke atau yang lebih dikenal dengan BMW adalah pabrikan mobil yang terkenal memproduksi berbagai mobil yang bisa terbilang mewah dengan mayoritas adalah mobil berjenis sedan. 

Meskipun mewah, namun bagi OtoFriends yang ingin memiliki mobil BMW bisa mulai mencari beberapa mobil BMW bekas dengan kondisi yang cukup baik. Memilih mobil BMW bekas tentunya tentunya tidaklah mudah, dan kali ini OtoKlix akan memberikan beberapa rekomendasi BMW bekas yang bisa OtoFriends miliki dengan harga di bawah Rp100 Juta.

Mobil BMW E36

Rekomendasi mobil BMW bekas dengan harga di bawah Rp100 Juta yang pertama adalah BMW E36. Untuk BMW E36 ini terdapat tiga seri, yaitu seri 318i, 320i dan 323i. Namun untuk mobil BMW bekas di bawah Rp100 Juta, OtoFriends bisa melirik seri 318i dan 320i. Harga bekas tersebut tentunya tergantung tahun dan juga kondisi kendaraan.

Mobil hasil rancangan Boyke Boyer dan Joji Nagashima pada tahun 1988 ini mulai dipasarkan di Eropa pada tahun 1990 dan sangat populer pada saat itu. Mobil BMW E36 ini sangat identik dengan anak muda.

Mobil ini memiliki tampilan yang sangat boxy, klasik dan retro. Bagian depan dan mobil ini memiliki ciri khasnya tersendiri sehingga orang-orang dapat langsung mengetahui BMW E36 ini.

Untuk urusan tenaga, seri 318i memiliki kapasitas 1800cc. Pada seri ini terdapat dua jenis mesin tergantung tahun keluaran mobil tersebut. Mesin M40 untuk keluaran tahun 1992 sampai 1994 yang memiliki tenaga 111 hp dan torsi 162 nm. Sementara untuk mesin M43 memiliki tenaga yang lebih besar, yaitu 114 hp dan torsi 168 nm.

Lalu untuk seri 320i memiliki kapasitas 2000cc dengan 6 silinder yang menghasilkan tenaga 148 hp dan torsi 190 nm. Salah satu kekurangan dari seri 320i ini adalah adanya bunyi seperti mesin jahit pada bagian mesin, namun hal tersebut justru menunjukan bahwa kondisi mobil sedang normal.

Baca Juga: 10 Mobil Klasik Terpopuler di Indonesia, Harganya di Bawah Rp200 Jutaan

Mobil BMW E34

Rekomendasi mobil BMW bekas dengan harga di bawah Rp100 Juta kedua adalah mobil BMW E34. Mobil BMW E34 ini sangat cocok untuk OtoFriends yang ingin memiliki mobil sedan dengan kapasitas yang cukup besar dan juga cocok dijadikan mobil keluarga.

Mobil BMW E34 ini pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1989 dan termasuk mobil BMW seri 5. Mobil BMW E34 ini tersedia dalam beberapa seri, mulai dari 518i, 520i,525i, 530i, dan 535i. Untuk mobil BMW bekas di bawah Rp100 Juta versi E34, OtoFriends bisa melirik seri 520i dan 525i.

Dari sisi penampilan eksterior mobil BMW E34 ini memiliki empat buah lampu berukuran bulat. Tersedia juga sepasang foglamp pada setiap seri mobil BMW E34. Mobil ini memiliki dimensi atau ukuran dengan panjang 4.720mm, lebar 1.751mm dan tinggi 1.412mm.

Beralih ke bagian interior mobil, selain luas ternyata mobil ini sudah dilengkapi beberapa fitur canggih terutama pada masa 1990-an saat itu. Mulai dari tampilan sampai fungsional pada bagian dashboard bisa dikatakan cukup mewah. Selain itu juga, beberapa mobil BMW E34 di Indonesia telah dilengkapi dengan sunroof.

Untuk mesin, mobil BMW E34 seri 520i ini memiliki kapasitas 2.000cc dengan 6 silinder. Mesin ini mampu menghasilkan 127 hp dengan torsi puncak mencapai 174 nm.

Mobil BMW E39

Rekomendasi berikutnya dari OtoKlix adalah mobil BMW E39. Mobil yang memiliki tampilan body elegan dan sering menjadi incaran para peminat BMW ini pertama kali liris pada tahun 1996. 

BMW E39 ini memiliki dua seri, yaitu 523i dan 528i. Kedua seri tersebut sama-sama sudah menggunakan mesin M52 dengan enam silinder. Perbedaanya adalah untuk seri 528i memiliki kapasitas yang lebih besar.

Untuk seri 523i memiliki kapasitas mesin 2500cc dengan tenaga 170 hp dan torsi 245 nm. Sementara untuk seri 528i memiliki kapasitas mesin 2800cc dengan tenaga 190 hp dan torsi 290 nm. Selain itu juga untuk seri 528i telah dilengkapi dengan individual door warning, pengaturan setir elektrik dan kursi depan elektrik, serta MID.

Bagi OtoFriends yang lebih menyukai mobil dengan sistem transmisi manual, maka bisa melirik untuk seri 523i. Harga dari kedua mobil tersebut dimulai dari Rp50 Jutaan.

Mengapa Harga BMW Bekas Murah?

Setelah mengetahui beberapa rekomendasi mobil BMW bekas yang OtoFriends bisa miliki. Mungkin sebagian dari OtoFriends ada yang bertanya, mengapa harga BMW bekas murah? Hal ini dikarenakan beberapa faktor. Berikut ini adalah beberapa faktor tersebut.

1. Sulitnya Tempat Servis

Alasan yang pertama mengapa harga BMW bekas murah adalah sulitnya menemukan tempat servis yang tepat untuk mobil BMW OtoFriends. Mobil BMW termasuk mobil Eropa, dan bengkel di Indonesia terbiasa untuk melayani serta memperbaiki mobil Jepang. Karena hal tersebutlah cukup sulit untuk menemukan tempat servis mobil BMW.

Baca Juga: Rekomendasi Bengkel Mobil Terdekat, dan Jenis Servisnya

2. Tidak Banyak Teknisi yang Bisa Merawat

Selain sulitnya untuk menemukan tempat yang tepat untuk melakukan servis, ternyata tidak banyak juga mekanik atau montir yang memahami mobil keluaran Eropa termasuk mobil BMW. Selain itu juga menurut beberapa mekanik atau montir, mobil Eropa seperti mobil BMW memiliki struktur mesin yang lebih rumit daripada mobil keluaran Jepang.

3. Lebih Boros Bahan Bakar

Sudah menjadi hal yang cukup umum di kalangan pecinta kendaraan roda empat bahwa mobil Jepang lebih hemat daripada mobil Eropa. Mobil Eropa seperti mobil BMW ini dianggap lebih boros bahan bakar karena memiliki kapasitas, torsi dan ukuran yang cukup besar.

4. Suku Cadang Cukup Mahal

Alasan terakhir mengapa harga BMW bekas murah adalah karena suku cadang mobil Eropa termasuk mobil BMW cukup mahal. Harga yang cukup mahal ini adalah karena ketersediaan di pasar yang cukup jarang, dan juga tidak adanya suku cadang KW atau tiruan. Jika memang ada suku cadang KW, kualitas suku cadang KW ini sangat berbeda jauh dengan suku cadang aslinya.

Itulah beberapa informasi mengenai mobil BMW bekas yang OtoFriends perlu ketahui. Mulai dari beberapa rekomendasi mobil BMW bekas dibawah Rp100 Juta, sampai alasan mengapa harga mobil BMW bekas murah.

Memiliki mobil bekas tentunya akan relatif lebih murah jika membandingkannya dengan membeli mobil baru. Namun yang perlu menjadi catatan penting OtoFriends adalah agar langsung segera memeriksa kendaraan bekas dan merawatnya dengan lebih maksimal di beberapa bengkel terpercaya dari OtoKlix. Dari beberapa rekomendasi tersebut, manakah yang membuat OtoFriends paling tertarik?

Pertanyaan Seputar BMW

Beberapa alasan mengapa harga BWM bekas cukup murah adalah karena sulitnya tempat servis yang sesuai, tidak banyak teknisi yang mengerti mobil BMW, boros bahan bakar dan suku cadang yang cukup mahal

Beberapa mobil BMW di bawah Rp100 Jutaan adalah mobil BMW E36, mobil BMW E34, dan mobil BMW E39

Mobil BMW E36 terdiri dari dua seri, 318i dengan kapasitas mesin 1800cc dan 320i dengan kapasitas mesin 2000cc