Spesifikasi Esemka Garuda sampai saat ini belum ada kepastian. Pada saat acara IIMS 2023 kemarin, PT Solo Manufaktur Kreasi tidak memamerkan Esemka Garuda. Mobil SUV ini sampai sekarang masih ditunggu kemunculannya. 

Esemka merupakan mobil produksi asli Indonesia. Sebelum Esemka, dulu sudah ada mobil nasional merk Timor dan Bimantara. Sekarang, Esemka menjadi satu-satunya merek yang ingin membuktikan bahwa Indonesia mampu membuat mobil sendiri.

Mengenal Esemka Garuda 1

Banner

Esemka Garuda 1 muncul sejak tahun 2020, yaitu pada lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 8 2020 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. Sejak saat itu, Esemka Garuda ramai diperbincangkan dan ditunggu rilisnya.

Mobil ini dikabarkan sudah siap produksi di pabrik mobil Esemka yang berlokasi di Boyolali, Jawa Tengah. Tetapi, harganya belum ada dan belum dipromosikan seperti produk mobil Esemka lain yaitu seri pickup Bima 1,2, Bima 1,3 dan Bima EV. 

Baca juga: 7 Jenis Mobil Esemka, Dijamin Murah dan Ramah di Kantong

Spesifikasi Esemka Garuda 1

Esemka Garuda 1 memiliki banyak kemiripan dengan mobil asal China, yaitu Foday Landfort. Beberapa orang menduga bahwa Esemka Garuda 1 hanyalah rebadge/ganti merek dari Foday Landfort. Foday Landfort sudah meluncur di China sejak tahun 2014. Mobil SUV ini memiliki kapasitas 7 penumpang.

Agar tidak semakin penasaran dengan Esemka Garuda 1, yuk mari kita bahas dari segi interior, eksterior, mesin dan harga Esemka Garuda 1 di Indonesia.

Eksterior dan Interior Esemka Garuda 1

Dimensi Esemka Garuda 1 diperkirakan memiliki panjang 4.771 mm, lebar 1.870 mm dan tinggi 1.828 mm. Jarak sumbu roda 2.790 mm dan ground clearance 217 mm. Secara tampilan, SUV Esemka Garuda 1 memiliki tampilan khas mobil SUV yang besar dan gagah. Dimensinya sangat mirip dengan Pajero Sport generasi terbaru.

Jika desain eksterior Esemka Garuda 1 untuk tahun 2023 sekarang ini terbilang ketinggalan zaman. Mobil sekarang memiliki desain yang lebih modern dengan garis-garis yang tajam. Semoga mobil Esemka Garuda 1 melakukan redesign dari segi eksterior agar lebih menarik.

Interior Esemka Garuda 1 belum pasti, jika menggunakan basis yang sama dengan Foday Landfort  pasti menarik. Mobil ini memiliki tampilan interior yang modern dengan dominasi warna hitam dan panel dengan aksen krom dan piano black. Bagian pintu samping terdapat warna coklat yang menimbulkan kesan mewah. Layarnya sudah mengadopsi touch screen, dibawahnya ada lubang AC dan beberapa pengaturan dalam bentuk layar sentuh.

Mesin Esemka Garuda 1

Dari data lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri, mesin  Esemka Garuda 1 berkapasitas 2.000 cc dengan transmisi manual. Sedangkan mobil Foday Landfort memiliki dua pilihan mesin yaitu berkapasitas 4G69S4N 2.378 cc dari Mitsubishi dan Diesel turbocharged berkapasitas 1.850 cc.

Bisa dipastikan mesin yang digunakan Esemka Garuda 1 berbeda dengan Foday Landfort dari China. Karena secara kubikasi, mobil Esemka Garuda menggunakan mesin yang lebih kecil. Transmisi yang digunakan hanya ada satu pilihan yaitu manual transmisi. 

Baca juga: 14 Jenis Mobil yang Dipasarkan di Indonesia, Wajib Tahu!

Harga Esemka Garuda 1

Harga Esemka Garuda 1 sampai sekarang belum ada informasi resmi dari pihak Esemka. Tetapi dari data lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri kita bisa tahu harga mobil Esemka. Esemka Garuda 1 memiliki Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Rp265 juta dan DP PKB Rp278,25 juta. NJKB merupakan harga yang belum dikenakan berbagai pajak dari pemerintah. Jadi kira-kira harga Esemka Garuda 1 sekitar Rp300 jutaan setelah pajak.

Tentu ini tergolong murah jika dibandingkan dengan mobil SUV sekelas Fortuner dan Pajero Sport yang memiliki harga 400 jutaan. Dengan harga yang lebih kompetitif seperti ini bisa menjadi pertimbangan jika kamu mencari mobil SUV dengan harga murah.

Tidak lupa OtoFriends harus selalu melakukan service rutin dan ganti oli secara berkala. Karena termasuk merk mobil yang baru, pastikan kamu mencari bengkel mobil yang bisa mengerjakan. Karena tidak semua bengkel mau menerima dan bisa mengerjakan. Lewat aplikasi Otoklix kamu bisa mendapatkan rekomendasi bengkel terdekat dari rumah. Tinggal booking online tidak perlu antri dan harga sesuai dengan aplikasi. Yuk download dan coba aplikasinya sekarang!

Pertanyaan Seputar Esemka Garuda:

Benar, Esemka buatan PT Solo Manufaktur Kreasi yang berlokasi di Boyolali, Jawa Tengah.

Pabrik Esemka dimiliki oleh PT Solo Manufaktur Kreasi, Presiden Direkturnya bernama Eddy Wirajaya.

Mobil Esemka sudah dipasarkan, saat ini yang tersedia Esemka Bima 1,2 dan Bima 1,3.