Bagi sebagian orang, memiliki mobil sedan adalah sebuah kemewahan. Memang, mobil sedan identik dengan kemewahan. Mobil presiden di berbagai negara saja biasanya berjenis sedan. Lantas, apa saja mobil sedan terbaik dan mewah yang dipasarkan di Indonesia?

Mobil Sedan Terbaik di Indonesia

Mobil-mobil sedan di bawah ini berasal dari berbagai produsen. Mulai dari Toyota, Honda, Nissan, KIA, Mazda, BMW, Merci, dan Hyundai.

1. Toyota Vios

Meskipun sempat populer sebagai mobil taksi, tetapi Toyota Vios memang patut diperhitungkan sebagai mobil kompak, irit, performa responsi, dan harganya cukup terjangkau. Mesin yang disematkan pada mobil ini berkapasitas 1.5 liter. Generasi terbarunya, yaitu All New Toyota Vios cocok digunakan untuk anak muda karena tidak terlalu mahal, tetapi termasuk paket lengkap.

Interior mobil ini memberikan kesan mewah dan lengkap. Sudah dilengkapi dengan fitur hiburan yang modern. Lampu depan mobil, grill, dan velg alloy 16 incinya juga menambah kesan sporty. Mobil ini tersedia dalam 6 pilihan warna. Harganya sekitar Rp327 jutaan.

2. Nissan Skyline

Nissan punya beberapa mobil sedan terbaik yang bisa dijadikan pilihan. Salah satunya adalah Nissan Skyline. Mobil ini punya tampilan eksterior yang garang dan keren. Selain itu, performanya juga tangguh dengan dibekali mesin 1.800 cc. Model terbaiknya bahkan berkapasitas 3.0 L. 

Sayangnya, mobil ini masih dibanderol dengan harga tinggi. Bagi OtoFriends yang mau punya mobil ini dengan harga murah, bisa beli mobil seken tahun ‘90-an yang harganya bisa di bawah 100 jutaan.

Baca juga: 11 Mobil Sedan Murah dengan Harga 100 Jutaan

3. Honda City

Honda City adalah saingan terdekat Toyota Vios. City ini dibekali dengan performa yang mumpuni, tetapi irit bahan bakar. Tampilan sporty-nya terlihat modern. Mobil Honda City ini juga sudah dibekali dengan transmisi CVT. Honda All New City termasuk menjadi primadona di kalangan menengah karena eksterior dan interiornya yang terlihat mewah.

Melirik ke dapur pacu, Honda All New City dibekal dengan mesin 1.5 L SHOC yang bisa menghasilkan tenaga sampai 120 ps. Harganya sekitar Rp325 – Rp350 jutaan. Kalau punya bujet Rp50 jutaan, bisa beli Honda City seken keluaran tahun lama.

4. Honda Civic

Honda Civic selalu mengalami pembaruan sejak kehadirannya di tahun ‘70-an. Akan tetapi, sejak dulu tetap konsisten sebagai mobil sedan sporty. Generasinya yang Honda Civic Turbo dibekali dengan mesin 1.500 cc. Konsumsi bahan bakarnya sangat irit. Di dalam kota saja konsumsinya hanya 14 km/liter. Sedangkan saat bepergian ke luar kota dengan jalanan lenggang, konsumsinya bisa 20 km/jam.

Tidak hanya tampilan yang modern dan konsumsi bahan bakar irit, fitur keamanan dan kenyamanan di Honda Civic tergolong istimewa. Head unitnya sudah dilengkapi dengan layar sentuh, auto AC, one push ignition system, kamera parkir, dan lain-lain. Ada juga HSA (Hill Start Assist), rem ABS (Anti-lock Braking System, EBD (Electronic Brake Distribution), dan BA (Brake Assist), dan ada 6 airbags.

Harga mobil Civic Turbo Rp533 juta. Sementara itu untuk tipe RS dibanderol dengan harga sekitar Rp567 jutaan.

Baca juga: Harga Mobil Honda Civic Terbaru, Lengkap dengan Spesifikasinya

5. KIA Optima

Produk asal Korea ini juga turut meramaikan di kelas mobil sedan mewah. Kapasitas mesin KIA Optima ini mencapai 2.400 cc yang bisa menghasilkan tenaga maksimal 178 dk. Fitur-fiturnya juga tidak kalah canggih. Sudah ada engine start/stop, smart key, bluetooth, kamera parkir, rem ABS + EBD, 6 airbags, cruise control, dan lainnya. Harga mobil ini masih sekitar Rp500 jutaan.

6. Toyota Corolla Altis

Toyota Corolla juga sudah menjajal jalanan Indonesia sejak tahun ‘70-an. Corolla Altis menjadi satu-satunya sedan medium dengan teknologi hybrid yang punya harga terjangkau. 

Dapur pacunya dibekali dengan mesin yang berkapasitas 1.798 cc dengan motor elektrik. Kalau kedua motor ini digabung, tenaga maksimal yang bisa dihasilkan adalah 149 hp.

Dengan teknologi motor elektrik ini, konsumsi bahan bakar Toyota Corolla Altis bisa lebih hemat. Bisa sekitar 20 Kpl sampai dengan 26 Kpl. Fitur keselamatan yang disematkan di mobil ini ada Toyota Safety Sense, teknologi termutakhir dari Toyota. Teknologi ini adalah gabungan antara PCS (pre collision system), adaptive cruise control, AHB (automatic high beam), lane departure alert with steering, RCTA (rear cross traffic allert), dan BSM (blind sport monitor). Harga OTW Jakarta dari mobil ini sektiar Rp582 jutaan.

7. Honda Accord

Masih dari Honda, mobil sedan mewah ini punya performa terbaik di kelasnya. Sekali lihat, bisa kita lihat nuansanya yang premium. Selain itu juga dilengkapi dengan teknologi canggih dan kekinian. Honda Accord ini sudah disematkan teknologi keamanan Honda Sensing. Miringnya hampir mirip dengan Civic, yaitu berkapasitas 1.5 Liter dengan tubo. Hanya saja, Accord punya tenaga yang lebih besar.

Namun, generasi terbaru dari Honda Accord masih dibanderol dengan harga tinggi, yakni Rp749 jutaan. Kalau mau punya Honda Accord dengan harga murah, bisa beli second Accord keluaran tahun 2006. Mobil lawas itu bisa didapat dari Rp60 juta – Rp100 jutaan.

8. Nissan Teana

Satu lagi mobil sedan terbaik dari Nissan, yaitu Nissan Teana. Mobil ini terkenal dengan performanya yang tinggi dan desainnya yang berkonsep mewah. Mesinnya berkapasitas 2.500 cc 4 silinder. Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan sekitar 172 dk. Akselerasinya sangat baik, bisa mencapai kecepatan 100 km/jam dalam 9 detik.

Selain performa mesin yang tangguh dan tampilan yang mewah, Nissan Teana juga sudah dilengkapi dengan fitur yang lengkap. Sebut saja ada 6 airbags, DV player, monitor, sunroof, audio bose, dan lain-lain. OtoFriends bisa mendapatkan mobil ini dengan harga Rp600 jutaan.

9. Toyota Camry

Camry sudah masuk Indonesia pada 1998 silam dan masih mengalami pembaruan sampai generasi terbarunya. Sedan eksekutif ini punya daya tahan dan kualitas terbaik. Camry sempat populer karena digunakan sebagai mobil menteri di Indonesia. Generasi terakhir Camry semakin stylish dan canggih dengan tambahan opsi hybrid.

10. Mazda 6

Mazda 6 digadang-gadang sebagai kompetitor Toyota Camry danjuga Honda Accord. Untuk melawan kedua model tersebut, MAzda 6 menggunakan tampilan ala KODO design dan juga teknologi SkyActiv. Ditambah dengan mesin berkapasitas 2.3 liter, Mazda 6 bisa bersaing di kelas sedan eskekutif.

11. BMW Seri 3

Mobil sedan berikutnya yang akan kita bahas adalah merek asal Eropa. BMW Seri 3 ini sudah terkenal sejak ‘80-an. Sejak dulu BMW Seri 3 ini selalu identik dengan sedan yang elegan dan canggih, tetapi mampu menghadirkan eksan fun to drive.

Baca juga: Cek di Sini! 14 Mobil Tahun 80an yang Irit BBM dan Gampang Dirawat

12. Mercedes-Benz C-Class

Kalau kita mendengar merek Merci, pasti langsung terpikir mobil-mobil sedan mewah dan premium. Tidak hanya itu, performanya juga mumpuni. Tampilan generasi terbaru dari Mercedes-Benz C-Class ini hadir dalam teknologi mutakhir.

13. Hyundai Ioniq Electric

Mobil sedan terakhir yang akan kita bahas adalah Hyundai Ioniq Electric. Mobil ini jadi satu-satunya mobil listrik sedan di Indonesia. Ioniq dibekali dengan mesin Permanent Magnet Synchronous Motor. Tenaga yang bisa dihasilkan mencapai 136 hp. Motor listriknya berbekal baterai lithium ion polymer dengan kapasitas 39,2 kWh yang bisa menempuh jarak sampai 305 km dalam sekali pengisian.

Bawa mobil sedan milikmu ke bengkel umum terdekat untuk servis rutin. Mencari bengkel yang berkualitas dan lokasinya dekat dengan tempat tinggal? Cari dan booking langsung di aplikasi Otoklix!

Pertanyaan Seputar Mobil Sedan Terbaik


Daftar harga mobil sedan terbaik:

  1. Honda City – Rp337 juta – Rp350 juta
  2. Honda Civic – Rp533 juta – Rp567 juta
  3. Honda Accord – Rp749 juta
  4. Toyota Corolla Altis – Rp493 juta – Rp545 juta
  5. Toyota Camry – Rp648 juta – Rp681 juta
  6. Toyota Vios – Rp289 juta – Rp327 juta
  7. KIA Optima – Rp500 juta – Rp512 juta
  8. Nissa Teana – Rp565 juta – Rp617 juta
  9. Mazda 6 – Rp666 juta – Rp682 juta
  10. BMW Seri 3 – Rp899 juta – Rp1,14 miliar
  11. BMW Seri 5 – Rp1,22 miliar – Rp1,44 miliar
  12. Mercedes-Benz C-Class – Rp779 miliar – Rp1,02 miliar
  13. Hyundai Ioniq Electric – Rp637 juta – Rp677 Juta


1. Citra mobil sedan yang mewah dan mahal
2. Performa tinggi
3. Akselerasi lebih baik
4. Aerodinamika baik
5. Handling oke


1. Rata-rata harganya mahal
2. Ground clearance rendah
3. Cenderung boros BBM
4. Kabin dan bagai kecil
5. Pajak tinggi