Salah satu balapan mobil bergengsi yang cukup populer saat ini Formula 1. Bahkan, dengan kemajuan teknologi di mana penggunaan mobil dengan motor penggerak bertenaga listrik sudah bisa mengikuti balap Formula E khusus mobil listrik.

Untuk diketahui bahwa balapan mobil termasuk olahraga yang mengutamakan kemampuan kendaraan bermotor antar kendaraan dan kemampuan pengemudi dalam mengendalikan kendaraannya.

Selain Formula 1, ada lagi kejuaraan balapan mobil tingkat domestik maupun mancanegara. Berikut ini jenis-jenis balapan mobil dan persiapan jika kita ingin mengikuti adu balap mobil.

Baca juga: Inilah Tugas Safety Car pada Ajang Balap dan Kisah Awalnya

Jenis-Jenis Balapan Mobil

Di kalangan masyarakat, balap liar adalah ajang balapan mobil populer dan merakyat, sedangkan Formula 1 merupakan ajang adu balap mobil bergengsi Internasional. Akan tetapi, tahukah OtoFriends bahwa selain Formula 1, ada kejuaraan balapan mobil sport lainnya? Berikut ini ulasan masing-masing kejuaraan balapan mobil.

1. Formula 1

Formula One World Championship atau Formula 1 (F1) adalah salah satu kejuaraan mobil balap terpopuler yang sudah melintas sejak tahun 1920-an. Namun, kala itu namanya bukan Formula 1 melainkan European Championship of Grand Prix Motor Racing.

Di tahun 1946 namanya berubah menjadi Formula 1 dan secara resmi dikelola oleh Fédération Internationale de l’Automobile (FIA). 

Karena perang dunia, kejuaraan F1 harus ditunda hingga tahun 1950. DI tahun tersebut telah diselenggarakan kejuaraan pertama dengan menggunakan nama Formula 1 yang berlangsung di Silverstone, Inggris.

Terdapat 4 jenis kejuaraan pada Formula 1, antara lain Formula 1, Formula 2, Formula 3, dan Formula 4. Untuk para pemula umumnya akan berlaga pada kejuaraan Formula 4.

2. NASCAR Race

Kejuaraan NASCAR merupakan kejuaraan balap mobil yang diselenggarakan oleh The National Association for Stock Car Racing (NASCAR). 

Kejuaraan balap ini biasanya menggunakan mobil stock keluaran pabrik yang telah melalui proses kualifikasi sehingga memenuhi standar sebagai mobil balap sesuai dengan lintasannya.

Bedanya NASCAR Race dari kejuaraan mobil lainnya adalah penggunaan lintasan berbentuk oval dengan jumlah putaran sebanyak 500 lap.

3. Drifting

Turnamen adu mobil balap drifting kian populer di Indonesia. Bahkan ada pembalap wanita yang mengikuti kejuaraan drifting race ini. Drifting sendiri adalah teknik mengemudi khusus yang mampu membuat dan mengendalikan posisi mobil miring dengan kecepatan tinggi.

Bentuk lintasannya sendiri berbelok-belok dengan beberapa titik memiliki tikungan tajam. Umumnya mobil balap yang mengikuti drifting race memiliki sistem penggerak roda belakang agar dapat tergelincir saat pembalap mengemudi dengan kecepatan tinggi lalu terjadi ban slip.

Momen-momen seperti di tikungan tajam menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu penonton karena saat pembalap berusaha mengendalikan mobilnya yang miring dengan ban slip, momen tersebut terdengar suara gesekan ban mobil dan aspal yang cukup khas.

4. Rally

Laga rally race cukup berbeda dengan kejuaraan mobil balap lainnya yang memiliki standar dan aturan khusus tentang lintasan balap yang akan digunakan. 

Justru rally race menggunakan berbagai jenis medan jalan yang akan dijadikan lintasannya. Mulai dari jalanan aspal biasa, jalanan berlumpur, berkerikil, bersalju ataupun padang pasir bisa menjadi satu lintasan untuk satu putaran.

5. Drag Race

Umumnya kejuaraan adu mobil balap adalah perlombaan untuk mengadu kecepatan antar mobil. Namun bedanya, beberapa kejuaraan mobil balap lainnya dapat diikuti lebih dari 2 mobil dalam satu lintasan atau satu kejuaraan.

Berbeda dengan drag race di mana adu kecepatan mobil balap ini hanya boleh diikuti oleh 2 mobil saja. Dengan kata lain, kita hanya mengadu 2 mobil tersebut di dalam lintasan atau trek yang lurus. Melihat dari kedua mobil tersebut mana mobil yang mencapai garis finish lebih dulu.

Walaupun terlihat sederhana, akan tetapi justru pembalap memiliki pressure tinggi khususnya konsentrasi dan kelincahannya dalam memainkan persneling gigi.

Baca juga: 20 Mobil Balap Keren di Dunia, Tercepat 515 km/jam!

6. Touring

Jenis balapan yang satu ini hampir sama dengan balapan NASCAR, hanya saja pada touring race para pembalap diperboleh untuk melakukan modifikasi pada mobil sehingga menghasilkan performa yang lebih maksimal di luar standar bawaan pabriknya.

Beberapa mobil yang sering terlihat digunakan pada adu balap mobil touring antara lain mobil Toyota Yaris, Honda Civic dan Honda Jazz hingga mobil BMW E36.

Di dalam turnamen touring ini terdapat kelas mobil balap khusus yang menggunakan mobil sport. Turnamen tersebut dinamakan Grand Touring. Balapan mobil sport ini umumnya menggunakan supercar atau sport car seperti mobil Lamborghini, Ferrari, Jaguar atau Porsche.

7. Endurance

Selanjutnya ada kejuaran mobil balap endurance yang terkenal sebagai balapan mobil selama 24 jam non stop. Tujuan kejuaraan endurance adalah untuk membuktikan ketahanan dan kemampuan pembalap dan mobilnya.

Pengujian yang dimaksud meliputi performa mesin mobil dan fitur serta teknologi, strategi dan ketahanan fisik-mental dari pengemudinya. Salah satu kejuaraan endurance yang populer adalah 24 Hours of Le Mans dan Endurance Championship.

8. Slalom

Kemudian ada turnamen slalom race. Sekilas slalom race hampir sama dengan drifting race, hanya saja pada turnamen slalom fokusnya pada bagaimana cara pengemudi mengendalikan mobil yang berjalan meliuk-liuk. Pembalap harus menguasai teknik khusus untuk mampu melintasi lintasan slalom race.

9. Gymkhana

Pernahkah OtoFriends mendengar turnamen gymkhana? Turnamen ini merupakan turnamen adu balap mobil yang menyatukan teknik mengemudi pada drifting race dengan slalom. Gak heran bila kita akan terpukau dan merasa takjub melihat para pembalap yang begitu lihai mengendalikan mobil dan lintasan.

10. Offroad

Turnamen adu mobil balap yang terakhir ini cukup terkenal juga yakni adu mobil offroad. Adu balap mobil offroad dengan rally race hampir sama, akan tetapi pada kejuaraan offroad mobil yang digunakan adalah mobil SUV yang memiliki sistem penggerak roda 4 wheel drive (4WD).

Selain itu, lintasannya lebih ekstrim dari rally race. Lintasannya terdiri dari medan jalan bertanah, berkerikil dan bebatuan, medan jalan bertanah liat, tanjakan terjal hingga melintasi sungai.

Apa Saja Persiapan Untuk Mengikuti Kejuaraan Balapan Mobil?

Setelah mengetahui jenis-jenis balapan mobil yang ada saat ini di Indonesia maupun di dunia, maka pertanyaan selanjutnya yang cukup menggelitik adalah, apa saja persiapan untuk mengikuti balapan mobil tersebut? Adakah kriteria khusus yang harus dimiliki mobil bila ingin ikut kejuaraan balap mobil tersebut?

Setiap jenis kejuaraan mobil balap memiliki aturannya masing-masing, khususnya spesifikasi mobil yang dapat mengikuti kejuaraan tersebut. 

Akan tetapi, sebelum memikirkan kondisi mobil pastikan OtoFriends telah memiliki tim yang handal untuk merawat mobil sebelum terjun ke dunia balap mobil.

Tim teknisi yang mengetahui seluk-beluk permesinan dan komponen mobil sehingga mengerti modifikasi seperti apa yang mobil kita butuhkan untuk memenangkan kompetisi tersebut.

Baca juga: Catat Daftar Bengkel Mobil Balap di Jabodetabek

Sama halnya dengan mengikut mobil balap, dalam memelihara mobil pada umumnya kita juga harus memastikan bahwa teknisi yang akan merawat dan melakukan servis mobil kita merupakan teknisi profesional dan handal dalam menangani semua persoalan mobil.

Bengkel Otoklix memiliki semua jawaban yang dibtuuhkan OtoFriends untuk merawat mobil kesayangan. Otoklix menjamin para teknisi yang dimilikinya profesional dan handal, bengkel dilengkapi dengan peralatan bengkel terlengkap dan jaminan keaslian spare part setara OEM.

Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Segera download aplikasi Otoklix dan lakukan booking service. Untungnya aplikasi Otoklix memiliki fitur reminder berupa notifikasi jadwal servis mobil sehingga kita gak perlu khawatir takut kelupaan servis mobil.

Pertanyaan Seputar Balapan Mobil :


Jenis-jenis mobil balap antara lain kejuaraan Formula 1, NASCAR race, drifting, rally, drag race, touring, endurance, slalom, gymkhana dan offroad.


Untuk diketahui bahwa balapan mobil termasuk olahraga yang mengutamakan kemampuan kendaraan bermotor antar kendaraan dan kemampuan pengemudi dalam mengendalikan kendaraannya.


Sekilas slalom race hampir sama dengan drifting race, hanya saja pada turnamen slalom fokusnya pada bagaimana cara pengemudi mengendalikan mobil yang berjalan meliuk-liuk. Pembalap harus menguasai teknik khusus untuk mampu melintasi lintasan slalom race.