Tidak hanya mesin mobil yang perlu diperhatikan, tetapi juga kompresor AC, mengingat fungsi AC sangat penting bagi kita yang tinggal di daerah tropis.

Artikel berikut ini akan membahas tentang cara mengganti dan mengisi oli kompresor, mengenal bahaya akibat oli yang terlalu banyak pada kompresor, dan juga jenis-jenis oli kompresor AC mobil.

Cara Mengganti Oli Kompresor AC Mobil

Kualitas oli yang sudah buruk perlu diganti. Mengganti oli kompresor berbeda dengan mengisi oli. Mengganti artinya menukar oli yang lama dengan oli yang baru, sementara mengisi oli hanya menambah takaran tertentu sampai dengan batas normal.

Mengganti oli kompresor memang tidak mudah, apalagi jika kamu bukan montir yang berpengalaman. Maka dari itu, sebaiknya kamu membawa ke bengkel terdekat. Tetapi meskipun begitu kamu juga perlu tahu cara mengganti oli kompresor AC mobil.

  • Pertama, freon AC perlu dikosongkan. Cara mengosongkan freon AC adalah dengan cara mengangkat freon dan memindahkannya ke tempat yang lebih aman.
  • Kemudian buka bagian kompresor AC mobil dan membalikkan atau memutar bagian oli dan menumpahkannya. Cara ini bisa dilakukan apabila jumlah oli dalam kompresor sekitar 100 cc.
  • Oli diisi melalui lubang saluran tekanan paling rendah yang ada di kompresor.

Cara Mengisi Oli Kompresor AC Mobil​​​​​

Oli kompresor tidak perlu diganti jika kualitasnya masih baik, tetapi apabila jumlahnya berkurang maka perlu ditambahkan atau dilakukan pengisian ulang.

Ada tiga cara mengisi oli kompresor ini, yaitu melalui lubang inlet, melalui manifold gauge, dan menggunakan alat recovery.

Baca Juga: Ini Kisaran Biaya Ganti Oli Kompresor AC Mobil

1. Melalui lubang inlet

Lubang inlet adalah saluran tekanan rendah. Volume oli yang dimasukkan di lubang inlet tergantung ukuran kompresor. Jika kompresornya kecil, cukup diisi 150 cc. Kalau ukurannya lebih besar mungkin membutuhkan takaran yang lebih banyak.

2. Melalui manifold gauge

Manifold gauge adalah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan freon AC mobil. Untuk mengisi oli menggunakan manifold gauge adalah dengan memastikan proses vacuum telah selesai. Kemudian, kamu bisa menutup kran manifold gauge dan membuka selangnya untuk memasukkan oli kompresor.

Langkah selanjutnya adalah mengisi oli sesuai takaran kompresor AC mobil. Setelah selesai, selang bisa ditutup rapat kembali untuk mencegah masuknya kotoran dari luar.

3. Menggunakan alat recovery

Alat ini memang tidak dimiliki orang awam, biasanya bengkel AC mobil memiliki alat ini. Cara mengisi oli menggunakan alat recovery yang pertama adalah meletakkan oli baru pada tabung kompresor. Alat recovery ini akan mengisap oli untuk masuk ke kompresor AC mobil.

Setelah itu kamu bisa menunggu sampai selesai, karena alat ini telah bekerja otomatis. Untuk menghindari oli yang terbuang karena berlebih, kamu bisa menyiapkan takaran yang sesuai untuk kompresor AC mobil kamu.

Mengapa Oli Kompresor Perlu Diganti

AC mobil memang harus rajin dirawat. Hal ini biasanya luput dari perhatian pengguna mobil karena perawatan AC terbilang cukup jarang dibandingkan perawatan mesin. Salah satu perawatan AC mobil adalah dengan melakukan ganti oli kompresor.

Meskipun AC mobil masih terasa dingin, bukan berarti oli kompresornya tidak perlu diganti secara berkala. Sebagaimana fungsi oli, pelumas ini berfungsi mengurangi gesekan dan mencegah kerusakan kompresor akibat cepat panas.

Pelumas kompresor AC mobil yang jarang diganti akan menimbulkan bunyi seperti orang mendengkur. Biasanya ini terjadi karena kompresor kehabisan oli. Bisa juga jumlah oli masih cukup, tetapi kualitasnya buruk. Kualitas oli yang buruk ini akan menyebabkan bau pada AC mobil.

Idealnya, mengganti oli kompresor AC mobil dilakukan minimal setahun sekali atau jika mobil sudah mencapai jarak tempuh 20.000 km. Kamu juga perlu memastikan karakteristik olinya. Apabila refrigerant berbentuk gas, maka oli juga harus berbentuk gas. Oli kompresor harus cair jika refrigerant berbentuk cair.

Oli yang tidak sesuai spesifikasinya bisa menyebabkan oli berubah menjadi keras sehingga membuat kompresor baret dan menimbulkan suara seperti orang ngorok.

Baca juga: Biaya Service Kompresor AC Mobil Jika Kompresor AC “Ngorok”

Akibat Kelebihan Oli

Tidak selamanya oli yang banyak pada sistem mobil merupakan hal baik. Oi yang terlalu banyak pada kompresor bisa membuat kapasitas refrigerant AC mobil berkurang. Jadi, jumlah refrigerant atau freon bisa berkurang dan membuat AC tidak dingin.

Jenis Oli Kompresor AC Mobil

Kompresor perlu diberi oli agar sistem tidak mudah aus dan lama kelamaan akan rusak. Kamu perlu tahu bahwa oli kompresor mobil berbeda dengan oli lainnya seperti oli mesin, oli transmisi, oli gardan, dan oli power steering.

Ini adalah oli kompresor AC mobil yang paling sering digunakan.

1. ND-oil 8

Kompresor berjenis piston dan rotary (scroll & SV) dan refrigerant jenis R134a cocok menggunakan oli jenis Denso ND-oil 8.

2. ND-oil 9

Sedangkan kompresor jenis vane dengan refrigerant R134a lebih baik menggunakan oli Denso ND-oil 9.

3. ND-oil 11

Jenis oli kompresor AC mobil berikutnya adalah untuk refrigerant R134a atau R123yf. Jenis oli Denso ND-oil 11 digunakan pada kompresor jenis electric driven scroll.

4. ND-oil 12

Kompresor jenis piston dan rotary tetapi dengan jenis refrigerant R1234yf atau R134a juga bisa menggunakan oli kompresor AC mobil jenis Denso ND-oil 12.

Kita sudah mengetahui segala informasi tentang oli kompresor AC mobil. Sebaiknya jangan malas untuk memeriksa dan mengganti oli kompresor, ya.

Kamu bisa mencari bengkel AC terdekat untuk mengganti oli kompresor di aplikasi Otoklix dan langsung melakukan booking servis di aplikasi.