Terdapat banyak rekomendasi bengkel balap di Jakarta dan sekitarnya. Hal itu terjadi karena tingginya minat peserta balap pada anak muda.

Di Jakarta sendiri sebenarnya ada beberapa bengkel mobil racing yang juga berjaya di arena balap. Namun bengkel-bengkel tersebut juga ramai dikunjungi konsumen mobil harian, alias bukan versi balap.

Biasanya mereka mau meningkatkan performa mesin mobilnya, agar nyaman dipakai sehari-hari. Hal itu karena tak sedikit pemilik mobil yang merasa belum puas dengan performa standar pabrikan. 

Langkah tersebut sah-sah saja dilakukan asal tetap memperhatikan aspek keselamatan. Tapi penting diingat, ada baiknya modifikasi atau ubahan menyentuh sektor performa dilakukan bengkel profesional yang memiliki spesialisasi di bidang tersebut. 

Oleh karenanya berikut daftar bengkel balap yang bisa kalian kunjungi untuk meningkatkan performa mobil kesayangan OtoFriends.

Sigma Speed

Bengkel balap yang pertama rekomendasi dari Otoklix adalah Sigma Speed. Bengkel ini sangat harum di dunia balap mobil Indonesia. 

Tak terhitung banyaknya jumlah pembalap yang naik podium dengan mobil garapan bengkel ini. Bengkel yang telah berdiri sejak tahun 1981 tersebut sekarang beralamat di Jl. Jati Bening II, No. 33, Jatibening Baru, Pondok Gede, Bekasi. 

Baca Juga: Bengkel Mesin Mobil Terdekat: Tune Up, Overhaul, dan Lainnya

Fokusnya antara lain, servis, racing support, tuning, dan dyno.Bengkel ini didirikan oleh M. Soleh Yusuf yang merupakan jebolan PT Indokaya, produsen mobil Datsun pada era 1970-an. 

Pada era 2000-an, Sigma Speed mulai bermain dengan mesin dyno dan piggyback. Kala itu, dua hal tersebut merupakan gebrakan dalam dunia tuning di Tanah Air. Hal tersebut seiring makin jamaknya teknologi komputerisasi yang terdapat pada kendaraan.

RFT Motorsport

Bengkel mobil racing berikutnya adalah RFT Motorsport. Bengkel milik pereli Rifat Sungkar yang berada di jalan Pondok Cabe Ilir Raya No.89, Tangerang Selatan.

Bengkel ini lebih spesifik. Karena melayani pembuatan mobil kompetisi seperti reli, touring, off-road, drifting, slalom, gymkana, dan time attach. Adapun mobil-mobil yang biasa dioprek bengkel ini mulai dari Mitsubishi Evo, Subaru, Porsche, Ferrari, hingga Lamborghini.

Menariknya di bengkel tersebut budget bisa disesuaikan dengan isi kantong. Misal, dari beberapa sumber yang kami himpun, di RFT Motorsport untuk membuat mobil reli kisarannya mulai dari Rp 200 – Rp 500 juta, kalau 4WD dari Rp 300 juta hingga Rp 1 miliar.

Selain itu RFT Motorsport juga menawarkan paket hemat untuk menambah performa pada kendaraan, dengan cara hanya menambahkan ECU Unichip Piggyback.

Garden Speed

Gardan Speed merupakan salah satu dedengkot bengkel mobil balap di Jakarta. Bengkel ini berdiri sejak 1995 yang awalnya hanya melayani jasa pelayanan yang melayani perawatan rutin mesin kendaraan harian produksi Jepang maupun Eropa.

Namun saat ini Garden Speed terkenal lantaran beberapa mobil rakitan bengkel ini kerap naik podium di sejumlah kejuaraan. Saat ini Garden Speed Motorsport memiliki dua lokasi.

Tempat pertama ialah markas divisi balap mereka yang beralamat di Jl. Pahlawan No.17, Rempoa, Bintaro. Lokasi kedua ditujukan untuk melayani pelanggan yang ingin melakukan perbaikan dan perawatan di Jl. Muhasyim VII, No. 45A, Cilandak, Jakarta Barat.

Di tempat ini konsumen juga dapat melakukan pembelian komponen-komponen yang dibutuhkan untuk mobilnya. Bahkan komponen yang sifatnya condong pada peningkatan performa. Bengkel ini termasuk sebagai dealer resmi piggyback Dastek Unichip.

AFJ Motorsport

AFJ Motorsport menyatakan pihaknya berpengalaman membangun mobil balap yang sukses menjadi juara sejak era 1990-an. Bengkel ini digawangi oleh pembalap top nasional bernama Jimmy Lukita.

Untuk menjalankan kegiatannya, AFJ Motorsport didukung oleh mekanik-mekanik handal di dunia balap. Maka tidak heran jika bengkel ini pernah terlibat dalam manajemen balap supercar Forza GT3 di sirkuit Sentul beberapa waktu lalu.

AFJ Motorsport sendiri menyediakan berbagai pelayanan modifikasi mobil siap balap. Harga yang ditawarkan bervariasi tergantung dari spesifikasi, serta kebutuhan mobil.

Selain itu bengkel ini juga menawarkan paket kursus balap yang sudah dilengkapi instruktur. Bengkel AFJ Motorsport bisa ditemui di alamat Jl. Jenderal Basuki Rachmat, No. 1, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Baca Juga: Kenali Sparepart AC Mobil dan Bengkel Terpercaya untuk Membeli

Engine Plus Motorsport

Rekomendasi bengkel mobil balap berikutnya ialah Engine Plus Motor Sport yang beralamat di Jl. Indokarya 1, Blok A, No. Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Bengkel ini didirikan pada 2010 oleh pria bernama Luckas Dwinanda yang berprofesi sebagai pembalap sekaligus tuner.

Selain itu bengkel ini awalnya banyak mengoprek mobil-mobil sport Jepang dan Eropa milik teman-temannya. Maka tidak heran di bengkel Engine Plus Motorsport banyak menangani mobil-mobil kencang seperti Nissan GT-R, Mitsubishi Evolution, Honda Civic Type R, Subaru WRX STi, BMW, dan Porsche.

Bengkel tersebut juga menangani mobil-mobil non turbo yang ingin dimodifikasi mesinnya untuk dipasangi turbo, seperti mobil-mobil produksi lokal Honda Brio dan Honda Jazz.

Tidak hanya itu, untuk mendukung keinginan konsumennya Engine Plus Motorsport juga menyediakan spare part performa tinggi mulai dari turbo, piston kompresi tinggi, connecting rod sampai kepala silinder modifikasi.

Nah itu dia rangkuman bengkel balap untuk OtoFriends semua yang ingin memodifikasi mobil kalian menjadi mobil balap. Selain itu kalian juga bisa mencari ribuan bengkel di website Otoklix untuk melakukan perawatan kendaraan roda empat kalian.