Hai OtoFriends! Siapa dari kamu yang pernah mengalami aki mobil tidak mau diisi waktu disetrum? Pasti bikin jengkel banget!

Tenang, di sini kamu bakal menemukan alasan kenapa aki mobil suka bikin drama kalau disetrum. Siapa tahu dari info yang didapat, kamu bisa ketemu solusi yang pas buat mobil kesayangan kamu!

Apa itu Setrum Aki

Setrum aki mobil adalah proses mengisi ulang daya baterai aki yang sudah habis atau melemah. Aki mobil sendiri jadi sumber listrik utama untuk menghidupkan mesin kendaraan bermotor, termasuk mobil. Akibat pemakaian yang terus-menerus, daya aki bakal berkurang dan perlu diisi ulang.

Misalnya, saat kamu menambah aksesoris mobil seperti rangkaian audio-speaker yang tidak sesuai kapasitas, aki mobil akan cepat drop dan habis. Apabila tidak segera disetrum, ini akan menyebabkan masalah yang lebih rumit nantinya. 

Setrum aki perlu dilakukan agar selalu mendapatkan suplai listrik yang cukup dan mengoptimalkan kapasitasnya. Ini juga penting lho untuk menjaga performa mesin mobilmu secara keseluruhan. 

Syarat Aki bisa Disetrum

Setrum aki memang bisa jadi solusi untuk mengembalikan performa aki. Namun, kamu juga perlu tahu, tidak semua aki bisa disetrum. Ada beberapa syarat aki bisa disetrum lagi. Yuk, simak apa saja syaratnya:

1. Fisik aki tidak menggembung

Syarat yang satu ini perlu diperhatikan jika kamu menggunakan jenis aki kering pada kendaraanmu. Fisik aki yang tidak menggembung menandakan aki yang masih sehat dan tidak mengalami korosi. Jika aki kendaraanmu dalam keadaan fisik yang baik, ini berarti aki masih berpeluang untuk disetrum ulang. 

2. Aki tidak berjamur

Coba cek apa ada jamur di aki mobilmu. Untuk aki basah, jamur ini bisa menjadi tanda kalau aki sudah tidak dapat diselamatkan.

Jamur sendiri bisa muncul akibat tidak rajin diperiksa dan menambahkan air aki saat kondisinya sudah dibawah indikator low. Jadi, kalau aki basah kamu bebas dari jamur, berarti masih ada kemungkinan buat disetrum ulang.

3. Tegangan aki masih di angka 10 volt ke atas

Syarat terakhir aki masih bisa disetrum ulang bisa dilihat dari tegangannya. Untuk kondisi aki normal dan sehat biasanya berada di sekitar angka 12 volt. Namun, jika aki masih di angka 10 volt ke atas, aki masih bisa disetrum ulang.

Berapa Kali Aki Boleh Disetrum

Mungkin OtoFriends pernah kepikiran. Sebenarnya berapa kali aki mobil boleh disetrum? Apa ada efeknya kalau aki terlalu sering disetrum?

Sebenarnya tidak ada batasan pasti soal berapa kali aki boleh disetrum. Namun yang perlu diingat, semakin sering disetrum berarti aki sudah mengalami penurunan. Makin sering disetrum, meski kondisi aki masih oke, usia pakai aki jadi berkurang.

Ini bisa terjadi karena sel aki dipaksa kerja terus tanpa proses discharge. Aki tidak punya kesempatan buat bersih-bersih dari beban listriknya. Jadi, yang penting jangan terlalu asal-asalan setrum aki. Biar aki mobil tetap awet, setrum aki seperlunya saja.

Kenapa Aki tidak Mengisi Saat Disetrum

OtoFriends mungkin pernah berada dalam situasi di mana aki tidak mau disetrum. Ada beberapa hal yang bisa jadi penyebabnya. Berikut penyebab dan ciri aki mobil tidak mengisi:

1. Usia aki yang sudah lewat batasnya

Perlu diingat, semua barang itu punya usia pakainya masing-masing. Ini juga berlaku pada aki mobil. Aki mobil rata-rata bisa bertahan lima tahun, bahkan lebih. 

Jika umurnya sudah tua, biasanya elemen-elemen di dalamnya sudah tidak sebagus dulu. Reaksi kimia dalam aki juga melemah. Ini akan membuat aki kesulitan menyimpan listrik.

2. Air di dalam aki habis

Selalu perhatikan volume air aki mobilmu, terlebih jika kamu menggunakan jenis aki basah, pastikan air akinya cukup terisi. Aki yang susah disetrum kadang bisa karena sering lupa mengisi air aki atau malah dibiarkan sampai kering.

Perlu diingat, air aki ini beda dari air biasa, ya, OtoFriends. Di dalamnya mengandung elektrolit buat bantu proses penyimpanan muatan listrik. Jika air aki kurang, pelepasan dan penyimpanan daya listrik jadi terganggu. Inilah yang membuat listrik tidak dapat tersimpan meski sudah disetrum.

3. Kebiasaan mengisi aki dengan air biasa

Ada banyak jenis air aki yang bisa digunakan. Saat ingin mengisinya kembali, kamu harus menyesuaikan jenis air aki dengan spesifikasi aki yang digunakan dan kebutuhannya. 

Ingat, kamu tidak boleh mengisi aki dengan air keran atau air biasa. Kandungan mineral di dalam air keran bisa menimbulkan kerak berwarna hitam pada aki dan meninggalkan residu mineral yang tidak dapat hilang.

4. Ada kerusakan di bagian dinamo ampere

Penyebab aki mobil tidak mengisi juga bisa diakibatkan adanya kerusakan pada dinamo ampere. Apabila komponen ini rusak, air aki bakal cepat menguap dan menyebabkan kerusakan pada elemen aki lainnya sehingga aki tidak bisa menyimpan setrum dengan baik. 

Nah, OtoFriends, itu tadi beberapa alasan dan ciri aki mobil tidak mengisi saat disetrum. Aki yang sehat adalah kunci agar mobil kita tetap on fire di jalan. 

Jadi, kalau setelah cek sana-sini aki masih tidak mau diajak kerjasama, satu-satunya cara mengatasi aki mobil tidak mengisi adalah dengan ganti yang baru. Yuk ganti aki di Otoklix, barang original, mekanis handal, dan fasilitas bengkelnya bikin nyaman!

 

Pertanyaan Seputar Aki Mobil:

1. Apa penyebab aki tidak mau mengisi?

Penyebab aki tidak mau mengisi bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti usia aki yang sudah lewat batasnya, air aki yang habis, penggunaan air biasa untuk mengisi aki, dan kerusakan pada dinamo ampere.

2. Apa penyebab aki mobil tidak bisa menyimpan setrum?

Aki mobil tidak bisa menyimpan setrum biasanya karena usia aki yang sudah tua, air aki yang habis atau kurang, penggunaan air biasa untuk mengisi aki, dan kerusakan pada dinamo ampere.

3. Bagaimana cara mengecek alternator mobil rusak?

Cek tegangan aki. Jika tegangan di bawah 12,6V, maka alternator tidak mengisi aki dengan benar.