Pernahkah OtoFriends menjumpai mobil berbunyi kletek-kletek saat digas maupun dalam kondisi berhenti? Segera cari tahu apa yang menjadi penyebab mobil bunyi tek tek agar  kenyamanan dan keamanan dalam berkendara tidak terganggu.

Mobil yang berbunyi bisa dianggap sebagai sinyal bahwa terdapat masalah pada mesinnya. Pada dasarnya mesin mobil memang mengeluarkan suara saat mobil dihidupkan. Namun, segera lakukan pengecekan mesin mobil jika terdengar suara yang tidak normal seperti kletek-kletek.

Jangan memaksakan untuk melakukan perjalanan jarak jauh jika kondisi mobil tidak memungkinkan. Sebab, hal itu dapat menjadi penyebab mesin mobil bunyi tek tek dan memperparah kondisinya.

Itulah mengapa OtoFriends perlu mengetahui penyebab mesin mobil bunyi tek tek agar bisa mencari solusi dan melakukan perbaikan sejak awal. Dengan begitu, mobil tidak akan mengalami kerusakan yang fatal.

Baca juga: Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar saat Di-Gas

Penyebab Mesin Mobil Bunyi Tek Tek

Mesin mobil yang berbunyi tidak enak bukan hanya disebabkan oleh satu hal saja, melainkan ada banyak kemungkinan. Berikut Otoklix bagikan sejumlah penyebab mesin mobil bunyi tek tek yang umum terjadi.

1. Flange flywheel rusak

Untuk mobil matic, bisa jadi penyebab mesin mobil bunyi tek tek berasal dari kerusakan komponen flange flywheel. Komponen tersebut letaknya berada di dalam mobil dan merupakan tempat torque converter terpasang. 

Flange flywheel yang rusak umumnya ditandai dengan perpecahan pada plat. Akibatnya, pecahan plat akan menyentuh bodi mesin dan mengeluarkan bunyi mengganggu.

2. Oli belum naik

Oli yang belum naik dengan sempurna juga turut menjadi penyebab mesin mobil bunyi tek tek. Jika bunyinya terdengar ketika mesin dinyalakan pertama kali, bisa dipastikan itu karena oli belum naik.

Pada mesin mobil, oli ditampung dalam bak yang letaknya berada di bagian paling bawah. Di sana juga terdapat pompa yang dapat mengalirkan oli ke seluruh bagian mesin yang hanya aktif saat mesin dihidupkan.

Ketika mesin dalam keadaan mati, pompa akan berhenti bekerja sehingga sirkulasi oli turut berhenti dan membuat oli akan turun. Akibatnya, kepala silinder menjadi kering. Diperlukan waktu beberapa saat agar oli dapat naik dan melumasi silinder. 

3. Rantai keteng kendor

Salah satu penyebab mesin mobil bunyi tek tek saat digas adalah adanya masalah pada rantai keteng. Ketika rantai tersebut dalam kondisi yang kendor, hal itu akan menimbulkan bunyi kasar pada bagian mesin.

OtoFriends perlu memeriksa kondisi rantai tersebut apakah mengendur atau tidak. Letak rantai keteng dapat ditemukan dengan mudah dalam mesin mobil dan akan terus berputar ketika mesin menyala.

Rantai keteng yang sudah kendor bisa bermasalah saat mobil dipakai untuk berkendara. Segera lakukan perbaikan agar rantai keteng tidak lagi kendor. Namun, jangan sampai terlalu kencang karena ini bisa menimbulkan suara berdengung.

4. Bantalan crankshaft aus

Crankshaft atau poros engkol merupakan mekanisme yang bisa mengubah gerakan naik turun piston menjadi gerakan memutar. Umumnya ada 2 buah bantalan pada crankshaft, yaitu bantalan poros engkol terhadap blok silinder dan bantalan batang piston terhadap poros engkol.

Apabila salah satu bantalan crankshaft mengalami aus, poros engkol otomatis akan oblak dan menimbulkan bunyi tek tek pada mesin mobil saat dingin. Suaranya akan dapat terdengar dengan sangat jelas saat rpm sedang tinggi.

Baca juga: Kenali Fungsi Crankshaft, Cara Kerja, hingga Gejala Kerusakan

5. Celah katup lebar

Penyetelan katup yang terlalu longgar juga bisa menjadi penyebab mesin mobil bunyi tek tek. Pasalnya, tumbukan rocker arm dan katup melebar akibat terlalu sering memberikan jarak untuk pemuaian batang katup.

Celah katup ini berfungsi sebagai pemberi batas toleransi terhadap batang katup ketika memuai. Akan tetapi, celah tersebut semakin lama akan semakin longgar seiring dengan usia mobil.

Bunyi kletek akan semakin terdengar nyaring jika rpm sedang tinggi. Jika dibiarkan, celah katup kian melebar yang membuat rocker arm shaft dan camshaft aus. OtoFriends harus melakukan servis dan menggantinya dengan yang baru bila perlu.

6. Auto klep lemah

Sebagian besar mobil-mobil keluaran terbaru saat ini sudah menggunakan auto klep. Komponen tersebut berfungsi untuk memudahkan kita sebagai pemilik mobil agar tidak perlu menyetel klep secara berkala.

Meski begitu, OtoFriends sebaiknya tetap melakukan pengecekan pada komponen auto klep jika mobil sudah lama digunakan. Sebab, pegas di dalam auto klep bisa usang dan melemah seiring dengan lama pemakaiannya. Auto klep mulai melemah inilah yang menjadi penyebab mesin mobil bunyi tek tek.

7. Engine knocking

Penyebab mesin mobil bunyi tek tek lainnya adalah engine knocking yang dapat terjadi akibat ruang pembakaran tidak mendapat asupan bahan bakar yang mencukupi. Hal itu ditandai dengan minimnya kandungan oktan.

Engine knocking dapat dicek melalui tiga cara. Pertama, apabila mesin mobil berbunyi kletek-kletek ketika rpm mobil rendah. Kedua, saat mesin digas bunyi kletek-kletek tidak terlalu signifikan. Ketiga, bunyinya berasal dari area blok silinder.

8. Pulley damper oleng

Pulley damper yang juga dikenal sebagai crankshaft pulley merupakan katrol yang dipasang di ujung depan poros engkol. Fungsi komponen ini yaitu untuk menggerakan berbagai komponen kendaraan. 

Seiring waktu, pulley damper dapat bergeser atau oleng sehingga membuat mesin mobil mengeluarkan bunyi kletek-kletek. Apabila dibiarkan begitu saja, kumpulan katrol yang oleng tersebut juga dapat menyebabkan timing chain menjadi rusak.

9. Shim/lifter aus

Shim atau lifter bisa mengalami aus dan menjadi tipis seiring dengan penggunaan mobil. Semakin tipis shim, itu menandakan jika celah klep bisa semakin renggang. Hal ini biasanya disebabkan karena shim bersentuhan dengan ujung klep.

Ada pula kemungkinan kalau penyebab mesin mobil bunyi tek tek lainnya akibat lifter tidak kembali ke posisi semula setelah melakukan pembongkaran. OtoFriends dapat membongkar kembali dan menempatkan lifter ke posisi semula.

10. Terdapat benda keras pada silinder

Silinder merupakan lubang di mana piston bekerja. Benda keras yang masuk ke dalam silinder akan menjadi penyebab mesin mobil bunyi tek-tek. Hal ini biasanya terjadi saat melewati jalanan berbatu kerikil yang mengenai bagian bawah mobil.

Bisa juga disebabkan oleh pecahan keramik dari kepala busi yang pecah, kemudian jatuh ke ruang silinder. Ketika benda tersebut tidak sengaja masuk ke dalam ruang silinder, maka proses pembakaran menjadi tidak sempurna dan memicu mesin mobil berbunyi kletek-kletek. 

11. Pemilihan bahan bakar yang tidak tepat

Bahan bakar yang tidak sesuai menjadi penyebab mesin mobil bunyi tek tek saat digas yang berikutnya. Perlu diingat bahwa masing-masing mobil harus memakai bahan bakar yang sesuai rekomendasi pabrik. Sebab, setiap jenis bahan bakar memiliki kadar oktan yang berbeda. 

Jika menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrik, maka mobil akan mengalami engine knocking. Akibatnya, timbul gesekan yang terdengar seperti ketukan logam pada mesin mobil.

12. Perubahan kekentalan oli

Ketika kekentalan oli mengalami perubahan, maka besar kemungkinan munculnya suara mengganggu pada mesin yang dingin. Perlu diketahui bahwa tiap kendaraan membutuhkan tingkat kekentalan oli yang berbeda.

Oli yang terlalu encer akan menimbulkan suara kasar dan jika terlalu kental, maka mesin akan mengeluarkan suara kletek-kletek. Kalau memang waktunya diganti, segeralah isi ulang oli dengan yang baru di bengkel terdekat.

Baca juga: Jika Mesin Mobil Bunyi Nging, Segera Cek Bagian Ini

Cara Mengatasi Mesin Mobil Berbunyi

Setelah memastikan penyebab mesin mobil bunyi tek tek, cara mengatasinya harus dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Berikut beberapa cara mengatasi mesin mobil berbunyi saat mesin dihidupkan maupun saat mesin dalam kondisi mati:

  • Jika ada komponen yang mengalami aus atau bahkan rusak seperti klep, shim dan flange flywheel, segera ganti komponen tersebut dengan yang baru.
  • Jika penyebab mesin mobil bunyi tek tek berasal dari pulley damper atau kemasukan benda asing dalam silinder, OtoFriends bisa melakukan tune up mobil di bengkel terdekat untuk diperbaiki seperti semula.
  • Jika sumber masalah berasal dari engine knocking, lakukan tune up untuk menggantinya ke bahan bakar beroktan tinggi.
  • Jika masalah terjadi pada celah katup akibat usia kendaraan yang sudah tua, segera pergi ke bengkel terdekat untuk melakukan penyetelan ulang.

Itulah beberapa penyebab mesin mobil bunyi tek tek. OtoFriends bisa meminta bantuan mekanik ahli di bengkel terpercaya untuk mengatasi permasalahan mobil yang berbunyi. 

Temukan 2000+ bengkel terpercaya melalui aplikasi Otoklix yang bisa memudahkan kamu mendapatkan layanan seperti ganti oli, ganti ban, tune up, ganti aki, body repair, servis AC hingga cuci mobil.

Selain memudahkan mencari bengkel, OtoFriends juga bisa melakukan booking service sekaligus melihat harganya. Di sana, ada banyak promo yang bisa kita temukan dan gunakan untuk servis atau sekadar cuci mobil dengan harga yang terjangkau.

Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis di aplikasi Otoklix sekarang juga dan dapatkan penawaran menarik lainnya!

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Penyebab Mesin Mobil Bunyi Tek Tek

Ada banyak penyebab mesin mobil bunyi kletek-kletek, mulai dari kerusakan pada komponen mesin tertentu hingga perubahan kekentalan oli.

Penyebab mesin mobil berisik yang paling umum biasanya disebabkan oleh komponen yang aus dan kurang pelumas.

Cara mengatasi mobil yang berbunyi harus dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Segera bawa ke bengkel terdekat untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.