Cara mengatasi mobil overheat harus diketahui OtoFriends, sehingga ketika berkendara dapat menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan komponen mesin mobil akibat suhu yang terlalu tinggi. Adapun overheat merupakan kondisi dimana suhu mesin mobil melebihi suhu biasanya. 

ini bertahan dalam jangka waktu lama sehingga apabila tidak ditangani dengan baik, rawan membuat berbagai komponen mobil menjadi rusak. Bisa disebabkan oleh berbagai faktor, berikut Otoklix rangkum informasi cara mengatasi mobil overheat yang tepat. Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: Mesin Mobil Cepat Panas? Ini Penyebab dan Solusinya

Penyebab Mesin Mobil Overheat

Beberapa masalah yang menjadi penyebab mesin mobil overheat tentu tidak akan terjadi jika OtoFriends rutin melakukan pengecekkan dan perawatan komponen mesin mobil setidaknya 6 bulan sekali. 

Jika OtoFriends tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan pengecekkan sendiri, ada baiknya untuk memanggil teknisi atau tenaga ahli. OtoFriends juga bisa membawa mobil kesayangan OtoFriends ke bengkel rekanan Otoklix, karena cara mengatasi mesin mobil overheat harus ditangani sesuai dengan penyebabnya dan tidak bisa diatasi dengan sembarangan. Berikut beberapa faktor yang bisa menjadi pemicu mesin mobil overheat:

  • Kerusakan pada radiator
  • Oli mesin kotor
  • Water pump rusak
  • Ada masalah pada kipas pendingin
  • Salah menggunakan BBM
  • Dan kerusakan pada Thermostat mobil sehingga suhu tidak bisa terdeteksi dengan benar

Cara Mengatasi Mobil Overheat

Sedang berkendara tiba-tiba mobil mengalami masalah dan menunjukkan tanda-tanda overheat, beberapa hal yang harus OtoFriends lakukan antara lain:

  1. Segera Menepi ke Pinggir Jalan

Mesin mobil yang overheat tentu tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya. Jika dipaksa, risiko mesin mobil rusak dan mati total bisa saja terjadi. Langkah awal yang harus OtoFriends lakukan adalah membawa mobil ke tepi jalan untuk di cek kondisi kerusakannya. Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi jalan saat ingin menepi. Menyalakan lampu hazard bisa jadi solusi tepat untuk menghindari kecelakaan. Kedipan lampu sein akan memberikan isyarat kepada pengendara lain bahwa OtoFriends sedang mengalami masalah dan membutuhkan pertolongan. 

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Mobil Mogok dan Penyebabnya

  1. Matikan AC dan Mesin Mobil

Cara mengatasi mobil overheat yang kedua adalah dengan mematikan AC dan mesin mobil. Segera matikan AC dan mesin mobil jika OtoFriends sudah menemukan lokasi berhenti yang aman. Mematikan AC dan mesin ini adalah langkah tepat membantu proses pendinginan mesin mobil terjadi lebih cepat.

  1. Pastikan Kunci Mobil dalam Posisi “ON”

Meski mesin mobil harus dalam kondisi mati, pastikan OtoFriends tetap memutar kunci mobil kembali ke “on” sehingga kipas radiator dapat tetap berputar untuk mendinginkan air radiator. OtoFriends juga dapat menyalakan heater untuk membantu mengurangi panas mesin. Jangan lupa untuk selalu mengawasi jarum petunjuk temperatur, sehingga OtoFriends bisa melihat kondisi suhu mesin mobil, apakah sudah menurun atau tidak.

  1. Buka Kap Mesin

Cara mengatasi mobil overheat selanjutnya adalah dengan membuka kap mesin mobil. Pastikan OtoFriends segera menyingkir setelah kap mesin mobil sudah terbuka. Jangan berdiri di hadapan kap mesin mobil secara langsung. Kap mesin yang terbuka akan mengeluarkan panas mesin secara perlahan untuk membantu mesin mobil kembali ke suhu normal.

  1. Jangan Buka Tutup Radiator Jika Mesin Masih Panas

Jangan buka tutup radiator jika kondisi mesin mobil masih panas. Hal ini untuk menghindari risiko terkena uap panas yang dapat menyebabkan luka bakar serius., Ketika kap mesin sudah terbuka, biarkan mesin mobil menjadi dingin kembali dengan sendirinya. Sekedar informasi, untuk membiarkan mesin mobil dingin kembali, OtoFriends membutuhkan waktu kurang lebih selama 1 jam. 

  1. Periksa Tabung Cadangan Air Radiator

Ketika mesin mobil sudah dingin, segera periksa tabung cadangan air radiator. Cek apakah masih terisi penuh atau tidak. Karena setiap mobil memiliki cadangan air radiator yang terhubung ke bagian atas radiator, OtoFriends dapat mengecek ketinggiannya dengan lebih mudah. Cukup perhatikan indikator ketinggian air. Segera tambahkan air radiator atau coolant jika memang ketinggian air di bawah angka indikator. 

Baca juga: Penyebab Air Radiator Cepat Habis dan Tips Mengatasinya

Penting untuk diperhatikan, OtoFriends bisa menambahkan air radiator meski mesin mobil masih panas. Namun jika mobil OtoFriends hanya memiliki radiator tanpa tabung cadangan, lebih baik tunggu suhu mesin mobil berubah dingin sehingga dapat terhindar dari risiko luka bakar.

  1. Temukan Kebocoran Mesin

Cara mengatasi mobil overheat yang terakhir adalah dengan menemukan kebocoran mesin. Hal ini bisa OtoFriends lakukan jika OtoFriends memiliki keterampilan otomotif yang baik. Melakukan pemeriksaan di bagian radiator, blok mesin, atau kepala silinder bisa dilakukan saat itu juga untuk memperbaiki kondisi mesin mobil overheat. Namun pastikan OtoFriends tetap melakukan pemeriksaan dengan hati-hati. 

Ada baiknya untuk mencari bantuan jika OtoFriends tidak tahu bagaimana bagaimana langkah untuk memperbaikinya. Cara memperbaiki mobil overheat yang tepat memang lebih baik dengan membawanya langsung ke bengkel terdekat. OtoFriends bisa meminta bantuan derek atau menelpon petugas jalan tol jika masalah mobil overheat  terjadi saat OtoFriends berkendara di jalan tol. Hal ini akan jauh lebih aman demi keselamatan mesin mobil dan juga diri OtoFriends sendiri.

Perawatan untuk Menghindari Mesin Mobil Overheat

Beberapa cara bisa OtoFriends lakukan untuk menghindari masalah mesin mobil overheat. Selain melakukan servis rutin, memastikan kualitas oli, tidak boros menggunakan AC dan selalu mengecek kondisi air radiator mobil, OtoFriends perlu melakukan pengecekkan di setiap komponen, memastikan bahwa tidak ada kotoran menempel yang bisa mengganggu dan memaksa mesin untuk bekerja lebih keras.

Gunakan aplikasi Otoklix sebagai langkah tepat menghindari dan juga mengatasi masalah mesin mobil overheat. OtoFriends dapat menemukan lokasi bengkel terdekat dari lokasi OtoFriends berada dengan lebih mudah. Berbagai layanan seperti ganti oli, ganti ban, tune-up,ganti aki, body repair, servis AC, detailing, hingga cuci mobil juga tersedia.

Pertanyaan Cara Mengatasi Mesin Mobil Overheat

Sekedar informasi, untuk membiarkan mesin mobil dingin kembali, OtoFriends membutuhkan waktu kurang lebih selama 1 jam.

Beberapa hal seperti, kerusakan pada radiator, oli mesin kotor, water pump rusak, ada masalah pada kipas pendingin, salah menggunakan BBM, serta kerusakan thermostat mobil bisa menjadi penyebab mesin mobil mengalami overheat.

Masalah seperti AC tidak dingin, coolant radiator menetes, dan suhu mesin meningkat dapat menjadi tanda-tanda mesin mobil mengalami overheat.