Wuling E10 jadi kendaraan bermotor roda 4 dengan motor penggerak listrik yang diandalkan Wuling saat ini. Wuling mempersiapkan E10 sebagai kendaraan perniagaan yang efisien digunakan pada situasi dan kondisi apapun.

Bila Wuling Air Ev memiliki keunggulan sebagai mobil listrik mungil untuk penumpang, maka Wuling E10 menjadi kendaraan komersial yang diperuntukkan untuk perniagaan dengan ukuran mini sehingga muat memasuki gang-gang sempit. 

Kita bisa menggantikan kendaraan bermotor roda 3 dengan kendaraan komersial ini. Seberapa efisiennya mobil listrik E10 menjadi mobil perniagaan? Berikut ini spesifikasi lengkapnya.

Baca juga: Spesifikasi Wuling Formo, Fitur, Harga, Interior, dan Kelebihan

Desain Eksterior

Dimensi kendaraan listrik komersial E10 ini memiliki panjang 3.305 mm, lebar 1.080 mm dan tinggi 1.690 mm. 

Untuk mendukung kepiawaiannya melintas di gang sempit, Wuling mendesain ukuran E10 seramping mungkin dengan kemampuan radius putar sebesar 4,3 m agar lebih leluasa saat melakukan manuver di gang sempit.

Tampak dari luar, mobil listrik ini memiliki bentuk body kotak dengan pilihan box tinggi yang bisa digunakan untuk melakukan bisnis ekspedisi pengiriman barang, mengangkut makanan, minuman, sebagai mobile coffee hingga difungsikan sebagai refrigerator.

Kapasitas box belakang mencapai 1,7 L dengan kapasitas maksimal mobil ini dapat mengangkut beban dengan berat 200 kg.

Tampilan lainnya yang menarik untuk dilihat dari mobil listrik E10 adalah penggunaan roda kecil dan beberapa detail unik lainnya yakni bentuk mata yang kecil menyerupai mata yang sedang sedih menjadi karakter khas mobil ini.

Desain Interior

Masuk ke dalam ruang kabin, kita tetap dapat menemukan sistem pendingin seperti AC tapi masih sistem manual, kisi-kisi blower udara, instrumen digital yang telah dilengkapi dengan konektivitas USB untuk mengisi daya gadget.

Bagian setirnya menggunakan lingkar kemudi, terdapat button khusus pengaturan di bagian dashboard, rem tangan hingga tuas transmisi di bagian samping jok pengemudi.

Baca juga: Indonesia Dukung Kendaraan Elektrifikasi, Subsidi Mobil Hybrid?

Performa Mesin

Wuling membekali mobil perniagaan ini dengan motor listrik yang memiliki tenaga 27 Hp yang terkoneksi dengan roda depan. E10 menggunakan baterai lithium besi fosfat berkapasitas 9 kWh yang dapat diisi dayanya dengan aliran listrik rumah tangga bertegangan 220 Volt.

Mobil E10 dapat melaju dengan kecepatan maksimal 71 km/jam atau setara dengan 44 mph. Walaupun kapasitas baterainya kecil, akan tetapi mobil mungil ini dapat menempuh jarak sejauh 150 km saat baterai penuh dengan batas kecepatan maksimal 40 km/jam pemakaian dalam kota.

Melihat detail performa tersebut, bisa dipastikan bahwa selain bentuknya yang mungil, mobil listrik ini dapat mengisi daya ulang baterainya di mana saja tanpa infrastruktur khusus layaknya mobil listrik pada umumnya.

Harga Mobil Box Wuling

Pertama kali Wuling memperkenalkan mobil listrik perniagaan ini di awal tahun 2022. Akan tetapi, baru secara resmi Wuling memperkenalkan E10 di pasar otomotif sejak tanggal 28 Agustus 2023 di China.

Wuling memproduksi mobil listrik E10 dalam 2 pilihan dengan harga yang berbeda, varian tersebut antara lain varian dengan model standar dengan material boks metal dan versi atap boks tinggi yang bisa difungsikan sebagai refrigerator. 

Wuling E10 harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Harga Wuling E10 sekitar 36.800 Yuan sampai 39.800 Yuan atau setara dengan Rp77 jutaan sampai Rp83 jutaan.

Walaupun terkenal irit biaya karena motor penggeraknya berupa listrik, akan tetapi kita sebagai pemilik mobil juga perlu memperhatikan cara memelihara dan merawat mobil listrik. Tujuannya agar mobil tersebut berusia panjang dan tetap memiliki performa yang baik.

Adapun cara memelihara dan merawat mobil listrik antara lain sebagai berikut:

  • Mengontrol pemakaian baterai supaya ketahanannya gak kurang dari 40%, khususnya bila mobil digunakan untuk berkendara jarak jauh atau diparkir untuk waktu yang cukup lama.
  • Menghindari kebiasaan mengisi daya penuh hingga 100% karena dapat mempengaruhi degradasi mobil serta membuat baterai mobil cepat rusak.
  • Membiasakan menyimpan atau memarkirkan kendaraan listrik di tempat yang sejuk atau gak terkena sinar matahari dan suhu tinggi lainnya secara langsung.
  • Memeriksa secara berkala software-software yang digunakan mobil listrik, apakah ada software yang perlu di-update atau upgrade.
  • Menjadwalkan waktu pengisian daya baterai.
  • Memeriksa komponen lainnya seperti radiator, filter AC mobil, hingga kampas rem.

Baca juga: Wuling Almaz RS: Harga, Tipe, dan Spesifikasi Lengkap

Jadi, walaupun memiliki motor penggerak yang berbeda dengan kendaraan bermotor roda 4 konvensional dengan motor penggerak mesin, namun dari sistem pemeliharaan dan perawatan hampir sama.

Mobil konvensional pun perlu diperiksa kondisi komponen standar seperti kondisi oli dan aki mobil, memeriksa AC mobil, memeriksa kampas rem dan sistem pengereman mobil hingga rutin melakukan servis tune up.

Cara cepat menemukan bengkel mobil terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Pertanyaan Seputar Wuling E10


Wuling E10 harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Harga Wuling E10 sekitar 36.800 Yuan sampai 39.800 Yuan atau setara dengan Rp77 jutaan sampai Rp83 jutaan.


Melihat detail performa tersebut, bisa dipastikan bahwa selain bentuknya yang mungil, mobil listrik ini dapat mengisi daya ulang baterainya di mana saja tanpa infrastruktur khusus layaknya mobil listrik pada umumnya.


Wuling E10 menggunakan baterai lithium besi fosfat berkapasitas 9 kWh yang dapat diisi dayanya dengan aliran listrik rumah tangga bertegangan 220 Volt.