Wuling adalah salah satu pabrikan mobil yang saat ini cukup eksis di Indonesia. Dari beberapa tipe mobil yang dipasarkan oleh Wuling di Indonesia, ada tipe yang paling laris di Indonesia. Tipe tersebut adalah Wuling Almaz RS.

Nama RS pada Wuling Almaz RS sendiri memiliki arti Rising Star dan Wuling Almaz RS memiliki tagline “Drive Unlimited Way”

Wuling Almaz RS adalah sebuah mobil Sport Utility Vehicle atau SUV yang dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih. Bagi OtoFriends yang tertarik untuk memiliki mobil yang satu ini, simak terlebih dahulu 

1. Tipe Wuling Almaz RS

Informasi pertama tentang Wuling Almaz yang perlu OtoFriends ketahui adalah tipe dari Wuling Almaz RS. Wuling Almaz RS memiliki dua tipe atau variasi, yaitu Wuling Almaz RS Pro dan Wuling Almaz RS EX.

2. Harga Wuling Almaz RS

Setelah mengetahui beberapa tipe Wuling Almaz RS yaitu Wuling Almaz RS Pro dan Wuling Almaz RS EX untuk harga tentu saja keduanya berbeda. Untuk harga Wuling Almaz RS Pro adalah sekitar Rp400 Jutaan, sementara untuk harga Wuling Almaz RS EX lebih murah, yaitu sekitar Rp360 Jutaan.

3. Warna Wuling Almaz RS

Untuk variasi warna, Wuling Almaz RS Pro dan Wuling Almaz RS EX sangat jauh berbeda karena Wuling Almaz RS Pro merupakan mobil dengan dua warna atau two tone sementara Wuling Almaz RS EX hanya memiliki satu jenis warna saja.

Berikut ini adalah beberapa variasi warna Wuling Almaz RS EX yang bisa OtoFriends pilih:

  1. Pristine White
  2. Dazzling Silver
  3. Aurora Silver
  4. Carnelian Red
  5. Starry Black

Dan untuk Wuling Almaz RS Pro memiliki tambahan warna hitam pada bagian atasnya dan berikut ini adalah beberapa variasi warna Wuling Almaz RS Pro yang bisa OtoFriends pilih:

  1. Pristine White + Black
  2. Dazzling Silver + Black
  3. Aurora Silver + Black
  4. Carnelian Red + Black
  5. Starry Black 

4. Eksterior Wuling Almaz RS

Informasi berikutnya tentang Wuling Almaz RS adalah eksterior dari mobil ini. Untuk dimensi, baik Wuling Almaz RS Pro dan Wuling Almaz RS EX memiliki dimensi 4,655 mm x 1,835 mm x 1,760 mm (panjang x lebar x tinggi)

Wuling Almaz RS Pro dan EX memiliki sumbu roda 2,750 mm, dengan front tread 1,544 mm dan rear tread 1,549 mm. Untuk bagian kaki-kaki, Wuling Almaz RS menggunakan velg alloy dengan ukuran 17 atau 18 inch.

Pada bagian atap Wuling Almaz RS juga telah dilengkapi dengan sunroof yang cukup besar dan membuat berkendara semakin menyenangkan. 

Pada bagian depan Wuling Almaz RS OtoFriends bisa melihat grill yang besar yang membuat mobil ini terlihat sporty dan kokoh. Wuling Almaz RS juga menggunakan dual exhaust pada bagian belakang. Untuk pencahayaan, Wuling Almaz RS sudah menggunakan integrated future eyes LED.

Dan pada bagian eksterior yang terakhir adalah terdapat kamera untuk fitur Advance Driver Assistance System (ADAS). Untuk kelebihan dan informasi detail fitur ini akan dibahas pada poin fitur Wuling Almaz RS.

Baca Juga: Mengenal Bagian Eksterior Mobil dan Aksesoris Modifikasinya

5. Interior Wuling Almaz RS

Selanjutnya Otoklix akan membahas interior dari Wuling Almaz RS. Baik Wuling Almaz RS Pro dan Wuling Almaz EX adalah SUV dengan kapasitas penumpang 7 orang dewasa. Wuling Almaz RS sudah dilengkapi beberapa fitur seperti one push button engine, electric seat adjuster, audio system by Harman, power window dan wireless charging pad.

Pada bagian kursi pengemudi Wuling Almaz RS telah dilengkapi dengan LED multi instrument display berukuran 7 inch dan pada bagian stir dilengkapi multi function switch cluster yang memudahkan pengemudi melakukan berbagai macam hal saat berkendara.

Pada bagian interior Wuling Almaz RS juga telah dilengkapi panel multimedia berukuran cukup besar yaitu 10 inch. 

Salah satu keunggulan dari Wuling Almaz RS adalah pada bagian panel multimedia ini, dimana sudah menggunakan teknologi Wuling Indonesian Command (WIND).

Teknologi WIND pada Wuling Almas RS memungkinkan OtoFriends untuk memberikan perintah suara pada mobil untuk menjalankan berbagai macam hal.

Berbagai macam hal tersebut adalah seperti menelpon seseorang, memainkan lagu atau radio, menaikan atau menurunkan volume, membuka peta navigasi, menurunkan atau menaikan suhu AC, membuka atau menutup jendela termasuk membuka atau menutup sunroof dan masih banyak lagi. 

Baca Juga: Daftar 13 Pilihan Mobil SUV Terbaik dari Berbagai Merek

6. Fitur Wuling Almaz RS

Berikutnya adalah beberapa fitur dalam Wuling Almaz RS. Selain fitur WIND ada juga fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang telah disebutkan pada poin eksterior Wuling Almaz RS sebelumnya. 

Fitur ADAS adalah fitur teknologi yang paling banyak dicari dari mobil ini. Dalam fitur ini terdapat beberapa kelebihan yang membuat berkendara menjadi lebih aman dan nyaman. Beberapa kelebihan tersebut adalah sebagai berikut ini.

  1. Adaptive Cruise Control (ACC): Membuat kendaraan secara otomatis menyesuaikan dengan kecepatan kendaraan yang berada di depan mobil dan menjaga jarak aman berkendara.
  2. Bend Cruise Assistant (BCA): Otomatis mengurangi kecepatan kendaraan ketika akan melalui jalan yang menikung.
  3. Intelligent Cruise Assistance (ICA) + Traffic Jam Assistance (TJA): Membantu menjaga jarak aman dalam kondisi lalu lintas lancar.
  4. Lane Departure Warning (LDW): Memberikan OtoFriends peringatan apabila keluar dari jalur berkendara tanpa dikehendaki.
  5. Lane Keeping Assistance (LKA): Secara otomatis mengoreksi arah kemudi untuk kembali ke lajur yang aman.
  6. Safe Distance Warning (SDW): Memberikan peringatan ketika kendaraan di depan berada di bawah jarak aman.
  7. Forward Collision Warning (FCW): Memberikan peringatan berupa suara, tampilan visual sampai melakukan pengereman apabila ada potensi tabrakan depan pada mobil.
  8. Automatic Emergency Braking (AEB): Jika pengemudi tidak merespon peringatan bahaya tabrakan yang terdeteksi, sistem akan secara otomatis melakukan pengereman darurat.
  9. Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA): Menyesuaikan besarnya gaya pengereman secara otomatis sesuai risiko bahaya jika gaya injak rem pengemudi tidak mencukupi.
  10. Collision Mitigation System (CMS): Jika tabrakan tetap terjadi, fitur ini akan mencegah kerusakan dengan cara mengurangi kecepatan sebelum tabrakan terjadi.
  11. Intelligent Head Beam Assistance (IHMA): Kendaraan secara otomatis menyesuaikan ketinggian cahaya lampu utama sesuai dengan kondisi pencahayaan lingkungan sekitar.

Selain teknologi ADAS, terdapat juga teknologi dari Wuling Almaz RS yang bernama Smart IOV atau Internet of Vehicle yang membuat dapat melakukan beberapa hal ke mobil ini hanya dengan melalui smartphone.

Beberapa hal tersebut adalah seperti mengunci dan membuka pintu, mencari posisi kendaraan, mematikan atau menghidupkan AC, menghidupkan mobil serta masih banyak lagi.

Beberapa fitur lainnya dari Wuling Almaz RS juga sangat menjaga keamanan OtoFriends dalam berkendara seperti Airbags, kamera parkir depan, belakang dan 360, teknologi HHC yang menjaga agar mobil tidak mundur saat melewati kemacetan di jalan menanjak, ESC yang membuat mobil tetap aman saat berpindah jalur, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

7. Mesin Wuling Almaz RS

Informasi terakhir tentang Wuling Almaz RS dari Otoklix adalah mesin dari Wuling Almaz RS ini. Untuk mesin, Wuling Almaz RS Pro dan EX sama-sama menggunakan mesin dengan kapasitas 1,451 cc dengan 4 silinder in-line, dilengkapi dengan DOHC, DVVT dan Turbocharger.

Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga 140 Hp pada putaran 5.200 rpm dan torsi maksimal 250 Nm pada putaran 3.600 rpm.

Baca Juga: 44 Komponen Mesin Mobil, Lengkap Fungsi dan Bagiannya

Itulah beberapa informasi tentang Wuling Almas RS, mulai dari tipe Wuling Almaz RS yaitu Wuling Almaz RS Pro dan EX, harga, warna, eksterior, interior, fitur dan mesin dari Wuling Almaz RS.

Wuling Almaz RS tentunya sama dengan mobil pada umumnya, perlu dilakukan perawatan terbaik secara berkala. Untuk melakukan perawatan terbaik, OtoFriends bisa mempercayakannya pada bengkel mobil terbaik dari Otoklix.

OtoFriends juga bisa menyimak beragam informasi otomotif menarik lainnya hanya di Otoklix. Semoga informasi Wuling Almaz RS dari Otoklix tersebut dapat bermanfaat untuk OtoFriends.

Pertanyaan Seputar Wuling Almaz RS

Harga Wuling Almaz RS adalah berkisar mulai dari Rp360 Jutaan sampai Rp400 Jutaan.

Terdapat 5 warna pada Wuling Almaz RS, yaitu Pristine White, Dazzling Silver, Aurora Silver, Carnelian Red, Starry Black dan untuk Wuling Almaz RS Pro ditambahkan warna hitam pada bagian atas mobil sehingga menjadi dua warna.

Beberapa teknologi pada Wuling Almaz RS adalah seperti WIND, ADAS, IOV dan masih banyak lagi.