Saat membeli mobil Sigra, selain fitur hal lain yang perlu kita pertanyakan adalah bagaimana konsumsi BBM Sigra. Dengan kapasitas tangki bensin sebesar 36 liter, apakah konsumsi bahan bakar mesinnya (BBM) jadi lebih irit?

Daihatsu Sigra termasuk mobil Low Cost Green Car (LCGC) unggulan Daihatsu yang  banyak digunakan masyarakat Indonesia sebagai moda transportasi sehari-hari. Hal ini karena bagi mereka konsumsi bensin Daihatsu Sigra irit sehingga kita bisa menghemat biaya pemeliharaan dan perawatan kendaraan.

Namun yang menjadi pertanyaan, apakah konsumsi BBM mobil Sigra transmisi manual dan otomatis (matic) sama? Mana yang lebih irit?

Baca juga: 13 Pilihan Mobil Irit Bensin 2022 Beserta Spesifikasinya

Konsumsi BBM Sigra 1.200 cc

Mobil Sigra terbarunya memiliki kapasitas mesin 1.200 cc dengan 2 pilihan transmisi mesin yakni transmisi manual dan matic. Secara garis besar, Daihatsu Sigra diklaim irit penggunaan bensin untuk kedua transmisi tersebut.

Salah satu uji coba yang dilakukan portal otomotif mencatat konsumsi BBM-nya sebesar 1:14 km/liter. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

1. Konsumsi BBM Sigra 1.2 Manual

Berdasarkan situs Astra Daihatsu, hasil uji coba Daihatsu Sigra untuk mengetahui konsumsi bensinnya adalah konsumsi BBM Sigra manual dalam kota sebesar 1 liter untuk berkendara sejauh 14 km. Adapun untuk penggunaan luar kota lebih irit lagi yakni 17,6 km/liter.

Selain itu, untuk berkendara di ruas jalan bebas hambatan, mobil Sigra 1.2 L manual dapat mengonsumsi BBM sebesar 28 km/liter dengan gaya berkendara kecepatan konstan 60 km/liter.

Penggunaan BBM yang irit ini didukung penyematan teknologi VVT-i agar penggunaan bahan bakar mobil SIgra lebih efisien.

2. Konsumsi BBM Sigra 1.2 Matic

Berbeda dengan mobil Sigra mesin 1.000 cc, untuk kapasitas mesin 1.200 cc Sigra menawarkan 2 pilihan kapasitas mesin yakni manual dan matic.

Konsumsi mobil Sigra 1.200 cc matic gak jauh berbeda dengan manualnya. Konsumsi bensin dalam kotanya sebesar 14 km/liter, sedangkan penggunaan luar kotanya lebih irit daripada transmisi manual. Konsumsi Daihatsu Sigra transmisi matic penggunaan luar kota sebesar 19,5 km/liter.

Namun, hasil uji konsumsi BBM mobil Sigra di ruas jalan bebas hambatan untuk mobil transmisi matic dengan kecepatan konstan 60 km/liter sebesar 26 km/liter.

Bisa kita simpulkan bahwa walaupun perbedaan konsumsi untuk transmisi manual dan matic bedanya cukup tipis, akan tetapi kedua mobil Sigra ini terbilang hemat konsumsi bensin.

Baca juga: Konsumsi BBM Ayla Terbaru 2023, Capai 25 Km/Liter

Bagaimana Konsumsi BBM Sigra 1.000 cc?

Sebelum hadirnya mobil Daihatsu Sigra berkapasitas 1.200 cc ini, Daihatsu sudah lebih dulu memperkenalkan mobil LCGC unggulannya yang hemat BBM yakni Daihatsu Sigra 1.000 cc yang hanya menggunakan transmisi manual.

Konsumsi BBM Sigra 1000 cc sebesar 14 km/liter untuk penggunaan dalam kota dan untuk penggunaan luar kota mobil ini mampu menggunakan bensin sekitar 17,6 hingga 20 km/liter.

Daihatsu Sigra berkapasitas mesin 1.000 cc ini menggunakan mesin berkode 1KR-VW 3 silinder segaris DOHC yang dikawinkan dengan teknologi VVT-i dan transmisi manual mampu menghasilkan daya maksimal 66 hp pada 6.000 rpm dan capaian torsi maksimal 89 Nm pada 4.400 rpm.

Konsumsi BBM Sigra vs Calya

Setiap tahun, angka pembelian mobil terus meningkat. Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan mobil di tahun 2022 sebanyak 1,04 juta unit mobil. Angka ini naik 17% dibandingkan angka penjualan mobil di tahun 2021.

Mobil LCGC menjadi yang cukup populer karena mobil ini diklaim hemat konsumsi BBM dan ramah penggunaan untuk area perkotaan yang terkenal cukup padat lalu lintas.

Kendati begitu, kita tetap harus membandingkan beberapa mobil agar mengetahui mobil mana yang terbaik yang akan kita pilih. Dalam hal ini kita akan membandingkan mobil Daihatsu Sigra dan Toyota Calya.

Dari segi dapur pacunya sendiri, Daihatsu Sigra dengan mesin berkapasitas 1.0 L transmisi manual dengan 3 silinder mampu menghasilkan tenaga maksimal 68 Ps dan capaian torsi maksimal 90 Nm. 

Adapun Toyota Calya dengan mesin berkapasitas 1.2 L 4 silinder mampu menghasilkan daya maksimal 87 Ps dan capaian torsi maksimal 108 Nm.

Kemudian cari tahu bagaimana fitur dari masing-masing mobil, harga kedua mobil tersebut hingga konsumsi bahan bakar dari kedua mobil tersebut.

Rata-rata konsumsi BBM Calya sebesar 17,8 km/liter sedangkan konsumsi BBM Daihatsu Sigra sebesar 17,3 km/liter. Melihat data ini maka mobil Sigra lebih irit dibandingkan Toyota Calya.

Kendati demikian, hal tersebut tetap tergantung dari beberapa faktor seperti gaya berkendara pengemudi, perawatan dan penggunaan jenis BBM bernilai oktan yang sesuai.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Terbaru Daihatsu Sigra

3 Kebiasaan Bikin Konsumsi BBM Daihatsu Sigra Boros

Walaupun berdasarkan uji coba di atas mobil Daihatsu Sigra terkenal hemat akan tetapi ada beberapa situasi di mana kondisi tersebut menyebabkan konsumsi BBM Sigra jadi boros.

Faktor yang pertama yakni gaya berkendara pengemudi yang kurang bijaksana seperti jarang menggunakan fitur Eco Mode bila mobil tersebut telah dilengkapi fitur tersebut dan penggunaan sistem pengereman serta AC mobil yang kurang bijaksana.

Kemudian penggunaan bahan bakar yang gak sesuai juga bisa menjadi penyebab keborosan penggunaan BBM. Daihatsu Sigra memiliki kompresi 11,5:1 yang cocok menggunakan jenis bensin bernilai oktan 90. Saat ini produk BBM RON 90 yakni Pertalite dan Shell Super dan Shell.

Jika kita menggunakan bensin dengan nilai RON lebih rendah maka konsumsi bensinnya bisa jadi boros. Akan tetapi, bila kita ingin mengonsumsi BBM lebih hemat lagi maka bisa menggunakan Pertamax, bensin dengan nilai oktan 92 RON.

Kebiasaan buruk terakhir yang membuat konsumsi BBM boros adalah kurang memperhatikan perawatan dan pemeliharaan kendaraan bermotor roda 4. Sesibuk-sibuknya kita, perawatan kendaraan sangat penting untuk menjaga kualitas dan performa mobil.

Gak perlu lama menunggu antrean servis mobil. OtoFriends bisa mengajukan booking service di bengkel mobil terdekat untuk melakukan servis mobil rutin secara berkala.

Cara cepat menemukan bengkel mobil terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Perkembangan teknologi ini sangat memudahkan dan membantu kita untuk merawat mobil kesayangan. Segera download aplikasi Otoklix sebagai teman merawat mobil kita.

Pertanyaan Seputar Konsumsi BBM Sigra

Daihatsu Sigra termasuk mobil Low Cost Green Car (LCGC) unggulan Daihatsu yang banyak digunakan masyarakat Indonesia sebagai moda transportasi sehari-hari. Hal ini karena bagi mereka konsumsi bensin Daihatsu Sigra irit sehingga kita bisa menghemat biaya pemeliharaan dan perawatan kendaraan.


Konsumsi BBM Sigra 1000 cc sebesar 14 km/liter untuk penggunaan dalam kota dan untuk penggunaan luar kota mobil ini mampu menggunakan bensin sekitar 17,6 hingga 20 km/liter.


Kemudian penggunaan bahan bakar yang gak sesuai juga bisa menjadi penyebab keborosan penggunaan BBM. Daihatsu Sigra memiliki kompresi 11,5:1 yang cocok menggunakan jenis bensin bernilai oktan 90. Saat ini produk BBM RON 90 yakni Pertalite dan Shell Super dan Shell.