Service audio mobil menjadi salah satu yang patut dipertimbangkan, apalagi jika berada di wilayah banjir. Sebab jika apes, mobil yang terendam banjir bisa saja tidak hanya merusak mesin tetapi juga head unit.

Selain banjir, ada beberapa hal yang menjadi penyebab audio mobil mati. Tentunya kita ingin segera memperbaiki audio mobil yang mati agar bisa kembali nyaman dan tidak jenuh dalam berkendara.

Jadi, hal apa saja yang membuat audio mati sehingga perlu dibawa ke bengkel service audio mobil?

Penyebab Tape Mobil Rusak

1. Salah pemasangan

Pemasangan komponen audio yang tidak tepat menjadi salah satu penyebab audio mobil mati. Pemasangan yang tidak tepat juga berpotensi mengganggu sistem kelistrikan mobil hingga bisa mempengaruhi lampu indikator. Jadi, pastikan pemasangan komponen yang benar atau bawa ke bengkel service audio mobil ya. 

2. Sistem kelistrikan mobil bermasalah

Salah pemasangan komponen bisa mempengaruhi kelistrikan mobil, begitu pula sebaliknya karena saling berkaitan. Jika sistem kelistrikan mengalami masalah atau gangguan, maka sangat mungkin terjadi audio mobil mati.

Baca Juga: Tips Memilih Bengkel Audio Mobil dan Perawatan Rutinnya

3. Spesifikasi komponen audio tidak tepat

Pemilihan komponen audio harus disesuaikan dengan kapasitas daya listrik mobil kamu. Tegangan listrik harus kompatibel dengan komponen audio. Jika menggunakan komponen audio yang tidak tepat, maka bisa merusak komponen lainnya.

4. Debu masuk ke sistem audio

Meskipun sering disepelekan, tetapi upaya pembersihan sistem audio secara keseluruhan sangat diperlukan untuk meminimalisasi masuknya debu ke sistem audio. Adanya debu ini lama-kelamaan bisa merusak komponen audio. 

5. Memasang dan mematikan audio dengan paksa

Seringkali kita lupa mematikan audio sebelum mematikan mesin. Terburu-buru membuat kita mematikan mesin sekaligus yang mengakibatkan sistem audio mati dengan paksa. Hal ini menyebabkan arus listrik akan tersedot banyak ketika mobil kembali dinyalakan. Arus listrik yang besar dan tiba-tiba ini bisa membuat komponen jebol atau hangus. 

Cara Service Audio Mobil yang Mati

Sebelum membawa ke bengkel untuk service audio mobil, kamu bisa melakukan beberapa cara sederhana ini.

1. Rajin bersihkan komponen tape

Kamu bisa membersihkan komponen tape yang kemungkinan tertutup oleh debu. Coba bersihkan komponen head unit menggunakan kain atau lap lembut. Bersihkan seluruh bagian, yaitu speaker, power unit, kabel, bahkan hingga sambungan kabel yang saling terhubung.. 

2. Pilih jenis flashdisk berkapasitas besar 

Ternyata pemilihan flashdisk atau USB drive juga mempengaruhi usia pakai audio mobil. Flashdisk dengan kapasitas yang besar biasanya lebih lancar untuk menghubungkan file audio dengan speaker. Jangan simpan file berukuran besar ya agar head unit kamu tidak cepat rusak. 

3. Cek bagian sekring audio

Seperti telah disinggung di atas, audio mobil sangat berkaitan erat dengan kelistrikan mobil. Maka dari itu audio kendaraan membutuhkan aliran listrik dari sekring. Kalau ada kabel yang putus, pastilah akan menyebabkan audio tidak menyala. 

Hal di atas adalah hal sederhana untuk mengatasi audio mobil yang mati. Jika tidak bisa juga, maka kamu perlu membawanya ke bengkel service audio mobil.

Baca juga: Permasalahan dan Cara Service Tape Mobil Mudah Untukmu

Biaya Service Audio Mobil

Jika kerusakannya tergolong ringan, kamu tidak perlu mengganti head unit secara keseluruhan. Biasanya bengkel service audio mobil tidak terima service head unit audio mobil yang rusak karena terendam banjir. Mereka akan menyarankan untuk mengganti dengan yang baru.

Biaya service audio mobil ini sebenarnya cukup murah, hanya Rp 200 ribuan saja untuk jasa pengecekan dan pemasangan head unit. Sementara itu harga head unit  yang harus diganti berkisar Rp 600 ribu – 800 ribuan untuk produk aftermarket China. Jika ingin menggunakan head unit bermerek seperti Pioneer, kamu harus menyiapkan dana sekitar Rp 2 jutaan.

Dalam referensi lain, untuk biaya perbaikan, kerusakan pada perangkat head unit single DIN merek China dibanderol Rp150 ribu sampai dengan Rp400 ribuan. Head unit single DIN bermerek dengan sparepart langka mulai Rp400 ribuan unit ke atas.

Jika kamu pemilik mobil yang harganya di atas Rp500 jutaan, biasanya sudah ada power bawaan sehingga jika terjadi kerusakan software hanya perlu dilakukan perbaikan tanpa mengganti dengan yang baru. Pilihlah bengkel terpercaya yang terima service head unit audio mobil  karena harga head unit OEM saja bisa mencapai Rp5 juta sampai dengan Rp10 jutaan tergantung merek.

Kita memang tidak tahu kapan bencana akan datang dan menenggelamkan mobil kita, tetapi sebaiknya lakukan perawatan ringan berkala pada audi kecil.
Jika kamu mencari bengkel untuk service audio mobil, kamu bisa buka web Otoklix.com. Otoklix merupakan aplikasi booking servis mobil yang telah bekerja sama dengan 1.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Yuk, jadwalkan servis mobil kamu melalui Otoklix!