Dengan semakin banyaknya variasi kendaraan yang ada di Indonesia, semakin bertambah juga jenis bahan bakar yang kini tersedia dan bisa digunakan masyarakat. Selain Premium, Pertalite, dan Pertamax, ada juga bahan bakar solar untuk mesin diesel yang disediakan oleh Pertamina. Bahan bakar untuk mesin diesel tersebut adalah bahan bakar Dexlite dan Pertamina Dex

Namun sayangnya bahan bakar Dexlite sering kali tidak diketahui oleh masyarakat dan tertukar dengan bahan bakar Pertamina Dex. Untuk lebih mengenal kedua bahan bakar solar untuk mesin diesel tersebut, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Bahan Bakar Dexlite

Bahan bakar Dexlite adalah salah satu bahan bakar solar yang disediakan oleh Pertamina untuk mobil-mobil dengan mesin diesel seperti mobil Low SUV dan  mobil niaga dengan teknologi common rail.

Pertamina menghadirkan bahan bakar Dexlite ke masyarakat sebagai pilihan bagi kendaraan dengan mesin diesel yang membutuhkan bahan bakar yang berkualitas dan terjangkau. Meskipun memiliki harga yang sedikit lebih mahal dari Solar, kualitas bahan bakar Dexlite, jauh berada di atas Solar.

Apa Itu Bahan Bakar Pertamina Dex

Jenis bahan bakar solar untuk mesin diesel berikut yang akan Otoklix bahas adalah Pertamina Dex. Pertamina Dex merupakan bahan bakar non subsidi jenis solar yang menjaga mesin, meningkatkan performa kendaraan dan ramah lingkungan karena telah memiliki standar EURO 4.

Dengan menggunakan Pertamina Dex, pembakaran bahan bakar untuk mesin menjadi lebih sempurna dan suara mesin menjadi lebih halus. OtoFriends tidak lagi akan terganggu dengan suara mesin diesel yang berisik dan getaran berlebih pada kendaraan yang bisa membuat perjalanan menjadi tidak nyaman.

Perbedaan Bahan Bakar Dexlite dan Pertamina Dex

Berikut ini adalah beberapa perbedaan bahan bakar Dexlite dan Pertamina Dex yang sama-sama diperuntukan bagi mobil dengan mesin diesel, dimulai dari kandungan oktan, sulfur, zat additive dan harga. 

Kandungan Oktan

Perbedaan bahan bakar Dexlite dan Pertamina Dex yang pertama adalah terletak pada kandungan oktan dari masing-masing bahan bakar tersebut. Bahan bakar Dexlite memiliki angka oktan 51, sementara untuk Pertamina Dex memiliki angka oktan 53. 

Kandungan oktan pada bahan bakar menunjukan seberapa besar tingkat kompresi atau pembakaran yang dapat dihasilkan oleh bahan bakar tersebut. Semakin tinggi nilai oktan pada bahan bakar menunjukan semakin cepatnya bahan bakar tersebut dikonsumsi oleh mesin. 

Semakin tinggi angka oktan pada bahan bakar maka akan semakin baik, namun belum tentu mampu meningkatkan performa mesin. Hal paling tepat adalah kesesuaian antara nilai oktan dengan kebutuhan mesin mobil.

Baca Juga: Mengenal Jenis Bahan Bakar untuk Mesin Kendaraan

Kandungan Sulfur

Perbedaan yang selanjutnya antara kedua bahan bakar tersebut adalah terletak pada kandungan sulfur pada masing-masing bahan bakar tersebut, Dexlite mempunyai kandungan sulfur 1200 ppm, sementara Pertamina Dex mempunyai kandungan sulfur 300 ppm.

Berbanding terbalik dengan oktan, untuk kandungan sulfur pada bahan bakar jika semakin sedikit maka akan semakin baik. Sulfur atau yang sering juga disebut belerang dapat merugikan mesin seperti merusak mesin atau membuat proses pembakaran menjadi terganggu.

Semakin sedikit kandungan sulfur pada bahan bakar juga menunjukan semakin bersihnya bahan bakar tersebut dan tentunya hal ini akan semakin meningkatkan performa mesin mobil OtoFriends.

Zat Additive

Zat additive memiliki fungsi agar performa mesin tetap terjaga. Selain itu juga zat additive berfungsi untuk membersihkan mesin sehingga tidak ada endapan yang dapat mengganggu performa mesin. Baik bahan bakar Dexlite dan Pertamina Dex, keduanya sama-sama memiliki zat additive yang mampu melindungi mesin diesel kendaraan OtoFriends. 

Harga

Perbedaan yang terakhir tentunya adalah dari sisi harga. Harga bahan bakar Dexlite lebih murah jika dibandingkan Pertamina Dex. Harga bahan bakar Dexlite adalah Rp12.950,- per liter, sementara untuk harga Pertamina Dex adalah Rp13.700,- per liter.

Baca Juga: Harga BBM Terbaru di Indonesia Setelah Mengalami Kenaikan

Kendaraan yang Cocok Pakai Dexlite

Setelah mengetahui tentang masing-masing dari bahan bakar untuk mesin diesel tersebut, baik Dexlite dan Pertamina Dex, serta perbedaan keduanya, berikut ini adalah beberapa kendaraan yang cocok untuk menggunakan bahan bakar Dexlite.

  1. Semua merek dan tipe truk
  2. Chevrolet Captiva 
  3. Chevrolet Colorado
  4. Hyundai H-1 CRDI
  5. Isuzu D-Max 
  6. Isuzu Elf
  7. Kia Pregio 
  8. Kia Carnival
  9. Mitsubishi Triton 
  10. Mitsubishi Pajero Sport non-VGT
  11. Nissan Frontier
  12. Peugeot XUD-9
  13. Renault Duster
  14. Tata Aria
  15. Toyota Hiace
  16. Toyota Commuter
  17. Toyota Innova 
  18. Toyota Fortuner non-VNT

Baca Juga: 10 Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil

Itulah beberapa informasi mengenai bahan bakar Dexlite dan juga Pertamina Dex yang perlu OtoFriends ketahui. Mulai dari penjelasan dan masing-masing bahan bakar tersebut, perbedaan dari kedua bahan bakar tersebut, seperti kandungan oktan, sulfur, zat additive dan harga dari masing-masing bahan bakar tersebut.

Terdapat juga informasi mengenai kendaraan apa saja yang cocok memakai bahan bakar Dexlite yang perlu OtoFriends ketahui. Menjaga performa mesin kendaraan tentunya merupakan sebuah tanggung jawab pemilik kendaraan tersebut.

Untuk membantu OtoFriends menjaga performa mesin mobil OtoFriends, OtoFriends dapat mempercayakannya kepada bengkel terpercaya dari Otoklix. Semoga informasi mengenai bahan bakar Dexlite dan Pertamina Dex tersebut dapat menambah wawasan OtoFriends.