Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap atau yang biasa kita kenal dengan istilah Samsat memiliki layanan khusus untuk pemilik kendaraan yang ingin membayar pajak kendaraan tahunan, yakni Samsat keliling. 

Biasanya, ada mobil yang dibuat khusus untuk mempermudah pemilik kendaraan yang akan membayar pajak kendaraan tahunan.

Di setiap daerah memiliki lebih dari 3 mobil Samsat keliling sehingga petugas bisa mendatangi ke berbagai daerah di wilayah kota atau kabupatennya. Tak jarang juga beberapa mobil Samsat keliling yang tetap berkeliling di hari Sabtu.

Oleh sebab itu, sebelum mendatangi Samsat keliling untuk membayar pajak mobil, lebih baik OtoFriends mencari tahu jadwal Samsat keliling Jakarta di website otomotif.

Baca juga: STNK Mati 2 Tahun, Mobil Bodong? Tenang, Ada Tiga Peringatan

Jadwal Samsat Keliling

Apakah OtoFriends mengetahui Samsat keliling melayani apa saja? Sebelum mendatangi Samsat keliling ada baiknya kita mencari tahu terlebih dulu layanan apa saja yang tersedia di mobil Samsat keliling. Layanan yang ada di antaranya untuk membayar pajak kendaraan tahunan, perpanjangan STNK dan pengesahan STNK.

Apabila kita ingin melakukan pembayaran pajak kendaraan 5 tahun maka harus datang ke kantor Samsat terdekat. Pasalnya, saat bayar pajak kendaraan 5 tahun biasanya diikuti dengan ganti STNK kendaraan.

Namun, bila hanya sekadar bayar pajak kendaraan tahunan maka kita bisa melakukannya di Samsat keliling terdekat. Umumnya, Samsat keliling beroperasi setiap Senin sampai Jumat mulai jam 8 pagi sampai jam 12 siang. Akan tetapi, setiap wilayah memiliki jam operasional berbeda-beda. Berikut ini jadwal Samsat keliling hari ini.

Wilayah DKI JakartaLokasi Samsat KelilingJadwal Samsat Keliling
Jakarta TimurJalan Sentra Primer Tim No. 38, RT 11 RW 08, Pulo Gebang, Kecamatan CakungSenin sampai Jumat mulai jam 7 pagi sampai jam 2 siang, dan Sabtu mulai jam 7 pagi sampai jam 11 siang
Jakarta TimurDepan Pasar Induk Kramat Jati, Jalan Raya Bogor KM 21/5 RT 003 RW 01, CiracasSenin sampai Jumat mulai jam 7 pagi sampai jam 2 siang
Jakarta SelatanHalaman Parkir Polda, RT 5 RW 3, Senayan, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta SelatanSenin sampai Jumat mulai jam 8 pagi sampai jam 3 sore
Jakarta SelatanDuren Tiga, RT 11 RW 7, Duren Tiga, Kecamatan Pancoran, Kota Jakarta SelatanSenin sampai Jumat mulai jam 8 pagi sampai jam 2 siang
Jakarta SelatanKantor Kecamatan Pasar Minggu No. 29, Jalan Ragunan RayaSenin sampai Jumat mulai jam 8 pagi sampai jam 2 siang
Jakarta BaratLTC Glodok, Jalan Hayam Wuruk No. 127, RT 1 RW 6, Mangga Besar, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta BaratSenin sampai Kamis mulai jam 7 pagi sampai jam 2 siang
Jakarta BaratMall Ciputra atau Citraland, Jalan Letjen S. ParmanSenin sampai Kamis mulai jam 7 pagi sampai jam 2 siang
Jakarta UtaraTugu Utara, Jalan Lingkar Islamic Center, RW 1, Tugu Utara, Kecamatan Koja, Kota Jakarta UtaraSenin sampai Jumat mulai jam 7 pagi sampai jam 2 siang dan Sabtu sampai Minggu mulai jam 7 pagi sampai jam 12 siang
Jakarta UtaraDepan Graha Gepembri, Jalan Boulevard Barat Blok XB No. 4Senin sampai Kamis mulai jam 8 pagi sampai jam 2 siang
Jakarta PusatDepan Kantor Pos Pusat Lapangan Banteng Utara No. 1Senin sampai Kamis mulai jam 8 pagi sampai jam 2 siang

Jadwal Samsat keliling hari ini dan hari-hari selanjutnya bisa saja berubah. Oleh karena itu, sebaiknya rutin memeriksa jadwal Samsat keliling hari ini terdekat dari rumah kita.

Baca juga: Perpanjang STNK 5 Tahunan? Cek Informasi Lengkapnya di Sini

Kantor Samsat Keliling Jakarta

Jika OtoFriends ingin membayar pajak kendaraan 5 tahunan, maka sebaiknya datang langsung ke kantor Samsat di setiap wilayahnya masing-masing di DKI Jakarta. Berikut ini lokasi kantor Samsat dan jadwalnya.

Jakarta Timur

Kantor Samsat Jakarta Timur, Jalan May. Jenderal DI Panjaitan No. 23, Cipinang Besar Selatan, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur. Beroperasi setiap Senin sampai Jumat mulai jam 8 pagi sampai jam 3 sore, dan hari Sabtu mulai jam 8 pagi sampai jam 12 siang.

Jakarta Selatan

Kantor Samsat Jakarta Selatan, Jalan Gatot Subroto RT 5 RW 3, Senayan, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan. Buka setiap Senin sampai Jumat mulai jam 8 pagi sampai jam 2 siang.

Jakarta Barat

Kantor Samsat Jakarta Barat, Jalan Daan Mogot KM 13 No. 130, Cengkareng Timur, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat. Beroperasi setiap hari Senin sampai Kamis mulai jam 8 pagi sampai jam 2 siang, dan hari Jumat mulai jam 8 pagi sampai jam 2 siang.

Jakarta Utara dan Pusat

Kantor Samsat Jakarta Utara dan Pusat, Jalan Gunung Sahari No. 13, Pademangan Barat, Kecamatan Pademangan, Kota Jakarta Utara. Buka setiap hari Senin sampai Jumat mulai jam 8 pagi sampai jam 2 siang.

Baca juga:Segini Biaya Balik Nama Mobil, Siapkan Dana dan Dokumennya!

Syarat dan Dokumen

Satu hal yang perlu kita pastikan sebelum membayar pajak kendaraan di gerat Samsat keliling adalah pastikan bahwa kendaraan kita tidak memiliki tunggakan pajak kendaraan lebih dari 1 tahun.

Selanjutnya, untuk melakukan pembayaran pajak mobil melalui gerai Samsat keliling, kita perlu membawa beberapa dokumen dan persyaratan lainnya, di antaranya:

  • Membawa e-KTP asli dan fotokopi.
  • Membawa BPKB asli dan fotokopi, apabila BPKB belum ada maka bisa membawa surat keterangan atau surat pengantar dari leasing.
  • Membawa STNK asli dan fotokopi.

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor

Apabila OtoFriends ingin mengetahui terlebih dulu berapa tagihan pajak kendaraannya, maka kita bisa memeriksanya langsung secara online melalui website Samsat di e-samsat, berikut ini caranya:

  • Kunjungi situs https://e-samsat.id.
  • Mengisi formulir dan memasukkan informasi kendaraan seperti plat kendaraan, nomor seri, sampai nomor rangka dan mesin kendaraan lalu klik “Cek Sekarang”
  • Tunggu beberapa saat hingga keluar informasi mengenai nominal pajak kendaraan yang perlu kita bayar.

Selain informasi tentang besaran pajak kendaraan, di sana juga akan muncul informasi lain tentang kendaraan seperti merk kendaraan, model dan warna, tahun produksi, nomor rangka dan mesin kendaraan. Perihal pajaknya sendiri, kita bisa mengetahui rincian biayanya seperti besaran PKB, SWDKLLJ, PNBP, hingga pajak STNK.

Supaya kendaraan, khususnya mobil tetap dalam keadaan prima saat harus melalui cek fisik kendaraan, maka sebaiknya OtoFriends rutin memeriksa kondisi fisik kendaraan. Jika terdapat goresan maka segera lakukan servis body repair di bengkel mobil terdekat.

Pertanyaan Seputar Samsat Keliling

Samsat keliling merupakan layanan Samsat yang memberikan kemudahan untuk pemilik kendaraan untuk membayar pajak kendaraan tahunan atau pengesahan STNK.

Di Samsat keliling, kita tidak bisa membayar pajak kendaraan 5 tahunan. Kita hanya bisa membayar pajak kendaraan tahunan dan pengesahan STNK.

Di Samsat keliling, kita tidak bisa mengganti nomor plat kendaraan. Untuk ganti plat kendaraan sebaiknya OtoFriends datangi kantor Samsat terdekat.