Wuling Alvez sudah rilis pada event IIMS 2023 (Indonesia International Motor Show 2023). Mobil ini merupakan jenis SUV (Sport Utility Vehicle) yang hadir dalam tiga varian, yaitu SE, CE, EX. Mobil ini diyakini bakal jadi saingan berat di kelas SUV kompak, seperti Hyundai Creta dan Honda HR-V.

Penasaran dengan spesifikasi lengkapnya dan berapa harga Wuling Alvez? Simak artikel berikut sampai selesai.

    Spesifikasi Wuling Alvez

    Fakta menarik bahwa Alvez punya arti ‘All At Once’ dalam bahasa Inggris. Hal ini diwujudkan Wuling Alvez. Kombinasi desain eksterior yang stylish, interior premium serta modern, serta fitur-fitur yang canggih membuat SUV ini patut jadi saingan berat di kelasnya. Meskipun merupakan SUV compact, tetapi kabinnya luas dan canggih. Mobil ini diproduksi untuk pengendara yang bergaya modern serta berjiwa muda. Sesuai dengan tagline Wuling Alvez yaitu Style & Innovation in One SUV.

    Desain eksterior modern khas SUV

    Mulai dari sisi eksterior, dimensi SUV compact ni adalah 4.350 mm x 1.750 mm x 1.610 mm (panjang x lebar x tinggi). Jarak sumbu rodanya adalah 2.550 mm. Pada bagian depan, mobil ini memiliki grille berbentuk huruf V. Warna dasarnya yaitu hitam dengan aksen krom. Terdapat logo berliat khas Wuling pada bagian tengah grille.

    Tampilan modern ini didukung dengan adanya LED DRL pada lampu utama dan lampu belakang. Di bagian bumper depan dan belakangnya terdapat garis tegas bergaya sporty dan juga foglamp yang sudah LED. Khusus varian turbo terdapat dua knalpot di bagian belakang.

    Velgnya menggunakan bahan alloy berukuran 16 inci dengan profil ban 206/60 R16. Mobil ini makin atraktif dengan hadir dalam dua warna atau dual tone.

    Baca juga: Apa itu Mobil SUV dan MPV? Ini Perbedaannya

    Interior elegan

    Memasuki bagian dalam, kabin Alvez cukup lega dan bisa menampung sampai dengan 5 penumpang. Bahan joknya menggunakan synthetic leather. Terdapat soft touch panel serta electric sunroof sehingga berkendara jadi makin bergaya dan menyenangkan. Apalagi Wuling Alvez telah dilengkapi dengan fitur hiburan yang bikin perjalanan makin seru.

    Terdapat aksen karbon pada konsol tengah. Desain persnelingnya juga elegan. Ada total 27 tempat penyimpanan barang di kabinnya. Kapasitas bagasinya mencapai 322 liter dengan kursi belakang bisa dilipat untuk menambah ruang lebih luas.

    Performa mesin Wuling Alvez

    Wuling Alvez memiliki dua tipe mesin yang berbeda untuk setiap variannya. Untuk mesin tanpa turbo, kapasitas mesinnya yaitu 1.485 cc 4 silinder sejajar, DVVT, DOHC. Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi otomatis CVT pada varian EX dan CE. Sementara itu untuk varian SE hanya tersedia transmisi manual 6 percepatan.

    Kombinasi mesin ini bisa menghasilkan tenaga sampai dengan 105 hp pada 5.800 rpm. Torsi puncaknya mencapai 143 Nm di putaran mesin 4.000-4.600 rpm. Mesin ini sebenarnya menjadi kekurangan Alvez dibandingkan Hyundai Creta dan Honda HR-V yang memiliki mesin lebih bertenaga.

    Fitur canggih

    Akan tetapi, kekurangan tersebut bisa dikompensasi dengan fitur-fitur canggih yang disematkan. Di antaranya ada Wuling Indonesian Command (WIND), Wuling Remote COntrol App, serta Advance Driver Assistance System (ADAS) yang terintegrasi dengan ACC (Adaptive Cruise Control). Ada juga fitur Internet of Vehicle (IoV) untuk varian tertingginya.

    Pengoperasian AC sudah menggunakan digital. Terdapat head unit dengan layar sentuh berukuran 10,25 inci. Ada pula fitur navigasi, konektivitas smartphone, kamera parkir, dan lainnya.

    Selain itu, masih banyak fitur canggih lainnya yang ada di Wuling Alvez yaitu sebagai berikut.

    1. Keyless entry + engine start/stop button
    2. Auto up/down with anti pitch di jendela dan pintu
    3. Remote open window & unlock tailgate
    4. Bend Cruise Assistance
    5. Traffic Jam Assistance with Lane Keeping Function
    6. Intelligent Cruise Assistance with Lane Keeping Function
    7. Safe Distance Warning
    8. Forward Collision Warning
    9. Collision Mitigation System
    10. Automatic Emergency Braking
    11. Intelligent Hydraulic Braking Assistance
    12. Lane Departure Warning
    13. Electronic Stability Control (ESC)
    14. Traction Control System (TCS)
    15. Antilock Braking System (ABS)
    16. Electronic Brakeforce Distribution (EBD)
    17. Emergency Stop Signal (ESS)
    18. Electric parking brake (EPB) with Auto Vehicle Hold (AVH)
    19. Hill Hold Control (HHC)
    20. Dual SRS airbags
    21. Tire Pressure Monitoring System (TPMS)
    22. Seatbelt reminder
    23. ISOFIX and child-proof door lock
    24. Rear parking sensors
    25. Immobilizer
    26. Anti-theft alarm  

    Baca juga: Spesifikasi Wuling Formo, Fitur, Harga, Interior, dan Kelebihan

    Varian Wuling Alvez

    Ketiga varian Wuling Alvez adalah SE sebagai entry level, serta CE dan EX untuk varian flagship-nya. Ketiganya memiliki dimensi, mesin, electric power steering, dan suspensi yang sama. Suspensi yang dipakai adalah McPherson Strut untuk suspensi depan dan Torsion Beam untuk suspensi belakang.

    Perbedaan dari ketiga varian ini ada pada sistem pengereman. Untuk varian SE dan CE, roda depannya menggunakan rem cakram dan belakang memakai drum. Sedangkan untuk varian EX, pengereman depan maupun belakang memakai cakram.

    Perbedaan juga ada pada bahan velgnya. Kalau varian SE hanya menggunakan velg kaleng, varian CE dan EX menggunakan velg alloy. Perbedaan selanjutnya ada pada bagian headlamp. Varian SE masih menggunakan halogen sementara EX dan CE menggunakan LED. Varian SE dan CE belum dilengkapi foglamp.

    Sementara itu, fitur shark gin antenna, roof rail, serta sunroof hanya ada pada varian EX. Bagian interior juga banyak yang berbeda antara varian SE, CE dengan EX. mulai dari sarung jok, bagian AC, instrumen panel, serta sisi entertainment-nya.

    Baca juga: Partisipasi dan Inovasi Wuling Motors di Pameran Otomotif IIMS 2022

    Harga Wuling Alvez, mulai Rp209 jutaan

    Lantas, berapa harga Wuling Alvez? Wuling Alvez dibanderol dengan harga mulai dari Rp209 jutaan untuk varian terendahnya. Harga ini cukup jauh lebih murah daripada Hyunday Creta dan Honda CR-V. Selisihnya bisa mencapai Rp82 juta sampai dengan Rp170 jutaan. Sementara itu, untuk varian tertinggi dari Wuling Alvez mencapai Rp295 jutaan.

    Setelah menilik spesifikasi Wuling Alvez, tentunya sudah makin mantap untuk membeli salah satu unitnya. 

    Demi menjaga performa kendaraan, pastikan untuk melakukan servis berkala. Servis berkala bisa menambah kenyamanan berkendara, keamanan, serta usia pakai dari sebuah mobil. Rutin lakukan ganti oli, cek aki, servis AC, dan menjaga kebersihan mobil dengan melakukan cuci mobil

    Booking layanan lengkap seputar perawatan mobil di aplikasi Otoklix. Otoklix bakal mencarikan bengkel terdekat dengan harga terbaik untukmu!

    OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

    Pertanyaan Seputar Wuling Alvez


    Mobil teranyar dari Wuling yaitu Wuling Alvez ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp209 jutaan untuk varian terendah dan Rp295 jutaan untuk varian tertinggi.


    Wuling Alvez hadir dalam tiga varian, yaitu SE, CE, dan EX. Varian terendah dan termurahnya yaitu adalah tipe SE.


    Salah satu tipe mobil Wuling, yaitu Wuling Confero S telah teruji konsumsi bahan bakar minyak yang irit. Satu liter bahan bakar bisa menempuh jarak sampai dengan 22 kilometer.