Kia Sorento Indonesia menjadi saingan berat mobil-mobil SUV yang sudah beredar di pasaran. Sebut saja dapat bersaing ketat dengan Honda CR-V dan Nissan X-Trail.

Mobil dengan kapasitas 7 penumpang ini meluncurkan seri ketiganya memiliki harga yang lebih premium. Tentu saja fitur-fitur yang melekat pada Kia Sorento juga canggih. Generasi ketiga ini memiliki fitur yang sudah dirombak cukup besar dibandingkan kakak-kakaknya.

Panjang keseluruhan mobil sekitar 4,7 meter. Panjang ini mengalami penambahan dari generasi sebelumnya karena jarak sumbu roda yang diperpanjang 80 mm. Dibandingkan dengan model sebelumnya juga, Kia Sorento ini memiliki ruang yang lebih luas pada kursi penumpang baris ketiga.

Review Eksterior, Interior, Mesin, dan Fitur

Mari kita simak informasi detail tentang mobil Kia Sorento ini.

1. Sisi eksterior

Seperti sudah disinggung sebelumnya, Kia Sorento memiliki bodi yang lebih besar dibandingkan model sebelumnya. Hal ini diperkuat dengan desain sporty looks pada beberapa bagian. Konsep desain mobil ini adalah Tiger Noise khas Kia. Desain ini mirip dengan Hyundai Santa Fe.

Kia Sorento memiliki desain mewah pada bagian gril depan. Gril ini berukuran kecil dengan aksen chrome mengelilinginya. Tidak hanya itu, desain bumpernya yang futuristik juga menambah kesan mewah dengan ditambah foglamp besar di tepinya. Lampu depan Kia Sorento menggunakan DRL LED.

Sorento memiliki desain aerodinamis dengan lekukan yang minimal. Velg alloy yang digunakan pada bagian ban berukuran 18 inci dengan desain mewah. Pada bagian belakang, Sorento terlihat sedikit menonjol karena adanya rear lamp dan stop lamp.

2. Sisi interior

Mari beralih ke sisi interior. Kabin mobil ini terasa cukup luas dan dapat menampung hingga 7 orang penumpang. Material yang digunakan didominasi oleh bahan plastik dan kaca. Bagian sisi depan dilengkapi dengan dashboard yang memiliki tampilan elegan dengan head unit berwarna hitam polos.

Headunit pada Sorento telah dilengkapi dengan layar 8 inci dengan fitur DVD dan Navigasi. Ada pula panel untuk mengontrol AC sampai dengan audio. Display pengukuran bensin sudah menggunakan digital. Meskipun sudah dibekali dengan kamera parkir atau rear parking camera, tetapi belum ada sensor pada sisi belakang.

Kamu tidak perlu khawatir akan kenyamanan saat duduk di dalam mobil Kia Sorento karena jok sudah dilengkapi dengan bahan cukup tebal dan lapisan kulit mewah tanpa balutan kain. Ruang kabin cukup luas. Kemudian, kursi baris kedua bisa dinaikturunkan, bisa dilipat, sehingga mampu menciptakan ruang lemari pakaian yang cukup luas.

Kia ini juga memiliki lampu baca LED. Selain itu, atap Kia Sorento telah menggunakan panoramic sunroof dengan tenaga elektris sehingga kamu bisa menatap langit sambil menikmati perjalanan.

3. Performa mesin 

Kia Sorento mesin bensin telah dibekali dengan mesin Thetta II Dual CVVT 2.4 L DOHC yang memiliki kapasitas besar, yaitu 2.400 cc. Dengan mesin ini, mobil menghasilkan 174 tenaga kuda dengan torsi 225 Nm. 

Sementara itu Kia Sorento XS-Prestige menggunakan 4 silinder dengan kapasitas tangki bahan bakar cukup besar, yaitu 67 liter. Mesin ini setara dengan 281 tenaga kuda dengan torsi maksimal 422 Nm.

Sementara itu untuk Sorento bermesin diesel dengan mesin R-Line CRDi berkapasitas 2.200 cc. Mesin ini setara dengan 195 tenaga kuda dengan torsi 440 Nm. Mesin juga sudah dibekali dengan teknologi turbo diesel VGT.

4. Fitur keselamatan 

Selain fitur-fitur di atas, ada pula fitur keselamatan baik aktif maupun pasif. Kia Sorento telah dilengkapi dengan dual SRS airbag pada bagian kemudi dan safety belts dengan pre-tensioners

Sorento ini juga telah dilengkapi dengan teknologi hill start assist dan cruise control. Dengan suspensi MacPherson Strut yang bagian depan menggunakan stabilizer dan bagian belakang menggunakan multilink, getaran tidak terlalu terasa saat melaju di jalanan rusak.

Sementara untuk tipe XS-Prestige, mobil ini sudah dilengkapi sistem anti lock braking system, brake assist, electronic brake distribution, sensor parkir, rearview camera, dan tentunya menggunakan suspensi yang sama bagusnya dengan model sebelumnya.

5. Fitur Hiburan

Kia Sorento XS-Prestige telah dilengkapi dengan layar 10 inci dan menggunakan premium audio yang mendukung Apple maupun Android.

Rangkuman Kelebihan dan Kelemahan Kia Sorento

Dari sekian banyak kelebihan Kia Sorento, ternyata masih ada juga kelemahan Kia Sorento. Jika dirangkum, hasilnya akan menjadi seperti ini

Kelebihan Kia Sorento:

  • Mesin diesel sangat powerful
  • Transmisi cepat dan minim slip
  • Suspensi nyaman, tidak  menghasilkan banyak getaran saat berkendara di jalanan yang rusak.
  • Peredam kabin bagus
  • Ruang kabin luas
  • Ground clearance memadai dengan posisi intake tinggi
  • Harga jual mobil bekas relatif terjangkau

Kekurangan Mobil Kia Sorento :

  • Transmisi kurang pintar pada kondisi jalan tertentu
  • Sering terasa Body Roll
  • Body part cukup susah dicari
  • Brand image

Harga Mobil Kia Sorento Bekas di Pasaran

Dilansir dari situs jual beli, per Juni 2021 harga Kia Sorento bekas dijual sekitar Rp170-200 juta. Padahal harga mobil Kia Sorento baru saat dirilis mencapai Rp300 jutaan untuk tipe tertinggi tahun 2013. Sementara itu untuk Sorento 2014, mobil bekasnya dijual dengan harga Rp230-240 jutaan.

Jika ingin membeli mobil bekas, pastikan kembali fitur-fiturnya masih berfungsi dengan baik, ya. Harga Kia Sorento yang terlalu jauh dari harga baru kemungkinan sudah mengalami penurunan fungsi. 
Setelah membeli mobil bekas, pastikan juga kamu melakukan pembaruan perawatan melalui aplikasi Otoklix. Kamu bisa melakukan segala perawatan, dari yang ringan sampai yang berat di lebih dari 1.000+ mitra bengkel Jabodetabek hanya melalui satu aplikasi.