Mobil Katana yang diproduksi oleh pabrikan ternama Suzuki masih menjadi salah satu mobil SUV yang diminati oleh masyarakat Indonesia. Mobil ini pernah berjaya di era tahun 1990 sampai awal tahun 2000.

Harus diakui kalau mobil Katana punya beberapa alasan yang membuat banyak orang tertarik untuk membelinya. Mulai dari ukurannya yang kompak, simpel, belum berteknologi canggih, dan kemudahan mendapatkan sparepart.

    Suzuki Katana banyak diburu oleh para penyuka offroad lantaran bodi mobilnya yang sangat mungil, namun terlihat gagah dengan harga terbilang murah. Sebelum membelinya, OtoFriends sebaiknya mengetahui kelebihan dan kekurangan mobil Katana agar tidak menyesal. 

    Baca juga: Cari Mobil Tua Irit BBM dan Murah Perawatannya? Ini Rekomendasinya

    Tipe Mobil Katana di Indonesia

    Sebelum membahas kelebihan dan kekurangan dari mobil Katana, kurang lengkap rasanya jika OtoFriends belum mengetahui apa saja tipe mobil Katana yang beredar di Indonesia. Berikut beberapa tipe Suzuki Katana yang pernah mengaspal di jalanan Indonesia:

    Katana Long (kalong)

    Melihat namanya,  Suzuki Katana yang dibuat oleh perusahaan karoseri Adi Putro ini mengusung model sasis panjang dengan jumlah pintu hanya tiga. Hal itu membuatnya bisa menjadi mobil barang serbaguna yang tangguh di jalan jelek seperti di pelosok. Mobil ini dikenal juga dengan sebutan Katana BRI (Bank Rakyat Indonesia).

    Sebab, jaman dulu mobil ini dipakai sebagai mobil operasional BRI. Dengan sasis dan bodi yang lebih panjang sekitar 80 cm dibanding Katana sasis pendek membuat beratnya bertambah.

    Sayang mesin yang digunakan masih sama sehingga terasa underpowered dan masih 2WD walau ada juga yang 4WD.

    Katana Corsica (Alexander)

    Katana Corsica adalah varian Suzuki Katana yang dibuat oleh perusahaan karoseri Alexander. Buat yang belum tau, Alexandre ini sudah seperti karoseri “spesialis” Suzuki dari jaman Suzuki Carry.

    Katana Corsica ini terbagi menjadi dua varian yaitu sasis panjang tiga pintu, lima pintu dan sasis pendek. Ciri khususnya ada pada bagian belakang yang dibuat bertumpuk.

    Untuk varian sasis panjang lima pintu, pintu penumpang samping belakang memakai jendela model naik turun dengan bukaan engkol.

    Katana Country

    Kali ini Suzuki memperkenalkan Katana yang cukup berbeda. Katanya Country dikeluarkan dengan bagian lampu belakangnya tidak berada di bumper seperti Katana lainnya melainkan berada di sisi kanan dan kiri pintu belakang.

    Posisi lampu belakangnya ini vertikal dengan bentuk persegi panjang lebar. Katana Country ini juga tersedia dalam pilihan sasis pendek dan sasis panjang walau keduanya sama-sama hanya memiliki tiga pintu.

    Baca Juga: Terlengkap! 80 Daftar Kapasitas Oli Mesin Mobil Berbagai Merek

    Kelebihan Mobil Katana

    Salah satu alasan mengapa mobil Katana masih banyak diminati hingga kini, yaitu ramah bagi pengemudi yang baru mahir mengendarai mobil. Selain itu, ada juga kelebihan lain seperti berikut ini.

    Nyaman dipakai berkendara

    Suzuki Katana memiliki bentuk mungil yang memudahkan orang awam untuk mengendarainya. Sayangnya, mobil Katana hanya tersedia pilihan transmisi manual saja. Apabila ingin membelinya, OtoFriends harus paham betul bagaimana cara mengendarai mobil dengan transmisi manual.

    Irit BBM

    Mobil Katana terkenal sebagai salah satu mobil SUV yang irit pemakaian BBM. Sebab, Suzuki membekali Katana mesin bensin berkode F10A dengan kombusi karburator berkapasitas 970 cc, 4-silinder, 8 katup SOHC yang juga sama persis dipakai Karimun Kotak, Carry 1.0, dan Forsa.

    Konsumsi satu liter bensin mobil Katana dapat menempuh jarak sejauh 12-14 km/jam. Kebutuhan bahan bakar mobil Katana cukup memakai bensin dengan nilai oktan 88 sampai 90 karena kompresinya pun juga rendah.

    Perawatannya mudah

    Suzuki Katana termasuk mudah soal urusan perawatannya karena menggunakan mesin yang digunakannya. Dibekali mesin berkapasitas 1.000cc 4 silinder yang masih memakai karburator, perawatan mobil Katana hanya perlu membersihkan bagian karburator saja. 

    OtoFriends hanya tinggal membersihkan atau mengganti filter bensin jika ingin suplai bahan bakarnya menjadi lancar. Selain itu, sparepart mobil Katana orisinal maupun yang KW  juga mudah ditemukan di bengkel-bengkel terdekat.

    Baca juga: Daftar Harga Mobil Jeep Termahal dan Terpopuler 2022

    Kekurangan Mobil Katana 

    Meskipun punya kelebihan yang menarik, mobil Katana tentu saja memiliki kekurangan yang bisa jadi pertimbangan. Berikut beberapa kekurangan dari Suzuki Katana:

    Suspensinya terlalu keras

    Kekurangan Suzuki Katana yang pertama yaitu masih menggunakan leaf spring atau per daun. Leaf spring adalah jenis suspensi yang terbuat dari beberapa lapisan baja dengan ukuran beragam dan disusun di atas satu sama lain untuk membentuk satu bagian melengkung.

    Pemakaian leaf spring membuat suspensi mobil Katana masih terlalu keras. Akibatnya, pengemudi akan merasakan guncangan saat berada pada kondisi jalanan yang bergelombang dan tidak rata.

    Mesin mobil yang kurang bertenaga

    Kekurangan mobil Katana yang patut dipertimbangkan yaitu mesin mobil yang masih kurang bertenaga. Suzuki Katana masih menggunakan mesin mobil berkapasitas 1.000 cc.

    Kecepatan maksimal dari mesin yang berkapasitas 1.000 cc biasanya hanya sekitar 80-100 km/jam, sehingga tidak cocok digunakan untuk berkendara di jalan bebas hambatan seperti jalan tol.

    Kabin mobil terlalu sempit

    Mobil Katana tidak cocok digunakan oleh orang yang memiliki postur badan tinggi di atas 180 cm. Kabin mobil Katana cukup sempit, terutama bagian ruang kaki dan ruang kepala yang tentunya akan menimbulkan rasa tidak nyaman saat menjadi pengemudi maupun penumpang. 

    Kapasitas mobil Katana juga hanya bisa menampung 4-5 orang saja, sehingga tidak cocok dijadikan sebagai mobil keluarga jika jumlah anggota keluarganya lebih dari lima orang.

    Peredam suara kabin masih kurang

    Mobil Katana memiliki peredam suara kabin mobil yang buruk, sehingga akan membuat penumpang masih bisa mendengarkan suara mesin yang bising dan suara yang berasal dari luar kabin.

    Jika OtoFriends sudah mantap ingin membeli mobil Katana, sebaiknya beli peredam suara tambahan agar tidak mengganggu perjalanan. Sebab, semakin cepat laju mobil Katana maka akan semakin terdengar jelas suara deru mesinnya.

    Tidak ada fitur booster rem

    Suzuki belum menyematkan booster rem pada mobil Katana. OtoFriends perlu energi yang lebih saat menginjak pedal rem. Booster rem sendiri merupakan komponen yang berfungsi untuk membantu memberikan keringanan pada pengemudi saat menginjak pedal rem.

    Baca juga: Cara Jitu Cek Mesin Mobil Bekas bagi Pemula

    Harga Mobil Katana Bekas

    Akhir-akhir ini harga mobil Katana bekas mengalami kenaikan harga karena alasan orisinalitas serta modifikasi yang telah dilakukan pemilik sebelumnya. Rata-rata mobil Katana telah dimodifikasi seperti atapnya diganti menjadi datar, interior berubah, hingga upgrade mesin.

    Bagi OtoFriends yang tertarik untuk membeli mobil Katana bekas, harga jualnya terbilang cukup murah di pasaran. Tipe Suzuki Katana 1.0 dibanderol mulai dari Rp30 jutaan, sementara tipe Suzuki Katana GX dibanderol mulai dari Rp40 jutaan. 

    Namun, harga mobil Katana bekas juga tergantung daripada kondisi dan performanya. Harga mobil Katana ada yang dibanderol sekitar Rp100 jutaan kalau performanya masih baik, jarak tempuh rendah, cat masih orisinal, dan kondisi lainnya.

    Apabila OtoFriends tertarik membeli mobil Katana bekas, jangan lupa untuk rutin melakukan perawatan perawatan secara berkala agar terhindar dari kerusakan. Pilihlah bengkel terdekat dan terpercaya untuk perawatan mobil kamu. 

    Unduh aplikasi Otoklix, untuk memudahkan kamu menemukan bengkel terdekat maupun layanan seperti ganti oli, ganti ban, tune up, ganti aki, body repair, servis AC hingga cuci mobil.

    Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis di aplikasi Otoklix sekarang juga dan dapatkan penawaran menarik lainnya!

    OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

    Pertanyaan Seputar Mobil Katana

    Mobil Katana bekas mengalami kenaikan harga karena alasan orisinalitas serta modifikasi yang telah dilakukan oleh pemilik sebelumnya.

    Mobil Katana terkenal sebagai salah satu mobil SUV yang irit pemakaian BBM.

    Kebutuhan bahan bakar mobil Katana cukup memakai bensin dengan nilai oktan 88 sampai 90 karena kompresinya pun juga rendah.