Mobil Chery mungkin tidak sepopuler Toyota atau Honda di pasar otomotif Indonesia. Wajar saja karena memang mobil ini sempat hengkang dari Indonesia setelah beberapa tahun eksis. Padahal, mobil-mobil Chery punya kualitas yang baik.

Meskipun sempat hengkang dari pasar otomotif Indonesia, tetapi saat ini Chery kembali dipasarkan di tanah air. Bahkan, sudah ada bocoran ubeberapa mobil Chery yang bakal rilis di masa depan. Penasaran dengan spesifikasi mobil Chery? Simak ulasannya berikut ini.

Sekilas Tentang Mobil Chery

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa Chery sempat hengkang dari Indonesia. Alasannya adalah karena kurang bisa bersaing dengan merek-merek yang lebih populer.

Chery pertama kali masuk ke Indonesia pada 2006. Produk pertama yang dipasarkan adalah Chery QQ yang merupakan city car dan juga Tiggo, mobil berjenis SUV (Sport Utility Vehicle). Namun, merek ini hengkang pada 2011.

Pada 2012, Chery kembali masuk menggunakan bendera baru dengan nama Chery Mobil Indonesia (CMI). Chery merilis beragam jenis mobil, mulai dari pikap sampai sedan. Akan tetapi, hampir tidak ada aktivitas jualan pada 2013. Hanya terjual tiga unit.

Kini, Chery kembali menunjukkan taringnya dan siap bersaing di pasar otomotif. Mari kita simak spesifikasi dari beberapa model mobil Chery.

Spesifikasi Mobil Chery

Berikut ini adalah spesifikasi dari 8 model mobil Chery yang sudah dan akan dipasarkan di Indonesia.

1. Chery TJ-1

Chery TJ-1 adalah mobil model SUV yang sudah didaftarkan untuk rilis pada Juli 2023. Mobil ini memakai teknologi plug in hybrid dan juga mesin konvensional. Chery TJ-1 menggunakan penggerak empat roda (4WD).

Berkat teknologi plug-in hybrid atau PHEV, Chery TJ-1 diklaim bakal sangat irit. Dalam mode elektrik, mobil ini bisa melaju sampai dengan 100 km. Tentunya ini bisa menghemat biaya bensin. Sementara itu, dengan bensin full tank dan baterai yang terisi penuh, mobil ini bisa melaju sampai 1.200 km.

Melihat dari sisi tampilan, grille mobil ini berbentuk persegi panjang yang besar dan ada kisi-kisi hitam, ditambah dengan dekorasi krom yang membuat tampilannya makin elegan. Dimensinya cukup bongsor, yaitu 4.515 mm (panjang), 1.865 mm (lebar), dan 1.680 mm (tinggi). 

Baca juga: Terlengkap, 20 Diler Chery di Indonesia Beserta Lokasinya

2. Chery Tiggo 3

Mobil kedua yang bakal kita bahas adalah Chery Tiggo 3. Mobil ini dibanderol dengan Rp277 jutaan. Mobil ini memakai mesin bensin turbocharger berkapasitas 1.0 liter tiga silinder segaris. Dengan mesin ini, tenaga yang dihasilkan mencapai 102 tenaga kuda. Mesin ini dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis CVT.

Dengan dimensi yang bongsor, Chery Tiggo 3 punya kapasitas bagasi yang luas, yaitu 420 liter. Fitur-fitur lainnya yang ada di Tiggo 3 di antaranya ada AC, layar sentuh berukuran 7 inci, start tanpa kunci, sensor parkir belakang, dan program kemudi. Selain itu juga lampu depannya sudah menggunakan LED, pelek 16 inci, jok kulit, dan lainnya. Masih ada fitur menarik lainnya, yaitu dua airbag dan juga sunroof.

3. Chery Tiggo 4

Selanjutnya ada Chery Tiggo 4. Mobil SUV ini bersaing dengan Hyundai Creta, MG ZS, Kia Seltos, dan juga Honda HR-V. Chery Tiggo 4 ini punya grille yang lebar, desainnya hampir serupa dengan Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro.

Sebagai SUV kompak, mobil ini terlihat sporty dan tangguh. Terdapat roof rail dan sunroof di bagian atapnya. Melihat sisi bawah, rodanya memakai pelek 17 inci dengan 10 palang berwarna gun metal.

Di sisi belakang terdapat dua buah knalpot di area bumper belakang. Namun, knalpot ini hanya hiasan. Kedua buah knalpot sesungguhnya tersembunyi di balik bumper. 

Beralih ke interior, Chery Tiggo 4 berkapasitas 5 penumpang. Joknya terbuat dari bahan kulit dan memiliki adjustable headrest, kecuali bangku tengah. Terdapat pula handrest yang bisa dilipat jadi sandaran punggung. Ruang kabinnya didominasi dengan warna gelap dengan aksen merah pada dasbor, door trim, dan jahitan kulit jok. 

Fitur entertainment dalam mobil ini meliputi USB port, power outlet, panel instrument cluster dan head unit dengan layar sentuh model floating. Sudah dilengkapi juga dengan koneksi Bluetooth dan Apple CarPlay.

Terakhir, jika melihat dari dapur pacunya, Tiggo 4 Pro dibekali dengan mesin 1.500 cc 4 silinder turbo. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga maksimal 155 hp dan torsi puncaknya 220 Nm. mesin ini dikombinasi dengan sistem transmisi CVT dan sistem penggerak roda depan Front Wheel Drive (FWD).

4. Chery Tiggo 5

Chery Tiggo 5 adalah SUV terbesar yang pernah diproduksi Chery. Mobil ini dibekali dengan mesin bensin 2.0 liter empat silinder. Tenaga yang dihasilkan adalah 139 hp dan torsi 182 Nm. Mesin ini dikombinasi dengan transmisi manual 5 percepatan atau CVT. 

5. Chery Tiggo 7

Chery Tiggo 7 Pro adalah mobil kelas low SUV, bersaing dengan Toyota Corolla Cross dan Mitsubishi Eclipse Cross. Ukurannya kompak dengan mesin 1.500 cc turbo. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga 155 hp dan 230 Nm. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi CVT.

Baca juga: Spesifikasi Chery Tiggo 7 Pro dan Harganya

6. Chery Tiggo 8

Chery Tiggo adalah mobil SUV termahal dan termewah dari Chery di Indonesia. Ukuran bodinya bongsor, bersaing di kelas Toyota Fortuner dan Hyundai Santa Fe. Model flagship-nya yaitu Chery Tiggo 8 Pro disebut sebagai paket lengkap, baik dari eksterior maupun interior. 

Interiornya dilengkapi dengan panel empuk dan fitur-fitur kenyamanan dan keselamatan yang melimpah. Sebut saja di antaranya adalah panoramic sunroof, speedometer digital, sampai dengan teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Mengintip ke dapur pacu, Chery Tiggo 8 dibekali dengan mesin 2.000 cc turbo. Tenaga yang dihasilkan tidak main-main, mencapai 250 hp dan torsi puncak 400 Nm. Mesin ini dilengkapi dengan sistem transmisi CVT.

7. Chery Omoda 5

Chery Omoda 5 kabarnya bakal dirilis pada pertengahan 2023. Harganya diperkirakan sekitar Rp248 juta sampai Rp338 jutaan. Tampilannya dinamis, cocok digunakna oleh anak muda.

Mobil ini punya interior yang berbeda dengan SUV Chery lainnya. Yang paling terlihat adalah head unit dan speedometer dengan model layar menyambung. Kombinasi warnanya juga kontras.

Chery Omoda 5 hadir dalam dua pilihan meisn, yaitu 1.500 cc turbo ang bisa menghasilkan tenaga 155 hp dan mesin 1.600 cc dengan tenaga 195 hp. Keduanya dipadukan dengan transmisi CVT.

8. Chery EQ-1

Chery EQ-1 adalah mobil listrik dengan bodi mungil seperti Wuling GSEV. Meskipun disebut sebagai mobil listrik murah, tetapi fiturnya cukup mumpuni. Di antaranya ada head unit besar, speedometer digital, lampu depan yang sudah menggunakan LED, rem ABS, EBD, Tyre Pressure Monitoring System, Hill Assist Control, serta Hill Decent Control.

Kapasitas baterainya 30.6 kWh. Dalam sekali pengecasan saja mobil ini bisa melaju sampai 301 km. Tenaga yang dihasilkan dari baterai ini adalah 40 hp dan torsi 120 Nm.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Terbaru Chery Omoda 5 yang Tawarkan 3 Kelebihan

Mobil Chery yang Dirilis di 2023-2025

Selain kedelapan mobil di atas, ada juga deretan mobil Chery yang bakal diluncurkan pada 2023 sampai dengan 2025. Selain Omoda 5, ada model-model premium lainnya, termasuk model elektrifikasi. Bahkan, rencananya bakal ada delapan model baru pada periode 2024-2025. Setidaknya, sejak 2023 bakal ada 12 mobil baru yang diluncurkan di pasar Indonesia.

Model-model tersebut di antaranya ada model SUV REEV (Range Extended Electric Vehicle) dua baris, satu model REEV tiga barus, satu model SUV PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) dua baris, satu model SUV ICE (Ice Internal Combustion Engine) dua baris, serta tiga model SUV ICE.

Itu dia deretan mobil Chery yang sudah dan akan dirilis di masa mendatang. Pastikan untuk menjaga performa mobil Chery milik OtoFriends. Lakukan servis berkala, ganti oli sesuai waktu, mengecek kondisi aki, rem, dan AC.

Berbagai layanan servis mobil bisa dilakukan di bengkel Otoklix terdekat. Tersedia bengkel Otoklix Plus Simprug, Otoklix Plus Depok, Otoklix Ciputat, Otoklix Mangga Dua, dan Otoklix Plus Daan Mogot. Booking via aplikasi Otoklix dan dapatkan pelayanan setara bengkel resmi dengan harga yang kompetitif.

Pertanyaan Seputar Mobil Chery

Ada beberapa model mobil Chery yang dipasarkan di Indonesia. Di antaranya adalah Chery Tiggo 3, Chery Tiggo 4, Chery Tiggo 5, Chery Tiggo 7, Chery Tiggo 8, Chery EQ-1, hingga yang terbaru Chery TJ-1 dan Chery Omoda 5.

Chery EQ-1 adalah mobil listrik murah yang dibanderol dengan harga Rp142 jutaan.

Chery Tiggo 7 Pro akan dirilis di Indonesia pada sekitar akhir tahun 2023, lebih tepatnya pada 23 November 2023.