Di acara Indonesia International Marathon yang diselenggarakan di Bali bulan Juni tahun 2021 kemarin terlihat mobil Mazda menjadi Official Car. Tak tanggung-tanggung ada 10 mobil Mazda, diantaranya ada mobil Mazda Miata terbaru 2022.

Sekalipun belum ada informasi lebih lanjut, tetapi dengan hadirnya Mazda Miata atau Mazda MX-5 RF kemarin cukup membuat banyak spekulasi bahwa mungkin saja Mazda Miata akan hadir di acara GAIKINDO Indonesia International Auto Show bulan Agustus 2022.

    Sebelum benar-benar akhirnya diperkenalkan kepada masyarakat dan resmi dirilis, yuk kenali lebih jauh tentang spesifikasi, harga Mazda Miata bekas dan perkiraan Mazda Miata harga barunya.

    Baca juga: 14 Mobil Sport Terbaru yang Bakal Rilis di Masa Mendatang

    Harga Mazda Miata

    Di tahun 2022, akan ada 3 varian mobil Mazda MX-5 yang akan diluncurkan. Ada Mazda Miata model mobil SUV yang memiliki dimensi mobil paling besar dengan status minor change. 

    Varian kedua Mazda Miata berada di kelas mobil sedan yang terakhir mobil Mazda Miata yang dibekali transmisi manual.

    Berada di kelas sport car, Mazda MX-5 dibekali kapasitas mesin 2.0 L 4 silinder SKYACTIV-G, keluaran maksimal tenaga mesin sampai 184 daya kuda dengan tipe body mobil convertible. Hadir dengan tiga varian warna, di antaranya ada Snowflake White Pearl, Machine Grey, dan Soul Red Metallic.

    Meskipun belum secara resmi dirilis di Indonesia, tetapi perkiraan harga Mazda Miata ini cukup fantastis yakni Rp808 jutaan. 

    Apabila Mazda Miata harga barunya tersebut cukup tinggi, OtoFriends bisa membeli mobil Mazda Miata yang masih layak pakai. Berikut ini harga Mazda Miata bekas.

    Tipe Mazda MiataTahunHarga Mazda Miata
    Mazda MX-5 RF2018Rp770 juta
    Mazda MX-5 RF2017Rp675 juta
    Mazda MX-52014Rp520 juta
    Mazda MX-5 RF2013Rp420 juta
    Mazda MX-52013Rp430 juta
    Mazda MX-5 RF2012Rp384 juta – Rp455 juta
    Mazda MX-52012Rp415 juta
    Mazda MX-52011Rp385 juta
    Mazda MX-52001Rp530 juta

    Bahkan, para pecinta otomotif khususnya untuk mobil roadster banyak yang mencari Mazda Miata 1990 karena dinilai memiliki body mobil yang klasik, ramping dan memesona. Harga jual Mazda Miata 1990 saat ini terbilang cukup murah yakni kurang dari Rpp100 juta.

    Baca juga: 6 Rekomendasi Mobil Rp500 Jutaan Beserta Spesifikasinya

    Spesifikasi Mazda Miata

    Mazda Miata termasuk sebagai salah satu mobil sport terbaik yang berhasil meraih rekor penjualan tertinggi. Bisa dikatakan banyaknya penjualan Mazda Miata dalam tiga dekade setara dengan penjualan Porsche 911 selama hampir enam dekade. Memangnya sebagus apa? Berikut ini spesifikasi mobil Mazda Miata.

    Performa Mesin Mazda Miata

    Mazda Miata dibekali kapasitas mesin 1.998 cc dengan kode PE-VPR dan perpaduan sistem SKYACTIV-G 2.0 bersama unit 4 silinder. Perpaduan ini menghasilkan tekanan yang cukup tinggi di ruang pembakaran tanpa perlu didukung mesin turbo. 

    Namun, pemilik mobil harus lebih aware terhadap penggunaan bahan bakar. Untuk mengisi tangki bahan bakar berkapasitas 45 L dibutuhkan bahan bakar kualitas terbaik dan sesuai dengan mobil.

    Seluruh varian Mazda Miata terbaru, baik transmisi manual maupun otomatis, menggunakan transmisi 6 percepatan dengan tenaga maksimal yang dihasilkan 183 daya kuda dan maksimal torsi mencapai 205 Nm.

    Fitur Mazda Miata

    Sebenarnya, baik Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) maupun The National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), kedua lembaga internasional tersebut belum mengevaluasi daya dan kelayakan tabrakan Mazda Miata sehingga belum ada peringkat keselamatan untuk Mazda Miata.

    Akan tetapi, Mazda Miata memiliki fitur keamanan dan keselamatan yang lengkap. Mulai dari fitur standar yakni empat airbag, kontrol stabilitas dinamis (Vehicle Stability Control) dan sistem kontrol traksi serta sistem kontrol tekanan ban.

    Mazda MX-5 RF juga dilengkapi dengan sistem pengereman anti-lock braking system (ABS), seat belt warning, adan i-Activsense Mazda klub. i-Activsense Mazda Klub ini merupakan sistem perangkat pendukung rem kota pintar dan peringatan kondisi lalu lintas di belakang mobil serta sistem peringatan keberangkatan jalur penting.

    Fitur keamanan dan keselamatan selanjutnya ada sistem khusus memantau blind-spot standar dan sistem pencahayaan depan yang lebih adaptif untuk Mazda Miata tipe Grand Touring top-range.

    Baca juga: Mobil Balap Keren, Super Cepat, Paling Ditunggu di Masa Depan

    Desain Interior Mazda Miata

    Yang berbeda dari Mazda Miata adalah penggunaan jok trim kulit yang memiliki fungsi untuk memberikan keselamatan tambahan dengan fitur-fitur terbaik di kelasnya seperti high-beam control dan driver aid yang biasa ditemukan pada mobil-mobil kelas atas seperti traffic sign recognition.

    Warna bagian dalamnya menggunakan full warna hitam, mulai dari kursi mobil, dasbor, lingkar kemudi, sampai panel door trim.

    Di bagian interior mobil Mazda MX-5 RF terdapat head unit touchscreen berukuran 7 inci yang menampilkan beberapa pengaturan seperti integrasi Stitcher, Pandora, AM/FM/HD Radio, radio satelit Sirius XM, Aha.

    Fitur hiburan lainnya yang ada di antaranya dua port USB, CD player, USB dan kabel Aux, Apple CarPlay dan Android Auto, koneksi bluetooth untuk smartphone dan MID, sistem navigasi, 2DIN audio system, speakers front and rears.

    Desain Eksterior Mazda Miata

    Dimensi mobil Mazda Miata berukuran panjang 3.914 mm inci, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.244 mm. Sedangkan besarnya ground clearance mencapai 135 mm dengan jarak sumbu roda 2.308 mm dan bobot mobil sebesar 1.130 kg.

    Disebut sebagai retractable fastback karena desain eksterior Mazda Miata memiliki body mobil yang besar, gagah tetapi tetap sporty. Mulai dari garis yang melewati fender, grill mobil berukuran besar untuk mengantisipasi mesin overheat, dan lampu depan yang runcing ke depan mempertegas kegarangan Mazda Miata.

    Lampu depan menggunakan LED otomatis yang mudah diatur sebagai lampu penerang jalan utama. Saat hujan turun, wiper akan membacanya melalui sensor otomatis.

    Keunggulan dan kelemahan Mazda Miata

    Untuk memperlengkap informasi dan menjadi bahan pertimbangan kita apakah tepat membeli mobil Mazda Miata, sebaiknya ketahui dulu keunggulan Mazda Miata dan kelemahannya.

    Keunggulan Mazda Miata

    Baik desain interior maupun eksterior mobil ini memiliki karakter kegarangan yang khas ditambah sistem kontrol mobil yang lengkap dan mudah dioperasikan. 

    Dengan dimensi mobil yang cukup ramping rupanya kabin mobil masih cukup luas sehingga kita bisa mendapatkan pengalaman berkendara yang menyenangkan saat mobil berkecepatan tinggi maupun rendah.

    Mengenai fitur keselamatan dan hiburan tak perlu dipertanyakan lagi. Selain lengkap, semua fitur ini juga memiliki standar tinggi. Selain atap hardtop yang menjadi poin keunggulan, tahun ini ada varian mobil yang menggunakan transmisi manual yang jadi unggulan produk Mazda Miata.

    Kelemahan Mazda Miata

    Kelemahan yang paling terlihat dari Mazda Miata adalah sekalipun memiliki ruang kabin yang cukup luas, nyatanya untuk beberapa orang dengan postur tubuh yang cukup tinggi, kabin mobilnya cukup sempit. 

    Kapasitas bagasi mobil juga kecil. Terakhir, saat atap mobil terbuka, maka suasana di luar mobil yang berisik akan masuk ke dalam dan cukup membuat pengalaman berkendara kurang nyaman.

    Sejarah Mazda Miata

    Mazda pertama kali diperlihatkan kepada masyarakat di tahun 1989 pada gelaran Chicago Auto Show. Generasi pertama mobil Mazda Miata ini berkode NA dan memiliki desain eksterior unik yakni desain lampu pop up yang ikonik.

    Mazda Miata di tahun 1990-an meluncurkan 3 varian mobil, di antaranya Mazda MX-5 di tahun 1993, Mazda Miata M Coupe di tahun 1995 dengan kapasitas mesin 1.8 L dan Miata generasi kedua dengan kode mesin NB di tahun 1998.

    Setiap generasinya memiliki karakteristik yang berbeda-beda dan selalu mendapatkan pembaruan teknologi atau desain. Misalnya saja di tahun 2001 mulai ada perubahan pada panel dasbor dan suspensi. Mazda MX-5 RF generasi pertama di tahun 2005, Mazda Miata roadster coupe di tahun 2006.

    Tahun 2008 Mazda melakukan upgrade yang cukup signifikan di bagian desain grill yang besar dan peningkatan tenaga mesin sampai 167 daya kuda.

    Mazda Miata dinobatkan sebagai generasi roadster terlaris di dunia karena selama 27 tahun selalu mengupgrade varian terbarunya dan memproduksi sebanyak satu juta unit Mazda MX-5 di tahun 2016. Hingga kini Mazda melakukan pembaruan dengan menghadirkan Mazda Miata transmisi manual, Mazda Miata pada kelas mobil SUV dan mobil sedan.

    Baik Mazda baru maupun Mazda bekas, keduanya dibekali mesin mobil terbaik dengan kapasitas dan transmisi tinggi sehingga cocok dijadikan sebagai mobil sehari-hari. 

    Namun, untuk merawat mesin-mesin tersebut dibutuhkan servis mobil rutin secara berkala di bengkel resmi Mazda atau bengkel spesialis Mazda terpercaya.

    Otoklix punya daftar rekomendasi bengkel resmi dan bengkel spesialis Mazda terpercaya yang dilengkapi dengan OtoMechanic handal berpengalaman.

    Pertanyaan Seputar Mazda Miata

    Harga Mazda Miata terbaru 2022 diperkirakan sebesar Rp808 jutaan, sedangkan harga Mazda Miata bekas mulai dari Rp100 jutaan sampai Rp770 juta.

    Mazda MX-5 atau Mazda Miata pertama kali diluncurkan di tahun 1989 gelaran Chicago Auto Show.

    Mazda Miata atau Mazda MX-5 RF memiliki kapasitas mesin 1998 cc dengan transmisi otomatis dan manual 6 percepatan.