Siapa bilang ban mobil yang berkualitas selalu mahal? Nyatanya, kini sudah banyak ban mobil berkualitas yang terjangkau.

Banyak produsen ban baik lokal maupun dari luar negeri yang berlomba-lomba mengeluarkan ban mobil murah namun tetap berkualitas. Namun memang tak mudah menemukan ban berkualitas bagus dengan harga miring begitu. 

Untuk itu, artikel otomotif ini disajikan untuk mempermudah pembaca menemukan ban murah berkualitas sesuai yang diharapkan. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengenal macam-macam jenis ban beserta tips memilih ban mobil murah berkualitas yang sesuai dengan jenis kendaraan kamu. 

Rekomendasi Ban Mobil Murah Berkualitas

1. Bridgestone

Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan merek ini. Sebab, Bridgestone memang merk ban popular di dunia, bahkan orang yang tidak paham otomotif pun pasti pernah mendengar atau merek ban mobil tersebut. 

Meski merek terkenal, tapi bukan berarti semua ban buatannya dibanderol dengan harga tinggi. Bridgestone punya ban harga murah tapi tetap berkualitas.  

Ada yang dibanderol mulai Rp290 ribu yakni tipe New Techno 155/80 R12. Tipe lainnya dibanderol antara Rp320 ribuan – Rp6,7 jutaan.  

2. Accelera

Selanjutnya, ada Accelera. Ban mobil merek ini punya banyak model di antaranya Phi, Plush, X-Grip, Eco, Accelera Alpha, dsb. 

Namun, model ban di merek ini yang cocok dipakai sehari-hari adalah model ban jenis sport. Harganya dibanderol mulai dari Rp390 ribuan dengan kualitas yang tak diragukan. Sebab, rata-rata ban merek ini dirancang memiliki daya cengkram yang kuat dan durabilitas yang baik.

3. Achilles

Merek selanjutnya adalah Achilles. Merek ini juga cukup populer dan mudah ditemukan di setiap bengkel atau toko ban mobil yang ada di sekitar. Dirancang menggunakan teknologi canggih, tapi harganya tetap terjangkau dan berkualitas tinggi.

Ban Achilles dibanderol mulai dari Rp400 ribuan hingga Rp 3,28 jutaan. Tak hanya bisa dipakai untuk mobil penumpang, ban merek ini juga kerap dipakai di ajang balap mobil dalam negeri.

4. Goodyear

Merek populer lainnya adalah Goodyear. Ban merek ini banyak dipilih karena harganya lebih bersahabat dibanding ban original equipment manufacturer (OEM). 

Harganya dipatok mulai dari Rp500 ribuan namun sudah memiliki daya tahan yang cukup baik dan cocok untuk kondisi iklim dan kontur jalan di Indonesia. Selain itu, merek ini juga menyediakan berbagai ukuran ban mobil, baik untuk city car hingga bus.

5. GT Radial 

Merk selanjutnya adalah ban asli buatan Indonesia yakni GT Radial. Merek ini bisa di banyak toko ban mobil. Salah satu produk ban mobil murah dari merek ini bernama Champiro Eco dibanderol mulai Rp500 ribuan. Champiro Eco merupakan ban OEM untuk segmen Low MPV.

6. Falken

Bila kamu mencari ban mobil yang awet, merk Falken bisa dipertimbangkan. Merek ini sudah tercatat dalam daftar ban mobil dengan kualitas terbaik. 

Ban-ban yang diproduksi produsen merek ini dikhususkan untuk penggunaan kendaraan di jalan raya ketimbang balapan. Untuk itu, harganya pun cukup terjangkau, yakni dimulai dari Rp600 ribuan.

7. Hankook

Merek ini berasal dari Korea dan biasanya digunakan sebagai ban OEM oleh beberapa pabrikan otomotif. Harga ban mobil merek ini cukup terjangkau mulai dari Rp600 ribuan dan banyak  digunakan untuk mobil low MPV.

8. Michelin

Merek ini terkenal sebagai merek ban yang sering dipakai di mobil premium kelas atas. Maka, tak heran harga rata-rata ban mobil merek ini juga mahal-mahal. Sebab merek ini punya inovasi tersendiri soal kemampuan peredam suaranya, daya tahan dan daya cengkram saat pengereman. Selain itu, merek ini juga dikenal dengan merek ban paling awet. Bukan berarti tidak ada ban mobil yang murah ya dari merek ini. Merek ini juga memproduksi ban mobil dengan harga Rp565 ribuan.

9. Dunlop

Terakhir, merek Dunlop, yang merupakan pemain lama di industri ban mobil. Merek ini punya keunggulan tersendiri yakni memiliki compound yang lebih soft dan daya redam yang sempurna. Daya cengkramnya pun cukup baik.

Dengan begitu, kendaraan yang menggunakan ban mobil merek ini terasa lebih nyaman dipakai saat berkendara. Untuk harganya, juga terbilang terjangkau. Beberapa tipe ban ada yang dibanderol mulai Rp329 ribu. 

Macam-macam jenis ban mobil

Ada bermacam-macam jenis ban mobil yang biasanya dibagi berdasarkan jenis kendaraan, jenis jalan yang paling sering dilalui, hingga kebutuhan atau gaya mengemudi pengendaranya. Berikut pembagian lengkapnya:

1. Ban mobil all season

Ban ini cocok dipakai di jalan raya. Umumnya, alurnya berbentuk simetris dan melingkar sehingga tidak licin saat hujan atau jalanan sedang basah. 

2. Ban touring

Ban ini cocok untuk yang suka touring, sebab ban ini memang dirancang lebih responsif alias lebih cepat dari jenis ban lain. Untuk pola alurnya biasanya berbentuk asimetris. 

3. Ban performance

Ban ini lebih responsif atau memiliki tingkat kecepatan yang lebih tinggi lagi dibandingkan ban touring. Akan tetapi, punya daya cengkram yang juga lebih baik dari jenis ban lain. Sebab, bentuk alurnya melingkar dan lebih lateral, lebih padat, dan diperkaya silika, sehingga bisa dipakai di berbagai musim dan cuaca.

4. Ban musim panas (summer tires)

Ban ini dirancang agar lebih tahan banting di jalanan basah maupun kering. Namun, secara khusus dioptimalkan agar bisa beradaptasi lebih baik di cuaca panas, sehingga bentuk ban tidak mudah berubah saat digunakan di jalanan bertemperatur tinggi. 

5. Ban track and competition

Ban track and competition mirip dengan ban performance karena dirancang untuk memberikan performa mumpuni. Ban track and competition jarang digunakan untuk berkendara sehari-hari. Lebih cocok dipakai untuk trek amatir atau kompetisi profesional. 

6. Ban tubeless

Kamu pasti sering mendengar ban satu ini. Apa sih yang dimaksud dengan ban tubeless? Ban tubeless merupakan ban yang dirancang khusus agar bisa menahan udara tanpa menggunakan ban dalam.

Jadi, ban ini sudah memiliki lapisan dalam untuk menghindari kebocoran udara dan mencegah ban langsung kempis ketika tertusuk benda tajam di jalan.

7. Ban off-road

Ban ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu all-terrain yang biasa dipakai untuk melintasi jalan off-road atau jalan biasa, lalu ada mountain terrain untuk jalanan berpasir dan berlumpur. 

8. Ban run flat tire (RFT)

Ban ini dikenal juga sebagai ban anti kempis atau tetap bisa dipakai meski tanpa angin. Sedangkan, ban lainnya bisa tercabik-cabik kalau dipakai dalam keadaan kempis.  

9. Ban eco

Buat kamu yang ingin lebih menghemat bahan bakar, ban eco cocok untukmu. Ban ini memang dirancang dengan lapisan silika agar cengkeraman di jalan menjadi jauh lebih baik, mengurangi rolling resistance, sehingga tidak butuh banyak bahan bakar.

Tips memilih ban mobil

1. Periksa ban bawaan

Pabrikan kendaraan biasanya merekomendasikan agar ban Kamu diganti setiap enam tahun sekali, terlepas dari keausannya. Namun, bisa saja setiap kendaraan punya rekomendasi yang berbeda-beda. Untuk itu, penting bagi kamu untuk memeriksa rekomendasi yang disarankan dealer mobilmu.

Selain memeriksa secara manual, kamu juga bisa meminta bantuan montir di bengkel terdekat. Kamu bisa membuat janji dengan mudah lewat aplikasi Otoklix. Kamu bisa meminta montir memeriksa kedalaman alur ban, apakah ada dinding samping ban yang retak, ada tonjolan atau tidak, hingga apakah mobil kamu butuh ganti ban atau tidak. 

2. Cari tahu ukuran ban 

Kamu bisa dengan mudah mengetahui ukuran ban dengan memeriksa kode yang ada di dinding samping ban mobil. Di sana tertera ukuran ban mulai dari tipe ban, lebar ban, aspek rasio, diameter roda, indeks beban, tingkat kecepatan, simbol DOT hingga nomor identifikasi ban.

Ukuran ban di dinding samping ban dibuat dengan kode kombinasi huruf dan angka, sehingga tak semua orang mengerti cara membacanya. Pelajari di sini mengenai cara membaca ukuran ban yang benar.

3. Pilih jenis ban

Usai mengetahui ukuran ban, kamu perlu mempertimbangkan jenis ban apa yang cocok untuk mobil kamu. Apakah mobil kamu termasuk mobil penumpang, mobil khusus off-road, atau untuk kompetisi? 

Dalam kondisi cuaca seperti apa tempatmu tinggal dan tempat kendaraanmu harus melintas? Sesuaikan dengan macam-macam jenis ban di atas ya! Baru setelah itu, baru pilih berdasarkan merek atau harganya.