Salah satu bagian dari interior mobil adalah dashboard. Sering juga dashboard dijadikan layaknya sebuah meja tempat meletakan aksesoris seperti pajangan, mainan atau tisu wajah. Bahkan saking umumnya digunakan untuk tempat pajangan, ada produk khusus semisal hiasan dashboard mobil unik atau pajangan unik.

Namun, selain mempercantik interior, dashboard mobil juga memiliki fungsi lain yang tak kalah berguna. Sebenarnya, dashboard memiliki banyak sekali komponen atau bagian yang saling terhubung dan saling mendukung satu sama lain.

Apa itu dashboard mobil

Dashboard mobil adalah sebuah komponen penting yang ada di dalam sebuah mobil. Salah satu indikator melihat kemewahan sebuah mobil bisa dari dashboard. Karenanya, setiap kendaraan baik SUV, MPV, sedan, sport dan lainnya memiliki dashboard yang berbeda. Secara umum, dashboard mobil menjadi pemisah antara tempat duduk pengemudi dan juga bagian depan mobil. Dashboard juga memiliki peranan yang sangat penting dalam mobil, karena tanpanya performa mobil akan bermasalah.

Jika sebuah mobil tidak memiliki dashboard, pengendara akan merasa tidak nyaman. Di dalam dashboard terdapat banyak sekali komponen yang saling berhubungan dan mendukung satu sama lain. Setiap orang yang ingin belajar mengendarai mobil, harus mempelajari fungsi dari setiap komponen yang terdapat pada mobil. Supaya saat berkendara tidak bingung lagi untuk menggunakan setiap bagian dashboard dengan benar.

Bagian-bagian dashboard mobil

Nah, untuk mempelajari bagian-bagian dari mobil, harus juga mengetahui salah satu bagian yang tak kalah penting, yaitu dashboard. Dashboard bukan hanya sebagai tempat speedometer dan AC, namun juga memiliki banyak fungsi lainnya. Untuk lebih jelas tentang apa yang ada pada dashboard mobil, berikut bagian-bagian utama yang umumnya ada di dashboard kendaraan:

Laci

Bagian paling umum yang ada di dashboard adalah laci. Laci mobil pada dashboard mobil letaknya berada di depan kursi penumpang di sebelah pengemudi. Fungsi utama dari laci mobil adalah untuk menyimpan berbagai barang penting. Namun, kebanyakan pengemudi justru menggunakannya untuk menumpuk barang-barang yang kurang diperlukan. Padahal barang yang wajib ada di laci adalah kotak P3K atau buku manual atau asuransi agar mudah diakses. Namun, hindari menyimpan surat berharga di laci kendaraan.

Lampu indikator

Selanjutnya, lampu indikator di dashboard mobil. Semua lampu indikator yang memperlihatkan kondisi mobil ada di dashboard. Posisinya ada di depan pengemudi dan di balik setir mobil, sehingga mudah untuk dilihat. Pengemudi harus memperhatikan semua indikator di lampu dashboard mobil untuk tahu bagaimana kondisi mobil sebelum dan saat berkendara. Seperti kondisi tangki bensin, airbag mobil, apakah pintu sudah terkunci, dan banyak indikator penting lain.

Baca juga: Kenali Bagian Dashboard dan Cara Service Dashboard Mobil

Kunci kontak

Kunci kontak sudah pasti ada di dashboard mobil. Tepatnya di bagian kanan bawah setir mobil. Jadi kalian tinggal masukan kunci ke lubang kunci dan memutarnya agar mobil bisa distarter. Bagi mobil yang sudah memakai teknologi keyless, tempat kunci mobil diganti dengan tombol start engine. Yang lokasinya ada di sisi kanan atau kiri setir. 

Tuas

Selanjutnya, yang ada di dashboard mobil adalah tuas. Bukan tuas persneling tapi tuas seperti tuas lampu, lampu sen, wiper dan lain-lain. Posisinya ada di di sebelah kanan dan kiri setir. Tuas di kanan kiri setir memiliki fungsi berbeda. Selain tuas yang terdapat di bagian setir, di beberapa kendaraan ada juga yang menempatkan tuas transmisi di dashboard. Ada di tengah, sebelah kiri setir. 

Head unit

Berikutnya ada head unit. Head unit adalah alat untuk hiburan yang terletak di dashboard. Setiap dashboard juga memiliki bagian head unit yang fungsinya adalah menyalakan fitur hiburan dalam kabin. Letak dari head unit ini ada di bagian tengah dashboard. Fitur yang biasanya ada dalam head unit seperti fitur music dan radio. Di kendaraan tertentu, head unit sudah dilengkapi LCD dengan fitur touchscreen. 

Pusat control fitur

Di dashboard juga ada pusat kontrol fitur mobil di bagian tengah dashboard. Biasanya berada di bawah head unit sehingga mudah untuk ditemukan. Di tempat ini terdapat tombol untuk menyalakan AC, mengatur lampu hazard, tempat korek api, charger, dan masih banyak lagi, tergantung fitur yang ditawarkan mobil. 

Indikator speedometer

Berada di belakang setir mobil, indikator speedometer ini berfungsi untuk memperlihatkan kecepatan dari mobil per jam. Skala yang digunakan adalah km/ jam dan tampilannya ada yang digital ada juga manual.

Tempat airbag

Di dashboard juga tersimpan airbag untuk beberapa jenis mobil. Airbacg adalah fitur keselamatan di mobil jika terjadi benturan. Posisi dashboard biasanya tersimpan di setir pengemudi dan di bagian penumpang ada di depan kursi, biasanya di atas laci.

Tombol audio

Di beberapa mobil, tombol audio terpisah dengan head unit. Tombol ini bisa digunakan untuk menyalakan audio. Mulai dari volume, channel radio tersedia. 

Indikator thermometer

Pada dashboard mobil juga terdapat termometer atau indikator untuk mengukur suhu mesin mobil. Pengemudi bisa tahu berapa suhu air yang bersirkulasi pada mesin mobil. Sehingga jika suhu terlalu panas, bisa langsung diperiksa.

Baca juga: Estimasi Harga Detailing Interior Mobil, Wangi dan Bersih!

Memperbaiki dashboard yang rusak  

Pada umumnya dashboard terbuat dari bahan plastik yang keras sehingga tidak mudah patah ataupun pecah bila tertimpa benda yang keras. Namun ada juga yang terbuat dari plat besi terutama pada mobil keluaran tahun 80 an. 

Biasanya, jika kendaraan mulai tua, warna pada dashboard pun mulai kusam. Biasanya, dipakai cairan khusus untuk membuat dashboard tetap kinclong. Jika dashboard rusak atau retak bisa juga digunakan cairan atau lem khusus untuk menutupi. Penggunaan cat dashboard mobil juga untuk menutup keretakan pada dashboard. Namun, jika dashboard sudah rusak cukup parah, sebaiknya dibawa ke bengkel body repair dan interior. Agar bisa ditangani secara profesional.

Nah, selain perawatan interior termasuk dashboard, merawat mesin juga harus dilakukan secara berkala. Seperti melakukan servis berkala. Sebaiknya buatlah jadwal rutin melakukan cek kendaraan. Kemudian komponen-komponen yang bisa rusak karena usia harus secara rutin diganti.

Nah, OtoFriends yang ingin merawat kendaraan bisa melakukan booking servis melalui OtoKlix. Di aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa memilih bengkel servis terdekat untuk mengecek performa kendaraan. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.