Setelah membeli mobil, biasanya pemilik kendaraan tergoda untuk melengkapinya dengan berbagai aksesoris. Selain menjadi pembeda, aksesoris juga berguna untuk menunjang kenyamanan dan keamanan berkendara. Apalagi jika mobil yang dibeli belum memiliki semua fitur yang kita butuhkan. 

Misalnya, kita membeli mobil tahun lama, padahal kebutuhan sekarang lebih banyak daripada pada saat mobil tersebut dirilis. Catat aksesoris mobil yang mungkin diperlukan di bawah ini! 

    Aksesoris yang Perlu Ada di Mobil

    Setidaknyan, ada 17 aksesoris mobil yang wajib ada pada kendaraan milik OtoFriends. Macam-macam aksesoris mobil ini cukup melengkapi kebutuhan untuk keamanan dan kenyamanan berkendara. 

    1. Charger USB

    Aksesoris yang satu ini sudah menjadi barang wajib setiap pengendara di era sekarang. Terkadang, perjalanan yang ditempuh membutuhkan waktu lama. Jadi, kita perlu memastikan ponsel tetap aktif sampai ke tujuan. Kalau harus menunggu sampai rest area untuk mengisi daya HP, sangat tidak efisien. 

    Ketika membeli charger USB, usahakan yang memiliki banyak slot sehingga bisa digunakan untuk mengisi lebih dari 1 perangkat. Harga charger USB cukupi bervariasi, tergantung model charger-nya. Harga untuk fast charging biasanya lebih mahal karena bisa mengisi daya dengan cepat. 

    2. Phone holder

    Masih berhubungan dengan ponsel, aksesoris yang perlu ada di dalam mobil adalah phone holder. Aksesoris ini bisa membantu kita untuk melihat navigasi dari ponsel ketika berkendara. Namun, jika head unit yang ada di mobil sudah menunjang navigasi, alat ini tidak diperlukan. 

    Ingat, pasang phone holder di tempat yang mudah dilihat dan jangan sampai mengganggu pandangan. Gunakan ponsel dengan bijak ketika berkendara. 

    3. Head Unit Android dan GPS

    Ini dia aksesoris yang bisa dibilang cukup lengkap. Selain sebagai penunjang fitur hiburan, head unit android juga bisa memenuhi kebutuhan keamanan dan kenyamanan berkendara. 

    Saat ini, sudah tersedia head unit dengan fitur yang lengkap. Mulai dari sistem hiburan, aplikasi peta atau GPS, serta tampilan kamera tampak belakang dan kamera tampak depan yang memudahkan untuk parkir atau melihat apakah ada pengemudi lain di sekitar mobil kita. 

    Sementara itu, alat GPS yang dipasang khusus pada mobil bisa menampilkan peta yang lebih detail. Beberapa nama GPS yang familiar adalah Garmin, Tomtom, dan lainnya. Pengoperasian alat GPS ini tidak membutuhkan pulsa operator seluler. 

    4. Anti Slip Dash Mat

    Aksesoris lainnya yang mungkin dibutuhkan di dalam mobil adalah anti slip dash mat. Karpet ini bisa diletakkan di atas dashboard. Fungsinya agar barang-barang yang diletakkan tidak mudah bergeser. Cocok digunakan untuk meletakkan koin, kartu elektronik, kunci mobil keyless, dan barang kecil lainnya.

    5. Trash Bin

    Tempat sampah juga merupakan salah satu aksesoris yang wajib ada di mobil. Kita perlu memiliki keranjang tersebut untuk menyimpan sampah selama di perjalanan. 

    6. Organizer

    Organizer dibutuhkan untuk menampung benda-benda kecil yang biasanya dilupakan. OtoFriends bisa menaruh inhaler, tisu, payung lipat, dan hal lainnya di organizer karena memiliki sekat-sekat agar tidak tercampur. 

    7. Portable Vacuum Cleaner

    Kalau OtoFriends sering melakukan perjalanan jauh, sebaiknya sediakan juga portable vacuum cleaner. Terkadang kita butuh vacuum cleaner untuk membersihkan sisa makanan dan menghilangkan debu. Ukurannya yang kecil membuat alat ini mudah dibawa ke mana-mana.

    8. Purifier

    Alat ini membantu membuat udara di dalam kabin mobil bersih dan terasa sejuk. Saat ini tersedia banyak model purifier untuk mobil. Ada yang terhubung dengan soket listrik, ada yang melekat di AC. 

    9. Pompa ban elektrik

    Alat ini tentu sangat berguna ketika melakukan perjalanan jauh, apalagi kalau berkendara di jalan tol. Berkendara dengan kecepatan tinggi harus dibarengi dengan tekanan angin ban yang ideal agar tidak terjadi kecelakaan. Pompa ban ini sangat berguna ketika tidak menemukan bengkel ban terdekat. Ban juga akan lebih awet dari risiko pecah dan kempes.

    10. Alat pemadam kebakaran (APAR)

    Alat pemadam kebakaran menjadi aksesoris mobil yang wajib ada. Pasalnya, alat pemadam api ringan atau APAR sangat berguna saat ada percikan api pada mobil. Usahakan meletakkan APAR di tempat yang terjangkau, misalnya di bawah jok atau samping konsol tengah. Ingat, jangan terpapar sinar matahari langsung ya.

    11. Dash Cam

    Aksesoris mobil ini juga cukup penting. Selain bisa merekam perjalanan, kamera ini juga bisa mengabadikan kondisi jalan dan bisa digunakan sebagai alat bukti. Misalnya ketika terjadi kecelakaan mobil, baik yang melibatkan OtoFriends maupun tidak. 

    Tak hanya itu, kamera ini juga bisa memantau kendaraan ketika kita meninggalkan mobil. Di beberapa kamera juga sudah dilengkapi dengan G-Sensor. Fungsinya, kalau kamera bergeser, sensor akan langsung merekam. Ini sangat berguna kalau ada pembobolan mobil.

    12. Aksesoris Cup Holder

    Ada beberapa mobil yang sudah dilengkapi dengan cup holder, ada pula yang belum. Meskipun sedang berkendara, jangan lupa untuk minum. Apalagi ketika sedang melakukan perjalanan jauh. Dengan adanya cup holder, menyimpan gelas minuman seperti minuman kopi, akan sangat berguna. Minuman tidak akan tumpah dan mengotori kabin mobil.

    13. Meja Lipat atau Tray

    Meja lipat ini sangat berguna bagi dan membuat kita bisa melakukan banyak hal di mobil. Memang, makan di mobil tidak disarankan. Tapi, tray sangat membantu agar makanan tidak tumpah. Kita juga bisa menggunakan meja lipat ini untuk tempat laptop. Namun, tidak disarankan untuk makan besar atau membuka laptop ketika sedang mengemudi.

    14. Kabel jumper

    Kabel jumper juga menjadi aksesoris mobil yang tidak kalah penting. Perangkat ini sangat berguna ketika aki mobil tiba-tiba soak saat di tengah perjalanan. Kita bisa menggunakan kabel jumper untuk mengalirkan arus listrik dari aki mobil lain ke mobil kita.

    Itu dia 14 aksesoris mobil yang perlu tersedia untuk menunjang keamanan dan kenyamanan berkendara. OtoFriends bisa mencarinya di toko aksesoris otomotif atau di bengkel terdekat. Temukan 2.000+ bengkel terpercaya melalui aplikasi Otoklix!