Halo OtoFriends! Jika membicarakan soal mobil keluarga, Daihatsu Xenia memang  memang punya tempat khusus di hati masyarakat. Apalagi kalau bukan karena konsumsi bbm xenia yang dinilai irit.

Banyak yang percaya kalau konsumsi BBM Daihatsu Xenia lebih efisien dibandingkan mobil sejenisnya. Namun, apa benar anggapan ini sesuai dengan kenyataan? Yuk, telusuri apakah konsumsi BBM Xenia memang lebih hemat!

Kapasitas Tangki Bensin Xenia

Kapasitas tangki bensin Daihatsu Xenia sebesar 42 liter. Namun perlu diingat, kapasitas ini bisa berbeda tergantung pada tahun produksi dan modelnya. Meski begitu, kapasitas tangki Xenia sudah tergolong cukup besar. Dengan kapasitas yang terbilang besar, kamu tidak perlu khawatir soal sering-sering isi bensin.

Konsumsi BBM Xenia

Jika sebelumnya OtoFriends sudah tahu soal kapasitas tangki bensin Daihatsu Xenia, pertanyaan berikutnya adalah bagaimana dengan konsumsi bbm xenia 1000cc?

Xenia ternyata punya keunggulan dalam hal konsumsi bahan bakar, terutama karena menggunakan sistem penggerak roda depan (FWD) yang terbukti lebih irit dibandingkan penggerak belakang (RWD). Selain itu, Xenia juga dilengkapi dengan transmisi Continous Variable Transmission (CVT) yang membuatnya lebih irit dibandingkan mobil dengan transmisi matik konvensional.

Untuk membuktikan keiritan Xenia dalam menggunakan bahan bakar, dilakukanlah pengujian menggunakan metode NEDC, yakni metode standar yang digunakan untuk mengukur konsumsi BBM. Pengujian dilakukan di test course Daihatsu, Karawang dengan beberapa kriteria seperti mobil plus beban dengan berbobot 160 kg, ambient temperature 32 derajat celcius, dan BBM RON 92.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa Xenia 1.3 CVT mampu menempuh jarak 29.9 km/liter dengan kecepatan 60 km/jam dan 17.7 km/liter dengan kecepatan 100 km/jam. Sedangkan Xenia 1.5 CVT mampu mencapai 29.3 km/liter pada kecepatan 60 km/jam dan 17.5 km/liter pada kecepatan 100 km/jam.

Melihat hasil ujinya, ini berarti konsumsi BBM Daihatsu memang tergolong cukup irit. Karena kelebihan xenia 1000cc inilah, tidak heran kalau mobil ini sering digunakan untuk transportasi harian.

Penyebab Boros Bensin

Apabila kamu sering merasa bensin cepat habis, mungkin ada beberapa kebiasaan yang perlu kamu perhatikan. Berikut beberapa penyebab umum kenapa mobil bisa boros bensin:

1. Mengemudi terlalu cepat

RPM tinggi merupakan salah satu alasan mengapa bensin jadi boros. Ketika mobil melaju kencang, mobil akan membelah udara dengan lebih banyak hambatan. Inilah yang membuat mesin bekerja lebih keras dan membakar lebih banyak bahan bakar.

2. Mengemudi terlalu lambat

Bukan cuma mengemudi terlalu cepat, mengemudi terlalu pelan juga bisa boros bensin. Transmisi otomatis cenderung turun ke gigi yang lebih rendah saat kendaraan bergerak lambat. Hal ini membuat mesin membakar lebih banyak bahan bakar dari yang seharusnya.

3. Terlalu cepat menarik gas

Kamu sering menginjak gas tiba-tiba? Perlu diingat, menginjak gas secara tiba-tiba atau terlalu cepat juga bisa membuat mesin membakar bahan bakar lebih banyak dari yang dibutuhkan. Jadi jangan heran kalau berkendara di jalanan yang macet terasa lebih boros bensin dibandingkan berkendara di jalan bebas hambatan.

4. Sering menginjak rem

Rem terlalu sering juga bikin boros, lho. Saat kamu sering nge-rem, tenaga mobil jadi terbuang sia-sia dan mobil pun jadi sering kehilangan tenaga. Makin sering nge-rem, efisiensi pembakaran BBM juga makin berkurang.

5. Salah pilih BBM

Menggunakan bahan bakar dengan oktan yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil bisa membuat pembakaran tidak sempurna dan boros bensin. Karena itu, penting banget pilih bahan bakar yang sesuai sama spesifikasi mobil kamu.

Cara Menghemat Konsumsi BBM

cara menghemat konsumsi bbm

Mau pakai mobil irit BBM sekalipun, semua akan percuma kalau kebiasaanmu mengemudi belum dibenahi. Biar lebih irit, berikut cara menghemat konsumsi bbm:

1. Perhatikan batas kecepatan saat berkendara

Selalu perhatikan batas kecepatan kendaraanmu. Sebisa mungkin hindari melaju terlalu cepat atau terlalu lambat. Dengan menjaga laju kendaraan tetap stabil, konsumsi bahan bakar cenderung lebih irit.

2. Tambah kecepatan secara bertahap

Hindari menambah kecepatan secara mendadak setelah mengurangi kecepatan. Ini bisa membuat konsumsi bensin jadi lebih besar.

3. Selalu gunakan gigi yang pas

Gunakan gigi kendaraan yang tepat saat berkendara. Mengemudi dengan gigi yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

4. Usahakan hindari kemacetan

Kemacetan dan cuaca buruk bisa membuat konsumsi bensinmu jadi lebih banyak. Karena itu, sebisa mungkin hindari kemacetan atau berkendara saat kondisi cuaca sedang buruk.

5. Isi bensin waktu pagi

Saat pagi, bahan bakar yang tersimpan dalam tangki SPBU cenderung lebih padat dan kental. Ini terjadi karena suhu yang masih relatif dingin. Karena itu dengan mengisi bahan bakar di pagi hari, kamu bisa mendapatkan bahan bakar yang lebih padat dan kental sehingga lebih efisien saat digunakan.

6. Isi bensin saat tangki setengah penuh

Isi bahan bakar saat tangki masih setengah penuh. Hal ini bisa menghindari penguapan bahan bakar yang dapat membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros.

7. Perhatikan tekanan ban

Pastikan tekanan angin ban sesuai dengan yang ditentukan. Ban yang kurang atau terlalu banyak angin bisa membuat konsumsi bensin lebih boros.

Selain mengikuti tips-tips di atas, penting juga untuk merawat kondisi mobil dengan baik. Mobil yang kurang terawat, seperti mesin yang kotor atau sistem bahan bakar yang tidak efisien bisa membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros.

Yuk, segera kunjungi bengkel Otoklix untuk tune up dan dapatkan diskon 15% khusus buat kamu!

 

Pertanyaan Seputar Konsumsi BBM Xenia

Xenia 1000cc apakah irit?

Ya, dengan 29.9 km/liter atau 29.3 km/liter tergantung model dan cara berkendara, Xenia 1000cc termasuk irit BBM.

 

References:

https://www.astra-daihatsu.id/berita-dan-tips/konsumsi-bbm-daihatsu-xenia

https://www.shell.co.id/in_id/konsumen-bisnis/shell-fleet-card/penyebab-bensin-boros.html

https://www.qoala.app/id/blog/berita/cara-menghemat-bensin/