Ada banyak macam aksesoris interior mobil yang dijual di pasaran. Beberapa di antaranya sudah dilengkapi dengan teknologi-teknologi canggih yang bisa membuat perjalanan semakin nyaman dan aman. Bentuknya pun semakin unik dan modern.

Nah, buat OtoFriends yang ingin memodifikasi mobil kesayangan menjadi lebih futuristik, berikut 10 rekomendasi aksesoris interior mobil yang bisa dipilih:

1. Smart Vehicle Health Monitor Mesin Mobil

Aksesoris interior mobil pertama yang OtoCrew sarankan ada di mobil kesayangan masing-masing adalah Smart Vehicle Health Monitor mesin mobil. Peranti tersebut berguna untuk memantau kondisi mesin mobil agar terhindar dari risiko kerusakan parah apalagi kecelakaan. Selain itu, untuk beberapa merek seperti ZUS® Smart vehicle health monitor mini, bisa juga dipakai untuk melacak tekanan ban secara real-time dari smartphone masing-masing. Serta, dilengkapi juga dengan sistem anti-maling dan terdapat port USB yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi daya perangkat lain. Dengan kelengkapan alat ini, tentu saja bisa menghemat biaya perawatan mobil.

Banner

2. Bantal Pijat

Bagi OtoFriends yang sering menghabiskan waktu di mobil, entah untuk urusan kerja, atau sekadar bepergian jauh, maka kamu butuh bantal pijat. Selain untuk menghilangkan pegal-pegal di punggung, bantal pijat juga bisa menjaga kesehatan tulang belakang kamu. Mengingat, postur duduk yang kurang baik berpotensi memberikan beban berlebih pada tulang punggung, dan kemungkinan terburuknya bisa menyebabkan gangguan jangka panjang pada tulang punggung, termasuk kebengkokan. Padahal, ada banyak urat-urat syaraf penting di tulang punggung yang harus dilindungi.

Peranti ini bisa membantu kamu mendapatkan postur duduk yang benar, sekaligus dengan adanya benjolan-benjolan kecil, bisa juga dimanfaatkan untuk memijat agar aliran darah di wilayah tulang punggung lebih lancar.

3. Back Seat Organizer

Aksesoris interior mobil lainnya yang harus dimiliki adalah Back Seat Organizer. Peranti mobil ini bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang penting atau makanan dan minuman yang sering dibawa di mobil. Tak hanya itu, aksesoris ini juga bisa membuat tampilan interior mobil lebih tertata rapi. 

Sesuai namanya, perlengkapan interior mobil satu ini biasanya digantung di bagian belakang kursi sopir atau penumpang. Untuk bentuk dan harganya bervariasi mulai dari Rp30 ribuan – Rp2 jutaan tergantung bahan dan kualitasnya.

4. Air Purifier

Air purifier berguna untuk menjaga udara mobil tetap segar dan sehat. Mengingat kebersihan udara juga penting untuk diperhatikan demi menjaga kesehatan masing-masing terutama buat OtoFriends yang sering bepergian bersama banyak penumpang, apalagi anak-anak. Peranti ini menjadi wajib dimiliki. Untuk beberapa merek air purifier ada yang bisa sekalian menyaring dan membunuh bakteri, kuman, hingga virus. Jadi, soal harga pun beragam, tergantung seberapa canggih teknologi yang dipakai.

5. Meja Makan dan Laptop Setir Mobil

Bagi OtoFriends yang banyak menghabiskan waktu di dalam mobil, maka akan membutuhkan meja makan dan laptop setir mobil ini. Meja portable ini bisa dilepas pasang di setir mobil kamu, sehingga memudahkan untuk menaruh makanan dan minuman, atau menaruh laptop bila seketika butuh mengurus pekerjaan. 

Namun, perlu diingat, meja semacam ini biasanya hanya cocok untuk setir mobil yang tidak menggunakan sarung pelindung gagangnya. Peranti ini sudah banyak tersedia di e-commerce dengan bentuk dan harga yang bervariasi.

6. Car Holder + Wireless Charger

Bagi kamu yang suka mengandalkan smartphone sebagai GPS, mungkin bakal butuh aksesoris interior mobil satu ini. Car holder sekaligus wireless charger ini lebih efisien dibanding car holder biasa. Kamu jadi tidak perlu repot mencolok kabel charger saat men-charge smartphone, cukup ditempelkan saja, dayanya akan terisi dan bisa tetap menyala sebagai GPS atau media player.

7. Matras Angin Mobil

Bagi yang suka bepergian jauh bersama keluarga tampaknya butuh matras angin mobil. Matras angin bisa dimanfaatkan untuk beristirahat di tengah-tengah perjalanan. Caranya tinggal dipompa dan diletakkan di kursi belakang mobil kamu untuk menjadi tempat tidur yang nyaman. Namun, perlu diingat, hindari penggunaan matras ini saat mobil sedang berjalan ya, karena bisa berbahaya bila terjadi kecelakaan. Matras angin paling ideal digunakan saat mobil dalam keadaan berhenti saja. 

8. Klip Holder Kacamata

Klip holder kacamata dibutuhkan bagi yang suka memakai kacamata pelindung selama mengemudi. Apalagi kalau mobil kamu tidak dilengkapi dengan dudukan kacamata. Peranti ini sangat berguna untuk memudahkan kamu dalam menyimpan kacamata dan sekaligus menjaga kacamata dari gores, namun saat dibutuhkan lebih mudah dijangkau. Biasanya klip holder kacamata ini direkatkan di visor mobil. Ada berbagai bentuk klip holder kacamata yang dijual di pasaran. Agar menunjang tampilan interior mobil kamu, pilihlah yang bentuknya minimalis dengan warna yang sama dengan warna visor mobilmu.

9. Kulkas Pemanas & Pendingin Portable

Kulkas pemanas dan pendingin portable ini sangat cocok buat kamu yang suka membawa makanan dan minuman selama perjalanan. Ada banyak merek elektronik yang memproduksi kulkas khusus ini, salah satunya merek Mobicool. Kulkas merek ini memiliki kapasitas 6,2 liter sehingga muat ditempatkan di kabin mobil kamu. tidak seperti kulkas pada umumnya, alat ini mampu mendinginkan atau menghangatkan makanan dan minuman Anda saat berada di mobil. 

Pendinginan maksimal hingga 14 derajat celcius di bawah suhu ruangan dalam mobil. Contoh apabila suhu dalam mobil 25 derajat, maka bisa mendinginkan hingga 11 derajat celcius. Sedangkan, untuk penghangatnya maksimal hingga 60 derajat celcius. Cara mengoperasikannya pun cukup mudah yaitu cukup hubungkan dengan socket lighter 12 Volt DC pada mobil, maka bisa langsung dipakai. Tenang, kulkas semacam ini biasanya sudah bebas dari CFC (chlorofluorocarbon)/freon.

10. Car DVR & GPS Navigation

Terakhir dan yang tak kalah penting adalah Car DVR & GPS Navigation. Alat ini dilengkapi juga dengan 4K kamera streaming yang diletakkan di depan dan belakang mobil. Gunanya sebagai dashcam, bisa juga untuk memonitor area parkir sehingga bisa mencegah terjadinya tabrakan. Kameranya yang menggunakan penekanan cahaya yang kuat dan teknologi AHD bisa memberikan gambar yang sangat jelas untuk pengemudi di malam hari maupun siang hari. Dilengkapi juga Wi-Fi bawaan memungkinkan kamu tetap terhubung dengan internet saat bepergian dan mengakses misalnya Google Maps. 

Ada beberapa aksesoris mobil yang mungkin sulit dipasang sendiri di rumah, seperti Car DVR & GPS Navigation. Ada baiknya percayakan pemasangannya pada mekanik di bengkel terdekat atau tempat aksesoris mobil terpercaya.

Memilih bengkel yang terpercaya sangat krusial agar aksesoris dapat terpasang dengan benar. Jika asal-asalan dikhawatirkan akan merusak aksesoris bahkan interior mobil kesayangan OtoFriends.

Kamu bisa menemukan bengkel terpercaya lewat aplikasi Otoklix. Selain memudahkan mencari bengkel, dari aplikasi tersebut, kamu bisa melakukan booking service sekaligus melihat harga service yang diinginkan secara real. Menarik, bukan?