Mobil merupakan kendaraan yang biasa digunakan untuk bepergian jauh. Dalam kondisi tersebut tentu kenyamanan menjadi hal utama supaya suasana hati tetap baik. Salah satu aksesori mobil yang sering digunakan adalah audio mobil.

Kenyamanan bisa didapatkan dari berbagai hal, salah satunya hiburan. Umumnya, pengendara akan memutar lagu yang ada di ponselnya maupun radio yang dapat disambungkan ke audio mobil melalui head unit. 

Bahkan demi meningkatkan kenyamanan saat mendengarkan lagu, beberapa orang rela menghabiskan banyak biaya untuk modifikasi audio mobil. Sebelum melakukan modifikasi, ada baiknya OtoFriends memahami beberapa hal. 

Supaya hasil modifikasi sesuai keinginan, berikut ini daftar merek audio mobil terbaik, jenis, harga, dan tips memilih memilih audio mobil.

Baca juga: Skema Instalasi Audio Mobil dan Komponen yang Diperlukan

Daftar Merek Audio Mobil Terbaik

Untuk menemani perjalanan, sah-sah saja bila kita pasang audio mobil sebagai salah satu aksesori mobil hiburan pelengkap. Namun, tak sekadar asal pilih. OtoFriends harus memperhatikan keunggulan, kekurangan dan spesifikasi tiap-tiap audio mobil.

1. Pyle PLPW10D

Subwoofer dari Pyle ini memiliki ukuran 10 inci yang mampu menghasilkan suara hingga 90dB. Pyle PLPW10D dibekali impedansi dual 4 Ohm dengan kekuatan mencapai 1000 Watt.

Speaker ini juga menggunakan 4 layer dual voice coil yang memiliki ukuran 2 inchi sehingga dapat memberikan suara surround.

2. Alpine 3 Way Rogers

Alpine 3 Way Rogers merupakan audio mobil rakitan pabrik Jepang yang menawarkan satu set audio lengkap. 

Saat membelinya, OtoFriends akan mendapatkan satu set yang terdiri dari 8 buah speaker dengan 2 speaker midbass, 2 buah speaker midrange, 2 buah tweeter dome, dan 3 way passive yang berguna sebagai kendali utama power audio atau network crossover.

Istimewanya, OtoFriends bisa custom audio sesuai ukuran mobil. Material yang digunakan Alpine 3 Way Rogers yaitu perpaduan kayu, karet, dan grill metal dengan power maksimal hingga 40 watt berfrekuensi 60-20 kHz.

3. Bose DS16F

Audio mobil Bose DS16F relatif cocok untuk mini bus karena ukurannya besar dibanding audio mobil merek lain. Untuk suaranya, Bose DS16F cukup bertenaga dan treble yang dihasilkan pun nyaring tapi aman untuk pendengaran anak-anak. 

Karena ukurannya cukup besar, audio mobil Bose DS16F membuat ruang pada mobil menjadi terlihat penuh. Oleh karena itu, speaker Bose ini juga cocok digunakan mobil dengan pintu kecil sehingga tidak membutuhkan peredam dan power supply.

4. Hertz HX 300D

Hertz HX 300D merupakan speaker mobil yang mampu menghasilkan frekuensi suara terendah menggunakan spektrum audio yang sangat tepat. 

Subwoofer ini sudah menggunakan teknologi inovatif, yakni V-cone, forced ventilation system, low-resonance basket hinga ultra-efficient motor assembly.

Speaker Hertz memiliki respon frekuensi dari 28Hz hingga 700 Khz. Sensitivitas suara maksimal yang bisa dicapai pun cukup baik yakni 90dB berkat teknologi dual voice coil dengan impedansinya 2x 4 Ohm serta kekuatan handling 600 Watt dan RMS 1200 Watt.

5. Harman Kardon Onyx 4

Rekomendasi terakhir merek audio mobil adalah Harman Kardon Onyx 4. Memiliki nama serta produk yang populer, kualitas Harman Kardon sudah tidak diragukan lagi. 

Audio mobil ini memiliki desain unik dan klasik dengan pilihan warna hitam dan putih. Dari bahannya saja sudah berkualitas premium yang merupakan perpaduan plastik, metal, dan karet.

Oleh karena itu, audio mobil ini cocok digunakan untuk mempermanis tampilan interior mobil dengan cara ditanam maupun diletakkan begitu saja. Sementara untuk outputnya, suara maksimal yang dapat dihasilkan mencapai 80 dB dengan respon frekuensi dari 50Hz hingga 20kHz.

Baca juga: Ini Biaya Service Audio Mobil Saat Audio Mobil Mati

6. Kicker

Merek power audio mobil selanjutnya adalah Kicker yang sudah ada sejak tahun 1980-an. Bentuknya seperti kotak klasik berwarna hitam. 

Keunggulan produk ini adalah dengan harga audio mobil yang cukup terjangkau, kita bisa mendapatkan audio mobil yang fleksibel disimpan di mana saja tetapi memiliki kualitas suara yang halus dengan daya listrik yang dibutuhkan tidak besar.

7. JL Audio

Di pasar otomotif, merek audio mobil JL Audio dikenal dengan produk power audio mobil yang dijual dengan harga yang cukup mahal tetapi memiliki kualitas suara terbaik sehingga menghadirkan pengalaman mendengarkan musik selama berkendara yang berbeda.

Tak ada salahnya bila kita memiliki kelebihan uang untuk membeli audio mobil JL Audio untuk membentuk sistem audio mobil terbaik.

8. Pioneer

Merek audio mobil Pioneer sudah cukup terkenal di industri perangkat suara yang dibutuhkan rumah tangga. Kendati demikian, Pioneer juga cocok digunakan sebagai salah satu aksesoris perangkat suara mobil. 

Kita bisa jadikan Pioneer sebagai subwoofer dengan desain yang eye catching dengan desain interior mobil yang semakin elegan.

Audio mobil keluaran Pioneer memiliki 4 channel amplifier dengan fitur unggulan yakni kita bisa mengubahnya ke dalam dua mode channel dengan berbagai fitur yang berbeda.

9. Sony MEX

Salah satu merek audio mobil terbaik adalah Sony MEX. Model audio mobil dari Sony yang ini adalah produk terkuat dengan konsep stereo DIN single dengan desain dan kualitas terbaik. 

Speaker Sony MEX dilengkapi 4 channel speaker dengan daya yang dibutuhkan sebesar 100 watt.

Terlebih lagi bila OtoFriends menyukai perangkat suara dengan kekuatan volume bass, maka Sony MEX ini merupakan produk terbaik sebagai salah satu perangkat aksesoris mobil kita. Sayangnya, Sony MEX belum sempurna proses integrasi dengan smartphone.

10. Kenwood

Rekomendasi merek audio mobil terbaik yang terakhir adalah Kenwood. Selain kualitas suara yang sangat bagus karena speaker Kenwood telah dilengkapi dengan teknologi excelon sehingga menciptakan pengalaman audio yang menyenangkan selama berkendara.

Daya yang dibutuhkan power audio mobil Kenwood sebesar 500 watt, woofer terbuat dari polypropylene mica cone dan kekuatan bass pada audio yang terbaik. 

Fitur pendukung audio digital mobil dengan fitur standar kustomisasi terbaru, MP3, CD, radio dan radio tuner, serta produk audio line-in/out.

Penggunaan aksesoris mobil terkenal menambah beban kelistrikan dan mesin mobil sehingga terkadang bisa membuat suhu mesin mobil panas. 

Akan tetapi, bedanya audio mobil Kenwood dengan merek audio mobil lainnya adalah perangkat suara ini tidak memancarkan panas sehingga bisa meminimalisir terjadinya overheat.

Adapun harga audio mobil Kenwood dibanderol mulai dari Rp750 ribuan sampai Rp10 jutaan tergantung jenisnya. Untuk Kenwood DDX-316 Head Unit dijual dengan harga Rp759 ribu, Kenwood KAC-PS704EX Power Amplifier – 4 Channel dijual dengan harga Rp1,7 jutaan dan Kenwood DDX7018BT Head unit Double Din dijual dengan harga Rp10,5 jutaan.

Bila OtoFriends ingin pasang audio mobil atau sedang mencari aksesoris mobil lainnya untuk mendukung kenyamanan dan keamanan selama berkendara bisa mencarinya di aplikasi Otoklix.

Tips Memilih Audio Mobil

Ada banyak merek audio mobil dengan harga audio mobil yang berbeda-beda dengan fitur dan spesifikasi yang berbeda-beda. Bagaimana cara memilih produk power audio mobil terbaik?

1. Cek Fitur Audio Mobil

Sebelum OtoFriends akhirnya memutuskan untuk membeli audio mobil, teliti dulu fitur apa saja yang dimiliki dari perangkat tersebut. Hal ini berguna supaya suara yang dihasilkan sesuai keinginan.

Pastikan audio tersebut memiliki fitur treble, fade, balance, fungsi bas, automatic level control, dan beberapa fitur pendukung lainnya seperti DVD, MP3, dan USB. Selain audio, jangan lupa untuk memeriksa bagian head unit, karena perannya sangat penting dalam mengendalikan suara.

Pilih head unit sudah dilengkapi rear, front, dan sub di belakang tape yang berguna saat menggunakan amplifier agar kualitas suara dihasilkan lebih baik dan jernih. Fitur lainnya yang perlu diperhatikan pada head unit, yakni speaker control, control HPF/LPF, equalizer, dan processor digital time alignment.

2. Uji Output Suara Audio

Setelah mengecek sejumlah fitur yang ada pada audio mobil, lakukan juga pengujian suara. Hal ini penting untuk mengetahui kualitas suara yang dikeluarkan (output) audio mobil.

Putar instrumen musik dengan mengatur keseimbangannya(balance) terlebih dahulu, lalu dengarkan. Apabila kabel speaker dalam posisi terbalik, suara dengan nada yang rendah akan terdengar kurang dinamis.

Baca Juga: Mengenal Bagian Eksterior Mobil dan Aksesoris Modifikasinya

3. Perhatikan Proses Instalasi

Jika sudah melakukan pengecekkan hingga pengujian audio, OtoFriends juga perlu memperhatikan proses instalasi. Lebih baik instalasi dilakukan oleh orang yang profesional supaya mendapatkan hasil terbaik. 

Perhatikan pula soal kabel yang menyambungkan head unit dengan audio mobil. Jangan sampai dipasang sembarangan apalagi kusut karena akan berpotensi korsleting atau kabel cepat putus.

4. Pilih Merek Berkualitas

Jika OtoFriends ingin mendapatkan kualitas audio yang terbaik, pilih merek yang terkenal. Hal ini berguna mengantisipasi kerusakan dalam jangka waktu dekat. 

Namun perlu dipahami, kualitas juga diseimbangi dengan harga yang cukup mahal. Semakin mahal audio mobil, kian bagus juga suara yang dihasilkan. 

Supaya tidak bingung memilih saat ingin modifikasi audio mobil, berikut rekomendasi merek audio mobil terbaik dari harga termurah hingga termahal 

Baca Juga: Tips Memilih Bengkel Audio Mobil dan Perawatan Rutinnya

Jenis-jenis Audio Mobil

Adapun jenis-jenis audio mobil yang perlu kita ketahui sebagai bahan pertimbangan dalam memilih produk audio mobil nantinya.

Sound Quality (SQ)

Jenis audio mobil yang pertama adalah sound quality (SQ) yang memiliki karakter suara yang dihasilkan persis terdengar sama dengan suara aslinya karena kesamaan garis frekuensi seperti kedalaman suaran (depth), bayangan suara (imaging), kejernihan (clarity), dan tata panggung (soundstage).

Keunggulan jenis audio mobil sound quality adalah kamu akan memiliki pengalaman mendengarkan suara mewah karena jenis SQ ini didukung oleh sistem komponen pasif crossover yang dilengkapi dengan peredam suara yang bisa kita letakkan di langit-langit kabin mobil, bagasi, atau dashboard. 

Biasanya, sound quality dilengkapi dengan speaker 3 way head unit yang didukung fitur time alignment sehingga karakter suara akan berkumpul di tengah.

Sound Pressure Level (SPL)

Jenis sound pressure level atau SPL memiliki karakteristik menghasilkan suara yang begitu keras dan kencang yang diukur berdasarkan satuan desibel, terlebih lagi frekuensi bassnya.

Jika suara yang berasal dari subwoofernya kencang, maka dorongan udara di kabin mobil pun semakin besar.

Adapun speaker yang digunakan hanya berjumlah satu yang diletakkan di bagian depan mobil. SPL memiliki power amplifier bertekanan besar supaya bisa mentransfer suara dengan maksimal menuju subwoofer.

Audio Car Theater

Sesuai dengan namanya, audio car theater memiliki karakteristik tampilan yang mewah dan elegan layaknya bioskop atau home theater karena telah dilengkapi dengan televisi, DVD player, dan speaker berkualitas terbaik. 

OtoFriends bisa mengkoneksikan USB untuk mentransfer lagu atau film yang akan ditonton di dalam mobil.

Sound Quality Loud (SQL)

Jenis audio mobil yang terakhir adalah sound quality loud atau SQL yang merupakan gabungan dari dua jenis audio mobil yakni sound quality dan sound pressure level.

Umumnya kita bisa menyimpan SQL di bagian belakang mobil untuk menghasilkan suara yang lebih maksimal.

SQL mengadaptasi karakteristik sound pressure level yang memiliki suara kencang dan keras serta kualitas suara yang jernih dari sound quality. 

Namun, bedanya SQL dari kedua jenis audio mobil tersebut adalah jumlah subwoofer dan speaker yang lebih banyak dibandingkan sound pressure level dan sound quality. 

Bahkan, subwoofernya disimpan di dalam box berukuran besar untuk menyeimbangi kualitas speaker.

Jenis audio ini umumnya digunakan saat kita mengikuti even car show off, demo atau promosi mobil, sampai gathering.

Harga Audio Mobil

Apabila OtoFriends tertarik untuk memasang audio mobil, berikut ini estimasi harga audio mobil dari berbagai merek yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.

Merek Audio MobilHarga Audio Mobil
Pyle PLPW10DRp670 ribu
Alpine 3 Way RogersRp1,5 juta
Bose DS16FRp2 juta
Hertz HX 300DRp3 juta
Harman Kardon Onyx 4Rp2 juta – Rp8 juta

Supaya hasil modifikasi audio mobil tetap awet, jangan lupa untuk servis mobil secara rutin. OtoFriends bisa memanfaatkan fitur booking online dan mencari bengkel terdekat melalui aplikasi Otoklix

Pertanyaan Seputar Audio Mobil 

Ada lima paket audio mobil di antaranya ada Pyle PLPW10D, Alpine 3 Way Rogers, Bose DS16F, Hertz HX 300D, dan Harman Kardon Onyx 4.

Sistem audio mobil merupakan satu set perangkat pendukung atau aksesoris mobil yang dibutuhkan sebagai fitur hiburan tambahan.

Adapun harga audio mobil Kenwood dibanderol mulai dari Rp750 ribuan sampai Rp10 jutaan tergantung jenisnya. Untuk Kenwood DDX-316 Head Unit dijual dengan harga Rp759 ribu, Kenwood KAC-PS704EX Power Amplifier – 4 Channel dijual dengan harga Rp1,7 jutaan dan Kenwood DDX7018BT Head unit Double Din dijual dengan harga Rp10,5 jutaan.