Mobil merupakan kendaraan yang biasa digunakan untuk bepergian jauh. Dalam kondisi tersebut tentu kenyamanan menjadi hal utama supaya suasana hati tetap baik. 

Kenyamanan bisa didapatkan dari berbagai hal, salah satunya hiburan. Umumnya, pengendara akan memutar lagu yang ada di ponselnya meupun radio yang dapat disambungkan ke audio mobil melalui head unit. 

Bahkan demi meningkatkan kenyamanan saat mendengarkan lagu, beberapa orang rela menghabiskan banyak biaya untuk modifikasi audio mobil. Sebelum melakukan modifikasi, ada baiknya OtoFriends memahami beberapa hal. 

Supaya hasil modifikasi sesuai keinginan, berikut tips memilih memilih audio mobil.

Tips Memilih Audio Mobil

1. Cek Fitur Audio Mobil

Sebelum OtoFriends akhirnya memutuskan untuk membeli audio mobil, teliti dulu fitur apa saja yang dimiliki dari perangkat tersebut. Hal ini berguna supaya suara yang dihasilkan sesuai keinginan.

Pastikan audio tersebut memiliki fitur treble, fade, balance, fungsi bas, automatic level control, dan beberapa fitur pendukung lainnya seperti DVD, MP3, dan USB. Selain audio, jangan lupa untuk memeriksa bagian head unit, karena perannya sangat penting dalam mengendalikan suara.

Pilih head unit sudah dilengkapi rear, front, dan sub di belakang tape yang berguna saat menggunakan amplifier agar kualitas suara dihasilkan lebih baik dan jernih. Fitur lainnya yang perlu diperhatikan pada head unit, yakni speaker control, control HPF/LPF, equalizer, dan processor digital time alightment.

2. Uji Output Suara Audio

Setelah mengecek sejumlah fitur yang ada pada audio mobil, lakukan juga pengujian suara. Hal ini penting untuk mengetahui kualitas suara yang dikeluarkan (output) audio mobil.

Putar instrumen musik dengan mengatur keseimbangannya(balance) terlebih dahulu, lalu dengarkan. Apabila kabel speaker dalam posisi terbalik, suara dengan nada yang rendah akan terdengar kurang dinamis.

Baca Juga: Mengenal Bagian Eksterior Mobil dan Aksesoris Modifikasinya

3. Perhatikan Proses Instalasi

Jika sudah melakukan pengecekkan hinga pengujian audio, OtoFriends juga perlu memperhatikan proses instalasi. Lebih baik instalasi dilakukan oleh orang yang profesional supaya mendapatkan hasil terbaik. 

Perhatikan pula soal kabel yang menyambungkan head unit dengan audio mobil. Jangan sampai dipasang sembarangan apalagi kusut karena akan berpotensi korsleting atau kabel cepat putus.

4. Pilih Merek Berkualitas

Jika OtoFriends ingin mendapatkan kualitas audio yang terbaik, pilih merek yang terkenal. Hal ini berguna mengantisipasi kerusakan dalam jangka waktu dekat. 

Namun perlu dipahami, kualitas juga diseimbangi dengan harga yang cukup mahal. Semakin mahal audio mobil, kian bagus juga suara yang dihasilkan. 

Supaya tidak bingung memilih saat ingin modifikasi audio mobil, berikut rekomendasi merek audio mobil terbaik dari harga termurah hingga termahal 

Baca Juga: Tips Memilih Bengkel Audio Mobil dan Perawatan Rutinnya

Daftar Merek Audio Mobil Terbaik

1. Pyle PLPW10D

Subwoofer dari Pyle ini memiliki ukuran 10 inci yang mampu menghasilkan suara hingga 90dB. Pyle PLPW10D dibekali impedansi dual 4 Ohm dengan kekuatan mencapai 1000 Watt.

Speaker ini juga menggunakan 4 layer dual voice coil yang memiliki ukuran 2 inchi sehingga dapat memberikan suara surround.

2. Alpine 3 Way Rogers

Alpine 3 Way Rogers merupakan audio mobil rakitan pabrik Jepang yang menawarkan satu set audio lengkap. Saat membelinya, OtoFriends akan mendapatkan satu set yang terdiri dari 8 buah speaker dengan 2 speaker midbass, 2 buah speaker midrange, 2 buah tweeter dome, dan 3 way passive yang berguna sebagai kendali utama power audio atau network crossover.

Istimewanya, OtoFriends bisa custom audio sesuai ukuran mobil. Material yang digunakan Alpine 3 Way Rogers yaitu perpaduan kayu, karet, dan grill metal dengan power maksimal hingga 40 watt berfrekuensi 60-20 kHz.

3. Bose DS16F

Audio mobil Bose DS16F relatif cocok untuk mini bus karena ukurannya besar dibanding audio mobil merek lain. Untuk suaranya, Bose DS16F cukup bertenaga dan treble yang dihasilkan pun nyaring tapi aman untuk pendengaran anak-anak. 

Karena ukurannya cukup besar, audio mobil Bose DS16F membuat ruang pada mobil menjadi terlihat penuh. Oleh karena itu, speaker Bose ini juga cocok digunakan mobil dengan pintu kecil sehingga tidak membutuhkan peredam dan power supply.

4. Hertz HX 300D

Hertz HX 300D merupakan speaker mobil yang mampu menghasilkan frekuensi suara terendah menggunakan spektrum audio yang sangat tepat. Subwoofer ini sudah menggunakan teknologi inovatif, yakni V-cone, forced ventilation system, low-resonance basket hinga ultra-efficient motor assembly.

Speaker Hertz memiliki respon frekuensi dari 28Hz hingga 700 Khz. Sensitivitas suara maksimal yang bisa dicapai pun cukup baik yakni 90dB berkat teknologi dual voice coil dengan impedansinya 2x 4 Ohm serta kekuatan handling 600 Watt dan RMS 1200 Watt.

5. Harman Kardon Onyx 4

Rekomendasi terakhir merek audio mobil adalah Harman Kardon Onyx 4. Memiliki nama serta produk yang populer, kualitas Harman Kardon sudah tidak diragukan lagi. 

Audio mobil ini memiliki desain unik dan klasik dengan pilihan warna hitam dan putih. Dari bahannya saja sudah berkualitas premium yang merupakan perpaduan plastik, metal, dan karet.

Oleh karena itu, audio mobil ini cocok digunakan untuk mempermanis tampilan interior mobil dengan cara ditanam maupun diletakkan begitu saja. Sementara untuk outputnya, suara maksimal yang dapat dihasilkan mencapai 80 dB dengan respon frekuensi dari 50Hz hingga 20kHz.

Harga Audio Mobil

Pyle PLPW10DRp670 ribu
Alpine 3 Way RogersRp1,5 juta
Bose DS16FRp2 juta
Hertz HX 300DRp3 juta
Harman Kardon Onyx 4Rp2 juta – Rp8 juta

Supaya hasil modifikasi audio mobil tetap awet, jangan lupa untuk servis mobil secara rutin. OtoFriends bisa memanfaatkan fitur booking online dan mencari bengkel terdekat melalui aplikasi OtoKlix.