Tahun 2017, Toyota C-HR dipamerkan dalam acara Gaikindo International Auto Show (GIIAS). Tanpa diduga, ternyata respon pasar sangat baik, akhirnya bertepatan dengan tanggal 10 April 2018, Toyota C-HR resmi diluncurkan di Indonesia. 

Toyota C-HR merupakan jenis mobil SUV Compact atau Crossover yang mampu mengangkut 5 penumpang. C-HR memiliki arti Compact High Rider, Cross Hatch Run atau Coupe High Rider. Toyota C-HR saat pertama kali diluncurkan hanya memiliki satu mesin saja, berselang satu tahun barulah muncul Toyota C-HR versi Hybrid. Mari kita bahas spesifikasi C-HR secara lengkap!

Spesifikasi Toyota CHR 

Toyota C-HR merupakan mobil pertama di Indonesia yang menggunakan konsep Toyota New Global Architecture (TNGA). SUV Compact dari Toyota ini bersaing melawan Mazda CX-3, Honda HR-V, Hyundai Tucson, KIA Sportage, Mitsubishi Outlander Sport dan Chevrolet Trax. 

Dari segi harga, Toyota C-HR berada di atas semua pesaingnya. Karena secara spesifikasi C-HR memang lebih unggul. Pihak Toyota mengatakan memang C-HR di Indonesia memiliki segmen khusus. Jadi harganya memang berbeda dengan mobil di kelasnya.

Fitur Toyota CHR

Fitur yang dimiliki Toyota CHR sangat lengkap, dari sisi keselamatan kamu akan mendapatkan SRS Airbags 7 titik, Blind Spot Monitor System, Rear View Monitor System. Sisi kenyamanan berkendara kamu mendapatkan Vehicle Stability Control, Hill-Start Assist. Sisi pengereman mendapatkan Anti-lock Brake System, Electronic Brake-force Distribution dan Brake Assist. Kursi belakang sudah mendukung ISOFIX, jadi aman untuk membawa balita di mobil.

Eksterior Toyota CHR

Desain eksterior Toyota CHR sangat futuristik, jarang ditemukan pada mobil lain. Tarikan desain dari lampu depan dan belakang menyatu dengan lekukan body. Pada bagian belakang, terdapat spoiler menjadikan Toyota CHR semakin terlihat sporty.

Terdapat empat pilihan warna Toyota CHR 2022 yang bisa kamu pilih. Berikut daftar warnanya:

  1. Red Mica Metallic With Black Roof
  2. New Platinum With Pearl With Black Roof
  3. New Metal Stream Metallic With Black Roof
  4. New Attitude Black Mica With Silver Roof

Kira-kira paling bagus warna yang mana OtoFriends?

Baca juga: 14 Jenis Mobil yang Dipasarkan di Indonesia, Wajib Tahu!

Interior Toyota CHR 

Masuk ke dalam interior Toyota CHR, kesan pertama saat masuk ke mobil ini adalah sporty dan mewah. Dashboard menggunakan kombinasi dua warna hitam dan coklat sehingga memunculkan kesan mewah. Konsol tengah dan persneling menggunakan gaya asimetris. Speedometer sudah menggunakan layar TFT type MID-Optitron 4,2 inci. Untuk hiburan, mobil ini sudah dilengkapi dengan layar sentuh 7 inci. 

Mesin  Toyota CHR 

Toyota C-HR non Hybrid dan Hybrid menggunakan mesin sama berkapasitas 1.798 cc. Versi konvensional menggunakan kode 2ZR-FBE, sedangkan versi Hybrid menggunakan kode 2ZR-FXE. Dari segi teknis, semuanya tidak ada perbedaan. Versi Hybrid memiliki kompresi yang lebih tinggi yaitu 13,0:1, direkomendasikan menggunakan BBM oktan 92.

Tenaga yang dihasilkan antara keduanya tidak berbeda jauh, C-HR non Hybrid menghasilkan tenaga 141 dk dan torsi 178 Nm. Sedangkan C-HR Hybrid menghasilkan tenaga 136 dk dan torsi 207 Nm. Konsumsi BBM Toyota C-HR Hybrid sekitar 21-23 Km/liter.

Baca juga: Jenis Ban Mobil SUV dan Merek yang Direkomendasikan

Kelebihan & Kekurangan Toyota CHR

Bagi OtoFriends yang tertarik untuk membeli Toyota C-HR, ada baiknya mengetahui kelebihan dan kekurangan Toyota C-HR berikut ini.

Kelebihan Toyota CHR 

Beberapa kelebihan dari Toyota C-HR  diantaranya sebagai berikut:

  1. Desain menarik

Desain mobil Toyota C-HR memang sangat menawan dan menarik. Berbeda dengan mobil kebanyakan saat ini. Banyak yang mengakui bahwa Toyota berhasil membuat desain mobil yang menarik untuk dilihat.

  1. Fitur lengkap

Toyota CHR memiliki fitur yang canggih dan lengkap pada semua tipe. Sistem keamanan sudah menggunakan airbag 7 titik. Rem sudah menggunakan ABS, Electronic Braking Distribution dan Brake Assist. Tersedia fitur Stability Control, Cruise Control, Blind Spot Alert dan masih banyak lagi.

  1. Mesin bertenaga dan irit

Dengan bermodalkan mesin 1.8 Liter saja, tenaga Toyota C-HR mampu menghasilkan sampai 141 dk. Konsumsi BBM Toyota C-HR tergolong irit, apalagi untuk tipe C-HR Hybrid yang dibantu dengan motor listrik. 

  1. Fun to drive

Toyota C-HR sangat enak dikendarai, hal ini karena mobil ini sudah menggunakan platform Toyota New Global Architecture. TNGA menjadikan pengendalian, kenikmatan dan kenyamanan mobil menjadi meningkat. 

  1. Cocok untuk segala kebutuhan

Toyota CHR merupakan mobil yang cocok untuk segala kebutuhan. Memiliki ground clearance yang tinggi khas mobil SUV ditambah dengan suspensi independen membuat CHR cocok untuk segala medan. 

  1. Suspensi independent

C-HR sudah menggunakan independent suspensi pada setiap rodanya, fitur ini biasanya ada pada sedan mewah. Sehingga untuk urusan kenyamanan, tidak perlu diragukan lagi terutama saat melewati jalanan yang kurang baik.

  1. Bagasi luas

Bagasi belakang mobil Toyota C-HR termasuk luas bisa mendapatkan 377 liter tanpa harus melipat kursi belakang, Jadi, kamu bisa membawa banyak barang sekaligus tanpa repot.

  1. Menggunakan platform TNGA

Terakhir, kelebihan dari Toyota C-HR adalah sudah menggunakan platform TNGA. Jenis mobil lain yang sudah menggunakan TNGA baru Toyota Prius dan Corolla. TNGA memiliki kelebihan dari sisi keamanan, kenyamanan, pengendalian, fitur dan performa. 

Kekurangan Toyota CHR 

Beberapa kekurangan dari Toyota C-HR  diantaranya sebagai berikut:

  1. Harga mahal

Kekurangan Toyota C-HR yang pertama adalah dari segi harga. C-HR memiliki harga yang tergolong mahal setara Toyota Fortuner atau Pajero Sport. Jika kamu ingin mobil yang canggih menggunakan tenaga listrik, C-HR pilihan yang paling tepat.

  1. Kabin baris kedua terbatas

Desain Toyota C-HR memang eksotis, berbeda dengan kebanyakan mobil lain. Tetapi ada yang dikorbankan, yaitu kursi baris kedua. Banyak yang mengeluhkan ruang kaki dan ruang kepala yang kurang lega. 

  1. Jendela baris kedua kecil

Penumpang baris kedua harus menerima selain mendapatkan ruang kurang lega, yaitu jendela baris kedua ukurannya kecil. Hal ini akan menambah kesan baris kedua semakin sempit, karena pandangan keluar tidak leluasa.

  1. Tidak ada paddle shift

Dengan harga yang sudah menyentuh setengah milyar, harusnya Toyota C-HR sudah memiliki paddle shift. Contoh saja Honda Jazz, dengan harga yang jauh dibawahnya sudah memiliki fitur paddle shift. Paddle shift bisa membuat mengemudi menjadi lebih terasa sporty seperti pembalap.

  1. Pilihan mesin terbatas

Kekurangan terakhir terletak pada pilihan mesin Toyota C-HR. Kamu hanya akan dihadapkan dengan satu pilihan mesin bensin 1.800 cc untuk tipe hybrid dan non hybrid. Padahal, di negara lain ada pilihan mesin 1.200 cc atau 2.000 cc.

Dibalik kelebihan dan kekurangan dari Toyota C-HR, mobil ini tetap layak untuk dimiliki. Kira-kira dilepas dengan harga berapa ya?

Baca juga: 13 Pilihan Mobil SUV Terbaik dari Berbagai Merek

Harga Toyota CHR Hybrid 2022 di Indonesia

Di Indonesia, Toyota C-HR dijual secara resmi oleh Toyota Astra Motor (TAM) dengan harga bervariasi tergantung tipe. Sayangnya untuk Toyota C-HR non Hybrid sudah tidak dijual lagi di Indonesia. Berikut harga Toyota CHR Hybrid terbaru:

  • Toyota C-HR Hybrid A/T Non Premium Color harga Rp 586.200.000
  • Toyota C-HR Hybrid A/T Premium Color harga Rp 587.700.000

Bagaimana OtoFriends, menarik untuk dibeli? C-HR lebih cocok dipakai untuk kebutuhan keluarga muda dengan anak kecil. Atau bisa juga dipakai untuk anak muda, tampilan yang keren dan irit konsumsi bahan bakar menjadi nilai plus.

 Demikian pembahasan mengenai mobil Toyota C-HR dari Otoklix. Pastikan mobil kesantan kamu selalu dilakukan service rutin dengan ganti oli secara rutin. Jika ingin mengakses informasi seputar mobil lainnya bisa cek di Otoklix.com/blog.

Pertanyaan Seputar Bengkel Mobil Terdekat

Karena Toyota C-HR memiliki fitur lengkap dan menggunakan mesin konvensional dan mesin Hybrid.

Toyota C-HR masuk dalam kategori Crossover, bisa masuk juga dalam kategori Small SUV.

Toyota CHR tidak memiliki sunroof pada semua tipe.