Sesuai namanya, mobil jenis SUV (sport utility vehicle) perlu ban yang bisa melewati berbagai medan. Ban mobil SUV punya ukuran dan spesifikasi yang berbeda dibandingkan jenis mobil lain. Sebab, ground clearance pada mobil SUV lebih tinggi. Mari kita bahas tentang jenis-jenis ban mobil SUV dan juga pilihannya.

Jenis-jenis Ban Mobil SUV

Ban untuk mobil SUV berbeda dengan ban konvensional dari segi fisik, baik desain kembang, konstruksi. Fungsi dari jenis ban ini juga berbeda.

1. All Terrain (A/T)

Jenis ban yang pertama adalah All Terrain. Jenis ban ini sebenarnya punya fungsi yang luas. Desain tapak bannya fleksibel digunakan di jalanan aspal maupun tanah. Ban AT masih bisa melintas dengan baik di tanah basah yang cukup padat dan jalanan berbatu tidak terlalu besar. Namun, tidak cocok dipakai di jalanan berlumpur atau kubangan licin.

Kekurangan lainnya dari ban A/T adalah cukup bising kalau dipakai menjajal jalanan aspal. Penyebabnya adalah alur pada tapak ban yang lebih dalam. Pola tapak ban AT punya ukuran yang lebih lebar dan blok yang lebih tebal dibandingkan dengan HT (Highway Terrain) atau ban konvensional. Kembangan ban yang lebih kasar membuat ban AT punya speed rate yang lebih rendah dibandingkan ban HT.

2. Highway Terrain (H/T)

Kebanyakan mobil SUV yang sering berjalan di jalanan perkotaan menggunakan ban jenis HT. Ciri khas dari ban ini adalah motif tapak ban dengan celah yang lebih rapat. Desain ini membuat ban bisa mencengkram permukaan jalan dengan lebih maksimal dan lebih senyap.

Baca juga: Kenali 11 Jenis Ban Mobil Berdasarkan Fungsi dan Ulirnya

Akan tetapi, jenis ban ini tidak cocok dipakai di jalanan tanah yang berlumpur. Sebab, daya cengkramnya akan rendah. Hal ini bisa membuat mobil terperosok atau tidak bisa bergerak karena gripnya tidak memadai.

3. Mud Terrain (M/T)

Jenis ban mobil SUV berikutnya adalah MT. Ban jenis ini didesain khusus untuk jalanan berlumpur. Desain tapaknya besar dengan celah lebar, biasanya berbentuk kotak atau garis. Dengan tapak ini, ban mobil bisa dapat traksi yang maksimal pada tanah yang empuk sehingga mobil bisa terus bergerak, baik berjalan atau berbelok. Ban ini juga sering dikenal dengan istilah ban pacul.

Namun, kelemahan dari ban mobil ini adalah suaranya cukup bising sehingga mengganggu kenyamanan berkendara. Selain itu, tipe ban ini kurang baik dalam pengereman atau menikung. Jadi tidak cocok digunakan berkendara dengan kecepatan tinggi.

Baca juga: Daftar 13 Pilihan Mobil SUV Terbaik dari Berbagai Merek

Pilihan Rekomendasi Ban Mobil SUV

Lantas, merek dan model apa saja yang direkomendasikan sebagai ban mobil SUV? Ini daftarnya.

1. Bridgestone Dueler A/T 697

Dari segi tampilan, Bridgestone Dueler A/T 697 terlihat sporty. Ulir dalamnya cocok dipakai di jalanan berpasir. Namun, ban ini memang kurang cocok digunakan di jalanan beton atau aspal karena bising. Ban Bridgestone Dueler A/T 697 bisa didapat dengan harga mulai dari Rp1,1 jutaan.

2. Michelin Primacy SUV

Michelin juga punya ban untuk mobil SUV. Michelin Primacy diklaim bisa menghasilkan kinerja pengereman yang baik di jalanan yang basah dan kering serta stabil saat menikung. Namun, jarak pengereman-nya lebih pendek di jalan basah. Sementara kinerja pengereman lebih bagus di jalanan kering. Ban mobil ini dibanderol dengan harga mulai Rp1,4 jutaan.

3. Dunlop Veuro VE302

Spesifikasi Dunlop VE302 juga memberikan performa yang optimal sebagai ban untuk mobil SUV. Ada teknologi digital rolling simulation 3 pada proses pembuatan ban ini . Ban harus melalui sejumlah tes untuk dilihat pergerakan ban saat berotasi. Selain itu juga diukur perubahan tekanan angin saat ban berputar.

Dunlop Veuro VE302 juga memiliki tingkat kebisingan yang kecil, stabil pada jalanan basah meskipun mobil melaju kencang, dan desain tapak serta dinding ban yang elegan dan sporty. Harga ban mobil ini sekitar Rp1,2 jutaan.

Baca juga: Pilihan Merek Ban Mobil yang Bagus dan Cara Memilihnya

4. GT Radial Savero

GT Radial Savero punya desain alur utama yang bisa dengan cepat membuang atau menepis air. Sehingga bisa mencegah efek hydroplaning. Alur ban ini juga bikin daya cengkramnya baik dalam segala kondisi, baik di jalanan kering atau basah. Meskipun begitu, ban mobil ini tetap punya pengendalian dan manuver yang baik di jalanan basah. GT Radial Savero tersedia dalam ukuran diameter 15 – 20 inci. Ban ini bisa didapat dengan harga mulai dari Rp700 ribuan.

5. Bridgestone Dueler H/P 680

Masih ada lagi ban mobil SUV terbaik yang direkomendasikan, yaitu Bridgestone Dueler H/P 680. Ban ini punya tingkat kebisingan yang rendah. Cocok digunakan sebagai ban mobil SUV yang bisa berkendara di jalanan aspal maupun di medan yang tidak terlalu berat. Selain itu, daya tahan usia pakai dari sisi tapak mobil ini termasuk baik.  Desain yang sporty dan bergaya dari mobil ini patut dihargai dengan nominal Rp1,5 jutaan.

6. Dunlop Grandtrek ST30

Terakhir, rekomendasi ban mobil SUV adalah dari Dunlop Grandtrek ST30. ban mobil ini bisa memberikan kenyamanan maksimal ketika mengemudi. Pola tapak yang asimetris membuat ban mobil ini menawarkan indeks kecepatan T dan H. kelebihan lainnya adalah usia pakai yang panjang. Ban mobil ini bisa didapat dengan harga Rp800 ribuan.

Itu dia jenis-jenis ban mobil SUV dan juga pilihan yang direkomendasikan. Sudah tahu mau pakai yang mana? Pastikan pilih sesuai dengan medan jalan yang akan OtoFriends tempuh, ya.

Untuk memastikan performa mobil SUV tetap baik saat sedang dalam perjalanan, sebaiknya lakukan perawatan secara rutin. Jangan sampai terjadi kerusakan baru dibawa ke bengkel. Tidak perlu khawatir, Otoklix akan mencarikan bengkel terdekat menggunakan fitur peta pada ponselmu!