Tahukah OtoFriends, ada banyak jenis mobil yang beredar di pasar global. Tak hanya itu, mobil-mobil tersebut sebagian juga di pasarkan di Indonesia. Model mobil-mobil ini dibedakan berdasarkan bentuk dan juga fungsinya. Ada yang digunakan untuk mobil keluarga, balapan, mengantar banyak barang bawaan bahkan untuk offroad. Mari simak ulasannya.

14 Jenis-jenis Mobil

Berikut ini ada 14 jenis mobil yang akan dibahas. Di antaranya ada SUV, MPV, Hatchback, sedan, sampai mobil convertible. Mobil-mobil ini berbeda secara fungsi dan juga harganya tentu berbeda.

1. Mobil SUV 

Ini adalah salah satu jenis mobil yang paling banyak peminatnya. Mobil SUV digemari karena bisa digunakan di segala medan, baik jalanan perkotaan sampai casual offroad. Tampilannya yang terlihat sporty di sisi eksteriornya membuat mobil ini terlihat gagah.

Konsumsi bahan bakar mobil SUV juga terbilang irit. Karena tampilan yang menarik dan efisiensi bahan bakar ini membuat harga mobil SUV cenderung lebih mahal dibandingkan jenis-jenis mobil lainnya yang termasuk mobil keluarga. Contoh mobil SUV di antaranya adalah Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda HR-V, dan Toyota Fortuner.

2. Mobil MPV

Mobile MPV juga banyak diminati masyarakat karena bisa digunakan sebagai mobil keluarga. Akan tetapi, sebenarnya fungsi dari kedua jenis mobil ini berbeda. MPV atau singkatan dari Multi Purpose Vehicle (mobil serbaguna) umumnya bisa memuat 7 penumpang. Sementara itu, mobil SUV ada yang 7-seater maupun 5-seater.

Mobil MPV dibagi menjadi beberapa segmen, yaitu Medium-MPV, Luxury MPV, Low-MPV, dan Compact MPV. Biasanya mobil MPV dilengkapi dengan SRS Airbag dan juga fitur entertainment yang lebih menarik. Namun, dari segi efisiensi bahan bakar, mobil MPV juga cukup irit. Contoh mobil MPV adalah Toyota Avanza, Daihatsu Sigra, dan Toyota Sienta.

3. Mobil Crossover

Model mobil crossover sudah ada di Indonesia sejak tahun 2007. Mobil yang pertama kali diluncurkan adalah Suzuki SX4 2007, tetapi belum begitu populer. Jenis mobil crossover menjadi lebih terkenal saat tren mobil hatchback dan SUV bermunculan.

Jadi, bisa dibilang crossover ini adalah perpaduan hatchback dan SUV. Mobil ini bisa bergerak lincah di jalanan perkotaan, tetapi tetap nyaman ketika berkendara di jalanan bergelombang. Desainnya aerodinamis, sehingga memang bisa bermanuver di jalanan perkotaan. Contoh dari mobil ini adalah Toyota CH-R, Nissan Juke, Mazda CX-3, dan Chevrolet Trax.

4. Mobil Hatchback 

Biasanya jenis mobil hatchback lebih diminati oleh anak muda, keluarga muda, atau wanita. Tampilannya yang sederhana dan bisa digunakan di perkotaan. Hampir semua mobil hatchback sudah dilengkapi dengan VSC (Vehicle Stability Control).Fitur ini bisa membuat mobil tetap stabil, meskipun melaju di jalanan perkotaan yang berlubang.

Handling mobil ini terasa ringan karena memang bentuk bodi yang ringan. Klasifikasi mobil hatchback di antaranya adalah low, medium, dan compact. Hanya saja, mobil ini punya ground clearance yang tidak terlalu tinggi. Selain itu, hanya muat untuk 5 orang dewasa saja. Contoh mobil ini adalah Honda Jazz, Toyota Yaris, Honda Civic, dan Mazda 2.

5. Mobil sedan 

Kelebihan dari mobil sedan adalah punya bagasi yang terpisah dari kabin penumpang. Mobil sedan tidak akan ditemukan di jalanan berlubang. Sebab mobil sedan memang berfokus pada kestabilan dan kenyaman berkendara. Akan tetapi, mobil ini dilengkapi dapur pacu yang cukup tinggi. Harganya juga biasanya mahal. Jadi, biasanya dimiliki oleh kalangan menengah ke atas.

Segmen mobil sedan di antaranya ada medium sedan, luxury sedan, dan juga mini sedan. Contoh jenis mobil sedan di antaranya adalah Honda Civic Turbo, Toyota Vios, Toyota Camry, Suzuki Baleno, dan Mazda 6.

6. Mobil Sport Sedan

Mobil sport tidak cocok digunakan untuk mobil keluarga. Fungsinya juga terbatas. Pasanya, mobil ini biasanya digunakan untuk balapan. Performa dan pengendaliannya dirancang untuk balapan. 

Kekurangan mobil sport sedan ini bagian sebagian orang dianggap memiliki harga yang terlalu tinggi. Paling murah adalah Rp830 jutaan. Selain itu, bahan bakarnya juga lebih boros karena untuk menunjang performa yang tinggi. Contoh mobil sport sedan di antaranya adalah Honda Civic Type-R, Toyota 86, Jaguar, BMW i8, sampai Ferrari.

7. Mobil Convertible

Atap mobil jenis ini bisa dibuka dan ditutup dengan menekan sebuah tombol. Secara performa dan style, menggunakan mobil ini membuat pengendara terlihat berkelas. Akan tetapi, tampilan mobil ini kurang cocok digunakan di jalanan raya, apalagi saat macet.

Bagi OtoFriends yang ingin mengoleksi mobil ini, harganya mulai dari Rp1,5 miliar. Contoh mobil convertible di antaranya adalah Porsche 718, Lamborghini Aventador, Mercedes Benz SL-Class, dan BMW 4 Series Convertible.

8. Mobil Coupe

Coupe berasal dari kata “couple” yang artinya sepasang. Jadi, mobil ini adalah kendaraan kecil dengan jumlah pintu dan jok terbatas, yaitu hanya dua. Biasanya mobil ini punay desain atap yang mengarah ke belakang. Harga mobil ini bisa menyamai sport car.

9. Mobil Station Wagon 

Jenis mobil ini masih cukup asing di telinga masyarakat Indonesia. Tampilan mobil ini seperti mobil sedan, tapi punya bagasi yang cukup panjang. Bisa dibilang ini adalah mobil sedan dengan bagasi langsung yang tidak terpisah. Contoh mobil ini adalah Mini Cooper.

10. Mobil Off road 

Ini adalah jenis mobil yang biasa digunakan untuk aktivitas off road atau adventure. Biasanya mobil ini menggunakan sistem penggerak 4WD atau mobil 4×4. Mobil ini bisa menaklukan medan yang menantang. 

Hanya saja, kekurangan mobil ini adalah konsumsi bahan bakar yang tinggi dan biaya perawatan yang mahal. Ada oli khusus yang dipakai dan harus diganti secara berkala agar tidak mudah overheat. Contoh mobil off road adalah Jeep atau Suzuki Jimny.

11. Mobil Pickup Truck & Mobil Double Cabin 

Mobil ini digunakan khusus untuk membawa banyak barang. Jadi, memang mobil pikap biasa dipakai para pengusaha untuk mendistribusikan barang. Selain itu, ada juga jenis double cabin. Mobil ini seperti pick up, tetapi punya dua kabin, yaitu kabin penumpang dan kabin khusus alat berat. Contoh mobil pick up adalah Suzuki Carry Pick Up, sementar mobil double cabin ada Hilux Double Cabin, Mitsubishi Triton Double Cabin HDX, dan Isuzu D-Max Double Cab 2.5 MT.

12. Mobil Elektrik 

Umumnya, mobil listrik punya bentuk yang sama dengan mobil biasa. Hanya saja, tidak menggunakan bahan bakar minyak, tetapi listrik. Semua mesin mobil ini menggunakan sistem listrik. Fungsi mobil ini adalah untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan. Contoh mobil listrik di antaranya adalah Tesla Model X dan Kona Elektrik.

13. Mobil Hybrid

Mobil hybrid cocok buat OtoFriends yang mau merasakan mobil listrik. Pasalnya mobil ini menggunakan dua mesin penggerak, yaitu bensin konvensional dan motor listrik. Fungsi motor listrik ini adalah untuk efisiensi bahan bakar. Bisa dibilang mobil ini juga cukup ramah lingkungan. Contoh mobil ini adalah Lexus, Nissan Kicks, dan Toyota Corolla Cross.

14.Mobil LCGC

Yang terakhir adalah mobil LCGC atau Low Cost Green Car. Sesuai namanya, mobil LGCG harganya relatif lebih murah, biasanya kurang dari Rp200 jutaan. Meskipun murah, mobil ini bisa menampung banyak penumpang, irit bensin, dan ramah lingkungan. Contoh mobil LCGC di antaranya adalah Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

Itu dia 14 jenis mobil yang dipasarkan di Indonesia. Sudah menentukan pilihan mau beli yang mana? 

Servis mobil secara rutin pakai aplikasi Otoklix. Otoklix bisa mencarikan bengkel terdekat dan langsung bisa booking dari aplikasi. Harga yang harus dibayarkan juga transparan, sesuai yang tertera di aplikasi.