Mendengar merk mobil “Subaru”, pasti kamu akan ingat dengan balapan World Rally Championship (WRC). Generasi awal Subaru Impreza banyak dipakai dalam ajang kejuaraan balap dunia tersebut karena keunggulan yang dimilikinya. 

Jika kita berbicara mobil Subaru Impreza tanpa tambahan tiga huruf “WRX” atau enam huruf “WRX STI”, semuanya akan berbeda. Subaru Impreza adalah mobil sedan atau hatchback dengan spesifikasi standar. Tetapi jika ada tambahan WRX atau STI, Impreza ini berubah dari mobil standar menjadi mobil dengan mesin performa tinggi 4WD. Yuk kita bahas Subaru Impreza lebih lengkap pada artikel berikut!

Sejarah Subaru Impreza

Subaru Impreza merupakan mobil produksi Subaru dari perusahaan bernama Fuji Heavy Industries (FHI) dari Jepang. Generasi pertama Subaru Impreza lahir pada tahun 1992 dan mulai ekspor ke luar Jepang tahun 1993. Untuk lebih lengkapnya berikut Otoklix rangkum berdasarkan generasinya.

  1. Subaru Impreza Generasi Pertama (1993-2001)

Subaru Impreza generasi pertama hadir dalam bentuk Sedan, Coupe dan SportWagon. Impreza memiliki tipe FC, FS dan FX dengan mesin 1500cc FWD atau 1600cc AWD. tipe HX menggunakan mesin 1800cc, HX Limited menggunakan mesin 2000cc dan WRX dengan mesin turbo 2000cc.

Tahun 1994, Subaru mengeluarkan model WRX STI yang memiliki tenaga lebih besar dan tipe WRX RA yang dijual khusus untuk keperluan balapan rally. Generasi WRX STi inilah yang populer di beberapa negara. Datang dengan ciri khas warna biru Subaru. Sayang untuk mobil ini populasinya tidak terlalu banyak di Indonesia.

  1. Subaru Impreza Generasi Kedua (2001-2007)

Setelah sukses dengan generasi pertama, generasi kedua diperkenalkan pada tahun 2001 dengan desain “Bug Eye”. Desain baru dari Subaru ini mendapat banyak penolakan dari konsumen karena dibilang aneh. Kemudian pada tahun 2004 Subaru melakukan facelift untuk memperbaiki desain eksteriornya.

Bagian depan dirubah dengan menghilangkan “Bug Eye”, kemudian diganti menjadi “Blob Eye”. Walaupun belum sepenuhnya sempurna, tetapi desain ini lebih baik. Tahun 2006 Subaru kembali melakukan facelift dengan julukan “HawkEye”, desain ini sukses dan lebih baik dari sebelumnya.

Subaru generasi kedua dipasarkan dalam tipe GX (model termurah), RS (model sporty menengah), RV (model wagin) dan WRX serta WRX STi untuk model terkencangnya. Generasi kedua ini secara resmi dijual di Indonesia lewat General Motor.

  1. Subaru Impreza Generasi Ketiga (2008-2011)

Desain mobil Subaru Impreza generasi ketiga semakin sempurna, versi wagon diganti dengan hatchback. Untuk versi WRX dan WRX STI tidak ada banyak perubahan dari generasi sebelumnya. Mengusung konsep Active Styling, Impreza generasi terbaru membawa kepraktisan dan bodi yang kompak. Ada dua varian sedan 4 pintu dan hatchback 5 pintu.

  1. Subaru Impreza Generasi Keempat (2012-2016)

Subaru generasi keempat diluncurkan pada tahun 2011. Terdapat dua model sedan empat pintu dan hatchback lima pintu. Generasi terbaru ini diklaim lebih ringan dan irit bahan bakar. Pilihan mesin yang tersedia berkapasitas 1.6L atau 2.0L. Generasi keempat memiliki model crossover bernama Subaru XV/Crosstrek.

Sampai tahun 2014, Subaru Impreza WRX STI generasi ketiga masih dijual bareng dengan generasi keempat. Akhirnya pada tahun 2014 menjadi tahun terakhir Impreza, Subaru tidak lagi menggunakan nama “Impreza”.  

  1. Subaru Impreza Generasi Kelima (2017-Sekarang)

Generasi kelima lahir pada tahun 2016, model ini memiliki varian sedan dan hatchback. Diperkenalkan pada acara Frankfurt International Motor Show tahun 2017. Sistem driver assist Subaru menjadi standar pada mobil ini dan dengan desain EyeSight terbaru. Generasi kelima merupakan formula unik dari Subaru dalam membuat mobil All-Wheel Drive tetapi bukan dalam bentuk SUV.

Sampai sekarang, mobil ini masih dijual termasuk di Indonesia. Untuk penggunanya memang tidak sebanyak pabrikan mobil Jepang lain. Tetapi soal kualitas dan kenyamanan, mobil ini patut untuk kita coba. 

Subaru Impreza generasi keenam diprediksi akan hadir tahun depan. Mobil ini sudah dipamerkan pada acara Los Angeles Auto SHow di Amerika. Generasi kelima inilah yang masih dijual sampai saat ini, belum ada kabar secara resmi kapan generasi keenam akan dijual secara umum.

Baca juga: Daftar Harga Subaru Forester Beserta Spesifikasinya

Interior Subaru Impreza

Masuk ke interior Subaru All-New Impreza generasi kelima, pertama yang terlihat adalah layar sentuh 8 inci dengan integrasi Apple CarPlay dan Android Auto. Desain dashboard terlihat lebih dinamis dengan lekukan yang membuat terlihat sporty. Stir menggunakan desain baru. Secara keseluruhan, interior Subaru Impreza lebih modern dan menggunakan material berkualitas.

Exterior Subaru Impreza

Untuk urusan eksterior, desain Subaru Impreza memang jagonya. Tarikan desainnya membuatnya semakin terlihat sporty. Desain pada pilar C membuat kesan seperti mobil coupe. Pada bagian belakang, terdapat spoiler sebagai standar pada mobil Subaru Impreza. Secara desain eksterior, Subaru Impreza memang keren.

Mesin Subaru Impreza

Subaru Impreza menggunakan mesin Boxer 2.0 liter dengan 4 silinder teknologi direct injection. Tenaga yang dihasilkan mencapai 152 hp. Subaru memang dikenal sebagai mobil dengan tenaga yang besar. Sistem transmisi menggunakan CVT dengan manual 7 percepatan dilengkapi dengan paddle shift. Generasi kelima dari Subaru Impreza ini diklaim lebih irit dibanding para kompetitornya. 

Baca juga: Subaru BRZ: Spesifikasi dan Harga Subaru BRZ 2022

Kelebihan dan Kekurangan Subaru Impreza 

Sebelum kamu membeli mobil, pasti yang dicari adalah kelebihan dan kekurangan dari mobil tersebut. Termasuk mobil Subaru Impreza ini, apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangannya. Mengingat populasi mobil Subaru di Indonesia memang tidak terlalu banyak dan ketersediaan bengkel resmi juga kurang. Untuk itu sebelum membeli mobil Subaru Impreza, pastikan kamu membaca kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan Subaru Impreza 

Berikut kelebihan dari mobil Subaru Impreza:

  1. Handling yang mantap

Pada mobil Subaru Impreza menggunakan mesin Boxer, sehingga mampu menciptakan handling yang mantap dan memiliki keseimbangan yang bagus. Inilah alasan mobil Subaru Impreza banyak digunakan pada ajang kejuaraan rally dunia.

  1. Getaran mesin minim

Mesin Boxer memiliki kelebihan pada getaran yang dihasilkan lebih minim. Piston akan menghilangkan getaran dengan arah berlawanan. Jadi getaran mesin tidak akan terasa sampai kabin.

  1. Lebih hemat BBM

Subaru Impreza memiliki konsumsi bahan bakar yang tergolong irit dibandingkan dengan kompetitornya. Silahkan bandingkan dengan mobil yang memiliki spesifikasi sama.

  1. Tenaga besar

Mesin Boxer pada Subaru Impreza selain minim getaran, tenaga yang dihasilkan lebih besar. Kamu akan merasakan tenaga dan torsi yang besar untuk kebutuhan sehari-hari.

  1. Lebih awet

Piston pada mesin Boxer akan selalu terlumasi oleh oli pada saat mobil berhenti dibanding jenis mesin lain. Inilah mengapa mobil mesin Boxer lebih awet dibanding yang lainnya.

Kekurangan Subaru Impreza 

Dibalik banyaknya kelebihan dari Subaru Impreza, tentunya ada kekurangan yang dimilikinya. Berikut kekurangan dari Subaru Impreza:

  1. Masalah kaki-kaki

Banyak bengkel yang menyebut bahwa kebanyakan kelemahan dari mobil Subaru terletak pada sektor kaki-kaki. Paling banyak dijumpai pada bushing-bushing.

  1. Maintenance mesin sulit

Maintenance mesin Boxer terbilang sulit, contohnya saat ganti busi saja. Desain kepala silinder yang berada pada kanan dan kiri akan rumit saat ada kerusakan. Apalagi dengan dimensi yang besar dan bobot yang lebih berat.

  1. Susah mencari bengkel

Subaru Impreza menggunakan mesin jenis Boxer, masalahnya tidak semua bengkel bisa mengerjakan mesin Boxer. Hanya bengkel-bengkel tertentu saja yang bisa mengerjakan mesin jenis ini.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Subaru WRX 2022, Mesin dan Platform Baru

Harga Subaru Impreza

Untuk urusan harga, Subaru Impreza di Indonesia memiliki 6 varian dengan spesifikasi yang berbeda. Semuanya menggunakan mesin Boxer 4 silinder dengan penggerak semua roda. Berikut harga Subaru Impreza terbaru.

  1. Subaru New Impreza 2.0S A/T Rp399 juta.
  2. Subaru New Impreza 2.0L WRX A/T Rp620 juta.
  3. Subaru New Impreza 2.5 WRX STI Hatchback M/T Rp640 juta.
  4. Subaru New Impreza 2.5 WRX STI Hatchback A-line A/T Rp660 juta.
  5. Subaru New Impreza 2.5 WRX STI Sedan M/T Rp665 juta.
  6. Subaru New Impreza 2.5 WRX STI Sedan A-line A/T Rp675 juta.

Bagaimana OtoFriends, mau beli tipe yang mana?

Agar mobil Subaru Impreza kamu tetap awet, pastikan melakukan ganti oli secara rutin jangan sampai telat. Selalu lakukan service rutin pada bengkel spesialis Subaru. Jika kamu bingung bisa cari bengkel terbaik lewat aplikasi Otoklix.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Bengkel Mobil Terdekat

Subaru Impreza dibuat dalam bentuk Sedan, Coupe, dan SportWagon dengan mesin bensin 1500 cc, 1600 cc, 1800 cc, 2000 cc, dan 2500 cc normally aspirated, serta 2000 cc turbo tipe EJ20.

Berapa Output Daya dari Subaru Impreza 2.0i Sport? Subaru Impreza 2.0i Sport memberikan 148 hp tenaga maksimum dan 196 Nm torsi maksimum.

Mobil Subaru yang didatangkan utuh dari jepang tersebut cukup populer di Indonesia, sehingga pada waktu tidak ada yang menanyakan mobil Subaru buatan mana.