Mobil SUV memang menarik secara tampilan dan secara performa. Tidak heran, jenis mobil ini masih menjadi favorit bagi masyarakat Indonesia. Berikut ini Otoklix rekomendasikan mobil SUV terbaik.

Cek lokasi dan fasilitas bengkel terdekat di Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios dan lakukan booking secara online untuk mempermudah OtoFriends saat melakukan service mobil.
Aplikasi bengkel

SUV sendiri adalah singkatan dari Sport Utility Vehicle. Dengan kata lain, SUV mampu memberikan kenyamanan dalam berkendara dan mampu melalui berbagai medan. 

    Selain sebagai mobil sport, SUV saat ini juga sudah menggunakan desain kabin 3 baris atau 7-seater. Ini dia yang membuat SUV semakin unggul dibandingkan mobil MPV biasa. Merek apa saja yang direkomendasikan sebagai mobil SUV Terbaik? Yuk simak pilihannya berikut ini!

    Mobil SUV adalah

    Mobil Sport Utility Vehicle atau mobil SUV adalah jenis mobil yang mampu menampung 4 sampai 7 penumpang serta dapat melaju di segala medan jalan, mulai dari jalanan perkotaan yang damai sampai medan jalan ekstrem. Tak heran bila mobil ini cocok digunakan sebagai mobil offroad.

    Perbedaan MPV dan SUV yang paling mencolok terletak pada ground clearance di mana mobil SUV memiliki jarak ground clearance yang cukup tinggi dan kokoh. Selain itu, sistem penggerak roda yang digunakan pada mobil SUV menggunakan sistem four wheel drive atau 4WD.

    Sistem penggerak roda 4WD ini yang akan menyalurkan tenaga mesin menyebar ke seluruh roda sehingga sangat cocok dijadikan mobil offroad. Sementara itu, rata-rata kapasitas mesin untuk mobil SUV minimal 1.5 L ke atas.

    Baca juga: 10 Rekomendasi Mobil 4WD Terbaik dan paling Tangguh

    Jenis-jenis mobil SUV

    Berdasarkan ukuran body mobil, SUV terbagi ke dalam 4 jenis mobil SUV, di antaranya sebagai berikut:

    1. SUV Mini (Low SUV) adalah jenis mobil SUV yang terkenal ukuran body paling kecil dibandingkan jenis mobil SUV lainnya namun tetap terlihat ramping dan bisa melintas di segala jenis medan jalan. Contohnya ada Suzuki Jimny, Daihatsu Taruna, dan Daihatsu Terios.
    2. SUV Compact menjadi mobil SUV murah dibandingkan mobil SUV lainnya. Dimensi mobil yang kurang lebar dan kurang tinggi yang membuat SUV Compact berkapasitas penumpang sedikit. Contohnya ada Nissan X-trail, Chevrolet Captiva, Ford Escape.
    3. SUV Ukuran Sedang, satu tingkat di atas SUV Compact dan SUV mini ada SUV ukuran sedang yang terlihat lebih gagah dan kokoh. Contohnya ada Mitsubishi Pajero, Toyota Fortuner, dan Ford Explorer.
    4. SUV Full Sized, jenis mobil SUV yang terakhir ini berukuran besar berkapasitas ruang kabin yang luas juga didukung dengan desain interior dan eksterior yang selaras sehingga menimbulkan rasa aman dan nyaman saat berkendara. Contohnya ada Chevrolet Suburban, Nissan Patrol, dan Hummer.

    Daftar Mobil SUV Terbaik

    Setelah mengetahui lebih dalam tentang mobil SUV dan jenis-jenis mobil SUV, berikut ini Otoklix punya rekomendasi mobil SUV terbaik lengkap dengan fitur yang dimilikinya.

    1. Toyota Rush

    Toyota Rush memiliki salah satu SUV yang paling banyak diminati. Toyota Rush termasuk dalam kategori Low SUV dengan harga yang terjangkau, tetapi memiliki kualitas yang kompetitif. 

    Pada generasi terbaru, Toyota Rush mengalami perubahan dengan desain yang lebih sleek dan modern. Fitur-fitur tambahan dan kekinian juga disematkan, misalnya lampu depan LED dan juga fitur keamanan lainnya.

    Toyota Rush menggunakan mesin dengan kapasitas 1.5 liter. Kabinnya cukup luas sehingga dapat mengangkut sampai dengan 7 penumpang dewasa. Nama besar Toyota juga bisa menjadi jaminan layanan purna jual Toyota Rush.

    Tergolong sebagai mobil SUV murah, rupanya harga Toyota Rush berkisar dari Rp257,7 juta sampai Rp280 jutaan.

    2. Honda HR-V

    Selain Toyota Rush, Honda juga memiliki jagoan SUV, yaitu Honda HR-V. Ini merupakan mobil compact SUV atau crossover di Indonesia. 

    Dimensinya kompak, lincah, serta efisien. Selain itu, desain bodinya juga terlihat stylish dan sporty. Akan tetapi, dengan dimensi yang kompak ini, HR-V hanya bisa menampung 5 penumpang. Harganya tergolong mahal untuk mobil merek lain, yakni sekitar Rp291 – 406 jutaan.

    Honda HR-V dibekali dengan mesin 1.5 liter dan 1.8 liter. Mesin 1.5 liter menjadi favorit karena lebih efisien dengan performa yang juga baik. 

    Namun, kalau OtoFriends mau performa yang lebih baik, bisa gunakan Honda HR-V bermesin 1.8 liter. Honda HR-V menggunakan transmisi manual maupun CVT, sehingga kita bisa memilih mana yang sesuai selera berkendara.

    Baca juga: Kenali Jenis Ban Mobil SUV dan Merek yang Direkomendasikan

    3. Wuling Almaz

    Beralih ke merek yang belum lama melanglang buana di Indonesia. Wuling Almaz juga menjadi salah satu mobil SUV mewah terbaik dan terfavorit. Tampilan yang modern dan didukung fitur-fitur pintar membuat Wuling Almaz digemari.

    Teknologi di dalam mobil ini antara lain adalah WIND (Wuling Indonesian Command) dan WISE (Wuling Interconnected Smart Ecosystem). Teknologi WISE dibagi lagi menjadi dua fitur, yaitu IoV (Internet of Vehicle) dan ADAS (Advanced Driver Assistance System).

    Kapasitas mesin Wuling Almaz juga terbilang tangguh, yaitu 1.5 liter dengan turbo. Mobil yang termasuk compact SUV ini menjanjikan secara performa, fitur, dan desain bodi. 

    Selain itu, harga jual yang terjangkau juga menjadikan mobil ini fenomenal, yaitu Rp257 – 379 jutaan. Harga yang sangat kompetitif dibandingkan kompetitornya.

    4. Toyota Corolla Cross

    Corolla Cross merupakan mobil SUV Toyota yang berhasil menarik perhatian konsumen melalui tampilan elegan dan kekinian, serta memiliki varian hybrid. 

    Mobil ini telah dibekali dengan mesin bensin 4 silinder dengan kapasitas 1.8 liter. Mampu menghasilkan tenaga 140 hp dan torsi 175 Nm. Sementara itu, motor listriknya bisa menghasilkan tenaga 72 hp dan torsi 166 Nm.

    Dengan varian mobil hybrid ini, Corolla Cross termasuk memiliki harga yang paling terjangkau di Indonesia, yakni Rp460 – 500 jutaan. Tidak heran ini menjadikannya sebagai mobil hybrid paling diminati.

    5. Suzuki XL7

    Suzuki juga tidak ketinggalan meluncurkan mobil tandingan di kelas SUV. Mobil ini bernama XL7. Nama ini juga menegaskan bahwa SUV ini mampu mengangkut 7 penumpang. Nama XL7 juga mengingatkan pada Escudo XL6 yang fenomenal pada ‘2000-an.

    Suzuki XL7 memiliki ground clearance yang cukup tinggi, yaitu 200 mm. Hal ini membuat tampilannya lebih maskulin dan juga lebih praktis ketika berkendara di jalanan yang buruk.

    Selain itu, fitur-fitur canggih juga disematkan, semerti Smart E-Mirror, ESP (Electronic Stability Control), dan juga rem ABS + EBD.Dengan kapasitas mesin 1.5 liter, XL7 mampu memberikan performa terbaik.

    Suzuki XL7 juga termasuk sebagai mobil SUV murah karena dibanderol mulai dari Rp236,5 juta sampai Rp275 jutaan.

    6. Hyundai Kona Electric

    Hyundai juga memiliki SUV yang menjadi mobil listrik termurah yang dijual di Indonesia. Crossover listrik ini disambut positif oleh masyarakat. Dengan mesin Permanent Magnet Synchronous Motor, mobil ini mampu menghasilkan tenaga 136 hp dan torsi 395 Nm.

    Selain itu juga dikombinasi dengan baterai lithium-ion polymer berkapasitas 39,2 kWh yang membuat mobil ini dapat melaju 305 km sekali pengisian daya. Meskipun belum menjadi mobil SUV termahal, tetapi harga mobil SUV terbaik Hyundai Kona Electric cukup mahal mencapai hampir Rp700 juta.

    7. Mitsubishi Pajero Sport

    Siapa yang tidak kenal dengan Pajero Sport? Mobil SUV bermesin diesel ini sangat populer. Penggunaan sasis ladder frame membuat Pajero tangguh dan mampu menjelajah dengan baik pada medan buruk.

    Selain itu, mesin turbo diesel common-rail juga digunakan pada varian Dakar dan memiliki tenaga paling besar di kelasnya. Kapasitas mesinnya 2.4 liter dan mampu menghasilkan tenaga 180 hp dan torsi 440 Nm. Mobil ini juga dilengkapi dengan transmisi otomatis 8 percepatan yang responsif.

    Selain dibekali dengan mesin yang mumpuni, yang membuat Pajero dicintai banyak penggemar adalah tampilan yang atraktif dan fitur unggulan di dalamnya. 

    Tak heran, Pajero menjadi jajaran teratas mobil SUV terbaik di Indonesia. Harga Pajero Sport mulai dari Rp490 jutaan sampai Rp570 jutaan.

    Baca juga: Spesifikasi Mobil Pajero Sport 2022, Fitur Canggih dan Mewah

    8. Toyota Fortuner

    Toyota Fortuner juga menjadi saingan terberat Pajero Sport. Fortuner juga didesain dengan maskulin, tetapi memiliki aura elegan seperti SUV premium. Kapasitas mesinnya 2.4 liter dengan turbo diesel common-rail

    Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 150 hp dengan torsi 400 Nm. Ada pula tampilan yang lebih eksklusif dari tipe TRD Sportivo dengan mengedepankan aura sporty dan agresif.

    Harga Toyota Fortuner di Indonesia mulai dari Rp500 jutaan sampai Rp700 jutaan.

    9. Honda CR-V

    Selain Honda HR-V, Honda CR-V juga merupakan salah satu SUV yang diperhitungkan di Indonesia. Menjadi mobil SUV terbaik rupanya Honda CR-V ini menawarkan kenyamanan dan kelincahan. Generasi terakhir CR-V menggunakan mesin 1.5 liter dengan turbo. Desain bodinya juga elegan dan futuristis.

    Interior Honda CR-V juga terlihat mewah. Material soft touch digunakan pada lapisan kulit jok mobil. Jadi, jika ingin merasakan kualitas premium untuk ukuran SUV medium, CR-V menjadi jawabannya.

    Di Indonesia, Honda CR-V dijual mulai dari harga Rp463,9 juta sampai Rp539,4 juta.

    10. BMW X1

    Merek mobil Eropa satu ini tidak perlu diragukan ketangguhannya. BMW X1 membuat pengendara merasa kenyamanan karena kesan premium dan kualitas terbaik di kelasnya. Tak heran bila mobil suv termahal ini dijual dengan harga mulai dari Rp1 miliaran.

    BMW X1 sudah terintegrasi dengan Apple Carplay wireless. Fitur ini membuat pengguna lebih praktis untuk menghubungkan gadget ke head unit melalui perintah suara.

    Mesin BMW X1 sudah dilengkapi dengan kapasitas 1.5 liter dengan 3 silinder. Diperkuat juga dengan BMW Twin Turbo. Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 140 hp dengan torsi 220 Nm. Mesin ini juga dilengkapi dengan transmisi 7 percepatan.

    11. Hyundai Palisade

    Beralih ke mobil Hyundai, Hyundai Palisade ini termasuk ke jajaran mobil SUV terbaik pada tahun 2021. Bodinya yang besar dilengkapi dengan desain yang mewah dan juga fitur lengkap.

    Menjadi mobil SUV termahal selanjutnya, Hyundai Palisade dijual dengan harga mulai dari Rp788 juta sampai 1 miliar.

    12. Hyundai Santa Fe

    Rekomendasi mobil SUV terbaik selanjutnya adalah Hyundai SUV Sante Fe juga banyak diminati. Tipe G ini menggunakan mesin bensin dengan diesel turbo. Mobil bermuatan 7 penumpang ini dapat memberikan kenyamanan terbaik. 

    Dari segi desain, Hyundai Santa Fe juga memiliki tampilan yang sporty dan mewah. Harga Hyundai Santa Fe mulai dari Rp417 jutaan sampai Rp534 jutaan.

    13. Mitsubishi Eclipse Cross

    Mitsubishi Eclipse Cross meraih bintang 5 di ASEAN NCAP pada tahun 2018 dengan nilai nyaris sempurna, yanki 91,05. Fitur unggulan pada mobil ini juga ada pada head unit, panoramic sunroof, fitur keamanan dan keselamatan, serta adaptive cruise control.

    Harga Mitsubishi Eclipse Cross mulai dari Rp380 jutaan sampai Rp400 jutaan.

    Keunggulan dan kelemahan mobil SUV

    Keunggulan mobil SUV yang paling jelas terlihat adalah performanya yang tangguh dan mampu melintas di berbagai jenis medan jalan. Baik jalan perkotaan sampai medan jalan yang ekstrem yang banyak bebatuan atau terjal bisa dilaluinya.

    Walaupun sedang melintas medan jalan yang ekstrem, OtoFriends akan tetap merasa aman dan nyaman bahkan tak akan merasakan terjalnya medan jalan karena kursi pada mobil SUV didesain untuk menjaga penumpang dan pengemudi agar tidak terganggu dalam kondisi medan jalan apapun.

    Keunggulan yang terakhir adalah mobil SUV menjadi mobil offroad yang cocok dijadikan mobil keluarga terbaik karena memiliki kapasitas penumpang cukup banyak maksimal 7 penumpang.

    Baca juga: Deretan 12 Mobil Offroad Keren dan Tangguh Buat Adventure

    Kendati demikian, mobil SUV cukup boros dalam pemakaian bahan bakar mesinnya. Pasalnya, kapasitas mesin minimal untuk mobil SUV 1500 cc, bahkan rata-rata kapasitas mesin mobil SUV 2000 cc sehingga membutuhkan lebih banyak bahan bakar mesin.

    Sekalipun ada saja mobil SUV murah, tetapi bila dibandingkan dengan mobil MPV maka mobil SUV masih terbilang cukup mahal. Mahalnya harga mobil SUV juga sejalan dengan kelengkapan fitur mobil yang canggih berkualitas tinggi.

    Nah, itu dia 13 merek yang bisa menjadi pilihan mobil SUV terbaik. Mana incaranmu?

    Jangan lupa untuk selalu merawat mobil SUV milikmu di bengkel terpercaya melalui aplikasi Otoklix, ya. Mulai dari ganti oli, ganti aki, servis ban, servis AC, sampai dengan cuci mobil dan detailing. Dapatkan harga transparan dan banyak promonya!

    Jangan lupa download Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios supaya memudahkan OtoFriends melakukan booking servis mobil ya.

    Pertanyaan Seputar Mobil SUV Terbaik

    Mobil Sport Utility Vehicle atau mobil SUV adalah jenis mobil yang mampu menampung 4 sampai 7 penumpang serta dapat melaju di segala medan jalan, mulai dari jalanan perkotaan yang damai sampai medan jalan ekstrem.

    Ada banyak merk mobil SUV terbaik yang direkomendasikan mulai dari Toyota untuk mobil Toyota Fortuner dan Toyota Rush, Mitsubishi untuk mobil Mitsubishi Pajero Sport, Suzuki XL7 dan Hyundai untuk mobil Hyundai Palisade, Santa Fe dan Hyundai Kona Electric.

    Harga mobil SUV berbeda-beda tergantung jenis SUV, merk mobil dan fitur yang melengkapinya. Mobil SUV murah adalah Suzuki XL7 yang dijual mulai dari Rp236,5 juta sampai Rp275 jutaan. Adapun mobil SUV termahal dijual dengan harga Rp1 miliaran yakni Hyundai Palisade, BMW X1 dan Hyundai Kona Electric.