Mercedes-Benz E250 merupakan salah satu varian mobil Kelas-E yang diproduksi perusahaan otomotif di Jerman,  Mercedes-Benz. Dua varian lainnya adalah E200 dan E300. Mobil eksekutif ini meski sudah diproduksi sejak tahun 1984 hingga kini peminatnya di Indonesia masih besar karena memberikan kenyamanan berkendara di berbagai kondisi jalan. Pembaharuan Mercedes-Benz kelas E menjadi E250 terjadi pada tahun 2017.

Mercedes-Benz hampir dikatakan tidak pernah gagal dalam memadukan desain elegan nan sporty. Tampilan khas eropanya menambah prestige saat berkendara. Bahan soft touch dan aksen chrome menjadi ciri khas kemewahan yang disajikan pada interior Mercedes-Benz E 250. Selain tampilan, bagaimana performa mesin mobil ini?

Penasaran dengan spesifikasi dan fitur unggulan dari Mercedes Benz E250? Mari cari tahu jawabannya pada ulasan ini.

Spesifikasi Mercedes Benz E250 

Bila kita simak penjelasan singkat di atas, tentu akan semakin penasaran dengan Mercedes Benz E250. Untuk mengenal lebih dalam tentang mobil ini pastikan OtoFriends mengetahui spesifikasi dimensi dan performa mesinnya. Lebih lanjut, mari ikuti penjelasan berikut ini.

  1. Dimensi

Mercedes Benz E250 berdimensi 4,923 mm x 1,852 mm x 1,474 mm. Jarak poros roda 2,939 mm. Tergolong mobil sedan berukuran sedang, E250 juga dapat digunakan sebagai mobil keluarga. E250 tersedia dalam banyak pilihan warna seperti black, Designo Cardinal Red Metallic, Designo Diamond White Metallic, Designo Selenite Grey Magno Matte, Iridium SIlver Metallic, Lunar Blue Metallic, Obsidian Black Metallic, Polar White dan Selenite Grey Metallic

  1. Performa mesin

E250 didukung oleh mesin 4-cylinder in-line 16-valve Twin-scroll Turbocharged. Mobil berkapasitas 1991 cc dengan transmisi otomatis 9G-TRONIC 9-speed. Transmisi tersebut memungkinkan perubahan gigi secara cepat dengan putaran mesin yang rendah sehingga meningkatkan efisiensi dan mengurangi kebisingan. 

Output tenaga yang dihasilkan E 250 AVANTGARDE Line adalah 211 hp dengan torsi 350 Nm. Tenaganya tidak terlalu besar namun cukup efisien untuk ukuran mobil Eropa. Kapasitas Tangki Bahan Bakar mencapai 66 liter. Kecepatan maksimum E 250 adalah 250 km/jam. Akselerasi 0-100 km/jam ditempuh dalam waktu 6.9 detik.

Baca juga: Menggoda! Ini Harga dan Spesifikasi Lengkap BMW 520i

Desain Mercedes Benz E250 

  1. Interior

Ketika pertama kali membuka pintu kabin maka Otofriends akan merasakan kesan sedan saloon kelas menengah atas yang mewah. Setir 3-spoke multifungsi dilapisi dengan kulit nappa dan kursi berbahan kulit ARTICO sintetis. 

OtoFriends akan dimanjakan dengan pilihan warna lampu interior dengan Ambient Light 64 colour yang dapat diganti-ganti sesuai keinginan. Pengatur cruise control-nya terpisah menjadi tuas tersendiri. Terdapat dua layar resolusi tinggi dengan ukuran 12.3 inch yang berfungsi sebagai instrument cluster dan head unit. Hebatnya, pengemudi dapat memilih tampilan instrument cluster dalam mode classic, sport atau progressive.

Pengemudi juga dapat memilih tipe berkendara dalam lima mode yakni eco, comfort, sport, sport+ dan individual. Pada mode Individual, pengendara dapat mengatur kendaraan sesuai keinginan. Pada bagian entertainment, terdapat fitur wireless charging dan smartphone integration package dengan support speaker Burmester yang dibekali tune equalizer. Berkendara semakin nyaman ditemani playlist dengan kualitas suara yang mumpuni.  

  1. Eksterior

Dibagian fascia depan E250, terdapat dua bar grill dan logo Mercedes Benz berukuran besar di bagian tengah grill. Tampilan bumper depan yang dilapisi chrome trim dan air intake dengan mesh berlian semakin menegaskan kesan elegan. Sebagai mobil coupe mewah ala eropa, kap mobil E250 didesain memanjang mengalir kebagian belakang mobil dengan wheelbase yang panjang dan overhang yang pendek.

Pada bagian pencahayaan, lampu depan, lampu kabut dan sinyal diintegrasikan dengan desain DRL berikut lampu sein. Lampu depan menggunakan MULTIBEAM LED headlamps dan lampu belakang menggunakan LED. Lampu utama tetap mengandalkan lampu sorot ganda. Lampu LED yang membentuk kurva memberikan kesan lebih elegan dan modern pada sedan premium ini.

Fitur Electrically folding and adjustable exterior mirror pada kaca spion memudahkan dalam berkendara dan parkir. 

Baca Juga: Spesifikasi BMW 218i Lengkap dengan Harganya

Kelebihan dan Kekurangan Mercedes Benz E250 

Mercedes Benz E250 masuk kategori seri W213 yang menjadi salah satu E-Class paling sukses dipasar Indonesia. Apa kelebihan dari mobil sedan ini sehingga banyak peminatnya? Ketahui juga kekurangan dari E250 pada ulasan di bawah ini.

  1. Kelebihan Mercedes Benz E250

Sejak tahun 2017, Mercedes Benz E250 telah dirakit di Indonesia tepatnya di Wanaherang Bogor. Secara fungsi, Mercedes Benz E250 mengalami perubahan karena desainnya yang tidak hanya terkesan mewah tetapi menjadi semakin sporty. Tidak hanya menyasar pasar di kalangan para pebisnis dan eksekutif muda tetapi mobil sedan ini juga digunakan sebagai mobil keluarga. 

Terdapat beberapa fitur keamanan dan keselamatan seperti: Sistem pengereman ABS pada keempat roda, remote anti maling, LED Adaptive headlamp, sabuk pengaman 3 titik, rem cakram pada keempat roda, pengontrol stabilitas, Emergency braking assist, Rear door child safety locks, pengontrol traksi dan Immobilizer

  1. Kekurangan Mercedes Benz E250

Dibanding dengan seri-seri lawan kelas E lainnya, Mercedes Benz E250 memiliki interior yang lebih kecil sehingga lebih seperti menggunakan tipe kelas C dibandingkan dengan menggunakan tipe E. 

Harga Bekas dan Pesaing Mercedes Benz E250 

Karena Mercedes Benz E250 telah lama diproduksi dan melewati hingga lebih dari lima generasi, maka harga purna jualnya bervariasi mengikuti tahun pembuatannya. Sebagai contoh 2013 Mercedes-Benz E250 2.0 AMG Coupe bekas dijual dengan harga 350 juta rupiah. 

Lain lagi dengan 2017 Mercedes-Benz E250 2.0 Avantgarde Sedan yang masih bertengger di angka 700 jutaan. Pesaing terdekat Mercedes Benz E250 adalah A6, C-Class Sedan, A4 dan ES .

Baca juga: Rekomendasi Bengkel Mobil 24 Jam Terdekat di Jakarta Timur, Bisa Panggilan

Berapa Harga Mercedes Benz E250 Terbaru?

Mercedes Benz E250 terbaru Avantgarde 2022 dibanderol dengan harga 1,235 miliar. Harga tidak begitu mengejutkan mengingat kelas E250 berada pada level menengah ke atas. 

Ikuti kabar berita dan tips dunia otomotif terupdate hanya di Otoklix. Selain itu, bagi OtoFriends yang mengalami permasalahan pada mobil atau ganti oli dapat mencari dan menemukan  bengkel terpercaya dari Bengkel terdekat.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Mercedes-Benz E250

Harga terbaru 1,235 miliar.

Lima Penumpang

Kapasitas mesin 1991 cc