Mobil Hiace termasuk salah satu dari deretan mobil tua yang sudah ada sejak tahun 1967. Walaupun begitu, setia periodenya mobil Hiace selalu meluncurkan tipe terbarunya yang dilengkapi dengan mesin mobil dan fitur-fitur terbaru.

Sejak peluncurannya pada mobil Hiace generasi keenam dan mobil H300, ada banyak upgrade yang dilakukan produsen mobil. Misalnya saja desain Toyota Hiace interiornya yang semakin menekankan rasa nyaman saat berkendara tetapi tetap ada unsur elegannya.

Tak heran bila selalu ada permintaan dari konsumen untuk mobil Hiace lama ataupun mobil Hiace terbaru.

Baca juga: 7 Mobil Travel yang Bisa Dimiliki untuk Berlibur Bersama Keluarga

Harga Mobil Toyota Hiace 2022

Berdasarkan situs resmi Toyota Astra, mobil Hiace terbaru ada dua yakni Toyota Hiace Premio dan Toyota Hiace Commuter. Harga mobil Hiace terbaru untuk Hiace Commuter Manual mulai dari Rp543 jutaan sedangkan Hiace Premio Rp628 jutaan.

Harga mobil Hiace terbaru tersebut berlaku mulai per Juli 2022 untuk wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten.

Sedangkan untuk beberapa kota besar di Indonesia, berikut ini harga mobil Hiace terbaru 2022 yang berhasil Otoklix rangkum dari situs otomotif terpercaya.

WilayahHarga Toyota Hiace Commuter ManualHarga Toyota Hiace Premio
BandungRp514,5 jutaRp601 juta
SurabayaRp554,76 jutaRp642,52 juta
MedanRp541,48 jutaRp624,83 juta
DenpasarRp556,28 jutaRp641,23 juta

Namun, yang perlu digaris bawahi adalah harga mobil Hiace bisa saja berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Harga mobil Hiace satu dealer dengan dealer yang mungkin saja berbeda.

Oleh karena itu, sebelum membeli mobil Toyota Hiace terbaru ada baiknya kita melakukan riset atau menggali informasi melalui situs otomotif Otoklix.

Harga Mobil Hiace Bekas

Adapun harga Toyota Hiace bekas bisa didapatkan mulai harga Rp350 jutaan. Ini dia daftarnya.

Tipe Toyota HiAceTahunHarga Toyota HiAce
Toyota HiAce Commuter Manual2017Rp440 jutaan
Toyota HiAce Commuter Manual2016Rp400 jutaan
Toyota HiAce Commuter Manual2015Rp395 jutaan
Toyota HiAce High Grade2014Rp363 jutaan
Toyota HiAce Commuter Manual2013Rp350 jutaan

Spesifikasi Toyota All New Hiace 

Mobil ini memang dirancang sebagai mobil niaga. Biasanya mobil Hiace digunakan sebagai armada travel. Jadi, dari sisi kenyamanan dan keamanannya harus terjaga. Toyota Hiace punya reputasi yang tinggi di kalangan pengguna travel dari segi performa dan tingkat kenyamanan. 

Mobil ini punya banyak fitur yang dibutuhkan selama perjalanan. Apalagi, pada generasi terbaru ini mobil Hiace mengalami beberapa peningkatan di berbagai sisi. Simak keunggulan mobil Toyota All New Hiace atau Hiace Premio berikut ini.

Baca juga: Harga Mobil Elf Isuzu dan Spesifikasi, Muat Banyak Penumpang

Spesifikasi mesin Toyota All New Hiace

Mobil dengan tujuan niaga perlu dilengkapi dengan mesin yang tangguh dan mumpuni. Tujuannya supaya performa mobil lebih maksimal. Apalagi biasanya mobil ini digunakan untuk berkendara jarak jauh.

Toyota All New Hiace sudah dibekali dengan mesin turbo supaya performanya lebih maksimal, efisien, dan kedap suara. Nama mesin ini adalah Super GD Engine – VNT Turbo. Lebih rinci lagi, tipe mesinnya adalah DOHC 4 silinder segaris dengan teknologi VNT Intercooler. 

Kapasitas mesin ini 2.755 cc. Dengan mesin ini, tenaga maksimal yang bisa dihasilkan adalah 146 hp pada 3.600 rpm. 

Kemudian, sistem transmisi yang digunakan adalah manual 6 percepatan. Dengan mesin yang bertenaga ini, Toyota All New Hiace bisa menjadi pilihan mobil niaga yang mengangkut banyak penumpang secara aman dan nyaman.

Sebagai informasi tambahan, kita juga akan bahas tentang mesin New Hiace Commuter. Mobil ini menggunakan mesin D-4D Commonrail.

Dimensi mobil Hiace

Sebagai mobil niaga yang bisa menampung banyak penumpang, luas mobil menjadi poin penting. Toyota All New Hiace punya dimensi panjang 5,915 meter, lebar 1,950 meter, dan tinggi 2,280 meter. Wheelbase mobil ini adalah 3,860 meter.

Mobil Hiace muat berapa orang? Dengan dimensi ini, maksimal kapasitas mobil Hiace Premio bisa mengangkut sampai 12 penumpang. Namun, mobil Hiace Commuter bisa menampung lebih banyak penumpang, yaitu bisa sampai 15 orang.

Eksterior mewah Toyota All New Hiace 

Meskipun daya tampungnya tidak sebanyak Hiace Commuter, tetapi sisi eksterior Toyota All New Hiace ini terlihat lebih mewah dan gagah. 

Ada kombinasi desain headlamp, bumper, dan tampilan modern dari grill di bagian depan. 

Desain headlamp-nya dibuat meruncing sampai samping bodi mobil, jadi terkesan tegas dan dinamis. Kemudian, desain tipe bodi yang digunakan adalah Semi Bonnet. Hal ini membuat tampilan terkesan lebih mewah.

Interior mewah dan nyaman ala Hiace

Saat melakukan perjalanan jauh, tentu saja perlu desain interior mobil yang nyaman. Toyota All New Hiace punya kabin yang luas dan lebar serta ruang kaki yang cukup bagi setiap penumpang. Jadi, penumpang tidak merasa sesak dan pegal saat di perjalanan. 

Selain itu, desain pada sisi pengemudi juga bisa mempermudah pengoperasian selama perjalanan. 

Ada indikator instrumen panel yang informatif dan juga stylish. Serta ada overhead/console tray dan juga retractable and supplemental mirror supaya sudut pandang pengemudi bisa lebih baik.

Desain dasbornya terkesan eksklusif. Sistem audionya juga sudah menggunakan teknologi modern. Ada juga USB Port di setiap kursi penumpang. 

Di sisi lain, tipe jendela yang digunakan adalah Kurinuki Window. Dengan fitur-fitur ini, penumpang akan merasa lebih nyaman di dalam kabin.

Suspensi Toyota All New Hiace

Tidak hanya sisi eksterior dan interior yang perlu diperhitungkan, suspensi mobil Hiace juga patut diacungi jempol. Mobil ini menggunakan MacPherson Strut (Coil) untuk rem depan. Pada rem belakangnya menggunakan Leaf Spring Rigid Axle. Ada tambahan sistem rem ABS dan BA yang juga menambah fitur keselamatan mobil ini.

Mobil Hiace ini menggunakan ukuran ban 235/65 dengan ukuran ring 16. Dengan kombinasi seluruh komponen ini, kaki-kaki mobil bisa memberikan kenyamanan maksimal bagi seluruh penumpang.

Baca juga: 10 Komponen Penting Suspensi Adalah Apa Saja?

Fitur keselamatan Toyota All New Hiace

Mobil niaga yang mengangkut banyak penumpang perlu fitur keselamatan terbaik. Maka, Toyota menyematkan fitur keselamatan yang cukup lengkap pada mobil ini. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, sudah ada rem ABS dan BA. 

Selain itu, ada juga Dual SRS Airbags, Hill Start Assist, Vehicle Stability Control, 3-Points Seat Belt, sampai dengan Front and Rear Disc Brake agar kinerja rem di keempat roda lebih maksimal. Terakhir, mobil Hiace Premio juga sudah dilengkapi dengan New Parking Camera dan New Parking Sensor.

Kesimpulannya, mobil Hiace ini punya reputasi yang bagus dan direkomendasikan bagi kendaraan niaga misalnya travel antarkota. Untuk menjaga performa mobil niaga, perlu dilakukan servis rutin.

Lakukan servis rutin di bengkel terdekat melalui aplikasi Otoklix. OtoFriends juga bisa memilih bengkel yang termasuk kategori OtoSelect. Sudah banyak perusahaan di bidang perbankan, asuransi, dan logistik yang mempercayakan servis mobil operasional di bengkel-bengkel mitra Otoklix.

Pertanyaan Seputar Mobil Hiace

Harga mobil Toyota Hiace terbaru 2022 untuk tipe Premio sebesar Rp628 juta dan tipe Commuter Manual Rp543 juta.

Maksimal kapasitas mobil Hiace Premio bisa mengangkut sampai 12 penumpang. Namun, mobil Hiace Commuter bisa menampung lebih banyak penumpang, yaitu bisa sampai 15 orang.

Bahan bakar mesin Toyota Hiace adalah diesel solar dengan kapasitas tangki sebesar 70 liter.