Konsumsi BBM Agya tergolong irit di kelasnya.Sebagai mobil golongan Low Cost Green Car (LCGC), mobil Toyota Agya masih terus menjadi incaran banyak masyarakat. Penyebabnya, selain konsumsi BBM Agya yang irit dan ramah lingkungan, Toyota Agya juga dibanderol dengan harga murah dan pas dikantong. Lantas seperti apa spesifikasi dan penjelasan lengkap terkait konsumsi BBM Agya? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Daftar Mobil LCGC Beserta Spesifikasinya, Mulai Rp100 Jutaan

Spesifikasi Mobil Toyota Agya

Toyota Agya memiliki dua jenis varian yang berbeda, yaitu varian dengan kapasitas mesin 1.0 liter dan 1.2 liter. Pada mesin berkapasitas 1.0 liter ini, mobil dibekali dengan mesin DOHC, VVT-i, 12-katup, dan transmisi manual 5 kecepatan dengan percepatan yang cukup bertenaga. Sedangkan untuk mesin berkapasitas 1.2 liter, mesin dibekali dengan mesin DOHC Dual VVT-i 16-katup dengan sistem transmisi yang sama dengan mesin berkapasitas 1.0 liter.

Toyota Agya memiliki eksterior modern dengan gaya mobil hatchback. Tampilan modern ini juga dilengkapi dengan Smoked Projector Headlamp with LED Light Guide sebagai penerangannya.

Namun tentu saja yang paling spesial dari mobil ini adalah spesifikasi mesinnya yang membuat mobil Toyota Agya ini menjadi lebih irit dan ramah lingkungan dibandingkan mobil lainnya. Tentu OtoFriends tidak akan menyesal membeli mobil Toyota Agya karena selain memiliki kapasitas mesin yang mumpuni, harga terjangkau, konsumsi BBM Agya pun sangat irit. OtoFriends dapat melakukan pengiritan untuk membeli BBM meski harus melakukan perjalanan jauh sekalipun.

Harga Varian Toyota Agya 1.0 dan 1.2

Seberapa irit konsumsi BBM Agya? Dari informasi yang didapat, Toyota Agya 2021 tipe 1.0 liter dengan mesin DOHC 3-silinder 12-katup memiliki tingkat konsumsi BBM hingga 22 km/liter. Lebih baik daripada mesin tanpa teknologi VVT-i yang tingkat konsumsi BBM-nya hanya 20,7 km/liter di kondisi jalan yang sama. Dengan menggunakan teknologi EFI (electronic Fuel Injection), penggunaan bahan bakar akan semakin irit. Ditambah lagi fitur ECO yang tersemat pada mobil ini. Untuk tipe 1.2 konsumsi BBM Toyota Agya yang mengusung teknologi Dual VVT-i juga memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang sangat baik. Konsumsi BBM Toyota Agya 1.2 mencapai 19 km/liter. Efisiensinya masih didukung dengan fitur ECO yang merupakan salah satu fitur terbaik pada Toyota Agya. Untuk versi matic, konsumsi BBM Agya tidak jauh berbeda dari versi manualnya.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Terbaru New Toyota Agya

Mobil Toyota Agya 2021 bekas ini dijual cukup terjangkau mulai dari Rp 120 – 140 juta untuk varian 1.0 dan Rp 125 – 160 untuk varian 1.2. Sedangkan untuk harga Toyota Agya 2022 berkisar antara Rp 160 – 180 Juta.

Perbandingan Konsumsi BBm Agya Vs Brio

Konsumsi BBM Agya kerap kali dibandingkan dengan konsumsi BBM Brio karena berasal dari satu golongan yang sama. Honda Brio dan Toyota Agya dinilai sama-sama memiliki konsumsi BBM yang irit. 

Baca juga: 13 Pilihan Mobil Irit Bensin 2022 Beserta Spesifikasinya

Meski keduanya masuk ke segmen mobil LCGC, tidak berarti konsumsi BBM Agya dan Brio bisa terus-menerus irit. Beberapa faktor mempengaruhi konsumsi BBM mobil, seperti gaya pengemudi saat mengendarai mobilnya dan kondisi lalu lintas jalan yang dilewati. Untuk lebih lengkapnya perbandingan konsumsi BBM Agya dan Brio dapat dilihat di tabel berikut : 

MobilKonsumsi BBM
Honda Brio (rute tol)30,1 km/liter
Honda Brio (rute kombinasi)16-22 km/liter
Toyota Agya 1.022 km/liter
Toyota Agya 1.219 km/liter

Tips Membuat Konsumsi BBM Mobil Irit

Untuk menjaga konsumsi BBM Agya tetap irit, ada beberapa tips yang dapat dilakukan : 

  • Pastikan perawatan mesin mobil rutin dilakukan
  • Pastikan bahan bakar yang digunakan sesuai dengan spesifikasi mesin
  • Pastikan bobot mobil tidak melebihi kapasitas saat berkendara

Cara mengemudi juga sangat berpengaruh dalam konsumsi BBM Agya, pastikan mengikuti tips mengemudi berikut : 

  • Mengatur penggunaan gas agar tidak berlebihan
  • Usahakan mobil melaju dengan stabil
  • Gunakan gigi yang sesuai dengan kondisi jalan
  • Tutup kaca mobil apabila melaju dengan kecepatan tinggi untuk mengurangi hambatan.
  • Menggunakan eco driving

Mobil Toyota Agya memang menawarkan segudang kelebihan. Konsumsi BBM Agya jadi pemikat utama selain keunggulan status sebagai mobil ramah lingkungan. Meski sudah dibekali dengan kapasitas mesin mumpuni, ingatlah bahwa komponen mesin mobil dan ruang bakar juga tetap perlu terjamin perawatannya. 

Jangan sampai lengah dalam melakukan servis rutin. Kondisi mesin mobil Toyota Agya yang kotor akan menyebabkan OtoFriends merugi. Keiritan bahan bakar akan hilang begitu saja akibat kotoran dan debu yang menempel. Gunakan aplikasi Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada. Melakukan servis di bengkel umum rekanan Otoklix tidak kalah dengan bengkel resmi. Semua layanan servis ditangani langsung oleh tenaga profesional. 

Berbagai layanan servis bisa OtoFriends temukan seperti, ganti oli, ganti ban, tune-up, ganti aki, body repair, servis AC, detailing, hingga cuci mobil. Hubungi kami apabila ada pertanyaan terkait konsumsi BBM agya atau layanan servis rutin. 

Otoklix, Your Trusted Automotive Partner.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Konsumsi BBM Agya

Toyota Agya 1.0 memiliki konsumsi BBM 22 km/liter, sedangkan konsumsi BBM Toyota Agya 1.2 mampu mencapai 19 km/liter.

Toyota Agya 2021 tipe 1.0 liter dengan mesin DOHC 3-silinder 12-katup memiliki tingkat konsumsi BBM hingga 22 km/liter dalam kota.

Konsumsi BBM Agya kerap kali dibandingkan dengan konsumsi BBM Brio karena berasal dari satu golongan yang sama. Honda Brio dan Toyota Agya dinilai sama-sama memiliki konsumsi BBM yang irit.