Mendengar nama Nissan GT-R R34, orang akan langsung ingat dengan mobil sport legendaris dari Jepang produksi Nissan. Memang mobil ini populasinya tidak banyak karena masuk ke Indonesia tidak secara resmi, hanya beberapa orang yang beruntung bisa memilikinya.

Jika saat ini OtoFriends tertarik untuk membeli, harga Nissan GT-R R34 yang jelas pasti mahal. Itupun kalau ada orang yang menjual, karena sudah masuk dalam kategori mobil koleksi. Harga mobil ini tergantung dari kelengkapan, kondisi mobil dan modifikasi yang sudah dilakukan dan pemiliknya apakah mau melepas atau tidak.

Untuk lebih lengkapnya, mari kita bahas Nissan GT-R R34 secara lengkap beserta dengan harganya saat ini. Simak sampai akhir artikel ya!

Sejarah Nissan GT-R R34

Nissan GT-R R34 merupakan mobil sport yang diproduksi oleh Nissan Jepang dari tahun 1999 sampai 2002. R34 merupakan generasi keempat dari seri Nissan Skyline GT-R dan menjadi salah satu mobil sport terkenal di dunia.

Nissan GT-R R34 tidak pernah dipasarkan secara resmi di Indonesia. Namun, ada beberapa unit mobil GT-R R34 yang masuk ke Indonesia melalui jalur importir. Sebagian besar GT-R R34 yang ada di Indonesia merupakan unit-unit yang diimpor langsung dari Jepang. 

Meskipun tidak resmi dipasarkan di Indonesia, GT-R R34 menjadi salah satu mobil sport yang banyak dicari oleh pecinta mobil JDM di Indonesia. Sehingga harga Nissan GT-R R34 bisa menjadi sangat mahal.

Baca juga: Harga Nissan GT-R R36, Spesifikasi dan Tanggal Rilisnya

Spesifikasi Nissan GT-R R34

Nissan GT-R R34 memiliki spesifikasi yang menawan baik luar dan dalamnya. Tidak ada alasan lagi kalau kamu tidak menyukai mobil ini. Berikut spesifikasi Nissan GT-R R34:

Eksterior R34

Tampilan mewah dan atletis langsung terlihat ketika kamu melihat tampilan eksterior Nissan GT-R R34. Tampilan R34 lebih mengotak dengan lekukan-lekukan tajam yang membuatnya semakin terlihat agresif. Desain grill depan dibuat lebih besar untuk pendinginan mesin yang lebih maksimal. 

R34 masih menggunakan velg dengan ukuran yang sama yaitu 18 inci. Untuk dimensinya lebih besar dari R33, panjangnya jadi 4,640mm, lebar 1,800mm, tinggi 1,380mm dan berat kosongnya naik menjadi 1580 kg. 

Interior R34

Interior Nissan GT-R R34 menggunakan desain yang minimalis dan sporty. Banyak menggunakan warna-warna gelap pada panel instrumen, dashboard, dan kursi. Kursi menggunakan merk Recaro sehingga membuat nyaman saat dikendarai.

Pada bagian panel instrumen terdapat speedometer, tachometer dan beberapa indikator lainnya. Konsol tengah terdapat radio tape, kisi-kisi AC,diatasnya terdapat LCD dengan beberapa tombol disampingnya. Setir bisa anda naik turunkan sesuai dengan kebutuhan. 

Performa Mesin R34

Nissan GT-R R34 menggunakan mesin RB26DETT dengan kapasitas 2.600cc 6 silinder yang menghasilkan tenaga 280 hp dan torsi 368 Nm. Menggunakan sistem transmisi manual 6 percepatan all-wheel drive. Kecepatan 0-100 km/jam bisa ditempuh dalam 4,6 detik.

Fitur Keselamatan dan Teknologi R34

Agar mengimbangi tenaga yang dihasilkan, Nissan memberikan sistem pengereman cakram dengan disc brake yang besar pada bagian depan dan belakang. Sistem suspensi yang canggih didesain untuk memberikan kestabilan dan handling yang baik saat bermanuver di kecepatan tinggi

Baca juga: Harga Nissan GT-R R35, Spesifikasi dan Keunggulannya

Kelebihan dan kekurangan Nissan GT-R R34

Setelah membaca spesifikasi Nissan GT-R R34, sangat bagus dan menarik bukan?. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari Nissan GT-R R34.

Kelebihan Nissan GT-R R34

Berikut beberapa kelebihan dari Nissan GT-R R34:

  • Desain yang atletis dan aerodinamis sehingga terlihat sporty.
  • Cocok untuk modifikasi dan keperluan balap.
  • Kekuatan mesin yang tangguh bisa upgrade tenaga yang besar dengan penggantian beberapa part saja.
  • Transmisi otomatis enam percepatan yang tangguh.
  • Sistem pengereman yang tangguh cocok untuk tenaga yang besar.
  • Kestabilan dan kemampuan handling yang baik saat bermanuver di kecepatan tinggi dengan suspensi yang canggih.

Kekurangan Nissan GT-R R34

Berikut beberapa kekurangan dari Nissan GT-R R34:

  • Harga yang mahal karena sedikitnya jumlah mobil.
  • Surat-surat jarang yang lengkap karena lewat importir.
  • Kapasitas penumpang yang terbatas hanya bisa diisi oleh dua orang saja.
  • Tidak dipasarkan secara resmi di Indonesia, sehingga susah untuk mendapatkan unit barunya.
  • Sparepart yang susah karena tidak dijual resmi di Indonesia.

Baca juga: 14 Mobil Sport Terbaru yang Bakal Rilis di Masa Mendatang

Harga Nissan GT-R R34 di Pasaran

Harga Nissan GT-R R34 di Indonesia tidak ada patokan resminya, karena masuk kesini lewat importir umum. Harganya akan lebih mahal daripada aslinya karena ada beberapa biaya tambahan. Tahun 2021 pernah ada lelang Nissan Skyline GT-R R34 hasil selundupan di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) dengan harga Rp529 juta tanpa surat resmi. Akhirnya mobil ini laku dengan harga Rp2,7 miliar.

Harga Nissan GT-R R34 di pasaran tergantung kondisi, kelengkapan surat dan modifikasi yang sudah dilakukan. Bagi OtoFriends yang tertarik, paling tidak siapkan dana minimal 2 miliar untuk bisa membeli Nissan GT-R R34.

Pastikan saat membeli mobil bekas apalagi dengan harga yang mahal, cek kondisi mobil bisa ke bengkel berpengalaman. Pastikan mobil selalu dilakukan perawatan dengan service rutin dan ganti oli secara berkala. Lakukan detailing mobil agar tampilan tetap kinclong dan bersih. Lewat aplikasi Otoklix kamu bisa mencari rekomendasi bengkel terbaik lewat smartphone dengan mudah. Yuk coba sekarang!

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Nissan GT-R R34

Harga Nissan GT-R R34 di Indonesia tidak ada patokan resmi, terakhir harga yang terpublikasi hasil dari lelang terjual 2,7 miliar

Tidak ada jumlah unit yang tercatat secara resmi, tetapi jumlah unit Skyline R34 di Indonesia tidak banyak.

Harga lelang Nissan Skyline di Indonesia dijual mulai dari 529 juta tanpa surat yang lengkap.