Siapa yang tidak mengenal mobil Lamborghini. pabrikan mobil asal Italia ini didirikan pada pada tahun 1963 silam. Meskipun Lamborghini sekarang diasosiasikan dengan mobil mewah, Lamborghini awalnya merupakan merek untuk kendaraan jenis traktor. 

Lamborghini tercipta berawal dari Ferruccio yang sakit hati terhadap Enzo Ferrari, pendiri merk Ferrari. Setelah sukses menjual traktor, Ferruccio pun menjadi kaya dan membeli satu unit Ferrari 250 GT.

Namun, Ferrari miliknya mengalami masalah pada kopling. Ferruccio kemudian menemui Enzo untuk mengeluhkan mobil yang dibelinya. Namun bukannya mendapat jawaban, Ferruccio malah mendapat hinaan. 

Enzo menyebut masalah bukan ada pada mobilnya, tetapi pengendaranya. Tak hanya itu, Enzo juga menghina Ferruccio dengan mengaitkan produk traktornya. Merasa sakit hati, Ferruccio lantas bersumpah untuk menciptakan supercar demi menyaingi Ferrari.

Kemudian jadilah mobil Lamborghini seperti yang kita kenal sekarang. dari beberapa produk andalan mereka, terdapat varian Lamborghini yang memiliki harga fantastis dan juga harganya yang selangit.

Lantas mobil Lamborghini apa yang termasuk dalam seri termahal dan terlangka ? berikut ulasannya.

Deretan Mobil Lamborghini dengan Harga Tinggi

Mobil-mobil Lamborghini di bawah ini dibanderol dengan harga puluhan miliar. Memangnya, bagaimana spesifikasi mobil sport ini?

1. Lamborghini Veneno Roadster

Mobil Lamborghini Veneno Roadster ini diproduksi dengan jumlah unit yang terbatas. Hanya ada sembilan unit di seluruh dunia. Mobil ini jadi incaran pecinta mobil-mobil mewah. Dengan keterbatasan unit yang diproduksi ini membuat Veneno Roadster dibanderol dengan harga mahal, yaitu sekitar 5,6 juta dolar AS atau sekitar Rp74,6 miliar!

BACA JUGA: Suka Drakor? Ini Mobil Yang Sering Dipakai di Drama Korea

Mobil ini dibekali dengan mesin berkapasitas 6,5 liter V12. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga sampai dengan 750 hp. Bahkan, untuk menempuh akselerasi 0-100 km/jam hanya membutuhkan waktu 2,6 detik.

2. Lamborghini Veneno

Masih dari seri Veneno, mobil ini juga dibanderol dengan harga selangit. Harganya mencapai 5,3 juta dolar AS atau sekitar Rp70 miliar. Mobil hypercar ini dilengkapi dengan fitur dan performa yang sangat baik. Mesinnya menggunakan V12 dengan kapasitas 6,2 liter dan bisa menghasilkan tenaga maksimal 740 hp. Mobil ini bisa melaju dengan kecepatan maksimal 354 km/jam.

3. Lamborghini Egoista

Lamborghini Egoista menjadi salah satu concept car paling mahal di dunia. Mobil ini didesain dengan bentuk unik, yaitu bentuk jet tempur. Egoista dilengkapi dengan mesin berkapasitas 5,2 liter V10. Kecepatan tertingginya bisa mencapai 350 km/jam. 

Tidak hanya tampilan luarnya yang berbentuk jet tempuh, interiornya juga mengadopsi desain pesawat. Ada 1 jok berbentuk kokpit seperti yang ada di pesawat jet tempur. Mobil ini bisa dibeli dengan harga sekitar 3 juta dolar AS. Jika dikonversi ke mata uang Indonesia, sekitar Rp39 miliar.

4. Lamborghini Sesto Elemento

Ini adalah mobil Lamborghini dengan desain tampilan eksterior yang elegan dan sporty. Material bodi yang digunakan adalah full carbon. Penggunaan material ini memungkinkan laju kendaraan bisa lebih bertenaga.

Mobil ini telah dilengkapi dengan mesin V10 dan bisa menghasilkan tenaga 570 hp. Kecepatan maksimumnya adalah 350 km/jam. Mobil Lamborghini Sesto Elemento bisa dibeli dengan merogoh kocek sekitar Rp37 miliar.

5. Lamborghini Aventador J

Tampilan mobil ini terlihat sangat sporty dengan dua buah jok. Keunggulan Lamborghini Aventador ini adalah dari segi performa dan akselerasi. Mobil ini sudah dibekali mesin V12 dengan kapasitas 6,5 liter. Akselerasi dari 0-100 km/jam ditempuh dengan waktu yang sangat singkat, yaitu 3,1 detik. Harganya Rp37 miliar. Akan tetapi, mobil ini hanya diproduksi 1 unit saja.

Itu dia deretan mobil Lamborghini mewah dengan harga fantastis. Selanjutnya, mari kita bahas mobil Lamborghini Aventador dengan harga yang lumayan jauh di bawah model-model yang disebutkan di atas, yaitu Lamborghini Aventador.

Lamborghini Aventador, Harga dan Spesifikasi

Ini adalah supercar dari Lamborghini yang diperkenalkan pada ajang Geneva Motor Show pada tahun 2011 silam. Mobil ini mengusung model pintu “scissor door” alias pintu gunting. Tampilannya yang futuristik ini terlihat sangat atraktif. Selain tampilannya yang berhasil memikat pecinta mobil mewah, mobil ini juga punya performa mesin dan fitur yang mumpuni.

Harga mobil Lamborghini Aventador

Mobil Lamborghini satu ini dibanderol dengan harga yang juga tinggi, layaknya mobil Lamborghini lainnya. Di Indonesia, Lamborghini Aventador bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp6,4 miliar sampai dengan Rp8,7 miliar.

Dapur pacu Lamborghini Aventador

Mobil ini dibekali dengan mesin V12 12 silinder 4 Valve DOHC. Kapasitas mesin ini adalah 6,5 liter dan bisa menghasilkan tenaga sampai dengan 740 horsepower pada 8.400 rpm. Sistem transmisi yang digunakan adalah transmisi otomatis dengan 7 percepatan. 

Sistem bahan bakarnya sudah Multi Point Injection. Untuk menambah performa mobil ini, sistem penggerak yang digunakan adalah All Wheel Drive. Ada empat pilihan mode berkendara, yaitu Strada, Sport, Corsa, dan Ego.

Eksterior Lamborghini Aventador

Dimensi mobil ini adalah 4780 mm x 2030 mm x 1360 mm dengan ground clearance yang cukup rendah, yaitu 108 mm. Dengan ketinggian ground clearance segini, mobil ini hanya cocok berkendara di jalanan aspal. Bobot mobil ini adalah 1575 Kg. 

Sisi eksterior mobil ini terlihat futuristik dan aerodinamis. Bodi mobil ini dibuat dari bahan carbon fibre yang ringan. Selain itu, bodinya juga mengusung air intake yang lebih besar dari model sebelumnya. Side skirt-nya lebih panjang. Atap mobil ini juga menggunakan bahan carbon fibre yang bisa dilepas dan dipasang sesuka hati. Model ini disebut juga dengan model convertible

Mobil Lamborghini Aventador tersedia dalam warna matte dan glossy. Pilihan warnanya untuk varian matte ada Bero Nemesis, Marrone Apus, Grigio Adamas, Grigio Titans, Bianco Canopus, dan Giallo Horus. Sementara itu untuk warna glossy di antaranya ada pilihan warna Nero Aldebaran, Giallo Spica, Giallo Evros, Bianco Isi, Verde Scandal, dan Blu Claudo. Ada juga pilihan warna Pearl atau Metallic sesuai keinginan pemiliknya.

Suspensi depan mobil ini menggunakan Double wishbones push-road actuated coil springs. Di sisi suspensi belakang menggunakan Shock absorber.

BACA JUGA: Harga Mobil Lamborghini dan Spesifikasi 5 Model, Fantastis!

Interior Lamborghini Aventador

Tidak hanya tampilan luar yang terlihat mewah, interiornya juga terasa sangat mahal dan mewah. Fitur-fitur yang disematkan juga canggih. Seperti pada eksterior, interior Lamborghini Aventador juga memakai material carbon fibre.

Material ini bisa terlihat pada bagian monocoque, kokpit, dan pintu. Ketiga bagian itu didominasi dengan material carbon fibre. Meskipun begitu, kursi, konsol tengah, dan tunnelnya juga sebagian masih memakai material carbon fibre.

Kursi Lamborghini dibuat dari material berkualitas. Bahan yang digunakan adalah kulit Alcantara yang memberikan kesan mewah. Selain itu, detail cross stitching juga membuat kursi mobilnya terlihat rapi. Kemudian, beralih ke bagian setir. Setir Lamborghini Aventador sudah menggunakan sistem kemudi power steering. Sehingga berkendara menjadi lebih ringan dan tidak cepat pegal. 

Fitur Lamborghini Aventador

Kekurangan yang bisa terlihat dari sisi interior ini adalah tidak adanya fitur hiburan yang terlalu canggih. Fitur hiburan ini bersifat opsional. Sebab, mobil ini memang mengedepankan performa dan kecepatan. Akan tetapi, fitur standar nya sudah ada Apple CarPlay, perintah suara, dan juga aplikasi terkini.

Namun, fitur di sisi lain tetap menggunakan teknologi yang canggih. Di antaranya adalah sistem berkendara All Wheel Drive yang memakai teknologi Lamborghini Dynamics Steering (LDS) dan juga Lamborghini Rear-wheel Steering (LRS). ada juga Lamborghini Magnetorheological Suspension yang membuat berkendara semakin dinamis.

Masih ada lagi fitur canggihnya, yaitu teknologi LDVA 2.0. Teknologi ini bisa membuat mobil menggunakan sensor agar performa berkendara lebih baik. Sudah ada juga fitur Electronic Stability Control yang sudah diintegrasikan dengan sistem pengereman ABS. fitur keselamatan lainnya juga Airbags pada sisi depan dan juga seatbelt pretensioner.

Lamborghini Paling Langka

Selanjutnya, ada mobil Lamborghini paling langka. Biasanya varian ini hanya diproduksi dalam jumlah dikit, oleh sebab itu keberadaanya pun sangat sulit ditemukan. Berikut deretan Lamborghini paling langka.

Lamborghini Egoista

Mobil Lamborghini paling langka pertama adalah seri Egoista. Mobil ini hanya dibuat 1 unit di dunia. Dibuat khusus dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-50 Lamborghini tahun 2013 lalu, ia lahir dengan segala kelebihannya.

Bodi Egoista diracik dari komposisi lightweight carbon fiber dan aluminium yang selanjutnya disempurnakan oleh piranti militer serta radar-resistant paint.

Kekuatan pacu yang dimilikinya, diadaptasi dari mesin Gallardo MK1 5.2 liter V10. Dengan karakter jantung pacu tersebut, ia mendapatkan suntikan tenaga hingga 592 hp.

Lamborghini Sesto Elemento

Bicara soal Sesto Elemento, nyaris tak ada satu pun dari mereka yang mengaku penggila supercar tak pernah mendengar namanya. Bukan cuma karena tubuhnya yang khas dengan teknologi carbon fiber, jumlahnya yang hanya 20 unit di seluruh dunia bisa membuat para kolektor “ngiler” ingin memilikinya.

Mengemban kombinasi carbon fiber monocoque chassis dan carbon fiber reinforced plastic (CFRP) bodywork, bobot total tubuhnya yang kekar ini hanya sekitar 999 kg.

Pacuan kehebatan mesin Gallardo LP570-4 Superleggera yang terkombinasi fisik super ringan membawanya berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 2.5 detik saja. Sementara angka 318 km/jam menjadi batas top speed yang mampu ditempuh.

Lamborghini Veneno

Dalam merayakan hari jadi Lamborghini Automobili ke-50, pabrikan berlambang banteng tersebut menghadirkan Lamborghini Veneno.

Di kalangan pecinta mobil berperforma tinggi, terutama di benak para fans “Banteng” Italia, Lamborghini Veneno merupakan salah satu tunggangan idaman paling eksotis sekaligus eksklusif.

Dalam sejarahnya, tercatat ada 14 unit Veneno yang pernah dibuat, terbagi dalam 5 coupe dan 9 roadster. Dalam rupa coupe, hanya 3 yang dijual, sedangkan 2 lainnya digunakan untuk keperluan uji coba dan disimpan di museum Lamborghini.

Lamborghini Veneno mengambil tenaga ledak dari model upgrade mesin V12 6.5 liter milik saudaranya Lamborghini Aventador yang mampu memproduksi tenaga hingga 750 hp. Dengan demikian, ia sanggup melesat dari kecepatan 0-100 km/jam hanya dalam waktu 2.9 detik saja.

Lamborghini Centenario

Dibuat ultra-eksklusif, total hanya ada 40 unit yang diproduksi dengan 20 unit berjenis coupe dan 20 lainnya roadster.

Dibekali tubuh ringan berbahan gloss carbon fiber, sasis carbon fiber monocoque milik Aventador SV, racikan desain luar nan kompleks hingga besutan mesin V12 bertenaga 770 hp, baik sisi aerodinamika maupun performa Centenario tak diragukan lagi kehebatannya.

Lamborghini Centenario dibuat khusus untuk merayakan ulang tahun ke-100 pendiri Lamborghini, Ferruccio Lamborghini, dan langsung ludes terjual sebelum diluncurkan.

Lamborghini Reventon

Memang tidak terlalu terkenal seperti halnya Murcielago dan Aventador yang dijual masal, tapi si Reventon sebenarnya adalah varian yang sangat fenomenal.

Varian ini hanya diproduksi sebanyak 35 unit saja dan lengkap dengan perlengkapan dapur pacu nan mantap.

Reventon terlahir dengan dapur pacu V12 berkapasitas 6.5 liter yang memberikannya ledakan tenaga hingga 670 hp (LP670). Tak ayal jika sang banteng pelibas jalanan ini pun sanggup melesat hingga 330 km/h.

Lamborghini Gallardo Squadra Core

Turunan mobil balap yang lebih modern adalah Gallardo Squadra Corse, berdasarkan mobil balap Gallardo Super Trofeo 2013. Hanya 50 unit yang dibuat dan hanya 15 yang datang ke AS. Mesin V10 5.2 liter mampu menyemburkan tenaga 562 hp, mendorong tenaganya ke keempat roda melalui transmisi semi-otomatis enam kecepatan E-gear. 

Serat karbon adalah bahan utama untuk membuatnya lebih ringan, termasuk sayap belakang yang tinggi. Namun, tidak seperti mobil balap, Squadra Corse mempertahankan sistem suara dan pendingin udara.

Potongan carbon fiber lainnya termasuk gagang pintu, kursi balap, konsol tengah, bagian bawah kemudi, dan trim di sekitar panel instrumen. Mobil ini semuanya dicat dengan warna kuning bernama Giallo Midas.

BACA JUGA: Ini Dia Jenis-Jenis Lamborghini yang Beredar

Lamborghini Aventador J

Hanya satu Lamborghini Aventador J yang ada, yang lainnya merupakan model dari Jota P400. Jota P400 adalah salah satu versi dari Miura yang dibangun oleh kepala insinyur Lamborghini, Bob Wallace, di waktu luangnya.

Aventador J menyalurkan semangat Jota P400 untuk membangun Lamborghini yang mungkin paling ringan. Mobil tanpa atap dan tanpa jendela itu menggunakan mesin V12 yang sama dari Aventador, menghasilkan 691 hp, tetapi beratnya hanya 3.472 pound (sekitar 1.600 kg).

AC dan sistem stereo, telah ditinggalkan. Lamborghini mengklaim itu berubah dari konsep menjadi kenyataan hanya dalam enam minggu, dan kemudian diambil oleh seorang kolektor yang tidak disebutkan namanya dengan harga $2,8 juta (atau sekitar Rp40 miliar) pada tahun 2012 lalu.

Itu dia beberapa deret mobil Lamborghini termahal hingga terlangka. Untuk kalian para pengguna Lamborghini dapat mencari bengkel terpercaya guna melakukan perawatan mobil kesayangan kalian melalui website OtoKlix.

Pertanyaan Seputar Mobil Lamborghini

Salah satu Lamborghini terlangka adalah model Egoista. Mobil ini hanya diproduksi 1 unit saja.

Sebagian besar interior Lamborghini Aventador dilapisi karbon. Seperti kursi, konsol tengah, dan tunnelnya juga sebagian masih memakai material carbon fibre.

Lamborghini Aventador bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp6,4 miliar sampai dengan Rp8,7 miliar.