BMW 520i mulai hadir di Indonesia sejak tahun 2017. Termasuk dalam kategori sedan premium, mobil BMW 520i hadir dengan karakteristik desain yang mewah dan modern. Mobil BMW 520i ini memiliki target pemasaran anak muda eksekutif yang aktif dan suka bepergian. Lantas, seperti apa performa mesin dan spesifikasi yang ditawarkan? Berikut Otoklix rangkum informasi lengkap terkait BMW 520i untuk OtoFriends.

Baca juga: Keren! Mobil Mewah di Indonesia dan kecepatannya Melejit

Desain Eksterior BMW 520i

BMW 520i ini masuk dalam generasi kedua dari BMW seri 5 model sport yang menargetkan konsumen kelas menengah atas atau kelas eksekutif sebagai pemakainya. Tercatat mobil BMW 520i memiliki dimensi p 4963 mm, l 2126 mm, dan w 1497 mm. Mobil BMW 520i ini memiliki tampilan eksterior yang unik dan enak dilihat dari depan karena didesain rapi dan bersih. Terdapat lekukan garis bulat panjang di bagian tengah bodi. 

Ciri khasnya juga dapat dilihat pada model grill yang terpasang dua slot dan logo di bagian kap depan. Grill dengan aksen warna krom pada bagian depan memberikan kesan mewah dan elegan. Lampu utama di desain minimalis dengan lekukan tajam sehingga membuat mobil BMW 520i ini nampak terlihat sangar. 

Dari samping, terlihat tidak terlalu banyak lekukan pada bodi mobil BMW 520i ini. Namun ada tarikan garis tegas dari fender depan ke bagian lampu belakang yang membuat BMW 520i jadi tampak gagah. Handle pintu dibuat sewarna dengan bodi. 

Adapun mobil BMW 520i ini memiliki 9 varian warna dan otomatis opsi transmisi di Indonesia. Tersedia warna Sophisto Grey Brilliant Effect Metallic, Black Sapphire Metallic, Carbon Black Metallic, Alpine White Uni, Blue STone, Phytonice Blue, Tanzanite Blue Metallic, Bernina Grey Amber Effect, dan Alvite Grey Metallic.

Desain Interior BMW 520i

Masuk ke bagian interior, mobil BMW 520i memiliki 5 kursi yang mewah dengan aksen krom. Terdapat kesan kayu pada bagian dashboard yang didesain ergonomis, memberikan kesan mewah dan elegan. 

Baca juga: Intip 10 Interior Mobil Mewah Ini, Dijamin Bikin Ngiler

Di bagian head unit, OtoFriends dapat melihat berbagai fitur canggih yang dibuat agak miring ke bagian pengemudi sehingga OtoFriends dapat dengan mudah mengoperasikannya. 

Sekedar informasi, mobil BMW 520i ini sudah dilengkapi dengan kemudi tilt dan telescopic. terdapat beberapa tombol dan fitur kemudi yang dapat digunakan untuk kenyamanan berkendara. Pada jok mobil sudah dilengkapi dengan sistem elektrik dan wheelbase, sehingga OtoFriends dapat merasakan kenyamanan saat duduk di kursi belakang karena bisa memiliki ruang kaki yang cukup luas. 

Performa dan Mesin BMW 520i

Sebagai salah satu dari BMW model sport, mobil BMW 520i ini dilengkapi dengan kapasitas mesin 2.0L Petrol Engine, 4 Cylinder 16 valve, 1998 cc. Mesin ini menghasilkan tenaga 184 hp dengan torsi 290. Menggunakan transmisi 8-speed otomatis, mobil BMW 520i ini mampu mengkonsumsi BBM 17.5 kmpl di jalan tol dan 12.5 km/jam di jalanan perkotaan. 

Adapun mobil BMW 520i ini memiliki tangki bahan bakar yang diletakkan di tengah.  Tercatat, kapasitas tangki bahan bakar adalah 68 L, jarak sumbu roda 2975 mm, jarak pijak roda depan 1606 mm, dan jarak pijak roda belakang 1631 mm. 

Fitur Mobil BMW 520i

Memiliki kesan yang mewah dan sporty, tentu mobil BMW 520i ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang menarik. Dari segi kenyamanan berkendara, terdapat ventilasi AC belakang, power outlet, automatic climate control, power window di bagian depan dan belakang, adjustable seats, armrest belakang dan tengah, cup holder di bagian depan dan belakang, automatic head lamps, pemanas, penyesuaian ketinggian kursi pengemudi, kursi lipat belakang yang dapat menambah luas bagasi, steering wheel gearshift paddle, kursi dengan heater di bagian belakang, power steering, engine start stop button, lingkar kemudi dengan tombol multifungsi, lampu pengingat jumlah bahan bakar, onboard computer, battle holder, spion lipat elektrik, meja lipat yang tersedia di kursi belakang, keyless entry, lampu baca, dan cruise control.

Sedangkan dari segi hiburan dan komunikasi, mobil BMW 520i dilengkapi radio AM/FM, speaker belakang dan depan, soket USB, layar sentuh, audio 2DIN, sambungan bluetooth, perintah suara, dan sistem navigasi. Terkait fitur tambahan yang digunakan adalah Apple CarPlay. 

Berbagai fitur keselamatan juga disediakan, seperti central locking, alarm mobil, anti theft device, smart access card entry, engine immobilizer, dan juga power door locks.

Kelebihan dan Kekurangan BMW 520i

Memiliki desain yang mewah dan fitur yang lengkap, bukan berarti mobil BMW 520i tidak memiliki kekurangan. Berikut Otoklix rangkum kelebihan dan kekurangan dari mobil BMW 520i yang perlu OtoFriends ketahui:

Kelebihan Mobil BMW 520i

  • Konsumsi BBM cukup irit
  • Stabil di kecepatan yang tinggi
  • Interior mewah
  • Fitur keselamatan lengkap
  • Meski bekas harga tetap terjangkau
  • Nyaman dan luas
  • Transmisi responsif

Kekurangan:

  • Pengaturan jok elektrik hanya terdapat di bagian kursi depan
  • Perawatan dan sparepart cukup mahal
  • Rantan rusak di masalah kelistrikan

Harga Mobil BMW 520i

Mobil BMW 520i ini dibanderol mulai dari harga Rp1,22 Miliar, sedangkan untuk mobil bekasnya dibanderol mulai dari Rp850 jutaan. 

Baca juga: Mobil BMW Bekas Harga di Bawah 100 Juta Terbaik

Beberapa alternatif mobil lainnya seperti Toyota Camry Hybrid, Mercedes Benz V-Class Sedan, dan Lexus ES dapat OtoFriends jadikan sebagai pembanding karena setara dengan kelas mobil BMW 520i.  

Penting untuk OtoFriends ketahui, BMW 520i adalah mobil pabrikan Eropa. OtoFriends akan kesulitan untuk menemukan dealer dan bengkel resminya di Indonesia karena masih jarang di beberapa wilayah. Hal ini bisa OtoFriends jadikan sebagai bahan pertimbangan jika ingin melakukan pembelian mobil BMW 520i ini. Menggunakan aplikasi Otoklix bisa jadi solusi jika OtoFriends ingin melakukan servis atau perawatan rutin mobil BMW 520i kesayangan OtoFriends. Download aplikasinya di Playstore atau AppStore dan temukan lokasi bengkel rekanan tepercaya Otoklix yang dekat dari lokasi OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar BMW 520i

Mobil BMW 520i sport ini menyuguhkan mesin 1998 cc.

Saat ini mobil BMW 520i dibanderol mulai dari harga Rp1,22 Milyar, sedangkan untuk mobil bekasnya dibanderol mulai dari Rp850 jutaan.

Mobil BMW 520i menggunakan mesin 2.9L Petrol Engine, 4 Cylinder 16 valve yang menghasilkan tenaga 184 hp dan torsi 290.