Lamborghini Invencible & Autentica sudah resmi mengaspal di Italia. Namun, kedua mobil itu menjadi produk flagship terakhir Lamborghini yang menggunakan mesin V12. Setelah itu, Lamborghini hanya akan memproduksi mobil bermesin hybrid. Oleh sebab itu, Lamborghini Invencible & Autentica diprediksi harganya bisa menyentuh angka Rp7,5 miliar. Berikut spesifikasi lengkapnya!

Spesifikasi Lamborghini Invencible & Autentica

Eksterior

Mobil Lamborghini Invencible & Autentica  dibangun menggunakan platform Aventador yang desain eksteriornya terinspirasi dari Sesto Elemento, Reventon, Veneno, dan Essenza SCV12. Di bagian depan, terdapat headlamp yang mirip mata panah dikombinasikan dengan desain hidung rendah dan lancip, splitter, serta kap mesin berventilasi. Kemudian, desain lampu di bagian belakang menggunakan gaya heksagonal. Tema tersebut juga digunakan pada ujung knalpot dan struktur diffuser yang menunjukkan bagian ban belakang.

Namun, Lamborghini Invencible & Autentica memiliki perbedaan pada desain sayap belakang. Lamborghini Invencible memiliki desain gaya tunggal, sementara Lamborghini Autentica menggunakan sirip kembar yang terpisah disertai dua ‘kubah’ yang ada di belakang jok.

Warna kedua mobil tersebut juga berbeda. Lamborghini Invencible tersedia dalam warna merah Rosso Efesto dan bagian atap karbon berwarna hitam. Sementara, Lamborghini Autentica tersedia dalam warna hitam Grigio Titans berpadu aksen kontras Giallo Auge pada komponen aero.

Baca juga: 3 Jenis Lamborghini Termahal di Indonesia, Minat Beli?

Interior

Interior mobil ini masih tampak sama dengan model Lamborghini mesin V12 lainnya. Namun, desainnya tetap tampak berbeda. Terdapat gaya 3D heksagonal pada lubang ventilasi AC, serta panel instrumen dengan desain terkini.

Untuk mobil Lamborghini Invencible, tampak material kulit Alcantara yang menghiasi jok, dashboard, dan doortrim. Dengan kombinasi warna hitam dan merah, warna body eksterior tampak mewah. Sementara, interior Lamborghini Autentica sama persis dengan Lamborghini Invencible. Perbedaannya adalah kabin interior yang didominasi warna hitam dengan benang jahitan berwarna hijau.

Baca juga: 7 Mobil Lamborghini Paling Langka di Dunia

Spesifikasi mesin

Lamborghini Invencible & Autentica dibangun menggunakan sasis monokok serat karbon dari Aventador. Hal itu memang kerap digunakan oleh mobil yang diproduksi khusus dan terbatas, seperti Lamborghini Veneno, Centenario, Sian FKP 37, Essenza SCV12, Countach, LPI 800-4, SC18 Alston, dan SC20.

Kedua mobil super car tersebut menggunakan mesin yang sama dengan Aventador, yakni mesin V12 6.5 liter. Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga sebesar 769 hp serta torsi puncak mencapai 720 Nm. Tenaga itu ditransfer lewat gearbox ISR 7-percepatan.

Selain itu, kedua mobil mewah ini juga sudah dilengkapi sistem kemudi dinamis Lamborghini yang bisa mengendalikan keempat roda.

Lamborghini fokus produksi mobil hybrid

Lamborghini telah mengumumkan bahwa Lamborghini Invencible & Autentica  akan menjadi produk flagship terakhir yang menggunakan mesin V12. Setelah itu, Lamborghini akan menghadirkan Aventador bermesin plug-in hybrid.

Saat ini memang banyak produsen otomotif yang melakukan elektrifikasi, tidak terkecuali Lamborghini. Produsen mobil mewah tersebut telah mengumumkan bahwa mobil produksinya akan mengusung tenaga mesin hybrid, lalu berangsur-angsur menggunakan electric vehicle (EV) sepenuhnya.

Artinya, pada 2023 ini kendaraan Lamborghini yang dipasarkan telah mengusung teknologi hybrid. Dengan demikian, Lamborghini akan semakin irit. Dalam rangka persiapan elektrifikasi, Lamborghini disebut-sebut sudah menyiapkan empat model kendaraan baru. Namun, belum ada kepastian seperti apa model Lamborghini yang akan ditenagai listrik tersebut.

Menurut rumor yang beredar, model supercar Lamborghini Aventador akan menjadi satu dari empat model mobil yang akan diluncurkan. Walaupun belum ada informasi resmi, pihak Lamborghini memberikan sedikit bocoran bahwa mobil EV akan mengusung model empat pintu dan dapat digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Untuk persiapan elektrifikasi tersebut, Lamborghini sudah menyiapkan dana besar mencapai 1,5 miliar euro atau setara Rp24,3 triliun. Anggaran tersebut untuk transisi dari mesin BBM ke plug-in hybrid. Tahap pertama peluncuran model kendaraan Lamborghini hybrid dilakukan pada awal 2023, sementara untuk kendaraan listrik akan dimulai pada tahun 2024.

Baca juga: Keren! Mobil Mewah di Indonesia dan Kecepatannya Melejit

OtoFriends, itulah penjelasan seputar supercar Lamborghini Invencible & Autentica. Dengan harga menyentuh angka miliaran, tentu mobil tersebut masuk kategori barang mewah. Meskipun demikian, ada kesamaan antara mobil mewah dengan mobil harga terjangkau, yakni dari segi perawatan. Semahal apapun harga mobil akan rawan rusak apabila tidak dirawat dengan baik.

Oleh sebab itu, apabila OtoFriends memiliki mobil di rumah, jangan lupa untuk servis rutin di bengkel terdekat. Gunakan aplikasi Otoklix untuk melakukan booking online. OtoFriends bisa mengatur waktu kedatangan sehingga tidak perlu antri di lokasi. Selain itu, OtoFriends juga mendapatkan jaminan uang kembali apabila ada ketidaksesuaian antara harga di aplikasi dengan harga di bengkel.

Pertanyaan seputar Lamborghini Invencible & Autentica

Lamborghini Invencible & Autentica diprediksi harganya bisa menyentuh angka Rp7,5 miliar.

Hingga saat ini, mobil mewah Lamborghini Invencible & Autentica belum dipasarkan di Indonesia. Mobil tersebut baru mengaspal di Italia.

Benar. Lamborghini akan menghadirkan Aventador bermesin plug-in hybrid. Setelah itu, Lamborghini berangsur-angsur menggunakan electric vehicle (EV) sepenuhnya.