BMW M5 pada dasarnya adalah variasi revolusioner dari sedan eksekutif yang sudah diluncurkan sejak puluhan tahun lalu. Namun, pada masa sekarang mobil ini tampil dengan standar baru yang memiliki performa mirip dengan Lamborghini.

Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang BMW M5, sebuah mobil keluaran BMW dengan mesin yang memiliki stabilitas dan kendali tak tertandingi, cocok untuk semua kegiatan baik di trek balapan ataupun jalan raya. 

Overview BMW M5

Sebagai salah satu mobil keluaran BMW, BMW M5 merupakan jenis mobil yang ringan dengan atap Carbon Fiber Reinforced Plastic berkontur. Tidak heran jika mobil ini bisa dikendarai dengan cepat namun terasa ringan dalam waktu yang bersamaan, karena bahannya terdiri dari komponen yang bekerja seperti menurunkan pusat gravitasi sekaligus mengurangi berat.  

Baca juga: Spesifikasi BMW X4 Lengkap dengan Harga Terbarunya

Mesin

Mesin BMW M5 terbaru sebenarnya tidak jauh berbeda dengan versi lamanya, mesin 4.4T V8 TwinTurbo. Bedanya BMW M5 melakukan upgrade dengan meningkatkan tenaga mesinnya menjadi 633 PS dan torsi puncak 750 Nm. bisa dibilang bahwa kecepatan dan akselerasi dari BMW M5 berbanding lurus dengan tenaga besar yang ditawarkan. 

Dimensi

BMW M5 memiliki dimensi tinggi 1.469 mm, dengan panjang 4.983 mm, jarak sumbu roda 2.982 mm, dan lebarnya mencapai 1.903 mm. 

Kemudi dan Suspensi

Dalam hal kemudi dan suspensi, BMW M5 terbilang memiliki stabilitas dan kendali yang sangat baik. Ada sistem yang bertugas untuk mengendalikan bias pada roda belakang yang bisa disesuaikan antara tiga mode setelan, yaitu mode 4WD, mode 4WD Sport, dan mode 2WD. 

Rem depan dan belakang mobil ini menggunakan ventilated disc, dan suspensinya memakai Adaptive M Suspension. 

Baca juga: Ini Dia Jenis-Jenis Lamborghini yang Beredar

Kelebihan dan Kekurangan BMW M5

Berikut ini adalah beberapa poin yang bisa menggambarkan kelebihan dan kekurangan BMW M5.

Kelebihan

  • Walaupun mobil ini memiliki tampilan yang sporty, namun BMW tetap memberikan kesan misterius. Hal ini bisa dilihat dari pemilihan warna yang cukup maskulin yaitu hitam dan perak yang mendominasi sebagian besar body BMW M5.
  • BMW M5 memiliki kualitas mesin yang bisa dibilang cukup bertenaga.
  • BMW M5 adalah jenis mobil yang cocok untuk orang-orang energik dan senang untuk berkendara dengan keadaan optimal.
  • Mobil sedan eksekutif ini didesain dengan body yang ramping.
  • MW M5 memiliki tampilan interior yang terbilang cukup mewah.
  • Termasuk mobil dengan teknologi keselamatan tinggi yang tampil mengesankan dengan BMW Night Vision. 

Kekurangan

Walaupun tidak banyak, BMW M5 tetap memiliki kekurangan jika dibandingkan dengan mobil sejenis dengan harga yang tidak jauh berbeda. Misalnya: 

  • BMW M5 dibandrol dengan harga yang cukup mahal, harga barunya bisa mencapai Rp3.76 Miliar.
  • Banyaknya fitur opsional yang beragam nyatanya butuh biaya tambahan yang cukup mahal.
  • Unit mobil BMW M5 dijual dipasaran dengan jumlah yang terbatas.
  • Mobil ini termasuk dalam jajaran mobil dengan pajak yang tinggi karena berkategori mobil dengan cc besar. 

Baca juga: Tips Memilih Oli Mobil BMW yang Tepat

Fitur Keselamatan BMW M5

Sama halnya dengan mobil keluaran BMW lain, BMW M5 juga dilengkapi dengan fitur keselamatan standar. Namun, bisa dipastikan mobil ini sangat aman dikendarai karena menggunakan teknologi mumpuni BMW Driving Assistant. 

Dalam fitur keselamatannya, BMW M5 menawarkan lima fungsi utama, yaitu Lane Change Warning (LCW), Lane Departure Warning (LDW), Cross-Traffic Warning (CTW), Approach Control Warning (ACW), dan Prevention Rear Collision yang bisa dipakai untuk menghindari kecelakaan khususnya tabrakan pada sisi belakang mobil. 

Selain itu, MW M5 juga dilengkapi dengan teknologi keselamatan dalam kabin, sistem sensor untuk parkir, dan Assistant camera yang bisa membantu pengendara pada saat melakukan parkir kendaraan. 

Harga BMW M5

Di Indonesia harga baru BMW M5 4.4 L mencapai nilai Rp3.76 Miliar. Sedangkan untuk harga mobil BMW M5 Competition terbaru dibanderol dengan harga Rp4.75 Miliar. Harga yang selisih jauh antar edisi menjadi penanda bahwa setiap keluaran baru dari BMW M5, upgrade kualitas selalu ditingkatkan sehingga nilai kenaikkan harganya terbilang cukup besar. 

Setelah membaca informasi lengkap tentang BMW M5, OtoFriends juga perlu mengetahui bahwa setiap mobil walaupun dilengkapi dengan sistem keamanan yang tinggi selalu memiliki resiko terbentur, tertabrak, hingga kerusakan fatal. 

Untuk itu, OtoFriends harus memastikan memiliki bengkel langganan yang terpercaya dan bisa di booking secara online seperti otoklik. Dengan satu aplikasi, OtoFriends bisa membuat pesanan untuk perawatan mobil atau service mobil rutin dengan cara yang mudah dan simpel. 

Itu dia informasi lengkap tentang spesifikasi BMW M5, mobil eksekutif yang memiliki kesan sporty dan misterius dengan mesin yang sangat bertenaga. Semoga informasi tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan untuk OtoFriends saat ingin menentukan mobil BMW edisi apa yang akan dimiliki. 

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar BMW M5

harga baru BMW M5 4.4 L mencapai nilai Rp3.76 Miliar. Sedangkan untuk harga mobil BMW M5 Competition terbaru dibanderol dengan harga Rp4.75 Miliar

BMW M5 menggunakan TwinPower Turbo inline 8-cylinder petrol engine

BMW M5 menawarkan lima fungsi utama, yaitu Lane Change Warning (LCW), Lane Departure Warning (LDW), Cross-Traffic Warning (CTW), Approach Control Warning (ACW), dan Prevention Rear Collision