Setelah cukup lama absen di pasar otomotif Indonesia, tahun ini Chery kembali ikut meramaikan pasar otomotif pada event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 melalui dua varian mobil terbarunya yakni Chery Tiggo 7 Pro, Chery Tiggo 8 Pro, dan EQ1.

Konsep yang diusung tahun ini oleh Chery adalah Chery Beyond Advance yang diartikan sebagai semangat baru perusahaan Chery. Salah satu produk andalan terbarunya adalah Chery Tiggo 7 Pro yang termasuk ke dalam kelas mobil SUV yang memiliki kapasitas penumpang 5 orang.

Dikabarkan bahwa Tiggo 7 Pro ini baru akan dijual bulan Oktober 2022 mendatang tetapi sudah ramai konsumen yang mulai tertarik untuk melakukan Pre Order (PO). Memangnya, seperti apa spesifikasi Chery Tiggo 7 Pro?

Performa Mesin Chery Tiggo 7 Pro

Tiggo 7 Pro dibekali kapasitas mesin 1.500 cc turbo 4- silinder yang menggunakan bahan bakar mesin berupa bensin. Keluaran mesin yang dihasilkan mencapai 154 hp dengan torsi 230 Nm. Terdapat pilihan transmisi variable speed CVT.

Sekalipun produksi Cina, rupanya melalui mobil Chery Tiggo 7 Pro, Chery ingin menepis bahwa produk keluaran Cina selalu dijual dengan harga murah dan spesifikasi biasa-biasa saja.

Kapasitas mesin 1.500 cc ini membuat Chery Tiggo 7 Pro setara dengan Honda CR-V dan Wuling Almaz. Akan tetapi, ketiganya memiliki keluaran mesin yang berbeda-beda.

Baca: Mobil China di Indonesia: Harga, Kelebihan dan Kekurangannya

Fitur Chery Tiggo 7 Pro

Fitur yang dimiliki Chery 7 Tigor di antaranya ada instrumen LCD multifungsi yang berukuran 7 inci, LCD touchscreen Smart AC yang berukuran 8 inci dan speedometer digital berukuran 10,25 inci. 

LCD touchscreen Smart AC berukuran 8 inci tersebut memiliki fitur pendukung seperti in mold labeling (IML) process, capacitive touchscreen, voice feedback, setting A/C touch screen dan physical knob.

Sedangkan di bagian layar kecepatan dan bahan bakar kita bisa mengontrol saluran communication, sistem peringatan dini, warning message, hiburan atau multimedia dan informasi penting lainnya tentang kendaraan.

Fitur modern yang menegaskan kesan premium pada mobil ini adalah teknologi modern inductive electric trunk door yang berfungsi untuk membuka pintu mobil tanpa disentuh. 

Fitur modern pendukung lainnya misalnya saja jok kulit elektrik, asisten intelijen cherry, sunroof panoramic dan pengisian nirkabel tuas transmisi listrik. 

Fitur hiburannya memiliki kualitas gambar HD berteknologi cerdas yang memiliki kamera 360 supaya memberikan visibilitas di sekitar mobil.

Adapun fitur yang melengkapi sistem kemudi di antaranya suspensi MacPherson independen untuk memberikan traksi tinggi. 

Bosh ESP 9.3 adalah teknologi suspensi yang dimiliki Chery Tiggo 7 Pro yang mampu memberikan kestabilan dan meminimalisir body roll saat berkendara di jalan tol dengan kecepatan yang tinggi.

Baca juga: Service Head Unit Mobil Bisa Habis Berapa?

Teknologi Keselamatan Chery Tiggo 7 Pro

Sementara itu, dilihat dari fitur dan teknologi keselamatannya, Chery Tiggo 7 Pro merupakan mobil SUV dengan sistem keselamatan dan keamanan terlengkap. 

Hal tersebut lantaran fitur keselamatan pada mobil ini telah menggunakan teknologi tercanggih yakni Advanced Driver Assistance System (ADAS) Chery.

Sistem keselamatan ADAS Chery yang dimiliki Tiggo 7 Pro di antaranya Blind Spot Detection (BSD), Automatic Emergency Braking (AEB), Adaptive Cruise Control (ACC), Forward Collision Warning (FCW), Door Open Warning (DOW), Lane Departure Warning (LDW), dan Reverse Tendency Alert (RAT).

Fitur keselamatan standar yang dimiliki Chery Tiggo 7 Pro meliputi Driver Airbag, Passenger Airbag, Anti-Lock Braking System (ABS), Brake Assist, Ebd, Child Safety Locks, Rear Seat Belts, Seat Belt Warning, Day & Night Rear View Mirror, Rear Camera, Parking Sensors, Crash Sensor, Engine Check Warning, Front Impact Beams, dan masih banyak lagi.

Desain Interior Chery Tiggo 7 Pro

Di bagian dalam mobilnya, OtoFriends langsung menemukan kursi penumpang dan setir kemudi yang menggunakan material leather. 

Dikombinasikan dengan sunroof dan bagasi yang mudah terbuka maka tampak Tiggo 7 Pro tepat dijadikan sebagai mobil SUV di kelas premium.

Fitur lainnya yang ada di dalam mobil meliputi tachometer, electronic multi tripmeter, front AC controls, digital odometer and electric adjustable seats, dan digital clock.

Desain Eksterior Chery Tiggo 7 Pro

Tiggo 7 Pro dikategorikan ke dalam kelas mobil SUV bermesin 5 seater turbo dengan desain eksteriornya mengusung warna utama hitam yang dikombinasikan dengan bola berwarna chrome untuk mempertegas kemewahannya. 

Ada delapan pilihan warna Chery Tiggo 7 Pro, meliputi black, white, red, blue, orange, grey, white black dan red black.

Lampu depannya didesain miring dan sudah menggunakan lampu LED. Grille pada Tiggo 7 Pro dibuat setajam mungkin sehingga lebih kelihatan garang dibandingkan Tiggo 8 Pro.

Sedangkan desain eksterior bagian belakang mobil ini menggunakan two tone dan lampu garis panjang yang terlihat menghubungkan stop lamp kanan dan kiri. Velg mobil ini menggunakan ukuran 18 inci dengan ukuran ban mobil 255/60.

Baca juga: 7 Lampu Led Mobil Paling Terang, Bisa Maksimalkan Pencahayaan

Harga Chery Tiggo 7 Pro

Chery Tiggo 7 Pro baru akan dipasarkan di bulan Oktober 2022 mendatang, akan tetapi sudah banyak bocoran mengenai harga Chery Tiggo 7 Pro yang berkisar di antara Rp300 jutaan sampai Rp400 jutaan.

Jenis Chery Tiggo 7 ProHarga OTR
Chery Tiggo 7 Pro ComfortRp380 jutaan
Chery Tiggo 7 Pro LuxuryRp420 jutaan
Chery Tigo 7 Pro PremiumRp440 jutaan

Harga yang tercantum di atas merupakan harga Chery Tiggo 7 Pro OTR. Harga bisa sewaktu-waktu berubah tanpa pemberitahuan. Oleh karena itu, ada baiknya untuk selalu update informasi tentang harga mobil terbaru melalui blog otomotif terpercaya.

Pertanyaan Seputar Chery Tiggo 7 Pro :

Harga OTR Chery Tiggo 7 Pro Comfort berkisar Rp380 jutaan, harga Tiggo 7 Pro Luxury sebesar Rp420 jutaan dan Chery Tiggo 7 Pro Premium Rp440 jutaan.

Chery Tiggo 7 Pro dilengkapi sistem Advanced Driver Assistance System (ADAS) Chery, di antaranya Blind Spot Detection (BSD), Automatic Emergency Braking (AEB), Adaptive Cruise Control (ACC), Forward Collision Warning (FCW), dan masih banyak lagi.

Tiggo 7 Pro dibekali kapasitas mesin 1.500 cc turbo 4- silinder yang menggunakan bahan bakar mesin berupa bensin.