Banyak pabrikan otomotif membuat mobil tercepat di dunia. Hal ini karena para penggemar otomotif gemar memacu kendaraan mereka dengan kecepatan tinggi.

Terlebih, dalam dunia otomotif, selalu ada saja mobil yang diklaim sebagai mobil tercepat di dunia. Mobil-mobil kelas wahid ini umumnya diberkahi mesin bertenaga buas dan tidak jarang dijual secara terbatas.

Dalam beberapa periode tertentu, sang pemilik tahta umumnya akan berganti secara simultan. Hal itu tak urung karena persaingan yang sangat ketat di mana masing-masing brand berlomba untuk membuat mobil dengan kecepatan tinggi.

Meskipun keunggulan otomotif dapat diukur dengan berbagai cara, namun kecepatan tertinggi adalah parameter yang paling diperhatikan orang. Untuk itu Otoklix akan membawa 10 mobil tercepat di dunia.

1. Koenigsegg Agera RS

Pada 2015 lalu di Geneva Motor Show diperkenalkan sebuah mobil bernama Koenigsegg Agera RS.  Mobil ini memiliki kecepatan Kecepatan Tertinggi: 277,87 mph (447,19 km/jam).

Pada tahun 2017, Agera RS menjadi mobil produksi tercepat di dunia. Mobil ini mencatat rekor kecepatan garis lurus tercepat 285 mph (458 km/jam) dan kecepatan tertinggi rata-rata dua arah 278 mph (447 km/jam).

Dengan meraih catatan seperti tersebut, maka mobil ini sangat layak sekali menjadi salah satu mobil tercepat yang ada di dunia.

2. Bugatti Chiron

Mobil tercepat di dunia selanjutnya ada Bugatti Chiron. Mobil ini dapat mencapai kecepatan maksimal 490.5km/h.

Untuk mencapai rekor terbaru ini, Bugatti harus meng-upgrade dapur pacu W16 dengan empat turbonya, agar mobil ini mempunyai total power 1.578hp. Ditambah juga girboks baru dengan ratio panjang serta panel bodi yang lebih aerodinamis supaya tidak tertahan angin.

Bugatti Chiron, memang memiliki tampilan yang sangat keren sekali. Kemewahan sudah pasti dibawakan pada mobil yang satu ini, baik sektor tampilan, interior dan juga fitur yang dibawakannya.

Terlebih pada bagian dapur pacunya, dimana Bugatti Chiron ini hadir dengan membawakan mesin bertipe 8.0 L (488 cu in) W16 quad- turbocharged. Pada tipe mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga yang mencapai 1,500 PS (1,103 kW; 1,479 bhp) dan torsi 1600 Nm. 

Dengan segala kemewahan dan teknologi yang ditanamkan, mobil ini memiliki harga USD$ 2.4 Juta atau Rp. 34 Miliar.

3. Hennessey Venom F5

Hennessey Venom F5 menjadi pemegang tahta mobil tercepat di dunia saat ini. Mobil yang di produksi oleh produsen dari Amerika Serikat ini memang mampu mengalahkan performa yang dimiliki oleh Bugatti Chiron. 

Menurut CEO dari perusahaan tersebut mengatakan, bila mobil ini sudah dirancang sejak lama dan bahak mereka membuatnya dengan penuh ketelitian pada setiap sektor pada mobil tersebut.

Bahkan dalam pembuatan mobil tercepat yang satu ini tak tanggung-tanggung dalam pembawaanya, karena bodinya dibuat dengan serat karbon yang sangat kuat dan ringan. 

Supercar ini usung mesin V8 dengan kapasitas mesin mencapai 7 liter mampu menghasilkan tenaga 1600 Hp. Bahkan mereka juga mengklaim jika mobilnya mampu mencapai kecepatan 186 mil/jam dan untuk harganya dibanderol 1,6 juta dolar Amerika atau Rp. 21 milyar.

4. Hennessey Venom GT

Setelah mengeluarkan Hennessey Venom F5, kali ini mereka juga membuat Hennessey Venom GT. Pada mobil yang satu ini mencatatkan waktu dengan kecepatan 435,31 km/jam.

Selain itu juga mobil yang memiliki berat 1.244 kg ini mampu menghasilkan tenaga mencapai 1.244 Hp dan untuk torsinya 1.564 Nm. Dengan catatan waktu seperti tersebut, pastinya Hennessey Venom GT menjadi salah satu mobil yang mampu menandingi kecepatan dari Bugatti Chiron.

Oleh sebab itu, akan sangat wajar sekali bila harga yang dibanderol akan lebih mahal. Hal tersebut memang benar adanya, karena harga Hennessey Venom GT dibanderol mencapai 1,4 juta dolar Amerika Serikat atau setara Rp. 18,3 milyar.

5. SSC Ultimate Aero

SSC Ultimate Aero hadir dengan membawakan bodi berbahan carbon fibre. Sehingga berat mobil akan lebih ringan dan pastinya akan memiliki performa lebih baik lagi.

Pada mobil yang satu ini dibekali dengan mesin bertipe twin-turbocharged berkonfigurasi V8 dengan kapasitas 7 liter. Di dalam tipe mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga minimumnya yang mencapai 1.350 Hp.

Bahkan mobil yang satu ini mampu mencapai kecepatan hingga 442,5 Km/jam. Mobil ini dikabarkan dibanderol dengan harga US$ 1,3 juta atau setara Rp 12,6 milyar.

Baca Juga: 14 Mobil Sport Terbaru yang Bakal Rilis di Masa Mendatang

6. Bugatti Veyron Super Sport

Sama seperti pendahulunya, Chiron Super Sport merupakan usaha Bugatti untuk meraih kembali mahkota mobil tercepat di dunia. Perubahannya mencakup dapur pacu yang kini menyemburkan tenaga 1.184hp dan torsi 1.500Nm.

Ditambah lagi, bodi mobil dibikin lebih ringan karena banyak menggunakan material karbon fiber.

Kecepatan tertinggi yang dicapai adalah 431 km/h pada tanggal 4 Juli 2010. Rekor tersebut belum terkalahkan hingga Koenigsegg menguji kecepatan Agera RS di tahun 2017.

7. Saleen S7 Twin Turbo

Saleen S7 Twin Turbo menjadi salah satu mobil yang memiliki kecepatan sangat luar biasa sekali. Karena pada mobil yang satu ini hadir dengan membawakan berkonfigurasi V8 dengan dua Turbocharger Kembar.

Dengan tipe mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga minimumnya yang mencapai 750 Hp. Sedangkan untuk top speed nya mampu mencapai 97 km/jam dalam waktu 3,2 detik.

Selain memiliki performa yang sangat cepat ini, Saleen S7 Twin Turbo juga hadir dengan membawakan tampilan bodi yang sangat mewah dan juga elegan sekali. Pada bodinya memang didesain lebih meruncing, sehingga tekanan angin yang diterima akan semakin kecil.

Sedangkan untuk harga yang ditawarkan pada mobil yang satu ini mencapai $ 585.296 atau sekitar Rp. 6 milyar.

8. MClaren F1

Nama MClaren sudah tidak asing lagi bagi penggemar kecepatan. Benar, pabrikan satu ini  memang dikenal dengan mobil-mobilnya yang sangat super cepat.

Salah satunya mobil yang dimiliki oleh komedian Mr. Bean yakni MClaren F1. Mobil yang satu ini memang memiliki tampilan yang sangat keren sekali dan mewah.

Selain memiliki tampilan yang sangat sporty, keren dan juga mewah. MClaren F1 juga memiliki performa dapur pacu yang sangat tangguh sekali, bahkan menjadi salah satu mobil tercepat di dunia.

Pasalnya sudah dibekali dengan mesin V12 6,1 liter , mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maximumnya yang mencapai 635 tenaga kuda dengan top speed 0-100 km/jam hanya 3,2 detik saja.

9. Pagani Huayra BC

Merek Pagani Huayra BC mungkin tidak terlalu dikenal oleh pecinta otomotif Indonesia. Akan tetapi,  Produsen mobil yang satu ini telah menghadirkan mobil andalannya dengan nama Pagani Huayra BC.

Pabrikan ini mengklaim Pagani Huayra BC mampu menghasilkan tenaga yang sangat menakjubkan sekali. Apalagi untuk mobil yang satu ini hanya diproduksi sebanyak 20 unit saja, sehingga tidak semua orang bisa memilikinya. 

Sementara itu untuk sektor dapur pacunya dibekali dengan mesin V12 dengan kapasitas 6 liter, pada mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maximumnya yang mencapai 730 Hp. Bahkan Pagani Huayra BC mampu mencatatkan waktu top speed-nya 0-96 km/jam dalam waktu 3,3 detik saja.

Baca Juga: 20 Mobil Balap Keren di Dunia, Tercepat 515 km/jam!

10. Jaguar XJ220

Pabrikan Jaguar tidak ingin ketinggalan dalam persaingan mobil tercepat di dunia. Mereka ini dikenal dengan beberapa mobil supercarnya. 

Bahkan mobil besutan dari produsen yang satu ini pernah memecahkan rekor sebagai mobil tercepat di dunia. Namun untuk saat ini kecepatan yang dimiliki oleh Jaguar XJ220 sudah dipatahkan beberapa mobil-mobil ternama yang ada di dunia untuk saat ini.

Jaguar XJ220 pertama kali diproduksi pada tahun 1992, mobil tersebut di bekali dengan mesin bertipe 3,5 liter V6 Twin Turbo. Pada tipe mesin tersebut mampu menghasilkan akseserasi yang mencapai 343 km/jam.

Sedangkan untuk catatan waktu yang diraih 0-100 km/jam hanya dalam waktu 3,5 detik saja. Namun pada tahun 1994 mobi ini sudah tidak diproduksi kembali.

11. Koenigsegg Jesko Absolut 2021

Saat melihat mobil ini, kita bisa menilai bahwa desainnya unik dan futuristik. Lampu depannya terlihat menyipit. Meskipun termasuk mobil tercepat di dunia, kecepatan Koenigsegg Jesko Absolut 2021 ini masih berupa teoretis, tidak seperti mobil lain yang sudah membuktikannya. Kecepatan maksimalnya bisa mencapai 531 km/jam. Akan tetapi, perhitungan ini berdasarkan matematika saja. 

Mobil ini dibekali dengan mesin V8 5.0 liter twin turbocharged dengan bodi lancip. Mobil ini menawarkan downforce yang signifikan. Mesin ini bisa menghasilkan daya sebesar 1.600 horse power. Harganya berkisar Rp39,4 miliar.

12. Aston Martin Valkyrie 2021

Mobil tercepat di dunia berikutnya adalah Aston Martin Valkyrie 2021. Mobil ini adalah hasil dengan mitranya di Formula Satu, yaitu Red Bull Racing, untuk menciptakan hypercar kelas dunia. 

Mobil ini dilengkapi dengan mesin V12 dari Cosworth dan menggunakan sistem hybrid. Putaran mesinnya sangat tinggi, yaitu 11.000 rpm. Mobil ini bisa mencapai 100 km/jam hanay dalam 2,5 detik dan kecepatan tertingginya adalah 402 km/jam. Harga mobil dengan desain layaknya mobil balap lain ini adalah Rp42,1 miliar.

13. Lamborghini Sian Roadster 2020

Mobil Lamborghini termasuk dalam jajaran mobil tercepat di dunia. Desainnya sangat unik, keren, dan membuat yang melihat pasti berdecak kagum. Apalagi menggunakan velg berwarna emas. Lamborghini Sian Roadster hanya diproduksi 19 unit. Bisa dibilang, menjadi salah satu mobil paling langka. 

Dapur pacunya dibekali dengan mesin V12 6,5 liter Aventador dengan sistem hibrida ringan 48 volt. Akselerasinya bisa mencapai 350 km/jam. Untuk mencapai 100 km/jam, mobil ini cuma butuh waktu 2,7 detik. Mengingat mobil ini adalah mobil limited edition dengan mesin yang gahar, tidak heran kalau harganya mencapai Rp50,5 miliar.

14. Ferrari 812 SuperFast 2020

Desain mobil Ferrari 812 SuperFast ini bisa dibilang clean, sederhana. Mesin mobil ini terletak di depan dan menggunakan penggerak belakang. Mobil ini jadi salah satu mobil di jajaran coupe Ferrari. 

Menggunakan mesin V12 6,5 liter membuat mobil ini bisa berlari sampai dengan 340 km/jam. Meskipun bukan yang tercepat, tetapi tentu saja layak masuk dalam daftar mobil tercepat di dunia. Untuk mencapai 100 km/jam hanya butuh 2,8 detik. Bicara soal harga, mobil ini juga tidak dibanderol terlalu mahal, yaitu Rp4,7 miliar.

Baca juga: Keren! Mobil Mewah di Indonesia dan Kecepatannya Melejit

15. SSC Tuatara 2021

Mobil tercepat di dunia berikutnya adalah SSC Tuatara 2021. Mobil ini sudah melakukan uji standar, yaitu melaju dua kali dengan kecepatan rata-rata 508 km/jam. Sayangnya, beberapa pekan kemudian, ada rumor bahwa telemetri dan rekaman percobaan itu tidak cocok. Sehingga, SSC berencana untuk melakukan uji coba ulang.

Mobil ini dibekali dengan mesin yang tenaga maksimalnya bisa mencapai 1.750 hp. Hanya butuh 2,5 detik saja untuk mencapai 100 km/jam. Harganya berkisar Rp26,7 miliar.

16. Mercedes-AMG One 2022

Mobil ini punya desain yang unik dengan bodi yang ramai dengan corak, Mercedes-AMG One ini memang masih langka. Mobil ini memakai beberapa teknologi dari mobil-mobil Formula 1. Mesinnya menggunakan empat silinder 1.5 liter turbocharged dan dilengkapi juga dengan tiga motor listrik.

Top speed mobil ini bisa mencapai 350 km/jam, dengan akselerasi 0-100 km/jam hanya 2,6 detik. Harganya dibanderol sekitar Rp38,2 miliar.

17. Devel Sixteen

Mobil terakhir yang bakal Otoklix bahas di artikel ini adalah Devel Sixteen. Mobil ini bahkan berada di peringkat pertama mobil tercepat di dunia 2022. Mobil ini dibekali mesin V16 dengan kapasitas 12.3 liter. Torsinya bisa mencapai 5007 tenaga kuda. 

Mobil ini bisa melaju sekitar 500 km/jam dengan kecepatan maksimal 310 mph. Dengan kecepatan ini, Devel Sixteen bahkan bisa menyaingi helikopter tercepat di dunia yang hanya bisa melaju 454 km/jam!

Itu dia sederet mobil tercepat di dunia yang pernah diproduksi. Untuk kalian yang memiliki supercar yang ingin melakukan perawatan rutin bisa membooking terlebih dahulu bengkel kepercayaan anda di website Otoklix.

Namun, jangan berkecil hati kalau OtoFriends belum punya supercar. Kita bisa servis mobil supaya performanya tetap kencang dengan cara tune up di bengkel Otoklix. Install aplikasinya sekarang!

Pertanyaan Seputar Mobil Tercepat di Dunia 

Saat ini, mobil tercepat yang tercatat di tahun 2022 dan sudah dibuktikan kecepatannya adalah Devel Sixteen. Mobil ini bisa melaju dengan kecepatan maksimal 500 km/jam.

Mobil Koenigsegg punya berbagai macam tipe. Namun, salah satu yang termasuk dalam daftar mobil tercepat di dunia adalah Koenigsegg Jesko Absolut. Kecepatannya bisa mencapai 531 km/jam. Namun, ini masih merupakan kecepatan teoritis. Kecepatan ini juga dianggap tidak resmi karena dihitung satu arah, bukan jumlah rata-rata dari arah yang berlawanan.

Salah satu mobil tercepat di dunia adalah Bugatti Veyron Super Sport. Mobil ini dibekali dengan mesin berkapasitas 7.993 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sampai 1.200 hp.