Chery Indonesia menunjukan keseriusannya dengan membangun gudang spare part Chery di Indonesia untuk memastikan sparepart selalu tersedia. Dengan begini, konsumen tidak ragu lagi saat membeli mobil Chery. 

Konsumen di Indonesia saat akan membeli mobil, hal yang dipertanyakan adalah suku cadangnya mudah didapatkan atau tidak. Untuk merk mobil yang berasal dari Jepang, mencari spare part sangat mudah, hampir semua bengkel mobil ada. Tetapi untuk merk mobil baru seperti Chery, mungkin akan lebih sudah.

Tetapi dengan dibangunnya gudang spare part di Indonesia, konsumen akan lebih mudah mendapatkan spare part original dari mobil Chery. Sebelum lanjut, mungkin ada beberapa OtoFriends yang masih asing dengan merk Chery?

Mengenal Merk Chery

Chery adalah perusahaan mobil yang berasal dari China. Sebenarnya, Chery ini bukan merk baru di Indonesia, karena pada tahun 2006 sudah mulai berjualan di Indonesia. Pada tahun 2013, Chery mengumumkan untuk pergi dari Indonesia karena mobil yang dijual tidak terlalu laku di Indonesia.

Akhirnya, tahun 2022 ini Chery kembali lagi ke Indonesia dengan mengikuti pameran Indonesia International Motor Show (IIMS). Saat itu Chery membawa lima model mobil termasuk mobil listrik. Model yang dipamerkan ada seri SUV Tiggo 7 Pro, Tiggo 8 Pro, Skytour dan OMODA 5. Untuk model mobil listrik yang dibawa seri Cheri eQ1, calon pesaing Wuling Air EV.

Lokasi Gudang Spare Part Chery

Lokasi gudang spare part Chery di Indonesia berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. Kedepannya, akan dibangun gudang spare part warehouse yang berlokasi di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Tujuannya agar layanan after sales yang baik tidak perlu terlalu lama inden spare part dari luar negeri.

Gudang spare part di Cikarang menurut Jerry Huang, selaku Vice President PT Chery Sales Indonesia memiliki luasan gudang mencapai 4.000 m2. Warehouse Chery ini akan menyimpan untuk kebutuhan purna jual bisa berupa perawatan suku cadang, perangkat kelistrikan dan rangka.

Kelebihan dan Kekurangan Chery

Hadirnya mobil buatan dari Negeri Tirai Bambu membuat konsumen goyah. Konsumen bisa mendapatkan mobil yang lebih mewah dan fitur lengkap dibanding mobil Jepang. Tetapi setelah kesuksesan Wuling di Indonesia, mobil China tidak lagi dipandang sebelah mata. 

Termasuk mobil merek Chery yang kita bahas saat ini, terdapat beberapa kelebihan dan kekurangannya. Apa saja itu? 

Kelebihan Mobil Chery

Agar tambah yakin membeli mobil Chery, berikut beberapa kelebihan mobil Chery dibanding dengan merk lain:

  1. Harga yang terjangkau

Jika kamu bandingkan, mobil Jepang dan mobil China dengan spesifikasi dan fitur yang sama memiliki harga yang lebih murah, termasuk merk Chery. Jangan berpikiran negatif terlebih dahulu, harga yang lebih murah bukan berarti jelek dan kualitasnya kurang baik. Coba lakukan test drive dan lihat reviewnya kira-kira bagaimana hasilnya.

  1. Fitur lengkap dan menarik

Mobil Chery memiliki value for money yang tinggi. Contoh saja fitur sunroof, tidak mungkin kamu bisa mendapatkan fitur ini untuk mobil dengan harga 300 jutaan. Model Chery Tiggo 7 Pro dengan harga 300 jutaan kamu sudah bisa mendapatkan sunroof dan fitur-fitur menarik lainnya. 

  1. Desain fresh

Desain-desain mobil Chery lebih fresh dan baru jika dibandingkan mobil Jepang. Tampilan eksteriornya lebih mewah terlihat seperti mobil premium. Untuk kamu yang mencari mobil yang memiliki tampilan berbeda, Chery bisa jadi pilihan.

  1. Berani memberi garansi lama

Chery berani memberikan garansi selama 6 tahun atau 150 ribu km dengan garansi mesin 10 tahun atau 1.000.000 km. Tidak sampai disitu, kamu akan mendapatkan gratis perawatan selama 4 tahun atau 60 ribu. Menarik bukan?

  1. Prospek masa depan

Memang belum terlihat prospek masa depan mobil Chery seperti apa, tetapi dengan dibangunnya gudang spare part di beberapa wilayah Indonesia menjadikan prospek masa depan yang bagus. Ditambah lagi dengan target dealer Chery yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

Baca juga: Mobil China di Indonesia Serta Harga, Kelebihan dan Kekurangannya

Kekurangan Mobil Chery

Ada beberapa kekurangan yang dimiliki mobil Chery, apa saja kira-kira?

  1. Jaringan dealer terbatas

Jika dibandingkan merk besar seperti Toyota dan Honda, Chery saat ini hanya memiliki jaringan dealer kurang dari 20 lokasi. Tetapi target sampai akhir tahun 2023 akan dibangun 70 dealer baru beserta dengan gudang spare part di beberapa wilayah Indonesia. 

  1. After sales terbatas

Karena jaringan dealer yang masih terbatas, layanan after salesnya pun juga kurang. Solusinya kamu bisa mencari bengkel terdekat yang berpengalaman menangani mobil-mobil merk China. 

  1. Ketersediaan spare part

Ketersediaan spare part menjadi hal yang dipertimbangkan saat membeli mobil dari China. Itulah kenapa Chery membangun gudang spare part di Indonesia agar ketersediaan spare part lebih mudah.

  1. Build quality masih dipertanyakan

Meskipun dari segi tampilan dan desain menarik, build quality dari mobil China masih banyak dipertanyakan keawetannya. Mobil merk Jepang apalagi Eropa memiliki build quality yang bisa diandalkan sampai beberapa tahun penggunaan.

  1. Kehandalan masih belum terbukti

Chery termasuk merk baru di Indonesia, jadi dari segi kehandalannya memang belum terbukti. Tetapi dari garansi resmi yang diberikan membuktikan bahwa Chery benar-benar memiliki mobil yang handal. Jika saat masa garansi ada komponen bermasalah tentunya akan diganti dengan komponen baru.

  1. Stigma negatif merk China

Semua merk dari China seperti Chery, Wuling, DFSK di Indonesia masih mendapatkan stigma negatif. Tetapi stigma ini akan hilang dengan sendirinya saat mobil merk Chery ini membuktikan kualitasnya di Indonesia.

  1. Harga jual kembali rendah

Terakhir, kekurangan mobil Chery adalah harga jual kembali yang rendah. Chery masuk dalam kategori mobil China, untuk harga jualnya biasanya turun rendah. Tidak hanya mobil China, mobil dari Korea dan Eropa di Indonesia saat ini memiliki harga jual yang rendah, kecuali merk-merk Jepang.

Demikian pembahasan mengenai gudang spare part Chery di Indonesia. Bagi kamu yang tertarik membeli mobil Chery, langsung saja karena baru saja launching model Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro. Segera install aplikasi Otoklix untuk mendapatkan rekomendasi bengkel terbaik di sekitar kamu. Jangan lupa buka blog Otoklix untuk informasi menarik lainnya.

Pertanyaan Seputar Bengkel Mobil Terdekat

Lokasi gudang spare part Chery di Indonesia berada di kawasan industri CIkarang, Jawa Barat.

Chery pertama kali masuk ke Indonesia tahun 2006, kemudian tahun 2013 hengkan dan kemudian kembali lagi tahun 2022.

Harga Cheri eQ1 jika dikonversikan ke mata uang Indonesia sekitar 112 juta sampai 225 juta, harganya belum dirilis secara resmi.