Bagi kamu pemilik mobil Toyota, pastinya ingin memberikan perawatan terbaik untuk mobil kesayangan kamu. Salah satu caranya adalah menggunakan oli yang spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan mobil.

Kabar baiknya, Toyota Motor Oil (TMO) mengeluarkan oli Toyota yang dirancang sesuai dengan kebutuhan mobil produksinya. Yuk, simak beberapa tipe oli Toyota di bawah ini.

Tipe Oli Toyota yang Beredar di Pasaran

1. TMO 0W-20 SN GF-5

Oli Toyota satu ini sering juga disebut TMO Gold karena kemasannya berwarna emas. Oli ini diformulasikan untuk kendaraan Toyota modern karena memiliki kekentalan 0W-20, bisa dibilang oli ini sangat encer dan cocok melewati celah sempit mobil baru.

Teknologi yang digunakan pada TMO Gold ini adalah Actifilm Technology-Double Protection. Teknologi  ini mampu melindungi seluruh bagian mesin sampai ke sela terkecil. Selain itu juga dapat mencegah terbentuknya kerak pada dinding ruang mesin akibat sisa pembakaran. Teknologi lain yang dipakai pada oli ini adalah Rapid Cell Injection yang berfungsi membantu oli melumasi setiap bagian komponen mesin dengan lebih cepat meskipun mesin baru dihidupkan.

Oli TMO Gold ini cocok digunakan pada kendaraan Toyota yang sudah menggunakan teknologi VVT-i, Dual VVT-i, dan mesin hybrid.

2. TMO Lubricant 5W-30

TMO Lubricant 5W-30 menggunakan bahan full sintetis dan dirancang untuk kendaraan Toyota bermesin bensin yang sudah berteknologi VVT-i. Teknologi yang dipakai pada oli ini juga Actifilm Technology – Double Protection yang bisa membersihkan mesin dan mencegah terbentuknya kerak. Mobil Toyota Agya, Calya, Innova, Avanza, dan Camry cocok menggunakan oli dengan tutup botol warna hijau ini.

3. TMO Lubricant 10W-40 SN

Oli Toyota berikutnya adalah oli berjenis semi sintetis. Kemasannya berwarna abu-abu dan tutup berwarna biru. Kekentalan oli ini cukup tinggi sehingga cocok digunakan untuk mobil yang usianya sudah lama, seperti Avanza lama. Harganya pun paling murah dibandingkan oli mesin Toyota lainnya.

4. TMO Lubricant 15W-40 CL-4

Oli ini adalah khusus mobil diesel seperti Kijang Innova diesel, Kijang Innova Venturer diesel, dan Fortuner diesel. Oli dengan kekentalan yang tinggi ini menggunakan teknologi Actifilm yang bisa melindungi dinding dan ruang mesin sampai sela terkecil.

5. TMO Lubricant GL-4 80W-90

Pelumas yang satu ini bukan oli mesin, melainkan oli transmisi manual. TMO Lubricant GL-4 tersedia dalam kemasan 1 liter. Oli ini tidak hanya berfungsi sebagai pelumas, tetapi juga meredam suara akibat gesekan gigi.

6. TMO Lubricant ATF T-IV

Bagi kamu pemilik mobil matic, tak perlu khawatir karena Toyota juga memproduksi oli transmisi matic atau ATF (Automatic Transmission Fluid. Oli jenis ini cocok untuk mobil Toyota matic dengan transmisi otomatis yang bukan CVT. Jadi, pastikan dulu jenis transmisi mobil matic kamu sebelum membelinya ya.

7. TMO Lubricant CVT FE

Nah, kalau oli yang satu ini memang khusus untuk transmisi matic tipe CVT. Mobil-mobil Toyota matic tipe CVT di antaranya adalah Sienta, Yaris CVT, Ner Camry Hybrid, Vellfire, Harier, Alphard, dan C-HR.

8. TMO Lubricant GL-5 90

Oli Toyota yang terakhir adalah oli gardan dengan kadar API GL-5. Oli ini berfungsi melindungi gardan agar kinerjanya optimal dan gesekan antar komponen tidak terlalu berat.

Keunggulan Oli Toyota

Apa sih keunggulan TMO dibandingkan oli mesin lainnya untuk mobil Toyota?

  • TMO mampu menjaga performa mesin karena sudah diformulasikan khusus untuk mobil Toyota yang beredar di Indonesia. Tentu saja mesin akan menjadi lebih awet.
  • TMO sudah dirancang sesuai dengan kondisi iklim tropis Indonesia dari segi nilai viskositas dan juga spesifikasi teknis lainnya.
  • Formula oli Toyota sudah disesuaikan dengan mesin modern mobil Toyota dengan teknologi Dual VVT-i dan turbo variabel (VNT)
  • Seluruh oli Toyota sudah mengikuti standar internasional dan juga standar yang disyaratkan oleh Toyota.
  • Yang paling penting, oli Toyota tidak mudah dipalsukan mengingat banyaknya oli palsu yang beredar dan malah membuat mesin mobil rusak.

Mengapa Oli TMO sulit dipalsukan?

Bagi kamu yang sudah familier dengan dunia otomotif, pasti tidak aneh dengan pemalsuan oli. Tetapi tenang saja, TMO sudah menggunakan teknologi dan inovasi desain kemasan yang membuat olinya tidak mudah dipalsukan.

Tutup botol kemasan oli TMO diberi segel sehingga jika segel sudah terbuka, maka kamu perlu waspada. Kemudian pada bagian bawah tutup kemasan juga terdapat hologram yang sulit dicetak ulang untuk dibuat tiruannya. Hologram ini harus dibuka dan tidak bisa direkatkan kembali ketika oli sudah digunakan.

Selain itu, untuk membuka tutup botol juga harus menarik kaitannya. Jika kesulitan, kamu bisa mencungkilnya dengan obeng min. Kalau sudah terbuka, tidak mungkin bisa dipasang kembali seperti baru keluar dari pabrik.

Itu tadi beberapa tipe oli Toyota yang bisa kamu gunakan untuk mobil Toyota kesayangan kamu. 
Kamu bisa melakukan ganti oli di bengkel umum terdekat melalui aplikasi Otoklix. Tidak hanya ganti oli, Otoklix akan mencarikan bengkel terdekat maupun perawatan lainnya seperti tune up, ganti ban, hingga cuci mobil. Merawat mobilmu hanya dari satu aplikasi!