Dibandingkan dengan cuci mobil manual, bengkel cuci mobil robotic memang relatif mematok harga yang lebih tinggi dibandingkan cuci mobil manual. Akan tetapi, memang ada kelebihannya mencuci mobil dengan teknologi robotic. 

Apa yang dimaksud dengan cuci mobil dengan sistem robotik atau Robotic Carwash? Apa saja kelebihan dan kekurangannya dan berapa rata-rata biaya untuk sekali pencucian? Simak selengkapnya ya.

Apa Itu Cuci Mobil Robotic?

Mungkin sebagian dari kamu masih awam dengan istilah Robotic Carwash. Robotic Carwash adalah cuci mobil menggunakan teknologi yang diaplikasikan secara robotik. Sistem ini dirancang serba otomatis dan terkontrol dan sudah diprogram antar perangkatnya.

Kelebihan Robotic Carwash

Penggunaan cuci mobil robotic ini praktis dan tidak membutuhkan banyak orang untuk mencuci mobil secara langsung. Selain itu, ada beberapa kelebihan sebelum kamu berencana untuk cuci mobil dengan sistem robotik. Apa sajakah itu?

1. Hemat waktu

Keuntungan yang pertama adalah hemat waktu. Robotic Carwash sudah menggunakan sistem yang terprogram otomatis, sehingga prosesnya sudah diatur secara sistematis. Prosesnya pun menjadi lebih cepat dan efisien. 

Waktu yang dibutuhkan untuk cuci mobil robotic hanya 5 menit untuk bodi bagian luar dan 15 menit untuk interior mobil. Sementara itu jika menggunakan cuci mobil manual membutuhkan 10-15 menit hanya untuk membersihkan bodi luar dan sekitar 20 menit untuk membersihkan interior.

Proses pencucian ini dimulai secara manual menggunakan sabun untuk membersihkan kotorannya. Kemudian mobil baru diarahkan ke robotic dan mesin akan menyemprotkan air ke seluruh bodi luar mobil sebanyak dua kali penyemprotan. Tidak perlu khawatir cat mengelupas karena tekanan air di cuci mobil robotic ini cukup aman.

Setelah itu, pada sebagian bengkel, mobil akan dibawa ke mesin hidrolik pengangkat mobil agar pekerja dapat dengan mudah membersihkan kolong mobil. Dalam hal ini memang tidak sepenuhnya bisa menggunakan mesin, tetapi butuh tenaga manusia. Yang terakhir adalah proses pengeringan.

2. Lebih praktis

Pencucian mobil menggunakan robotic dapat dikatakan lebih praktis. Pasalnya, kamu tidak perlu keluar dari mobil ketika mencuci mobil. Hanya cukup duduk manis, menutup rapat semua jendela, dan mengikuti prosedur Robotic Carwash yang kamu datangi.

Tetapi hal ini hanya berlaku apabila kamu melakukan cuci bodi luar mobil saja. Jika ingin membersihkan interior, tentunya kamu harus tetap keluar dari mobil setelah proses mencuci bodi luar selesai.

3. Umumnya mendapatkan pelindung cat

Salah satu keuntungan mencuci mobil di tempat Robotic Carwash adalah mendapatkan pelindung cat. Hal ini sudah umum, tetapi memang tidak semua Robotic Carwash akan memberikan pelindung cat. Hanya saja memang hal ini membuat biaya menjadi lebih mahal.

Perlu kamu ketahui bahwa menggunakan pelindung cat dapat melindungi cat mobil dari paparan sinar ultraviolet yang bisa membuat cat mobil menjadi terlihat kusam.

4. Mengurangi cat mobil tergores

Pada cuci mobil manual mungkin masih ada kotoran yang tertinggal di serat kain atau spons. Hal itu dapat menggores cat mobil. Tetapi tidak perlu khawatir jika kamu yakin cuci mobil manual aman untuk mobilmu.

Kelemahan Cuci Mobil dengan Robotic Carwash

Meskipun cuci mobil robotic memiliki keuntungan seperti di atas, tetapi ada juga kelemahannya. Mulai dari segi harga dan juga segi kebersihan.

1. Cenderung lebih mahal

Karena menggunakan teknologi dari mesin, tentu saja pihak bengkel harus mengeluarkan dana lebih untuk membeli mesin tersebut. Selain itu, mesin tersebut juga memerlukan tenaga listrik yang cukup besar, yaitu antara 5.000 watt sampai dengan 12.000 watt.

Selain itu, beberapa alat pendukung juga diperlukan, termasuk menyiapkan generator untuk berjaga-jaga agar tidak terkena pemadaman listrik. Untuk menutupi biaya operasional tersebut, maka pihak bengkel harus menaikkan harga cuci mobil. 

Umumnya, untuk satu mobil membutuhkan biaya sekitar ratusan ribu.

2. Bagian kolong mobil kurang dibersihkan secara maksimal

Kelemahan berikutnya dari Robotic Carwash adalah kolong mobil yang dibersihkan secara kurang maksimal. Padahal, kolong mobil seringkali kotor, apalagi jika berkendara di musim hujan atau mobil kamu termasuk mobil off road. Bagian kolong ini tidak akan terjangkau dengan baik oleh mesin robotic.

Oleh sebab itu, jika ingin cuci mobil robotic, sebaiknya kamu memilih tempat cuci mobil yang menyediakan pelayanan manual juga khusus membersihkan bagian kolong mobil.

3. Boros air

Kelemahan ini dirasakan oleh pemilik bengkel. Salah satu pemilik bengkel yang dilansir dari Liputan6.com menyatakan bahwa untuk satu kali injeksi, mesin membutuhkan 80 liter air. Padahal untuk cuci mobil manual hanya membutuhkan 40 liter air saja.

Perhatikan Hal Ini Jika Mencuci di Robotic Carwash

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika mencuci mobil di Robotic Carwash agar prosesnya berjalan lancar.

  • Mematikan mesin mobil
  • Memposisikan transmisi di posisi netral
  • Mematikan radio
  • Melipat spion
  • Tidak mengaktifkan rem tangan
  • Jangan menginjak rem atau gas
  • Ikuti prosedur dan arahan dari pihak tempat cuci mobil

Jadi, mana yang lebih baik? Cuci mobil robotic, manual, touchless, maupun waterless memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan saja. Yang penting, perhatikan apakah bengkel cuci mobil yang kamu tuju memang bagus dan tepercaya.

Oleh karena itu, Otoklix bisa merekomendasikan bengkel cuci mobil untuk kamu, terutama yang sudah berlabel Power Workshop. Bengkel ini sudah sesuai dengan standar Otoklix dan memiliki harga yang bersaing dengan bengkel lainnya lho.