Memilih jenis air radiator yang bagus untuk mobil tua memang harus selektif. Sebab, jenis air radiatornya kemungkinan berbeda dengan mobil keluaran terbaru. Pasalnya, mobil-mobil tua memang lebih banyak mengalami masalah pada mesin karena faktor usia kendaraan. Ini dia jenis-jenis air radiator yang bagus untuk mobil tua.

Rekomendasi Jenis Air Radiator untuk Mobil Tua

Mobil-mobil tua kerap mengalami overheating atau mesin mudah panas. Cara mengatasi masalah tersebut adalah memakai air radiator yang cocok untuk menstabilkan suhu mesin mobil. Apa sajakah air tersebut? Simak ulasannya.

1. Air mineral atau air keran

Meskipun bukan pilihan terbaik, tetapi air mineral atau air keran bisa digunakan sebagai alternatif air radiator mobil tua. Namun, air mineral atau air keran disarankan untuk mobil tua yang suhu mesinnya relatif stabil alias tidak sering mengalami masalah overheating. Sebab, titik didih air mineral hanya 100 derajat celcius.

Keuntungan menggunakan air mineral atau air keran adalah murah dan mudah didapat. Selain itu, tidak ada risiko kalau air tumpah ke komponen mesin lain. Hanya saja, penggunaan air mineral dan air keran untuk mengisi radiator perlu dibatasi. Sebab, jenis air ini memiliki sifat korosif apabila digunakan dalam jangka waktu yang lama. Mesin mobil bisa berkarat jika terlalu lama pakai air mineral atau air keran sebagai air radiator.

2. Air coolant radiator

Sesuai dengan namanya, air ini memang khusus dirancang untuk mengisi air radiator. Air ini cocok digunakan pada kendaraan yang sering mengalami overheating ringan. Kelebihan air coolant radiator dibandingkan air keran adalah titik didih yang lebih tinggi, yaitu sekitar 110 sampai 115 derajat celcius.

Jadi, bagi OtoFriends yang punya mobil tua dengan masalah di sistem pendingin, bisa menggunakan air coolant radiator. Namun, harga air ini memang cukup mahal, yaitu Rp40 ribu – Rp70 ribuan per liter.

Baca juga: Cara Service Radiator Mobil Sendiri & Tips Merawatnya

3. Radiator super coolant

Radiator super coolant ini bisa menjadi pilihan air radiator yang bagus untuk mobil tua yang sering mengalami overheating. Jenis air ini memang sangat baik untuk menjaga suhu mesin agar tetap stabil. Titik didihnya lebih tinggi dibandingkan air coolant radiator, yaitu sekitar 130 derajat celcius.

Jadi, untuk mobil tua yang sering mengalami overheating, disarankan untuk menggunakan radiator super coolant. Hanya saja, harga jenis air ini memang lebih mahal dibandingkan dengan air coolant radiator, yaitu Rp70 ribu – Rp125 ribuan per liter.

4. Antifreeze coolant protector

Antifreeze coolant protector juga punya titik didih yang sama dengan radiator super coolant. Sehingga cocok digunakan untuk mendinginkan mesin mobil tua yang sering overheating. Selain itu, ada kelebihan dari cairan ini karena ada zat anti beku bernama propylene glycol, sesuai dengan namanya yaitu Antifreeze.

Fungsi antifreeze coolant radiator juga sama dengan radiator coolant protector. Harga per liter untuk cairan ini adalah sekitar Rp60 ribu – Rp120 ribuan.

Kesimpulannya, air radiator yang bagus untuk mobil tua yang mudah panas adalah air coolant radiator, radiator super coolant, dan antifreeze coolant protector. Sementara untuk mobil tua yang jarang mengalami overheating bisa hanya menggunakan air mineral atau air keran.

Baca juga: Mesin Mobil Cepat Panas? Ini Penyebab dan Solusinya

Fungsi Air Radiator Mobil

Setelah mengetahui jenis air radiator yang bagus untuk mobil tua, mari kita bahas lebih lanjut tentang fungsi air radiator. Air radiator yang dibuat oleh pabrikan biasanya memiliki tambahan zat glikol atau campuran etilen glikol. Ada juga yang terdiri dari campuran propilen glikol. Air ini bisa mendinginkan mesin mobil dengan baik.

Berikut ini adalah fungsi air radiator mobil untuk mobil-mobil tua:

  • Mengurangi panas saat mesin sedang bekerja
  • Berfungsi tambahan sebagai pelumas agar gesekan mesin tidak terlalu besar. Terutama kalau menggunakan air radiator dengan bahan campuran glikol yang lebih pekat.
  • Membersihkan komponen mesin dari kotoran yang bisa menghambat performa mesin
  • Melindungi mesin mobil dari korosi

Pilihan Air Radiator untuk Mobil Tua

Saat ini sudah banyak pabrikan yang memproduksi air khusus radiator mengingat fungsinya yang sangat penting. Di bawah ini adalah sejumlah merek yang bisa jadi pilihan untuk memakai air radiator khusus.

1. TOP1 Power Coolant

Selain memproduksi oli, TOP1 juga mengeluarkan produk air radiator coolant berkualitas. Air ini memiliki kandungan ethylene glycol yang titik didihnya bisa mencapai 110 derajat celcius. Mesin akan terhindar dari korosi dan penimbunan kerak. Harga TOP1 Power Coolant adalah sekitar Rp130 ribuan.

2. Prestone Coolant

Prestone adalah merek asal Amerika yang punya coolant radiator dengan titik didih yang tinggi, yakni 126 derajat celcius. Selain mendinginkan mesin, air radiator ini juga bisa membuat kinerja AC lebih maksimal. Harga Prestone Coolant berkisar Rp99 ribuan.

3. Powerplus Coolant

Tidak hanya bisa digunakan pada mobil, Powerplus Coolant juga bisa dipakai di motor. Kelebihan dari air radiator ini adalah tidak bikin tangki karatan dan keropos. Kita perlu menyiapkan dana sekitar Rp120 ribuan untuk membeli air radiator ini.

4. G Force Radiator Coolant

Air radiator yang satu ini punya harga yang relatif ekonomis, yaitu hanya Rp54 ribuan. Radiator coolant ini bisa menghindari mesin dari karatan dan korosi dan juga mencegah mesin cepat panas.

Baca juga: Air Radiator Mobil yang Bagus dan Terlaris di Pasaran

5. Vegacool

Vegacool punya dua jenis produk, yaitu Vegacool Merah dan Vegacol Hijau. Namun, sebenarnya tidak ada perbedaan mencolok di antara keduanya. Harga radiator coolant ini berkisar Rp70 ribuan.

6. Master Coolant Radiator

Banyak pengguna mobil yang menggunakan Master Coolant Radiator. Selain bisa menjaga suhu mesin dan menghindari komponen dari karat, harganya juga ekonomis. Siapkan saja dana Rp65 ribuan untuk membeli Master Coolant Radiator.

7. Bryston Coolant Radiator

Merek asal Jepang ini punya harga yang lebih murah lagi. Hanya Rp38 ribuan. Namun, kualitasnya sama baik dan bisa membuat kinerja AC lebih maksimal. Mesin mobil juga tidak cepat panas.

8. Wealthy Coolant Radiator

Meskipun belum terlalu dikenal, tetapi merek ini punya kualitas yang sangat baik. Cairan ini bisa mencegah mesin dari karat, korosi, dan lumut. Wealthy Coolant Radiator bisa digunakan pada mobil berbahan bakar bensin maupun diesel.

9. Megacool

Radiator coolant yang satu ini dibanderol dengan harga Rp22 ribuan saja. Namun, fungsinya tetap baik untuk menstabilkan suhu mesin agar tidak cepat overheating sehingga kinerja mesin jadi lebih maksimal.

Itu dia jenis air radiator yang bagus untuk mobil tua, fungsi air radiator, sampai dengan pilihan merek radiator coolant. Biasanya cairan-cairan ini bisa didapat di bengkel-bengkel umum terdekat. Temukan bengkel terdekat menggunakan aplikasi Otoklix!