Selang radiator mobil bocor adalah salah satu masalah radiator mobil yang harus OtoFriends waspadai. Pasalnya, apabila selang radiator mobil bocor, OtoFriends harus siap sedia membawa mobil OtoFriends ke bengkel terdekat untuk melakukan perbaikan dan pemeriksaan lebih lanjut, agar kebocoran tidak semakin parah dan menyebabkan kerusakan pada komponen mesin mobil lainnya. 

Baca juga: Mesin Mobil Terdiri dari banyak Komponen Penting, Apa Saja?

Perlu OtoFriends ketahui, selang radiator mobil memiliki peran penting untuk mendinginkan mesin mobil. Sehingga bisa dibayangkan apabila selang radiator mobil bocor, radiator mobil tentu akan mengalami kerusakan, akibatnya mesin mobil akan mudah mengalami overheat. Jika mobil sudah overheat maka proses pembakaran mesin tidak akan berjalan dengan optimal dan akan berujung pada matinya mesin mobil.

Tidak ingin hal tersebut terjadi, lantas bagaimana cara mengatasi dan mengantisipasi masalah selang radiator mobil bocor? Berikut ulasannya:

Ciri Selang Radiator Mobil Bocor

Mengatasi masalah selang radiator mobil bocor, ada beberapa ciri kerusakan radiator mobil yang harus otoFriends ketahui, antara lain:

  1. Muncul Tetesan Air di Bawah Bumper Depan Mobil

Melihat ada tetesan air yang muncul di bawah bumper depan mobil? Sebaiknya OtoFriends tidak menyepelekannya. Segera cek apabila sumber kebocoran tepat di bagian bawah mesin, maka bisa dipastikan bahwa selang radiator mobil bocor. Namun jika sumber tetesan air berasal dari bagian bawah bumper mobil maka kebocoran ada pada radiator mobil.

Baca juga: Cara Servis Radiator Mobil Sendiri dan Tips Merawatnya

  1. Mobil Sering Overheat

Sesuai dengan fungsinya, selang radiator mobil memiliki peran untuk mengalirkan cairan pendingin ke radiator mobil. Jadi jika mesin mobil sering mengalami overheat, OtoFriends bisa mengecek kondisi selang radiator mobil, karena apabila selang radiator mobil bocor, tentu radiator mobil tidak bisa berfungsi dengan optimal. Alhasil mesin mobil menjadi cepat overheat.

  1. Karat pada Radiator Mobil

Ciri selang radiator mobil bocor berikutnya adalah adanya karat atau korosi pada radiator mobil. Hal ini sebabkan oleh air radiator yang mengandung garam, sehingga apabila selang radiator mobil bocor, air radiator tersebut akan membuat karat dan korosi pada radiator mobil.

Penyebab Selang Radiator Mobil Bocor

Beberapa penyebab paling sering terjadi selang radiator mobil bocor, yaitu:

  1. Usia Mobil

Jika OtoFriends memiliki mobil tua, maka wajar jika masalah selang radiator mobil bocor terjadi. Untuk mengantisipasinya, OtoFriends harus sering melakukan servis rutin, sehingga masalah selang radiator mobil bocor dapat terhindari. OtoFriends bisa menggunakan aplikasi Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel yang tepat jika ingin melakukan servis rutin dan pengecekkan selang radiator mobil bocor. 

  1. Selang Radiator Mobil Tertekuk

Masalah selang radiator mobil  bocor juga bisa disebabkan oleh selang radiator mobil yang tertekuk. Pasalnya, selang radiator mobil ini dipisahkan oleh kipas radiator dan letaknya diantara mesin mobil dan radiator, sehingga selang radiator mobil rentan untuk lecet dan retak.

  1. Kerusakan konektor

Penyebab lainnya adalah adanya kerusakan konektor. Jika konektor selang radiator rusak atau ditutup dengan tidak rapat, maka masalah selang radiator mobil bocor pasti bisa terjadi. Mengatasi hal ini, OtoFriends hanya perlu mengencangkan klem selang radiator mobil dan rutin melakukan pemeriksaan di bengkel rekanan Otoklix agar masalah konektor rusak tidak terjadi. 

Cara Atasi Masalah Selang Radiator Mobil Bocor

Selang radiator mobil bocor? OtoFriends tidak perlu panik karena ada beberapa cara untuk bisa mengatasi masalah selang radiator mobil bocor ini:

  1. Penambalan Selang Radiator

Selang radiator mobil bocor bisa diatasi dengan melakukan penambalan menggunakan silicon red dan threebond. Pastikan bahwa mesin mobil sudah dalam kondisi dingin, sehingga penambalan dapat dilakukan dengan lebih mudah. 

  1. Ganti selang Radiator

Selang radiator mobil sudah terlihat usang dan tidak bisa digunakan kembali, ada baiknya untuk segera membeli selang radiator yang baru. OtoFriends bisa membeli selang radiator dengan kualitas yang baik, agar masalah selang radiator mobil bocor tidak terulang kembali. 

  1. Mengencangkan Klem

Klem radiator mobil yang kendur akan menyebabkan kebocoran. Cek kondisi klem sebelum OtoFriends berniat untuk melakukan penggantian selang radiator. Apabila memang klem radiator sudah benar-benar rusak dan kendur, OtoFriends dapat membeli klem radiator mobil yang baru untuk menghindari selang radiator mobil bocor kembali.

Masalah selang radiator mobil bocor memang terkadang menunjukkan tanda-tanda yang tidak terlihat, salah satunya adanya tetesan air pada bagian depan mobil. Tetesan air bisa saja menunjukan adanya indikasi kerusakan komponen mobil lainnya, seperti saluran AC dan juga kerusakan radiator. 

Baca juga: Estimasi Biaya Harga Servis Radiator Mobil dan Pengecekkan

Untuk itu OtoFriends perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut agar dapat memastikan bahwa benar ada masalah pada selang radiator mobil OtoFriends. Jangan sampai lalai, karena masalah selang radiator mobil bocor tidak bisa dibiarkan berlarut-larut. Segera lakukan pengecekan dan servis rutin melalui aplikasi Otoklix untuk menjamin kelancaran dan kenyamanan OtoFriends dalam berkendara. 

Pertanyaan Seputar Selang Radiator Mobil Bocor

Selang radiator mobil bocor yang tidak segera diperbaiki akan mengakibatkan kerusakan pada komponen mesin lainnya. Hal ini karena mesin mobil akan mengalami overheat yang berujung pada matinya mesin mobil.

Kebocoran pada selang radiator mobil dapat diatasi sesuai dengan penyebabnya. Mengganti selang radiator atau menutup klem dengan rapat dapat menjadi solusi. Segera bawa mobil ke bengkel terdekat agar dapat menemukan solusi kebocoran pada sistem radiator.

Selang radiator pecah atau bocor dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Salah satunya umur mobil yang sudah tua. Jika memang usia mobil sudah tua, melakukan penggantian selang radiator mobil adalah solusi yang tepat.