Oli dengan kekentalan berapa yang biasa kamu pakai? Yakin mobil kamu cocok dengan kekentalan oli itu? Salah satu oli yang menjadi pilihan banyak pengguna mobil adalah kekentalan oli 10W-40.

Tetapi apakah penggunaannya sudah tepat dan cocok untuk mobil kamu? Yuk simak informasi tentang kode oli 10W-40 di bawah ini.

Mobil yang Cocok Menggunakan Oli 10W-40 

Kode oli dengan kekentalan 10W-40 ini mudah terlihat pada kemasan botol oli. Sebagai tambahan informasi, kode ini adalah kekentalan oli yang dikeluarkan oleh SAE (Society of Automotive Engineers), yaitu organisasi yang mengeluarkan standarisasi kekentalan oli. Simak selengkapnya di artikel mengenai kekentalan oli.

Lantas, apa arti kode oli dengan kekentalan 10W-40 dan cocok digunakan pada mobil apa oli tersebut?

Kode oli 10W-40

Kode ini menunjukkan bahwa oli ini termasuk oli encer. Oli mampu mempertahankan kekentalannya pada suhu paling rendah -20oC sampai dengan suhu tertingginya 150oC. Oli yang encer cocok digunakan pada mobil keluaran terbaru.

Mengapa cocok digunakan pada mobil keluaran terbaru? Karena celah antar komponen pada mesin mobil keluaran terbaru masih sempit. Jadi butuh oli encer agar tarikannya lebih ringan.

Selain menggunakan oli yang encer, agar mesin pada mobil keluaran terbaru tidak bekerja secara berat, maka disarankan menggunakan oli dengan bahan full sintetis. Oli full sintetis dianggap mampu menyerap dengan sempurna.

Oli 10W-40 ini juga banyak digunakan pada mobil-mobil Low MPV (LMPV), contohnya Toyota Avanza 1.500 cc dan 1.300 cc.

Mobil-mobil lawas dengan usia 15 tahun ke atas disarankan menggunakan oli yang lebih kental untuk mengisi rongga mesin yang mulai melonggar.

Baca Juga: Rekomendasi Mobil Tua Perawatan Mudah dan Murah

Rekomendasi Oli 10W-40

Kamu pernah bertanya-tanya, oli 10W-40 untuk mobil apa? Bagi kamu yang masih bingung menentukan merek oli apa dengan kekentalan 10W-40 yang cocok untuk mobilmu, simak rekomendasi oli encer 10W-40 di bawah ini.

1. Fuchs Titan Formula SN SAE 10W-40

Fuchs Titan Formula SN SAE 10W-40 adalah pelumas mesin sintetis untuk semua musim yang mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Oli mesin ini juga diformulasikan khusus untuk mesin bensin dan melindungi dari deposit pada turbocharger.

Baca Juga: Mengenal Oli Fuchs, Kualitas Jerman Harga Terjangkau

2. Oli Fastron Techno

Sama seperti Castrol, kamu juga pasti sudah sering mendengar merek Fastron. Oli ini merupakan produksi Pertamina yang artinya merupakan produksi dalam negeri. Tidak kalah dengan produksi luar negeri, oli ini juga memiliki banyak peminat.

Apa kelebihan oli Fastron Techno? Oli Fastron Techno 10W-40 menggunakan teknologi nano guard yang dapat melapisi seluruh mesin ketika mesin mobil dinyalakan. Harga oli Fastron Techno yang beredar di pasaran mulai dari Rp65 ribu untuk kemasan 1 liter dan Rp600 ribu untuk kemasan 4 liter.

3. Oli Shell Helix HX6

Oli Shell Helix HX6 dengan kode 10W-40 ini telah menggunakan teknologi Active Cleansing Technology yang mampu menjaga mesin tetap bersih, sehingga mesin selalu terasa seperti baru.

Selain itu, bahan yang digunakan juga sintetis. Menggunakan oli ini dapat mengurangi gejala knocking pada mesin turbocharger.

Keunggulan oli ini tidak perlu diragukan karena telah mengantongi standard API SN. oli ini juga tidak cepat menguap sehingga oli tidak cepat habis. Oli Shell Helix HX6 cocok digunakan pada mobil mesin bensin, diesel, gas, bahkan biodiesel.

Oli Shell Helix HX6 dibanderol dengan harga sekitar Rp260 ribuan untuk kemasan 4 liter.

4. TMO 10W-40

Oli 10W-40 berikutnya adalah oli keluaran Toyota, yaitu TMO (Toyota Motor Oil). Oli dengan kekentalan 10W-40 menjadi oli yang sering dipakai. Oli ini dibuat dari bahan sintetis. 

Mobil yang cocok menggunakan oli TMO 10W-40 ini adalah mobil yang belum menggunakan teknologi VVT-i (Valve Variable Timing with Intelligence), contohnya Kijang Kapsul dan Avanza generasi pertama. Harga oli 10W-40 dari TMO ini adalah sekitar Rp50 ribu untuk kemasan 1 liter.

5. Oli Castrol Magnatec

Kamu pasti sudah tidak asing dengan merek oli Castrol. Castrol merupakan salah satu produsen dengan kualitas oli terbaik. Termasuk oli Castrol dengan tingkat kekentalan 10W-40.

Oli ini dibuat dari bahan full sintetis dengan spesifikasi API SN/CF. Pelumas ini memberikan lapisan perlindungan yang kuat sejak mesin mobil dinyalakan. Hal ini akan menjaga mesin menjadi tidak cepat rusak.

Selain itu, Castrol Magnatec ini dapat mengurangi keausan mesin sampai dengan 70%. Kekentalan oli ini juga cocok digunakan di semua musim.

Kamu bisa mendapatkan oli Castrol Magnatec 10W-40 dengan harga sekitar Rp340-420 ribu untuk kemasan 4 liter.

Baca Juga: Jenis Oli Castrol, Spesifikasi, dan Kisaran Harga

Selain kelima oli yang direkomendasikan di atas, beberapa oli di bawah ini juga memiliki kode oli 10W-40.

Produk OliHarga
Pertamina Mesran Prima XP (4 liter)Rp200 ribuan
Shell Helix HX6 (4 liter)Rp260 ribuan
Eneos Molybdenum (4 liter)Rp280 ribuan
Mobil Super 2000 (4 liter)Rp280 ribuan
Castrol Magnatec (4 liter)Rp340 ribuan
Igol Process B4 (4 liter)Rp410 ribuan
Elf Evolution 700 (4 liter)Rp480 ribuan
Motul 6100 Synergie (4 liter)Rp560 ribuan

Itu tadi informasi seputar oli 10W-40. Apakah cocok dengan mobil kamu? Hati-hati pemalsuan oli. Dapatkan oli yang asli di bengkel yang bermitra dengan Otoklix. Dapatkan juga promosi menguntungkan lainnya dengan memanfaatkan program reward dari OtoPoints.

Yuk, segera ganti oli jika memang sudah waktunya. Otoklix menyediakan ganti oli di bengkel terdekat dengan jaminan oli orisinal.

Pertanyaan Seputar Oli 10W-40

Oli 10W-40 untuk mobil yang membutuhkan oli yang cukup encer. Sehingga dapat digunakan pada mobil keluaran terbaru di bawah usia 10 tahun.

Misalnya, sebuah produk punya angka SAE 10w-40 artinya oli tersebut punya kekentalan 10 pada suhu dingin terendah. Sedangkan angka di belakang menandakan kekentalan oli saat mencapai titik didih. Misal angka 40, berarti tingkat kekentalannya mencapai 40 saat suhu 100 derajat celcius.

Kode oli 10W 40 untuk mobil yang berusia 1 hingga 10 tahun.