Regulator kaca mobil adalah salah satu komponen mobil yang menunjang kenyamanan berkendara. Komponen yang juga dikenal sebagai power window ini memungkinkan kita untuk membuka dan menutup kaca jendela mobil hanya dengan menekan sebuah tombol.

Jika mobil keluaran lama harus menggunakan tuas putar manual untuk membuka dan menutup kaca jendela, mobil saat ini kebanyakan sudah dilengkapi dengan teknologi regulator kaca mobil. Untuk lebih mengenal fungsi regulator kaca mobil, simak penjelasan di bawah ini.

Baca juga: 8 Penyebab Kaca Mobil Macet dan Cara Mengatasinya, Lengkap!

Fungsi Regulator Kaca Mobil

Kehadiran regulator kaca mobil tentunya akan memberikan kenyamanan kepada setiap pengguna mobil. Secara garis besar fungsi utama regulator kaca mobil adalah untuk menaikkan atau menurunkan kaca jendela pintu mobil dengan mengandalkan motor elektrik sebagai penggerak utamanya.

Selain memudahkan kita saat ingin membuka jendela kaca, regulator kaca mobil juga dilengkapi dengan sistem keamanan yang semakin memberikan rasa nyaman dan aman dalam berkendara.

Sayangnya, teknologi regulator kaca mobil ini tidak bisa dijumpai pada setiap jenis mobil, terutama mobil-mobil yang memiliki usia tua.

Cara Kerja Regulator Kaca Mobil

Dilihat dari sistem dan cara kerjanya, Regulator kaca mobil merupakan hasil gabungan teknologi mekanik dan elektronik. Kedua teknologi tersebut menghasilkan energi yang bisa menggerakkan kaca jendela mobil hanya dengan menekan sebuah tombol.

Regulator mobil bekerja dengan sebuah sistem yang disematkan pada setiap rangkaian elektronik. Melalui sistem tersebut, rangkaian elektronik bekerja untuk menaikkan dan menurunkan kaca jendela mobil ketika tombolnya ditekan.

1. Regulator kaca mobil naik

Untuk menaikan kaca mobil tentu saja kita harus menekan saklar ke arah atas. Pada saat yang bersamaan, putaran motor listrik tersebut akan difungsikan untuk menggerakan transfer gear pada regulator kaca mobil.

Gerakan tersebut kemudian akan diubah menjadi gerakan naik, sehingga jendela kaca mobil akan bisa bergerak naik.

2. Regulator kaca mobil turun

Sementara jika ingin menurunkan kembali kaca mobil, OtoFriends harus menurunkan saklar ke arah bawah. Pada saat tersebut, putaran motor akan diteruskan melalui regulator atau transfer gear untuk menggerakan kabel penghubung yang membuat posisi kaca bergerak ke arah bawah atau turun.

Baca juga: Cara Memperbaiki Power Window Mobil yang Macet

Harga Regulator Kaca Mobil

Regulator kaca mobil yang beredar di pasaran tentunya memiliki harga jual yang beragam. Biasanya, harga regulator kaca mobil berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung dari tipe mobil yang dimiliki.

Sebagai gambaran, berikut ini harga regulator kaca mobil berdasarkan tipe mobilnya:

  • Toyota Avanza 2003-2014 : Rp355.000
  • BMW seri E       : Rp595.000
  • Daihatsu Gran Max       : Rp398.000
  • Honda Civic 2012-2016     : Rp612.000
  • Daihatsu Ayla 1.0       : Rp162.000

Untuk lebih jelasnya berapa harga regulator kaca mobil, OtoFriends bisa bertanya langsung ketika akan melakukan servis di bengkel.

Baca juga: Segini Estimasi Biaya Ganti Kaca Mobil Terbaru

Penyebab Regulator Kaca Mobil Rusak

Beberapa tipe mobil memang masih menggunakan regulator kaca mobil secara manual. Saat terjadi kerusakan pada regulator kaca mobil tersebut, OtoFriends akan kesulitan untuk menurunkan ataupun menaikkan kaca mobil. 

Kerusakan regulator kaca mobil biasanya dipicu oleh menumpuknya debu dan kotoran seiring pemakaiannya. Meski sudah rutin membersihkan mobil, komponen mobil memang berisiko mengalami penumpukan kotoran yang dapat memicu kerusakan. 

Regulator kaca mobil yang belum pernah diganti dalam waktu lama akan lebih berisiko terhadap kerusakan akibat penumpukan kotoran dan debu. Selain itu, komponen yang sudah lama digunakan akan melemah seiring usia pemakaiannya.

Cara Memperbaiki Regulator Kaca Mobil

Jika kerusakan regulator kaca mobil manual bersifat ringan, OtoFriends bisa coba untuk memperbaikinya sendiri dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan

Memperbaiki regulator kaca mobil tidak akan bisa dilakukan jika tidak menggunakan peralatan untuk bisa membedah semua sisi regulator yang berada di pintu mobil. Alat-alat yang diperlukan untuk memperbaiki kerusakan regulator kaca mobil meliputi obeng serta kunci inggris ukuran 12.

2. Cari lokasi kerusakannya

Begitu peralatan sudah tersedia dan siap digunakan, OtoFriends perlu mencari dan menemukan lokasi kerusakan regulator kaca mobil lebih dulu. Biasanya, kerusakan ringan hanya akan terlihat pada bagian kecil saja. Misalnya, ada bagian kecil dari regulator yang berkarat atau bagian penyangga dari regulator tersebut terlepas dari regulatornya.

OtoFriends harus memindai setiap sisi regulator kaca mobil dengan seksama untuk menemukan di mana lokasi kerusakan tersebut.

3. Perbaiki sesuai kerusakan

Ketika lokasi dan jenis kerusakannya sudah berhasil ditemukan, kini saatnya kita melakukan perbaikan. Perbaiki regulator kaca mobil sesuai dengan jenis kerusakan yang dialami.

Jika ternyata kerusakan berasal dari penyangga regulator yang terlepas dari regulator, solusinya adalah merekatkan kembali kedua komponen tersebut menggunakan lem. Namun, bila terlihat adanya penumpukan kotoran di sudut tertentu pada regulator, segera bersihkan bagian tersebut.

Jangan lupa untuk memasang kembali regulator kaca pada pintu mobil menggunakan alat yang sama seperti saat membedahnya. Upaya tersebut hanya bisa dilakukan apabila kerusakan pada regulator kaca mobil cenderung ringan. 

Apabila kerusakannya sudah sangat parah, sebaiknya OtoFriends segera menggantinya dengan yang baru di bengkel terdekat. Temukan 2000+ bengkel terpercaya melalui aplikasi Otoklix yang bisa memudahkan kamu mendapatkan layanan seperti ganti oli, ganti ban, tune up, ganti aki, body repair, servis AC hingga cuci mobil.

Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis di aplikasi Otoklix sekarang juga!

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Regulator Kaca Mobil

Kaca mobil yang tidak bisa naik otomatis menandakan jika ada kerusakan di komponen regulator kaca mobil.

Kaca mobil yang rusak akan terasa sulit digerakkan ketika ingin menurunkan ataupun menaikkan kaca mobil.

Harga regulator kaca mobil berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung dari tipe mobil yang dimiliki.