Bagi pengguna mobil Toyota kamu bisa merasa aman dari salah memilih oli, karena sudah ada oli TMO yang disesuaikan dengan karakter mesin mobil Toyota. Ingin tahu lebih jauh tentang merek oli keluaran Toyota ini? Mari simak artikelnya.

Cek lokasi dan fasilitas bengkel terdekat di Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios dan lakukan booking secara online untuk mempermudah OtoFriends saat melakukan service mobil.
Aplikasi bengkel

Mengenal Oli Toyota

TMO adalah singkatan dari Toyota Motor Oil, merupakan oli yang diproduksi oleh Toyota dengan mempertimbangkan karakter mesin mobil-mobil Toyota. Formula dari oli ini sudah menyesuaikan dengan kendaraan Toyota keluaran terbaru agar kinerja mesin semakin optimal.

Selain menyesuaikan dengan mobil Toyota, tentu saja oli ini juga sudah mengikuti standar internasional. Produk dan pelumas ini sudah diawasi oleh prinsipal di Jepang. Oli TMO memiliki berbagai varian dengan perbedaan bahan penyusunnya. Mulai dari mineral, synthetic, dan full synthetic. 

Pelumas TMO cocok bagi mobil berbahan bakar bensin atau diesel. Oli dengan bahan full synthetic memiliki ketahanan paling baik dibandingkan oli jenis lain. Contoh varian oli Toyota adalah 10W-40 SN, 15W-40 CI, 10W-30 SL, 15W-40 CH4, Full Synthetic 0W-20, Full Synthetic 5W-30 SN GF5, dan Eco Power APO SN GF-5.

Oli TMO 5W-30 SN dan TMO 0W-20 SN sudah memenuhi standar ILSAC GF-5 sehingga dapat mengefisiensi penggunaan bahan bakar.

TMO menyediakan oli untuk kendaraan bermesin diesel, di antaranya adalah TMO 15W-40 CH-4 Mineral, 5W-30 ACEA A5/B5 Full Synthetic, dan TMO 15W-40 CI-4 Synthetic. Varian dengan label ACEA sudah memenuhi standar tertinggi ACEA dalam hal penggunaan bahan bakar biodiesel dan penghematan bahan bakar.

Selain menggunakan berbagai jenis bahan penyusun, oli TMO juga menggunakan teknologi Actifilm Technology dengan Double Protector. Teknologi ini memiliki lapisan pelindung ganda untuk melindungi mesin sampai ke celah terkecil. Sel kerak akan tidak mudah terbentuk pada binding mesin.

Namun, meskipun pelumas TMO sudah menggunakan teknologi pencegah terbentuknya kerak, tetap saja oli akan mengalami oksidasi dan lama kelamaan akan kotor. Sehingga oli tetap perlu diganti setiap 6 bulan atau setiap kelipatan 10.000 km.

Kelebihan Oli TMO

Beberapa kelebihan oli TMO ini bisa menjadi pertimbangan saat kamu memilih oli mesin mobil.

  • TMO diklaim sanggup menjaga performa mesin dan juga menjadikannya lebih awet karena oli Toyota telah menyesuaikan dengan kondisi kendaraan produksi Toyota.
  • Pelumas TMO yang beredar di pasaran sudah melalui tahap riset yang panjang. Tentunya sesuai dengan kondisi iklim Indonesia yang butuh spesifikasi spesial. Nilai viskositas dan spesifikasi lainnya sudah melalui tahap pengembangan dan uji coba agar pelumas TMO cocok untuk mobil Toyota produksi Indonesia.
  • Toyota telah memiliki mobil dengan teknologi mesin modern, yaitu Dual VVT-i pada mesin bensin dan VNT (turbo variabel) plus intercooler pada mesin diesel. Jadi, oli TMO ini sudah disesuaikan dengan teknologi mesin paling mutakhir.
  • Tidak perlu khawatir tentang kualitas pelumas TMO karena sudah terstandardisasi secara global dan sesuai standar spesifik Toyota
  • Selain itu, oli TMO juga sulit dipalsukan karena menggunakan teknologi kemasan yang akan terlihat apabila oli telah digunakan.

Jenis Oli Toyota

Berikut beberapa pilihan oli Toyota TMO sesuai dengan jenis mesin mobil atau tipe mobil kamu.

1. TMO 0W-20 SN GF-5

Oli ini disebut juga TMO Gold karena kemasannya berwarna emas. Pelumas ini memiliki kekentalan yang rendah atau sangat encer, sehingga cocok digunakan pada mobil dengan teknologi VVT-i, Dual VVT-i, sampai dengan mesin hybrid.

Teknologi yang digunakan pada TMO 0W-20 ini adalah Actifilm Technology Double Protection sehingga mampu melindungi seluruh bagian mesin sampai celah terkecil dan juga mencegah pembentukan kerak pada dinding mesin. Ada pula teknologi Rapid Cell Injection yang membuat oli langsung bersirkulasi cepat saat mesin dinyalakan.

2. TMO Lubricant 5W-30 SN GF-5

Pelumas dengan kemasan bertutup hijau ini berjenis full sintetis dan diformulasikan untuk mobil Toyota dengan mesin VVT-i. Oli ini juga menggunakan teknologi Actifilm Technology Double Protection, oli ini cocok digunakan pada Toyota Agya, Cayla, Avanza, Innova, sampai Camry.

3. TMO Lubricant 10W-40 SN

Oli mesin yang satu ini memiliki kemasan dengan tutup berwarna biru. Bahan yang digunakan pada pelumas ini adalah semi sintetis. Namun, teknologi yang digunakan masih sama dengan oli TMO lainnya. Oli ini cocok untuk Avanza keluaran lama.

4. TMO Lubricant 15W-40 CL-4

Oli satu ini khusus digunakan untuk mesin diesel seperti Kijang Innova Venturer diesel maupun Fortuner diesel. Teknologi Actifilm juga digunakan pada oli ini sehingga dinding dan bagian mesin terlindungi dari munculnya kerak sisa pembakaran.

5. TMO Lubricant ATF T-IV

Oli ini digunakan untuk mobil bertransmisi otomatis (ATF) dan cocok digunakan pada Avanza, Rush, dan Yaris yang menggunakan transmisi otomatis tetapi bukan CVT. pastikan dahulu jenis transmisi mobil kamu sebelum menggunakan oli ini ya.

6. TMO Lubricant CVT FE

Nah, oli ini baru cocok digunakan pada mobil transmisi otomatis tipe CVT. contohnya adalah C-HR, Sienta, Yaris CVT, New Camry Hybrid, Alphard, Vellfire, dan Harrier.

Harga Oli TMO

Jenis Oli TMOKisaran Harga per liter
TMO 0W-20 SN GF-5Rp85 ribu
TMO Lubricant 5W-30 SN GF-5Rp80 ribu
TMO Lubricant 10W-40 SNRp48 ribu
TMO Lubricant 15W-40 CL-4Rp45 ribu
TMO Lubricant ATF T-IVRp87 ribu
TMO Lubricant CVT FERp112 ribu

Oli TMO bisa kamu dapatkan di bengkel terdekat lho. Pastikan untuk tidak membeli oli yang palsu karena bisa merusak mesin kendaraan. Beli di bengkel tepercaya dari 1.000+ bengkel se-Jabodetabek yang tersedia di aplikasi Otoklix.

Jangan lupa download Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios supaya memudahkan OtoFriends melakukan booking servis mobil ya.